Jumat, 28 September 2012

Florsheim Info : Duel Glossary #1


Hi guys,

Terkadang gue lihat ada saja newbie yang menanyakan istilah-istilah yang kurang awam di blog ini. Istilah ini memang sudah sangat biasa dipakai di artikel-artikel luar maupun di komunitas-komunitas Trading Card Game, tetapi gue yakin ada beberapa (atau malah banyak) yang masih bingung dengan definisi maupun penggunaan istilah-istilah ini.

Karena cukup banyak istilah yang merepotkan, gue akan bahas sedikit demi sedikit, jadi lebih gampang juga dihapal. Oke tanpa perlu menunggu lebih lama lagi, mari kita mulai.

Metagame (atau Meta)

Definisi: Metagame artinya adalah sebuah kondisi yang terbentuk dari pilihan deck para pemain di sebuah komunitas.

Misalnya, sebagai contoh saja, setelah rilisnya Structure Deck Samurai Warlords, banyak pemain Bandung yang menggunakan deck Six Samurai dalam turnamen. Hal ini berarti Metagame Bandung diisi oleh banyak Six Samurai (kondisi komunitas Bandung yang terbentuk dari pilihan deck, yaitu karena banyak yang menggunakan Six Samurai).

Metagame bisa mengacu pada komunitas manapun. Misalnya, Metagame Bandung banyak Six Samurai, maka Metagame Semarang belum tentu sama, bisa saja di sana Dark World lebih populer untuk digunakan dalam turnamen. Namun jika tidak dispesifikasikan di komunitas mana, biasanya orang memaksudkan komunitas US dimana di sana dilaksanakan YCS.

Contoh di atas sangat sederhana, karena biasanya sebuah Metagame tidak hanya diisi oleh satu deck saja. Bahkan bisa cukup kompleks. Misalkan di Bandung, Six Samurai sangat populer, yang akan membuat deck Final Countdown kesulitan. Karena sedikitnya pengguna Final Countdown, maka Chaos Dragons menjadi semakin kuat dan populer dalam Metagame ini. Dan seterusnya. Banyak variabel pilihan deck, serta hubungan love-hate antar deck pada akhirnya membentuk sebuah kondisi yang dinamakan Metagame.

Tier

Definisi: Tier dalam Card Game berarti adalah tingkatan kompetisi. Archetype dalam Yugioh biasa disegregasi menjadi beberapa tingkatan kompetisinya. Biasanya Tier hanya ada Tier 1, Tier 1,5, dan Tier 2. Tier 1 adalah deck-deck kompetitif yang biasa (atau berpotensi) menjuarai turnamen besar secara konsisten. Tier 1,5 adalah deck-deck yang memiliki engine yang bagus dan cukup kuat, namun kurang untuk bisa menjuarai turnamen secara konsisten. Sedangkan Tier 2 adalah sisanya.

Misalnya, deck Wind-Up sudah sering juara, oleh karena itu deck Wind-Up menempati Tier 1, yaitu tingkatan kompetitif tertinggi. Deck Hieratic, meski bisa swarming dengan mudah, mereka sangat mudah diantikan dan kurang konsisten, sehingga hanya menempati Tier 1,5. Deck Reptilianne, meski menarik dan punya boss yang kuat, mereka sangat tidak konsisten dan kurang kompetitif, sehingga masuk Tier 2.

Deck Meta

Definisi: Deck-deck yang banyak digunakan oleh para pemain, sehingga mendefinisikan Metagame.

Misalnya, dalam pembahasan Metagame di atas, di Bandung Six Samurai merupakan deck Meta karena keberadaannya cukup banyak dan mempengaruhi keberadaan deck lainnya. Chaos Dragons di situ juga bisa menjadi deck Meta jika ternyata jumlahnya (atau prediksi jumlahnya) bisa membuat orang lain enggan memilih deck yang lemah terhadapnya, seperti Dino Rabbit.

