Senin, 11 Juni 2012

Florsheim Info : How to Play Vanguard - Unit




Dengan dipublikasikannya artikel ini, Florsheim Team Indonesia dengan resmi mulai membahas salah satu TCG yang sedang naik daun di seluruh dunia, yaitu Cardfight!! Vanguard!

Saat ini pembahasan Vanguard masih menumpang di halaman Yugioh, namun setelah website baru kami siap, pembahasannya akan kami pisahkan ke dua halaman. Bagi pemain Yugioh, mungkin ini bisa menjadi sebuah titik awal untuk belajar Trading Card Game lainnya untuk dimainkan di kala bosan.
Baiklah, karena mungkin ada dari kalian yang belum pernah bermain Vanguard, akan gue jelaskan seperti Kai menjelaskan pada Aichi di episode pertama anime Cardfight Vanguard.

Akan gue jelaskan cara bermain Vanguard
Imajinasikan. 
Kita berdua ada di dalam sebuah planet lain yang mirip dengan Bumi, yaitu Planet Cray, dalam bentuk roh. 
Hanya ada dua kemampuan yang diberikan untuk kita, yaitu Call, dan Ride. 
Call adalah cara untuk memanggil makhluk-makhluk yang hidup dalam planet ini, yaitu Units. 
Kemudian, ada satu kemampuan lain kita, yaitu kemampuan kita untuk merasuki Units dengan roh kita, yaitu Ride. 
Unit yang kita rasuki tersebut, dinamakan Vanguard. Kata tersebut memiliki arti "Dia yang memimipin kita untuk maju"....


Lebaaaaayyyyyy
Oke cukup sudah dengan tingkat kelebayan Kai yang overdosis keterlaluan ini. Inti dari Cardfight Vanguard adalah kartu Units. Berbeda dengan Yugioh yang memiliki tiga tipe kartu (Monster, Spell, dan Trap), Vanguard hanya memiliki satu kartu, yaitu kartu Unit. Atau "monster", padanannya dalam Yugioh.

Untuk pembahasan Fase dalam permainan: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Game Phases
Untuk pembahasan Field dan Positions: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Field and Positions

Berikut adalah gambar kartu Unit dan atribut-atributnya:


Grade: Grade adalah tingkatan dari Units. Saat ini ada empat tingkat Grade, yaitu 0,1,2, dan 3. Kita hanya dapat mensummon (Call) Units yang memiliki Grade sama atau di bawah dari Grade Vanguard.

Skill Icon:  Skill Icon ada tiga. Boost, Intercept, dan Twin Drive.

Boost adalah Skill Icon milik Grade 0 dan 1. Ketika Unit menyerang dan ada Unit dengan Icon Boost di belakangnya di kolom yang sama, maka kamu bisa memiringkannya (Rest) untuk menambahkan Attack Powernya ke monster yang menyerang.

Intercept adalah Skill Icon milik Grade 2. Ketika Unit dengan Icon Intercept berada di baris depan sebagai Rear Guard, maka saat Unit kamu diserang, kamu bisa menggunakan Unit ber-Skill Intercept sebagai Shield.

Twin Drive adalah Skill Icon milik Grade 3. Ketika Unit dengan Icon Twin Drive menjadi Vanguard dan menyerang, maka kamu dapat melakukan Drive Check dua kali.

Shield: Saat Unit kamu diserang, kamu dapat memanggil Unit yang memiliki Shield ke dari tangan ke Guardian Circle untuk menambah Attack Power yang diserang sejumlah angka Shieldnya untuk serangan tersebut.

Flavor Text: Keren-kerenan doang. Nggak ada gunanya dalam permainan.

Effect Text: Disinilah efek dari Unit ditulis. Ada tiga jenis efek, yaitu AUTO, ACT, dan CONT.

AUTO adalah Skill Trigger. Jika sebuah kondisi terpenuhi, misalnya "Ketika menyerang" atau "Ketika di-Call" dan sebagainya, maka kamu bisa membayar costnya untuk menggunakan efek tersebut sekali untuk setiap kali tertrigger.

ACT adalah Skill Ignition. Pada Main Phase kamu, kamu bisa membayar costnya untuk menggunakan efek tersebut dan bisa berkali-kali sepanjang kamu dapat terus memenuhi semua costnya.

CONT adalah Skill Continuous. Skill ini akan berjalan otomatis jika kondisinya terpenuhi, misalnya "Jika kamu memiliki Vanguard tertentu" atau "Jika ada kartu tertentu di field".

