Jumat, 14 Oktober 2011

Florsheim Tips : Netdecking is not a Crime Part Two


Sebelum melanjutkan pembahasan minggu lalu mengenai netdecking dan bagi siapa saja netdecking berguna, kita review kembali artikel minggu lalu : Florsheim Tips : Netdecking is not a Crime Part One.

Sudah dibaca ulang? Oke, mari kita lanjutkan. Tipe duelist berikutnya yang diuntungkan oleh netdecking adalah...

Pemain Bermodal Kecil

Duit habis buat beli selip
Pemain lama, akui saja, pengeluaran terbesar kalian ada pada booster-booster tidak jelas yang kalian cemil tiap minggu. Lalu pengeluaran terbesar kedua adalah kartu-kartu tidak terpakai yang bersarang di album dan koleksi kalian tanpa pernah terjual.

Tahukah kalian, kalau nilai maslahat dari kartu-kartu tersebut adalah NOL. Justru minus karena kalian harus membawa berat-berat kartu-kartu itu tiap gathering dan berharap ada orang bodoh yang membelinya seharga TnT.

Jadi bukan Scrap Dragon atau Brionac harga empat ratus ribu yang tidak pernah keluar dari Extra Deck-mu yang "mahal", tetapi justru Vennominaga Secret yang pernah kamu beli dengan "hanya" dua ratus ribu dan tidak pernah terjual itu.

Kenapa?

Karena "harga efektif" Scrap Dragon adalah empat ratus ribu dibagi jumlah/lama penggunaannya, yaitu lebih dari setahun sejak dirilis pada DREV, mungkin sudah 100 kali kamu keluarkan, menjadi hanya 400k/100 = 4k saja! Sedangkan "harga efektif" Vennominaga tersebut adalah dua ratus ribu dibagi NOL. Yang artinya kamu sudah rugi tidak terbatas.

Jadi untuk pemain berbudget kecil, buka link ke top 32 YCS dan pilih satu deck yang kamu suka. Meski kamu mengeluarkan dua-tiga juta rupiah, itu merupakan sebuah penghematan besar dari pengeluaran-pengeluaranmu berikutnya.

Pemain Kreatif/Deckbuilder

Lho, bukankah pemain tipe ini justru lebih suka membuat deck kreasi mereka sendiri?

Ya! Meskipun kamu menyebut diri kamu pemain kreatif yang suka deckbuilding, tetap saja kamu perlu bisa menang atau setidaknya bisa melakukan perlawanan berarti dengan deck-deck populer. Untuk itu kamu perlu tahu deck macam apa saja yang akan kamu lawan dan menyesuaikan pemilihan kartumu dengan deck populer. Pengetesan deck melawan milik para jawara pun penting untuk mengasah kemampuan dan efisiensi deck yang telah kamu ciptakan.

Selain itu, deck-deck teratas memiliki engine-engine efisien dan kuat yang bisa kamu pelajari dan infusi dengan strategi orisinil milikmu sendiri menjadikan deckmu efisien, kuat dan orisinil!

Contohnya, kamu bisa menggabungkan ide orisinil deck Darklord Valhalla dengan engine Agent Hyperion agar tidak kalahan dan tetap unik.

Lalu, tipe duelist apa lagi kah yang diuntungkan dengan netdecking?

Kamu! Ya, kamu!

Iye, elu yang lagi baca ini sekarang

Mau kamu tipe duelist kasual, duelist blo'on, sampai duelist jomblo, semua BUTUH netdecking. Semua duelist perlu up to date dengan metagame. Suka atau tidak, cepat atau lambat kamu akan melawan deck-deck jawara tadi, bisa di dunia nyata atau maya. Untuk itu, kamu perlu pengetahuan cara main dan cara melawan deck-deck tersebut.

Ditambah lagi, semua duelist BUTUH MENANG. Sebuah KEBOHONGAN BESAR kalau kamu bilang tidak apa-apa kalah asal fun. Rasa nikmat dari duel akan berbanding lurus dengan jumlah kemenangan yang kamu dapatkan, percaya atau tidak. Minimal, dalam sepuluh pertandingan, minimal kamu perlu menang dua kali agar tidak frustasi dan pensiun dini.

Untuk itu, kamu, ya, KAMU, perlu netdecking. Meski hanya sekedar untuk wawasan, menyadur engine atau pilihan kartu, ataupun menyalin mentah-mentah, semua demi satu hal : to have fun with dueling.


Oke segitu dulu,
Medallion

6 komentar:

sedikit berbeda dari kenyataan gw yg kaga perna buka booster mingguan (at least 8 taon terakhir :v)

Pengeluaran terbesar itu ya gelapmata hauhahahaha

menanggapi komen Mas Vandy:
1. AKHIRNYA, ada seseorang (ganteng) yg senada dgn gue kalo beli kartu "mahal-tapi jelas" itu masuk akal. Awalny gua suka ragu beli kartu jago yg dengan alasan "mahal" contoh: brionac, trishula, atopun scrap dragon, tapi gue punya alibi tak apa mahal klo bisa dipake lama daripada beli kartu "yang-di-internet-mahal-tapi-random" dengan harga murah tapi ga bisa dipake...

2. Hmmmm... pengakuan yg bagus. Ada temen gue yg gua tanyain, kenapa bikin deck banyak2 tapi ga jelas and cupu, mending bikin satu deck aja tapi kuat dan jelas tujuannya. Dan temen gua hanya jawab "tak apa kalah asal fun"; how awkward... duelist yg baik adalah duelist yg mengincar menang dan fun-> tak ada maksud provokasi ato apapun btw peace broh

duel itu selalu fun,
tapi tetaplah
menang itu bahagia
dan kalah itu suram

sekian

*kata seorang duelist senang-senang yang sudah pensiun dari turnamen

Netdecking itu bagus koq, saya melihat dari sudut pandang yang lain ya... Saya sih merasa senang ketika tahu deck saya di netdeck orang2 sampe di pelosok amerika sana, ketimbang merasa kesal karena dikopi. Sebab, hal tersebut menunjukkan kalo mereka mengakui kesuksesan saya :D

"Ditambah lagi, semua duelist BUTUH MENANG. Sebuah KEBOHONGAN BESAR kalau kamu bilang tidak apa-apa kalah asal fun. Rasa nikmat dari duel akan berbanding lurus dengan jumlah kemenangan yang kamu dapatkan, percaya atau tidak."

QFT. Second this.

'meski kamu menghabiskan 2-3 juta' harga yg gila utk selembar kartu

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More