Dalam Metagame yang luas dan beragam, Deck Meta adalah Deck-Deck Tier 1, yaitu deck-deck pilihan pertama yang konsisten memenangkan turnamen. Maklum, banyak orang yang merasa untuk apa ikut turnamen kalau tidak menang, akhirnya mereka pun memilih menggunakan deck terbaik saat itu. Karena yang berpikir seperti ini tidak sedikit, akhirnya terbentuklah Metagame dimana deck Tier 1 mendominasi sehingga disebut Deck Meta.

Tech

Definisi: Tech, atau Technique, adalah kartu-kartu atau cara bermain yang disesuaikan dengan Metagame yang berlaku. Biasanya dimasukkan ke Main Deck untuk meningkatkan probabilitas menang di Game pertama, tapi bisa juga dimasukkan dalam Side Deck.

Misalkan saja, karena Metagame Bandung adalah Six Samurai, maka sebagai Tech, kamu bisa memasukkan Puppet Plant ke Main Deck. Atau misalkan Metagame Semarang adalah Dark World, kamu bisa saja memasukkan tiga Dimensional Fissure ke Main Deck kamu. Pilihan yang seringkali tidak lazim, namun efektif melawan deck yang populer tersebut disebut dengan Tech.

Engine

Definisi: Mesin. Kartu-kartu dan kombo-kombo dari sebuah Deck untuk membantu mencapai tujuan utamanya.

Misalnya, deck Wind-Up memiliki engine Wind-Up Magician dan Shark, sebuah kombo yang mampu mensummon banyak Xyz sekaligus satu turn. Atau deck Chaos Dragons, memiliki engine Lightsworn untuk membuang kartu langsung ke Graveyard sehingga dapat digunakan dalam memanggil Lightpulsar dan Darkflare.

Antara sebuah deck dengan enginenya tidak mesti sama, sebuah engine dapat digunakan di deck lain untuk mencapai tujuan tertentu, misalkan saja engine Lightsworn yang digunakan di Chaos Dragon di atas. Atau misalkan kamu mau menggunakan engine Lightsworn di deck Uria untuk membuang Trap-Trap ke Graveyard dan membentuk Uria berserangan 10.000+.

Biasanya deck-deck Tier 1 memiliki engine yang teruji bagus, sehingga bisa digunakan untuk membantu deck-deck Tier 1,5 dan Tier 2 agar lebih kompetitif, seperti menggunakan Uria dengan Lightsworn tadi.

Cukup lima istilah dulu untuk Duel Glossary #1 ini, misalkan ada pertanyaan mengenai istilah-istilah di atas, silakan ditanyakan dalam komentar. Untuk istilah-istilah lainnya, tunggu Duel Glossary #2 ya!


Oke segitu dulu,
Vandy

Jumat, 21 September 2012

Florsheim Metagame Analysis : Reprints Impact!

Salam Duelist, Cardfighters (yang kartu-kartunya mulai di-reprint juga), dan semua TCGers di luar sana!

Gue mondar-mandir di Facebook Timeline dan hampir semua orang berkomentar baik ataupun buruk mengenai Reprint. Tidak aneh, baru beberapa hari yang lalu diumumkan reprint besar-besaran yang menjatuhkan harga kartu-kartu tersebut secara signifikan. Dengan "signifikan", yang gue maksud adalah kartu yang tadinya enam ratus ribuan jatuh ke kisaran lima puluh ribuan, ada penurunan nilai lebih dari setengah juta rupiah.

Sebenernya pembahasan ini sudah pernah gue buat dan membusuk di draft, tidak jadi gue post karena merasa tidak sebaiknya Florsheim mengangkat tema uang. Tema yang terlalu sensitif dalam Children Card Game, meski juga sangat krusial dan fundamental. Hanya saja dengan adanya berbagai respon positif maupun negatif, yang beberapa bahkan agak berlebihan, gue coba tilik ulang dan mengeditnya agar sesuai. Oke mari kita mulai!

