Kamis, 27 Januari 2011

Florsheim Info : February Syndrome

Merasakah kamu akhir-akhir ini kamu sering mendengar atau melihat status Facebook temanmu yang intinya dia sedang jenuh bermain TCG dan ingin pensiun saja? Atau bahkan, justru kamulah yang merasakan hal ini?

Kalau jawabannya tidak, itu artinya teman duelist-mu masih sangat sedikit, atau kamu dan teman-temanmu tipe pemain kasual sekolahan.

Eh iya juga ya. Aneh banget.

Fenomena ini sebenarnya tidak aneh, sangat normal malah. Masa-masa ini memang pasti dilalui para duelist setiap enam bulan, setahun dua kali. Fenomena ini gue pribadi namakan dengan Galau Februari. (atau Galau Agustus, tergantung nama bulan yang paling dekat)

Monyet mau pensiun. Eh gue nggak ngomongin siapa-siapa kok. *siul*
Jika seorang duelist terkena gejala-gejala Galau Februari ini, maka dia akan terlihat letih, lemas, lesu, tak bersemangat duel, dan yang ada di pikirannya hanyalah mengakhiri hidup (di Yugi). Sangat mirip dengan depresi cinta atau putus asa pasca patah hati bukan?

Kok bisa sih ada sindrom begini?

Alasannya bermacam-macam, namun yang paling besar dan berpengaruh adalah siklus banlist. Bagi yang belum tahu, banlist dalam Yugioh diumumkan setiap akhir Februari dan Agustus. Oleh karena itu para duelist akan bertanya-tanya bagaimana banlist akan membawa permainan ini, kartu apa sajakah yang terkena banlist, kartu-kartu manakah yang keluar, dan sebagainya.

Namun tidak hanya banlist secara fisik saja yang mempengaruhi kebosanan pemain. Lama jeda waktu yang tepat enam bulan juga mempunyai andil besar. Jadi, sejak banlist sebelumnya, akan ada sebuah format dimana deck yang digunakan cuma itu-itu saja. Pada akhirnya, cuma dalam waktu 3-4 bulan, orang-orang akan mulai bosan dengan turnamen. Dan secara kebetulan, semua kebosanan ini jatuh pada masa-masa Galau Februari.

Satu lagi, meskipun namanya Galau Februari, tapi gejala-gejala dari penyakit ini sudah bisa dilihat sejak pertengahan Januari dan Juli. Alasannya, karena kebosanan yang menumpuk ini akhirnya jenuh pada tanggal-tanggal segitu. Kemudian penyakit ini akan menular dan mewabah seiring duelist yang terjangkiti mengatakannya pada orang lain secara lisan ataupun melalui social media macam Facebook.

Terus gimana dong?

Jangan panik. Ini merupakan siklus normal yang pasti terjadi dua kali setahun. Kalau temanmu yang terkena gejalanya, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengajaknya main dan ikut turnamen, seperti biasa atau kalo bisa, lebih sering. Atau kamu juga bisa simply mengacuhkan dia. Jangan tanggapi ucapan pensiunnya dan segera banting setir ke topik percakapan lain.

Nah kalau diri sendiri yang terkena? Mudah saja. Yugioh adalah sebuah permainan, bukan karir. Jadi tidak ada yang namanya pensiun, kalo sedang malas main, ya tidak perlu dipaksakan main. Carilah kesibukan lain yang bisa membuatmu senang. Ngedota oke, olahraga bisa, pacaran juga asyik, intinya, tidak perlu terlalu dipikirkan. Kenapa? Karena begitu Maret dan September dimulai, keinginan berduel dipastikan akan kembali menggebu. Percaya gue. Gue sudah bertahun-tahun melewati fase nista ini.

Hoo, jadi begitu toh...

Yap, kesimpulannya, kamu tidak perlu panik apabila teman-temanmu berbondong-bondong bilang ingin pensiun di tanggal-tanggal ini. Misalkan kamu sendiri yang merasakannya pun, kamu juga tidak perlu panik. Ini merupakan fase yang normal dan akan dijalani oleh semua duelist. Jadi, tinggal tunggu saja sampai Maret tiba untuk kembali bersemangat!


Oke segitu dulu,
Medallion

14 komentar:

haha..galau Februari yaa..yg gw tau sih biasanya galau Maret atau galau September (kartu jagoan kena Ban ato Limit)..

hooo~
itu tha yg dimaksut syndrom february ~_~, banyak yg nyetatus galau february aq kira pada ngarep coklat valentine :P

mari kita nyanyikan banlist song!!

http://florsheimbdg.blogspot.com/2010/07/florsheim-tips-banlist-song.html

sasuga Medallion... :D

temen2 gw pada gitu, tapi casenya bukan itu, cuman katanya lagi males aja... :/

mungkin ini juga sih...

makasih infonya oomvan :/

<--- korban kappa

hooo ampunn kk vandyy !! .. XD

monyet yang pensiun maen yugi? that reminds me of someone...

wew , ngerasain juga sih...

gawat nich gw udah mulai merasakan syndrome ini.... udah mau skripsi X Nats...

@ Dave1992
apakah inisial orang tersebut bermula dari huruf 'N' ?????

sepertinya gw terkena ==a

galau gara2 temen2 pada pindah ke VG.. oTL

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More