Unit Type: Unit Type hanya ada dua, Normal Unit dan Trigger Unit. Trigger Unit adalah Unit yang memiliki simbol Trigger Icon di bagian kanan atas kartu. Kamu harus menggunakan TEPAT 16 kartu Trigger Unit di dalam deck kamu. Semua Trigger Unit memiliki Grade 0.

Attack Power: Attack Power, atau Power saja adalah nilai serangan dan pertahanan dari Unit kamu. Nantinya dalam Battle Phase angka inilah yang akan dibandingkan untuk mengetahui menang kalahnya sebuah Unit dalam Battle.


Critical: Critical adalah jumlah damage yang akan diberikan pada Vanguard lawan jika serangan Unit tersebut masuk mengenai Vanguard.

Race: Race adalah tipe ras dari Unit.

Clan: Clan adalah archetype dari Unit yang bersangkutan. Biasanya deck dibuat berdasarkan Clan karena banyak efek memerlukan Vanguard dengan Clan yang sama. Selain itu Trigger Check juga tidak bisa aktif misalkan tidak ada Unit dengan Clan yang sama dengan Unit yang tertrigger tersebut di field.

Card Name: Card Name... adalah nama dari kartu... Ya iyalah yaaa.

Trigger Icon: Trigger Icon hanya dimiliki oleh Trigger Unit. Trigger Icon akan terpicu saat Unit tersebut terbuka sewaktu Damage Check atau Drive Check. Ada empat tipe Trigger Icon dengan efeknya masing-masing, yaitu Draw, Critical, Heal, dan Stand.

Draw Trigger ketika terpicu akan memberikan bonus 5000 ATK ke salah satu Unit kamu dan kamu draw satu kartu.

Critical Trigger ketika terpicu akan memberikan bonus 5000 ATK ke salah satu Unit kamu di field dan memberikan juga bonus satu Critical (damage yang dapat dihasilkan) ke salah satu Unit kamu di field. Kedua bonus ini dapat diberikan ke dua Unit yang sama atau berbeda.

Heal Trigger ketika terpicu akan memberikan bonus 5000 ATK ke salah satu Unit kamu di field dan jika jumlah damage kamu sama atau lebih banyak dari lawan, kamu dapat membuang satu damage kamu ke Graveyard (Drop Zone). Kamu hanya bisa menggunakan maksimal empat (4) kartu Heal Trigger dalam Deck.

Stand Trigger ketika terpicu akan memberikan bonus 5000 ATK ke salah satu Unit kamu di field dan kamu dapat memberdirikan (Stand) salah satu Rear Guard kamu yang sedang dalam posisi miring (Rest). Kedua bonus ini dapat diberikan ke dua Unit yang sama atau berbeda.

Contoh Grade 0 Trigger Unit, Grade 1, Grade 2, dan Grade 3
Demikianlah bagian-bagian dari Unit dalam Vanguard. Selain Unit, tidak ada lagi tipe kartu lain. Mungkin pada awalnya akan terasa ribet dan banyak, namun jika kamu mencoba main, maka hanya dalam satu game saja kamu akan mengerti cara bermain dan semua aturan-aturan di atas dengan sangat mudah. Untuk edisi depan, kita akan bahas field dan posisi kartu. Bersambung!


Oke segitu dulu,
Medallion

41 komentar:

Berarti skill Thunder Break Dragon yang me-retire rear guard unit hanya bisa diaktifkan pas Thunder Break di Ride di Vanguard Circle ya?

GAK BERMUTU GAN !!! CUMAN KOPAS DARI TD DITAMBAHIN GAMBAR, MENDING LW BELAJAR MAIN VG YANG BENER SANA TOD

Wah, sabar oom, kita belum membahas sampai situ xD

wahhh kayak nya seru,,,tapi masih kurang paham gamplay nya

ini mah guidebook TD ditranslate... beli 1 TD jg ada...

Tampaknya kk Anonim paling atas sudah PRO.
sejujurnya kami hanya ingin membantu para yang ingin main card game ini. siapa tahu beberapa orang yang baru mau main bisa terbantu. dan menjadi seperi kk pro diatas.