Reprints are Good for the Game.

Pernyataan ini bukan ngasal. Pernyataan ini didukung oleh berbagai opini para ahli di bidangnya dan secara gamblang ditunjukkan dalam rupiah menggunakan grafik penjualan dan survei publik. Tidak semua imbas Reprint baik, tapi dilihat dari sisi yang lebih besar, kebaikannya jauh melampaui kejelekannya.

Beberapa mungkin kesal. Kartunya kehilangan nilai. Kehilangan gengsi. Kehilangan kemampuan pamer. Akhirnya segelintir orang ini merasa pengumuman reprint adalah akhir dunia (yang dimana terbukti bahwa sampai berbulan-bulan setelahnya mereka masih getol main).

Memang apa saja imbas dari reprint? Mari kita selidiki satu demi satu, mulai dari imbas yang buruk.

1. Reprint menjatuhkan harga secondary market.


Ini merupakan pedang dua mata. Ada yang senang dan ada yang benci. Perbedaan harganya pun seringkali tidak main-main, bisa terdiskon hingga 90% lebih. Kenapa hanya secondary market atau pasar kartu satuan yang sudah tidak segelan? Karena di primary market (jualan booster atau produk segelan), reprint justru menguntungkan karena ini berarti lebih banyak produk yang laku, lebih banyak profit. Bagi mereka, kartu adalah kartu, biaya pembuatannya sama atau tidak berbeda jauh. Oleh karena itu, mereprint justru bagus untuk meredam harga secondary market yang biasanya jomplang hasil monopoli satu-dua pihak penjual besar di luar sana.

2. Reprint menurunkan nilai aset kartu kamu.


Bagi yang belum memiliki kartu hasil reprint, ia akan senang karena kartu tersebut menjadi mudah dan murah untuk dimiliki. Bagi yang sudah memiliki, itu berarti dia kehilangan potensi nilai dari asetnya. Hal ini semakin berpengaruh kalau kamu penjual kartu satuan, aset kamu tiba-tiba jatuh bebas. Ini berat, keuntungan seorang seller kartu satuan seringkali tidak banyak, dengan ditambah resiko seperti ini, kehidupannya bisa semakin sengsara.

Demikian imbas yang buruk, bagaimana dengan imbas baiknya?

1. Reprint membuat sebuah kartu tertentu lebih mudah didapatkan.


Tidak hanya kartu yang mahal dan berguna, kartu yang langka dan terbatas seringkali sangat-sangat sulit didapatkan, padahal kartu tersebut kita perlukan. Dengan adanya reprint, kita bisa mendapat akses ke kartu-kartu tersebut dengan jauh lebih mudah. Sebagai contoh adalah Dark Hole, dulu hanya bisa didapatkan di Starter Deck. Begitu keluar dari banlist, semua pontang-panting mencarinya. Sangat sulit dicari. Harga melunjak luar biasa. Untungnya masih ada Reprint dari Dark Beginning. Bayangkan kalau tidak ada, pasti sudah tidak manusiawi nilai rupiah yang perlu ditukarkan demi selembar Dark Hole saja. Namun tetap, hanya beberapa orang saja yang memilikinya, beberapa orang lama, dan beberapa lagi orang berdompet tebal. Kini, Reprint Common dari Turbo Pack bisa membuat hampir semua orang memiliki Dark Hole.

2. Reprint melengkapi deck yang tadinya kekurangan kartu.


Misalkan dulu, deck kamu dulunya terpaksa pakai Sakuretsu Armor gara-gara Dimensional Prison super mahal dan langka, tetapi setelah adanya Dimensional Prison Common di Structure Deck Machina, deck kamu bisa lebih lengkap dan tidak lemah lagi melawan Stardust Dragon. Coba lihat deck kamu atau deck teman-teman kamu, pasti ada slot-slot yang kosong atau terpaksa disubstitusi dengan yang lebih lemah akibat kartu yang diinginkan terlalu mahal atau terlalu langka. Nah, reprint dapat menyelesaikan permasalahan ini.

