Minggu, 10 Juni 2012

Florsheim Quick Recipe : Gusto, Your Adorable Fortress Wall to Hybridize




"Kalau biasanya General Vamp aka Arlan yang membuat Quick Recipe, kali ini Geirus aka Kevin Wijaya ingin mencoba membagikan pendapatnya mengenai salah satu archetype favoritnya, yaitu Gusto!"

Dengan semakin mendekatnya tanggal rilis HA06: Omega Xyz, saya akan membahas archetype favorite saya yang juga mendapat support di set tersebut, yaitu Gusto!

Namun, bahasan saya kali ini bukanlah mengenai deck saya sendiri, melainkan bagaimana menggunakan Gusto untuk melengkapi deck-deck duelist lainnya agar menjadi lebih kuat lagi!

Pertama-tama, apa itu Gusto?

Versi TCG-nya disensor, kurang ajar kau Konmai!
Gusto adalah archetype Duel Terminal yang memiliki debut di Duel Terminal 10, atau Hidden Arsenal 5 untuk versi TCG-nya. Gusto merupakan archetype WIND yang unik karena memiliki banyak sekali recruiter ke field dan dapat saling me-recruit satu sama lain, sehingga memiliki pertahanan yang sangat kuat.

Dari pasukan utama saja kita sudah punya SEMBILAN recruiter!
Gusto juga memiliki kekuatan offense yang tidak buruk, terutama karena kartu-kartu offense-nya memiliki dwifungsi sebagai recycler, di antaranya (tapi tidak terbatas pada) Caam, Serenity of Gusto, Contact with Gusto, dan monster-monster Synchro-nya. Salah satu Synchro Gusto, Sphreez, bahkan memiliki effect yang dapat membuat recruiter-recruiter lemah kita menjadi penyerang untuk membawa kemenangan OTK.


Terakhir, jangan lupakan Creature Swap.

Perhatian: efek Winda tidak aktif jika ditukar dengan Creature Swap,
karena ia perlu dipukul monster LAWAN dan masuk ke Graveyard sendiri.
.
Sejauh ini, kita tahu bahwa Gusto memiliki nilai plus dari segi defense, toolbox, serta konsistensinya. Karena nilai-nilai inilah Gusto dapat menutupi kekurangan defense dan konsistensi dari deck-deck lain yang bertitik berat pada offense, di antaranya yang akan saya bahas adalah Psychic, Dragunity, dan Mist Valley.

1.  Psychic Gusto

Banish-Psychic dan Gusto memiliki sinergi yang sangat baik. Deck Psychic Gusto memiliki kemampuan toolboxing yang sangat baik via efek Serene Psychic Witch dan Emergency Teleport. Serene Psychic Witch bisa memunculkan Reeze atau Windaar dengan mudah, atau memanggil Esper Girl untuk tambahan draw power. Silent Psychic Wizard juga menyediakan tambahan beater yang tidak dimiliki Gusto.

Satu lagi kelebihan Psychic Gusto adalah bahwa hampir SEMUA monsternya merupakan target yang baik untuk Creature Swap. Sphreez OTK juga lebih mudah terlaksana berkat Emergency Teleport.

Kelebihan lain deck ini adalah kartunya banyak yang moe
Kerangka Build:
Untuk Main Decknya kira-kira seperti ini...

3 Winda, Priestess of Gusto
3 Gusto Gulldo
3 Gusto Egul
2-3 Caam, Serenity of Gusto
0-1 Musto, Oracle of Gusto
0-1 Reeze, Whirlwind of Gusto OR Windaar, Sage of Gusto

3 Serene Psychic Witch
1-2 Esper Girl
1-2 Silent Psychic Wizard
0-1 Psychic Commander

2 Emergency Teleport
0-2 Contact with Gusto DAN/ATAU Psychokinesis
0-2 Miracle Synchro Fusion

2. Dragunity Gusto

Jika ada kekurangan dari deck Dragunity, salah satunya adalah defense atau konsistensi, hal yang disediakan dengan baik oleh Gusto. Gusto akan menyediakan field presence sekaligus penambah sumber plus melalui Gusto Grif.

Gusto Grif
WIND / Winged-Beast / Level 2 / ATK 800 / DEF 300
If this card is sent from the hand to the Graveyard: You can Special Summon 1 "Gusto" monster from your Deck. Each player can only use the effect of "Gusto Grif" once per turn.