Rule dimana-mana sama,,, kalo tujuannya memperkenalkan ke yang blom tau / blom tertarik, mana mau mereka baca rulebook ato what is that? TD? i don't know it :p

Keep it up writers... :D

kyknya rule n basic play bisa di cari dalam Trial Deck deh...
yg JPN ada,malah yg ENG juga sama

intinya mah kalo main ya main aja
ga usah beda2in ocg tcg

wah di VG itu semua TCG kog, there's no OCG to begin with
jadi emg ga bsa dibedain mana OCG mana TCG, 2-2nya TCG kak

Bedain?...
bahasanya aja beda, ENG n JPN

wkwkwk rasis,, urus dulu tuh ketua florsheim yang rasisnya bukan main, jangan cari2 pihak2 lain,,

Kayaknya gue bakal tertarik asal rulingnya ga lebay kayak YuGiOh (missing the timing, damage step, activation, bla bla bla, dan tentu saja Siklus Banlist yang bikin pala cenat cenut tiap 6 bulan sekali)

wow keren2 ya power kartu di vanguard obelisk aj kalah ama starter grade 0 haha

TD this TD that, rulebook mana pernah dibaca, paling banter jadi alas playmat karna lom punya

http://i375.photobucket.com/albums/oo199/WingKnightZero/Lolcats/MarineWhat.jpg

lagian logikanya tau rule dasarnya dulu baru beli TDnya, itupun klo beli, udah untung dikasih disini gratisan daripada buang duit beli TD cuman buat baca rulebook padahal pengennya maen granblue

@Wang Juanji
"TD this TD that, rulebook mana pernah dibaca, paling banter jadi alas playmat karna lom punya"

Gw dulu belajar VG dari rulebook kok. Beli TD cuma buat asal punya dan buat nambah2 temen aja, trus biar gak keliatan bego, belajar dari rulebook deh. Kalo ada yang nggak ngerti, baru tanya temen. Trus ikutan turny buat asah skill.

Takut dicurangin karena bahasanya? Nggak. Karena saya juga sedikit2 bisa baca tulisannya. Kenapa bisa? Karena belajar. Toh misal ada yang ga kebaca bisa lirik website, lewat HP kan juga bisa..

"lagian logikanya tau rule dasarnya dulu baru beli TDnya"

Sekali lagi, salah. Buat apa belajar rule klo ga dipraktekin? Menang teori doang dong? :v

"itupun klo beli, udah untung dikasih disini gratisan daripada buang duit beli TD cuman buat baca rulebook padahal pengennya maen granblue"

Siapa bilang rulebook harus beli? Minta sama yang udah main pun gw rasa pasti punya satu atau dua.


NB: Gw dulu main VG itu beneran pake playmat yang dari TD. Ampe playmatnya rusak krn lecek keseringan dipake :v

@wang yuanji
invalid argument.
rulebook wajib dibaca lah.
kalo cuma buat liat rule, cek di http://cardfight.wikia.com/wiki/Standard_Fight_Rules jauh lebih jelas. ada phase2 nya juga.

@anonimsokpro : Ya udahla ya, orang mau ngopas kek, mau translet kek, trus urusan ma situ apa? rumah ente kebakar ya gara2 ni artikel?

ngakak gw baca komen-komennya...
ini komunitas Vanguard beneran pada dangkal gini pemikirannya?
ngerti copy paste artinya apa? Since kalo copy paste di sini,, tulisannya bakal tulisan jepang, ato inggris.. paham?

Mungkin ini emang translasi, tapi gw liat Florsheim ini berusaha menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti,,, bukan asal pake translate tools macam google translate,, dan apresiasi Anonimsokpro kayak gini.. Artinya lo otaknya dangkal wahai anonim,,

Liat targetnya dude,, apa lo gak mau ni cardgame dikenal orang yang baru taunya card game laen macam yugi? Gak mau nambah penggemarnya? takut nambah yang jago2 jadi lo keder semua? Ini artikel tentunya disasar buat yang baru mulai, atau malah belum tau sama sekali..

