Rabu, 06 Juni 2012

Florsheim Info : How Field Spell Card Works


Barusan gue menemukan sebuah fakta yang sangat menyedihkan. Ternyata masih sangat banyak duelist Indonesia yang tidak mengerti cara menggunakan kartu tipe Field Spell.

Tipe ini memang jarang digunakan, namun sesekali luangkanlah waktu untuk membaca rulebook. Itu akan sangat membantu kamu menyelamatkan muka di hadapan banyak orang. Atau kalau waktu turnamen, bisa menjadi perbedaan antara menang lalu menjadi juara dan kalah lalu kehilangan uang pendaftaran.

Oke, ini beberapa fakta mengenai Field Spell yang perlu kamu tahu:

Hanya bisa ada satu Field Spell di field SENDIRI, jika kita mengeset atau mengaktifkan Field Spell yang baru, yang lama akan hancur

Ya, ini berarti kalau kamu sudah memiliki satu Field Spell di Field Spell Zone, entah terbuka atau tertutup, untuk mengaktifkan atau mengeset field spell baru kamu HARUS menghancurkan Field Spell yang sedang berada di Field Spell Zone tersebut terlebih dahulu.

Jadi kamu TIDAK MUNGKIN punya dua Field Spell sekaligus di field kamu! Baik terbuka atau tertutup.


Menghancurkan Field Spell lama dengan mengaktifkan Field Spell baru dapat menyebabkan Missing the Timing

Misalkan field yang sebelumnya aktif atau diset memiliki efek ketika hancur yang optional, misalnya Geartown, dan kamu menghancurkan field itu dengan mengaktifkan Field Spell baru, maka efek ketika hancur tersebut akan Missing the Timing!

Lalu bagaimana agar tidak Missing the Timing? Caranya adalah menghancurkan Field Spell lama dengan MENGESET kartu Field Spell baru atau biarkan dia hancur akibat AKTIFnya Field Spell lawan.


Jika ada Field Spell aktif, lawan dari pengontrolnya bisa mengeset Field Spell tanpa menghancurkan yang sudah ada


Berbeda dari jika kita mau mengeset atau mengaktifkan Field Spell ketika kita sudah punya Field Spell di permainan. Jika lawan mengeset Field Spellnya, meskipun kita memiliki Field Spell aktif, Field Spell kita tidak hancur.

Untuk menghancurkan Field Spell kita yang sudah aktif, lawan harus mengaktifkan Field Spellnya dan membuatnya resolve terlebih dahulu. Sehingga tidak ada jeda antara hancurnya Field Spell kita dan resolvenya Field Spell lawan.


Jika Field Spell kita dalam keadaan tertutup, lawan mengaktifkan Field Spell tidak akan menghancurkan Field Spell kita

Sama teorinya seperti klausul sebelumnya. Jika Field Spell salah satu pemain tertutup dan pemain lainnya terbuka, tidak masalah.


Field Spell lawan harus Resolve secara sempurna untuk dapat menghancurkan Field Spell kita yang telah aktif

Misalkan Field Spell kita terbuka dan aktif. Field Spell kita baru akan hancur oleh Field Spell lawan setelah Spell tersebut resolve secara sempurna. Jika aktivasi dari Field Spell lawan dichain oleh negater, misalnya Magic Jammer, atau penghancur Spell/Trap, misalnya Mystical Space Typhoon, maka Field Spell lawan tidak akan resolve sehingga Field Spell kita pun aman dari kehancuran.


Yang dapat dinegate oleh Counter Trap seperti Magic Jammer hanyalah aktivasi dari Field Spellnya. Aktivasi Efek dari Field Spell tidak dapat dinegate oleh Magic Jammer dan kawan-kawannya, tetapi dapat dinegate oleh penghancur seperti Mystical Space Typhoon

Lawan mengaktifkan Dragon Ravine dari tangan. Kamu bisa menegatenya dengan negater semacam Magic Jammer dan semacamnya. Tetap ketika Dragon Ravine sudah aktif lalu lawan membuang kartu untuk mengaktifkan efeknya, negater seperti Magic Jammer sudah tidak dapat digunakan.

Hanya saja, efek penghancur seperti Mystical Space Typhoon dapat dichain untuk menggagalkan resolve dari efeknya. Hal ini dikarenakan Field Spell, dan juga Continuous Spell dan Trap, HARUS TETAP FACE UP untuk mengaktifkan dan meresolve efeknya.


Malefic Monsters tidak akan hancur jika Field Spell kita hancur akibat aktifnya Field Spell lawan

Penggantian Field Spell oleh pemain yang berbeda tidak akan membuat Malefic Monsters hancur, tetapi jika kita sendiri (satu pemain) yang mengganti Field Spell (baik terbuka atau tertutup) maka Malefic Monsters akan hancur karena adanya jeda antara aktifnya Field Spell lama dengan yang baru.