Kelebihan lain dari varian ini adalah semua monsternya WIND, sehingga kamu dapat menggunakan Gozen Match untuk melawan deck-deck menyebalkan seperti Wind-up, Dino-Rabbit, Six Samurai, dan lain-lainnya!

Kartu menarik lainnya yang dapat kamu gunakan di build ini karena semua monsternya WIND adalah Quill Pen of Gulldos. Kartu ini bisa me-recycle recruiter-recruiter Gusto atau Synchro-Synchro Dragunity-mu sekaligus menyingkirkan kartu pengganggu, dan dapat menembus efek self-protection seperti Number 12: Crimson Shadow Armor Ninja, Wind-Up Zenmaines, dll.!

Klik untuk memperbesar, terutama jika kamu tidak familiar dengan efek Quill Pen
Kerangka Build:
Untuk Main Decknya kira-kira seperti ini...

2-3 Caam, Serenity of Gusto
2-3 Winda, Priestess of Gusto
3 Gusto Gulldo
2-3 Gusto Egul
2-3 Gusto Grif
0-1 Windaar, Sage of Gusto ATAU Reeze, Whirlwind of Gusto

2-3 Dragunity Dux
1-3 Dragunity Legionnaire
2 Dragunity Phallanx
0-2 Dragunity Aklys

3 Dragon Ravine
0-2 Terraforming
0-3 Quill Pen of Gulldos
0-2 Card of Consonance

Jangan lupa untuk membawa Vajrayana dan Gae Dearg di Extra Deck!

3. Mist Valley Gusto

Mist Valley memiliki playstyle yang explosive, namun sangat lemah dalam hand management, sehingga plus-plus yang diberikan Gusto sangat membantu. Selain itu, Gusto juga sangat mendukung deck Mist Valley dengan memberikan field presence sehingga selalu ada bahan untuk di-bounce!

Sebagian besar kartu dari deck Mist Valley biasa juga merupakan combo piece, sehingga masuk ke topdecking war dapat merepotkan. Untungnya, Gusto menutupi daerah ini. Topdecking Gusto saat adu topdeck tidak pernah buruk. Worst case scenario mendapat recruiter untuk field presence, sementara best case nya merentang dari “sekedar” +1 melalui Caam yang juga dwifungsi sebagai beater, hingga kesempatan untuk memulai combo dari +1 yang dihasilkan Caam.

Deck ini juga sebagian besar WIND sehingga dapat menggunakan Quill Pen of Gulldos.

Falcon Bounce CotH yang terpasang ke Guldo --> Falcon di Field, CotH di hand, dan Egul atau Winda di Field
Ini cuma salah satu contoh play serunya. Masih banyak lagi play menarik lainnya yang bisa kamu temukan sendiri)

Kerangka Build:
Decknya kira-kira seperti ini...

3 Winda, Priestess of Gusto
3 Gusto Gulldo
3 Gusto Egul
2-3 Caam, Serenity of Gusto
0-1 Gusto Codor

3 Genex Ally Birdman
2-3 Mist Valley Falcon
0-2 Genex Blastfan

3 Divine Wind of Mist Valley
0-2 Terraforming
0-2 Quill Pen of Gulldos

1-2 Safe Zone
2-3 Fiendish Chain
0-2 Call Of The Haunted

1-2 Mist Valley Thunder Lord
0-2 Arcanite Magician
0-2 Ancient Fairy Dragon
2 Daigusto Gulldos
2 Daigusto Sphreeze

Akhir Kata

Nah, kira-kira segitu dulu. Gusto memiliki playstyle yang sangat variatif yang tidak terbatas pada tiga deck di atas. Deck Gusto Antimeta pun bahkan bisa dibuat. Selanjutnya tinggal mengembangkan kreatifitas masing-masing dan menemukan playstyle yang paling disukai.


Sampai jumpa lagi!
Geirus / Kevin Wijaya

4 komentar:

Kartunya bikin mupeng, ga heran namanya me gusto

gusto grif bukannya miss timing klo dipake bwd dragon ravine kaks?

@Anonim: Gusto Grif tidak miss timing, karena wordingnya "If... you can...". Yang bisa miss timing itu "When... you can..."

Emang perasaan gw doang, ato guide om Geirus ini persis kaya guide Gusto di pojo, cuma ditranslasi ke indo?
Anyway, Psychic Gusto jago euy :v

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More