"baca wikia, jauh lebih jelas"
"liat rule book, lebih jelas"
emang, lo jago dah,,, tapi lo itu masuknya ke probabilitas orang "pintar" yang gak butuh nanya2 orang, ikutin rule asli, bisa...
pernah mikir gak kalo ga semua orang kayak lo? butuh starting point yng menurut mereka "friendly enough" buat diikutin,,, jangan jadi selfish gitu lah,, intinya mah buat lo lo pade yang udah pro tapi masih ANONIM, gak semua orang kayak lo! Dan sepertinya artikel ini bukan kitab suci buat gantiin rule book kok..

om, ada main onlinenya gak ini, mungkin dengan praktek cepat ngerti, ditemptku gak di jual dan gak ada yang main kartu-kartu tcg kayak gini, jadi selama ini cuma main online #curhat

@garaito & d-man : oi, this time I have to oppose you guys clearly, gw juga penulis artikel, yg namany artikel lu ambil dari mana aja itu tulisin source ny yg jelas, ama yang bersangkutan bisa aja dituntut. Sureeee! Memang lu translate kagak copas. lu orang juga kagak tau kan masalah di VGC kayak gimana. Sama, gw juga kagak tau dan gak mau tau detil-detilnya.

tapi liat ini artikel yg gak ditulis source asliny jelas namany plagiarisme. Plagiarisme = BIG CRIME ! ya gpp lu copy dari TD, tapi tulisin source ny.jgn mentang2 seakan2 lu dapet source yg gak pengen orang laen tau lu orang sembunyiin source asliny, ini sih baru TD, gimana tuh ya yg diambil dari blog2 orang.terus seakan2 orang lain pada gak tau ya source gitu.ckck

Buat TS ny sendiri, ya mungkin tujuan lu baik atau enggak gue nggak tau, mungkin baik, atau mungkin juga cuman mau show-off. Tapi intinya artikel apapun yang lu buat, kalo itu bukan berasal dari lu sendiri, tulisin sumbernya, atau tulis "disadur" juga gapapa. Gue ngomong ini demi kebaikan semua juga, sebelom kena flame ama anak - anak yang bersangkutan. Dan gue yakin yang baca post-an ny garaito ama d-man pasti pada ketawa. Gue juga kok.

Yang komentar pake facebook pada sopan tutur katanya, sedangkan yang komentar di blog pada mirip preman jalanan kata - katanya

tanpa nama : tentu saja !! karena di komentar blog mereka bisa sembunyi di bawah ketiak "anonim". walupun ane juga bisa di bilang termasuk sih :D

let cline! : intinya, yang mau ente bilang "artikel ini termasuk plagiat, karena tanpa source" titik, gitu aja kok repot :v

@Let cline!: padahal sendirinya kalau udah deadline tugas atau paper juga ngopas dari internet dan ngumpulin tanpa rasa berdosa. Hayo ngaku... Lempar batu sembunyi tangan.

@Let Cline!:

What i see is, they told everyone "How to play this", not the "Idea how we play this" or stuffs... Know the differences... When you read this articles, it doesn't means this articles will replaces the original sources, in fact, when someone interested to play this, they will buy one, tried to communicate with community, and yes, 1 TD sold, TD rule book sold... So what's the problem? tell me... New player, product sold,,, they got the name? well, that's bonus for helping player... :D

@Let Cline!:
me is the same as D-Man,,, so i'll wait your reply / another arguments... :)

Anime Machi

http://www.facebook.com/animemachi

Citraland: 021-5669709 / 021-95732674
Gandaria City: 021-29053249 / 021-41832508
Kelapa Gading: 021-45853990 / 021-94658614
Taman Anggrek: 021-5639259 / 08889766910

maaf saya mau nanya kan di buku cara main vanguardnya ada kata kata soul itu maksudnya apa sih

ada satu hal lagi kan kalo kartu biasa main juga agak biasa yaa tapi saya ingin tahu saya punya gold paladins dan cara limit breaknya kayamana kasih tau dong please.

Kalo mau ride kartu itu misalnya harus kartu a sama kartu a ya? Ga boleh a sama b?

Ini artikel bener2 ngebantu dah. :)

Dan makin tertarik main karena kalo punya rare card/Grade 3 yg efeknya keren bisa dijual mahal. :P

Thanks banget jadi mayan ngerti soalnya gue baca rules nya biar ngerti anime nya. Suka bingung sendiri soalnya kalo pas mereka battle. Bukan cuma yg mau main game nya doang kok yg butuh pengertian :)

Horeee berkat ini aku bisa main venguard deh : )thx banget ya , bisa main sm temen ; )

KK kok pas pake gold paladin yg langsung dari starter packnya kok gk sama kyak di film y minta listnya dong card nya aichi

kaka penjualan Vanguard di Palembang ada gk kalo ADA saya mau Beli
sama Harganya

Perasaan ini control game VanGuard, bukan cara mainnya

membingungkan...... mending gue liat pelem nya aja

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More