3. Reprint membuka mata dan menjadikan duelist lebih kreatif.


Masih soal Dimensional Prison, dulu sebelum ada Reprint, orang yang memilikinya selalu memasukkan ke deck seakan staple. Apa-apa di-Prison, apa-apa di-Prison, pokoknya gengsi plus satu. Sekarang setelah semua memilikinya, pikiran akan semakin terbuka dan kembali ke kebutuhan dan metagame. Apakah Dimensional Prison benar-benar yang deck kamu butuhkan? Kalau contoh yang paling baru adalah Tour Guide from the Underworld. Sebelum ada reprint semua deck bawa 3 TGU dan 1 Sangan. Sekarang deck yang memang tidak butuh tidak menggunakannya. Dari sisi orang yang tidak punya banyak uang pun, reprint berarti menambahkan senjata baru dalam perpustakaan pikirannya sewaktu membuat deck.

4. Reprint menaikkan level kompetisi.


Sebelum reprint, mungkin hanya satu dua orang langganan yang mampu naik ke tingkat atas turnamen. Setelah reprint, deck-deck yang tadinya pincang bisa menjadi lengkap dan bisa bersaing. Turnamen mingguan yang tadinya membosankan, kini bisa lebih menantang. Hanya saja, biasanya timing reprint dipaskan agar begitu reprint, tingkat kompetensinya sudah lebih rendah dibanding pertama rilis, sehingga ya memang kalau kamu mau tetap kompetitif, harus beli kartu baru. Modus kelicikan Konami.

5. Reprint mengundang pemain baru.


Mungkin kedengarannya aneh, apa coba hubungan pemain baru sama reprint. Banyak. Paling gampang, dari sisi harga. Kalau sebelum ada reprint, calon pemain baru nanya, "Kaks, itu satu Deck berapa ya harganya", dan dijawab dengan, "Sekitar 12 jutaan dek...", maka sudah pasti dia akan berubah menjadi mantan calon pemain baru. Namun dengan reprint, harga deck pun akan turun dan jawaban "berapa harga deck" dapat dijawab dengan jauh lebih manusiawi.

Sebenarnya masih banyak lagi imbas-imbas reprint, namun baru ini yang terpikir. Jadi apakah Reprint itu baik atau buruk? Kamu putuskan!

Oke segitu dulu,
Vandy

Senin, 17 September 2012

Florsheim Tips : Extra Sword OTK Combo!

Malam kemarin, gue mencoba build iseng Heroic Grandsoil di Dueling Network. Intinya sih pakai Double Lance dan Extra Sword buat Xyz Excalibur yang dipasangkan Assault Armor atau menjadi Blade Ninja  dengan cepat sambil kemudian menurunkan Grandsoil dari hand untuk OTK. Mungkin ada disini yang nonton atau justru jadi korban, hehe.

Lalu setelah ngobrol dengan Arlan yang juga mencoba deck Heroic, kami sepakat mengambil keputusan  bahwa ada satu kartu Heroic yang ternyata sangat kuat, yaitu Heroic Challenger - Extra Sword!


An Xyz Monster that was Summoned using this card as Xyz Material gains this effect.
● When it is Xyz Summoned: It gains 1000 ATK.

Efeknya sangat sederhana, kalau dia dijadikan Xyz Material, maka Xyz yang disummon mendapat +1000 ATK permanen. Terlihat cupu memang, apalagi dia hanya memiliki 1000 ATK dan 1000 DEF, hampir semua monster bisa membunuhnya.

Tapi potensinya sangat gila. Summon dia bersama temannya dengan cepat menggunakan Goblindbergh, Photon Thrasher, atau Summoner Monk. Kemudian Xyz Rank 4 apapun, dan voila, mereka jago dengan instan!

