Selasa, 12 Juni 2012

Florsheim Info : How to Play Vanguard - Field and Positions

Oke. kita bertemu lagi untuk belajar bagaimana bermain Cardfight!! Vanguard. Kalau kemarin kita sudah membahas mengenai Unit, satu-satunya tipe kartu dalam Vanguard, kali ini kita kembali akan mentranslasi Quick Manual Vanguard untuk menjelaskan arena permainan dan beberapa istilah dalam gameplay.


Untuk pembahasan Unit: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Unit
Untuk pembahasan Fase dalam permainan: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Game Phases


Untuk edisi hari ini, kita jabarkan dulu arena permainannya.

Nge-Scan Playmat Gratisan dari Trial Deck
Vanguard Circle (tengah): Tempat menaruh (Ride) Unit Vanguard. Unit yang menge-Ride akan ditumpuk di atas Unit yang lama. Kemudian Unit yang lama akan menjadi Soul. Disinilah karakter utama dari deck kamu beraksi.

Soul: Soul adalah semua Unit yang ditumpuk di bawah Unit Vanguard yang aktif. Biasanya Soul merupakan kumpulan Unit Vanguard sebelumnya. Tetapi terkadang ada cara lain untuk menaruh Unit dalam Soul menggunakan efek, misalnya dari tangan atau dari deck atau dari Rear-guard.

Rear-Guard Circle (semua Circle warna hijau di sekitar Vanguard Circle) : Tempat menaruh Unit-Unit lain untuk membantu Vanguard kamu. Dua Rear-guard yang di depan (atas - sebaris dengan Vanguard) dapat ikut menyerang, diserang, dan jika memiliki Skill Icon Intercept dapat loncat ke Guardian Circle. Sedangkan Rear-guard yang di belakang (bawah) dapat mengeboost Unit yang berada persis di depannya (atasnya) jika memiliki Skill Icon Boost.

Guardian Circle (atas): Tempat menaruh Unit-Unit dari tangan (atau dari field juga kalau memiliki Skill Icon Intercept) untuk melindungi Unit lain yang diserang dengan angka Shield-nya.

Deck (kanan tengah): Tempat kamu menaruh Deck kamu.

Drop Zone (kanan bawah): Padanan Graveyard dalam Vanguard. Semua Unit yang selesai menahan serangan di Guardian Circle akan masuk kesini. Demikian juga Unit yang mati, dan juga yang didiscard atau dimill.

Trigger Zone (kanan atas): Tempat kamu menaruh sementara kartu hasil Drive Check (ketika menyerang) dan Damage Check (ketika terkena damage) dari deck untuk mengecek apakah kartu tersebut memicu Trigger atau tidak.

Damage Zone (kiri bawah): Tempat kamu menaruh Damage setelah melakukan Damage Check.

Setelah arenanya, sekarang posisi dalam permainan. Kalau dalam Yugioh ada Attack Position dan Defense Position, maka dalam Vanguard ada Stand dan Rest yang kegunaannya sama sekali berbeda dengan Yugioh.

Ngopas dari Quick Manual Trial Deck
Stand: Pada awal turn kamu, kamu akan menge-Stand semua Unit kamu yang dalam posisi Rest. Unit juga masuk permainan dalam posisi Stand. Hanya Unit yang dalam posisi Stand yang dapat menyerang atau mengeboost. Analoginya, Stand artinya segar dan siap bertarung.

Rest: Setelah men-declare attack, kamu perlu menge-Rest Unit yang menyerang dan Unit yang ingin mengeboostnya. Terkadang kamu juga perlu menge-Rest Unit untuk mengaktifkan efek dari sebuah Unit. Unit yang sudah dalam posisi Rest tidak dapat menyerang atau mengeboost lagi. Analoginya, Rest berarti istirahat karena lemes setelah menyerang atau menggunakan efek.

Sudah bingung? Sementara sampai disini dulu pembahasannya. Artikel berikutnya akan menjelaskan fase-fase permainan Vanguard, dan setelahnya kita akan praktek sedikit agar lebih mengerti.


Oke segitu dulu,
Medallion

1 komentar:

kalo kita attack vanguard/rear guard itu kan yng msuk damage zone itu kartu yang damage check.trus cara hancurin kartu vanguard/rear guard gimana dong?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More