Kalau ada pertanyaan lagi mengenai Field Spell, langsung ditanyakan saja di komentar. Nanti jika pertanyaannya memang relevan akan gue tambahkan di artikel ini.


Oke segitu dulu,
Medallion

PS. Berhubung sudah malam, gue malas edit gambar dua kasus yang terakhir :p

13 komentar:

THIS!!

Kasus yang terakhir selalu terjadi kalau kita dan musuh sama2 pake Field Spell. Lawan selalu protes kenapa field spell milikku nggak ancur pas dia aktifin field spellnya lalu langsung ku MST.

Dia protes kalau MST itu cuma ancurin, bukan negate.
Dan aku udah jelasin kalau ruling field spell itu sama kayak Continues spell/trap. Tapi tetep aja nggak mudeng.... -__-'

Kalo masih protes suruh baca Florsheim :)

Akhirnya ada juga duelist veteran yang peka dan mau tulis artikel soal beginian. Banyak duelist Indonesia yang pemahaman ruling-nya masih jauh di bawah rata-rata. Kendati demikian, penyakitnya sama: MALAS MEMBACA dan MENTALITAS "MINTA DISUAPIN".
Kalau malas membaca rulebook masih bisa dimaklumi karena bahasa inggris yang cukup berbelit-belit dan tidak ada contoh untuk mempermudah pemahaman konsep.
Akan tetapi, setelah diulas secara lengkap dan terperinci oleh Florsheim, masih banyak saja duelist yang tidak paham. Kenapa? Karena cuek dan tidak mau membaca.
Tidak percaya? Kita lihat berapa banyak duelist yang bertanya soal Field Spell Card atau hal-hal lain yang sudah pernah dibahas Florsheim di Paguyuban Juri Nusantara. Sekian. Terima Kasih.

semua itu ane udah tau, berkat pengalaman main NDS, kecuali bagian terakhir, kirain malefic bakalan hancur akibat ada jeda aktivasi field spell lawan dan kehancuran field spell kita, ternyata tidak CMIIW

juga ada, untuk kasus pada geartown, misal lawan menggunakan geartown dan chainlink 1, dan kita aktifkan MST chain link 2, maka geartown akan tetap miss timing karena hal yang terjadi pada akhir adalah resolve geartown "without effect"

tetapi, pada kasus kartu di negate, seperti pada geartown lawan, trus kita neg dgn naturia beast/lagia/judgment atau negator lainnya yg menegate aktifasi, maka efek geartown dgn jalan karena chianlink 1 adalah geartown sedangkan chain link 2 adalah negator, jadi resolve chainnya adalah negator, lalu geartown yg dianggap tidak aktif, sehingga hal yang terakhir terjadi adalah geartown hancur dan efeknya tetap bisa diajalankan

om2 kaijin, ane mau nanya tentang miss timing nih.
1. dalam starting chain
dari banyak sumber, kalo saya men- SS infernity archfiend dan efeknya yang nge-add kartu dari deck di chain ama bottomless trap hole maka eff archfiend masih jalan kan?

2. di tengah2 chain
kata judge, kalo lawan mengeluarkan heavy storm dan saya chain dengan starlight road, lalu lawan menchain lagi dengan mengaktifkan fiendish chain pada monster saya, maka saya tidak bisa men-SS stardust dragon via starlight road kan?

nah, yang ingin saya tanyakan adalah bedanya miss timing saat starting chain ama in the middle of chain. mohon penjelasannya mas kaijin. thx before

om mo nanya nih klo punya 1 malefic di arena ama geartown, kalau geartownnya ancur karna diancurin ama MST apa gitu efek gear bakalan mistiming kgk? soalnya malefic kita juga ancur kan?

om magina bukannya archfiend itu trigger eff? klo trigger bukanny masih jln klo BTH

Setuju ane ama artikel ini. Soalnya pengguna deck Machina Town dan Dragunity assault. Hehehe...

@Anonim:
Jawaban yang benar adalah:
1. Tetap jalan. Efek Archfiend adalah Trigger dan tidak ada hal dalam kasus tersebut yang membuatnya Missing the Timing.
2. Stardust tetap bisa di-Special Summon.

Untuk pertanyaan mengenai ruling Yugioh kamu bisa bertanya di grup para judge, ini linknya: http://www.facebook.com/groups/paguyubanjuri/

oranggakjelas : itulah kenapa di akhir komen saya bilang CMIIW (correct me if i wrong)
om kaijin : oh, gitu, makasih yah om sebelumnya sudah menghapus komenku yang menyesatkan dan menyelamatkan saya dari malu karena sok tau. lol

sok tau lo anjink kaijin. MST itu ngancurin bukan Negate spell card/trap card. sama halnya dengan DustTornado itu cuma bisa ngancurin bukan Negate Effect Cardnya !!!. kalo ga percaya coba mainin game di PC atau PS. Beli Kasetnya atau Copy Paste dari temen lo atau download Yu-Gi-Oh The Beginning Of Destiny !!!

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More