Bayangkan, bagaimana caramu lolos dari Steelswarm Roach dengan ATK 2900? Atau cara membunuh Maestroke dengan ATK 2800? Atau cara selamat dari serangan dua kali Blade Armor Ninja dengan ATK 3200? Belum lagi kalau Xyz-Xyz tersebut terbentuk dari DUA Extra Sword dan mendapat +2000 ATK permanen.

Berikut kombo OTK menarik yang melibatkan Heroic Challenger Extra Sword!

Lumayan Sadis. Hanya Perlu Thrasher dan Tour Guide.
Atau kalau kamu lebih Sado, mungkin lebih suka yang ini?

Lebih Sadis! Hanya Perlu Kartu untuk Special Summon Extra Sword dan Inferno Reckless Summon!!
Aaataauuuu, kamu ternyata psikopat? Kalau begitu kombo ini yang paling cocok buat kamu:

Paling Sadis! Tetapi Perlu Summoner Monk, Satu Spell, dan Satu Inferno Reckless Summon!

Oke segitu dulu,
Vandy

Kamis, 13 September 2012

Florsheim Tips : Sapphire Ninja!

Sudah tahu kan kalau akan ada banyak reprint keren di Collectilble Tin 2012 Wave 2 terbaru yang bercoverkan Ninja Grandmaster Hanzo dan Hieratic bla bla bla Heliopolis? Kalau belum, cek fanpage kami di http://facebook.com/Florsheim.Team.Indonesia!

Pengen nulis pake tulisan ilang kayak di blog Konami tapi males
Nah mari kita bahas salah satu kombo keren aplikasi dari sang Cover Tin, Ninja Grandmaster Hanzo. Seperti yang kamu tahu, Hanzo dapat mencari Ninjitsu Art manapun dari Deck, salah satunya adalah Ninjitsu Art of Transformation.


Ninjitsu Art of Transformation dapat memanggil monster Beast, Winged-Beast, atau Insect apapun dari deck yang bintangnya maksimal sejumlah bintang Ninja yang kamu korbankan plus tiga. Karena Hanzo sendiri berbintang empat, maka maksimal yang dapat dipanggil adalah bintang tujuh.

Gue yakin kamu akan langsung mencari, atau setidaknya berpikir kira-kira Beast apa atau Winged-Beast apa atau Insect apa yang berbintang maksimal, atau tujuh, dan jago, misalnya Mist Valley Apex Avian, Dark Simorgh, atau King of the Beast. Sekarang coba cara berpikirnya kita perluas. Memang yang paling menguntungkan adalah memanggil level maksimal, tapi kamu tidak terbatas disitu. Banyak Beast, Winged-Beast, dan Insect yang jago dengan level di bawahnya, misalnya Sacred Crane, dan kombinasi yang baru-baru ini berhasil lolos Top 8, Inzektor.

Lalu apa lagi yang menarik untuk dipanggil? Perkenalkan, Crystal Beast Sapphire Pegasus!

Kartu kunci Deck Crystal Beast
Bagi kamu yang sudah pernah main deck Crystal Beast kamu akan tahu. Hal tersulit dalam memainkan Crystal Beast adalah bagaimana menemukan si Sapphire Pegasus. Banyak duelist rela mengorbankan Spellnya demi Summoner Monk bisa memanggil Pegasus. Dengan bantuan Hanzo sekarang, Pegasus akan langsung siap secepat giliran kedua. Dan misalkan nantinya kartu Ninjitsu Artnya dihancurkan, Pegasus tetap akan nyangkut di field sebagai Spell Card.

Jadi bagi kamu pemain Crystal Beast, berbahagialah, sebentar lagi akan datang kartu murah yang bisa membantu kamu mempercepat jalannya deck! Dan kalau kamu cukup ekstrim, gunakan juga kartu baru dari REDU, yaitu Advanced Dark untuk lebih cepat memanggil sang Big Boss serta DARK Counterpartnya, yaitu Rainbow Dragon dan Rainbow Dark Dragon!

Kombo Double Rainbow!!
Terakhir, kalau kamu masih penasaran potensi apa lagi yang bisa ditemukan dari Ninjitsu Art of Transformation, langsung saja cek blog Mas Rakhmat, sang Judge Surabaya. Monggo: http://rmat2004.blogspot.com/2010/09/card-of-update-ninjitsu-art-of.html


Oke segitu dulu,
Medallion

*PS: Fusion dengan Neos menjadi Rainbow Neos untuk bonus point Triple Rainbow.

Selasa, 11 September 2012

Florsheim Tips : Where Arf Thou, Exodia?

Semingguan yang lalu blog dan fanpage kami memang sedang rehat sejenak akibat persiapan dan evaluasi Anime Festival Asia Indonesia, namun tidak perlu khawatir, blog dan fanpage akan kembali diupdate secara rutin mulai minggu ini.

Kali ini kita akan membahas sebuah kartu yang menarik, yakni Where Arf Thou?

"Sampah," kata mereka
If you control a face-up Level 1 monster: Add 1 Level 1 monster from your Deck to your hand. During the End Phase of this turn, take 2000 damage if you did not Normal Summon the added monster, or a card with the same name, after activating this card.

Efeknya lucu, dan jika orang awam yang melihat, kartu ini tidak begitu berguna. Terlebih ada dua restriksi disitu, yakni harus ada monster Level 1 terlebih dahulu di field kamu dan kartu yang di-add harus di-Normal Summon atau kamu akan kena 2000 damage. Namun meski terlihat aneh, ternyata kartu ini bisa sangat-sangat menakjubkan di deck yang benar. Deck apa sajakah? Simak!

Watts


Special Summon Watthopper pertama dengan Wattdragonfly, kemudian di giliran kamu gunakan Where Arf Thou? untuk mencari Watthopper kedua dan voila! Wattlockdown pun terpenuhi sehingga kamu bisa bebas mengikis kartu lawan dengan kartu Watt yang menyerang langsung!

Watapon


Well, siapa tau kamu orangnya suka iseng~

Piper Chaos


Deck ini sudah memiliki buanyak sekali pilihan monster Level 1. Gunakan sebagai Reinforcement of the Army-nya untuk mencari Level 1 apapun yang kamu butuhkan dari deck. Misalnya Kinka-Byo untuk mulai loop, Fader untuk bertahan, atau Symphonic Warrior Bassist untuk mulai menyinchro!

Skull Servants


Sebuah deck lain yang berintikan monster-monster Level 1. Kamu bisa mencari King of the Skull Servants untuk mulai beatdown jika sudah ada cukup Skull Servants di Graveyard, atau mencari Wightmare untuk memanggil King of Skull Servant yang terbanish, atau kalau kamu iseng, bisa juga mencari Skull Servants biasa lho~

Exodia


Nah, di deck inilah kartu Where Arf Thou? bersinar. Kartu ini bisa mencari bagian tangan atau kaki yang manapun dari deck ke hand. Kemudian damage 2000-nya justru membantu kamu lebih cepat menang berkat satu kartu tambahan dari Hope for Escape. Selain mencari bagian yang hilang kamu juga mampu mengambil kartu pertahanan seperti Battle Fader atau Swift Scarecrow demi satu giliran tambahan.

Satu hal yang agak sulit mungkin hanya bagaimana cara memanggil monster Level 1 di field. Namun dengan menggunakan Mystic Piper untuk drawer ekstra yang kalau hoki bisa draw dua kartu, dan Battle Fader untuk bertahan, kamu akan lebih jarang tidak memiliki Level 1 di field. Terlebih mengingat kemampuan deck Exodia untuk mengedraw seperti orang gila.

Jadi, apa artikel ini sudah mengubah persepsi kamu mengenai Where Arf Thou? yang sebelumnya kamu kira sampah?

Oke segitu dulu,
Medallion

Jumat, 07 September 2012

Florsheim Tips : How to Summon Grandsoil the Elemental Lord

Grandsoil the Elemental Lord mendapat hype yang sangat gila-gilaan sejak YCS Toronto kemarin. Dibuka dengan harga 14$, hanya dalam waktu satu malam saja harganya langsung naik mendekati 60$. Empat kali lipat.


Hype ini memang mengerikan, namun bukan tanpa alasan. Grandsoil mampu membuat total serangan lebih dari 5000 dengan mudah untuk mengakhiri permainan. Syaratnya terlihat sulit, harus ada 5 (lima) monster ber-attribute EARTH di Graveyard. Namun dengan kemampuan Synchro dan Xyz, hal ini sama sekali tidak sulit. Berikut beberapa archetype yang mampu memanggil Grandsoil dengan mudah.

Psychics


Psychic Grandsoil, atau Psoil dipopulerkan oleh Jeff Jones di YCS Toronto kemarin. Ialah yang bertanggung jawab atas naiknya hype dan harga dari Grandsoil.

Psychic mampu melakukan Synchro dengan cepat dan mudah dari deck menggunakan Emergency Teleport dan Serene Psychic Witch. Selain itu Synchro yang dipanggil juga merupakan salah tiga Synchro terkuat yang beratribut EARTH, yakni Naturia Beast, Barkion, dan Landoise.

Dengan cepatnya perputaran kartu dari Deck, Field, dan Graveyard, Grandsoil akan sangat mudah dikeluarkan. Jeff Jones bahkan menggunakan TIGA buah dalam decknya.

Machines


Deck Machine memiliki beberapa Archetype yang sangat kompetitif di attribute EARTH, mereka adalah Gadgets, Ancient Gears, Machinas, Karakuris, dan yang paling gres adalah Geargia. Kemampuan mereka untuk memanggil kawan-kawannya dari deck ke hand atau field sangat membantu.

Mereka pun memiliki spesialisasi Synchro dan Xyz dengan cepat, membuat Graveyard semakin cepat terisi oleh EARTH Monster dan akhirnya membuat Grandsoil semakin mudah dipanggil. Machine juga memiliki Card Trooper untuk mengemill langsung monster EARTH dari deck ke Graveyard. Synchro Karakuri juga memanggil langsung monster EARTH dari deck ke field, siap dijadikan material Synchro lagi atau Xyz, melajukan kecepatan menumpuk monster di Graveyard.

Scraps


Scrap termasuk deck yang lambat. Namun Scrap memiliki support yang bagus untuk menumpuk monster di Grave menggunakan Scrapyard dan Scrapstorm. Hal ini membuat Scrap bisa memanggil Grandsoil dengan lebih cepat dibanding deck tanpa searcher.

Hidupkan Scrap Dragon atau Scrap Twin Dragon menggunakan Grandsoil untuk pressure gila-gilaan pada lawan!

X-Saber


X-Saber mungkin telah lama terlupakan, namun dengan adanya "X-Saber Faultroll" baru dalam bentuk Grandsoil, mungkin X-Saber bisa kembali naik ke panggung kompetitif. X-Saber mampu mencari bagian-bagian penting dari deck dengan mudah, ia juga bisa menumpuk Graveyard tanpa susah payah menggunakan berbagai Synchro yang juga berattribute EARTH.

Jangan kaget ya kalau saat melawan deck X-Saber kamu bisa menemukan Grandsoil menghidupkan XX-Saber Gottoms setelah tangan kamu habis dicabut olehnya!

Itu baru sebagian kecil dari archetype yang mampu memanggil Grandsoil the Elemental Lord! Karena Attribute EARTH cukup kuat dan banyak, maka masih berlimpah potensi terbuka untuk kamu jelajahi!


Oke segitu dulu,
Vandy

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More