Rabu, 13 Juni 2012

Florsheim Contributor : Rakhmat's In Depth Analysis of Gem-Knights



Berikut artikel dari sobat kita sesama duelist, Rakhmat Hadita. Beliau merupakan pemain veteran Yugioh yang merupakan salah satu pionir serta community leader dari duelist Surabaya. Berikut in depth analysis beliau mengenai Archetype dalam Hidden Arsenal yang menjadi favoritnya, yaitu Gem-Knight. Bersiaplah, karena artikel ini akan sangat detil."

Setelah pada beberapa bulan yang lalu dirilis HA05 yang katanya isinya boring banget, beberapa saat lagi kita akan menyambut dirilis nya HA06. Seperti pada Hidden Arsenal sebelumnya, pada mulai HA05 keatas terdapat berbagai archtype yang mewakili elemennya masing-masing, dan kebetulan yang akan saya bahas ini adalah Gem-Knight, wakil dari elemen earth yang kebanyakan bentuknya adalah Ksatria dengan baju zirah batu mulia.



Pertama-tama kita akan membahas playstyle Gem-Knight, apabila Gusto, Vylon dan Laval dikenal dengan Synchro , Gishki dengan Ritual, Steelswarm dengan Tribute, maka Gem-knight menggunakan salah satu gaya bertarung yang cukup tua dalam dunia Yu-gi-oh, yaitu FUSION SUMMON!

Pada awal Era HA05 kita mengenal monster-monster utama pembentuk fusion gem-knight adalah monster normal dengan status super nanggung, dan monster fusionnya juga tidak terlalu membantu dalam mengangkat pamor Gem-Knight. Namun semua itu berubah saat dirilis nya HA06, meski palling sedikit mendapatkan kartu baru, boost gem-knight pada HA06 ini adalah dasar dari segala deck Gem-Knight yang cukup kompetitif.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang kartu-kartu gem-knight secara personal tidak akan saya bahas pada artikel ini (takutnya kepanjangan, kalau berminat silahkan buka rmat2004@blogspot.com) berikut ini akan saya bahas beberapa macam jenis deck gem-knight yang bisa kamu buat setelah dirilisnya HA06 nanti.

1. Gem-Stun

Build ini adalah pengembangan dari deck Rock-Stun yang sudah terkenal, pada dasarnya deck ini adalah deck Rock Stun yang diperkuat dengan beat stick Gem-Knight Crystal yang digunakan untuk mentrigger Champion’s Vigilance, build ini sempat populer pada awal masa Photon Shockwave, namun setelah rilis Return of the Duelist, banyak duelist Rock Stun yang meninggalkan engine Gem-Knight ini, dan beralih pada kartu rock yang lebih support bagi deck rock stun seperti block golem.

Trio staple di Rock-Stun
Kerangka deck :

Monster :
Gem-Knight Alexand 2-3
Gem-Knight Crystal 2-3
Koa’ki Meiru Guardian 2-3
Koa’ki Meiru Wall 1-2
Koa’ki Meiru Sandman 1-2
Block Golem 0-2

Spell :
Smashing Ground  0-3
Solidarity 0-3

Trap :
Gem Enhancement 0-2
Solemn Warning x2
Champion’s Vigilance 2-3
Skill Drain 2-3
Call of the Haunted 1-3
Starlight Road 0-2

Extra Deck :
Number 11 : Big Eye

How To Play

Summon apapun yang kamu miliki di hand, jangan takut kehilangan resource.
Jangan sembarangan membuka skill Drain, karena terkadang akan lebih baik skill Drain diaktifkan sebagai chain.

Gem-Enhancement bisa digunakan sebagai sarana men-dodge kartu yang bersifat target seperti prison dkk, selain itu jika digunakan pada battle phase kartu ini bisa digunakan sebagai double attacker (bayangkan Crystal dengan ATK 3250 menyerang 2 kali dalam 1 turn)


Pros :
  1. Deck ini merupakan bisa menstop hampir semua deck meta yang ada saat ini
  2. Dengan kemampuan negate milik Koa’ki, hampir semua move yang dilakukan musuhmu bisa kamu antisipasi
  3. Monster yang kamu miliki mempunyai atk yang luar biasa besar jika solidarity sudah menyala
  4. Dengan timing yang tepat, kamu bisa melakukan OTK dengan kombo Gem-Enhancement
  5. Bisa summon Big Eye dengan mudah tanpa takut minus (kombo alexand->crystal, Coth-> alexand->crystal)
Cons :
  1. Terlalu bergantung pada lineup Trap
  2. Terkadang  jika beberapa kartu seperti Gem-Knight Crytal masuk ke hand, beresiko bad hand yang tinggi
  3. Banyak kartu yang saling bergantung satu sama lain, contohnya : Alexand->Crsytal->Champion’s Vigilance
  4. Kurang mencerminkan gaya bermain Gem-Knight

2. Gem-Fusion (Offensive)

Deck ini adalah wujud sebenarnya dari Gem-Knight, cepat dalam melakukan fusion summon dan loop fusion, sayangnya deck ini hampir tidak bisa melakukan play yang cukup berarti sebelum mendapat Gem-Knight Fusion di tangan, oleh karena itu permainan ala deck Gemini bisa digunakan untuk menstall lawan sampai kita mendapatkan Gem-Knight Fusion.

Lalu jika monster-monster Gem-Knight yang gemini digunakan sebagai cost Gemini Spark, bagaimana kita melakukan fusion? Untuk itulah kita menggunakan Dark Factory of Mass Product, kartu ini adalah instan +1 di deck Gem-Knight, jadi jangan ragu untuk menggunakan Gemini Spark dalam deck ini.

Summon-Gemini Spark-Recycle, rinse and repeat kalo belum bisa melakukan Fusion Loop

Kerangka Deck :

Monster :
Gem-Armadillo 2-3
Gem-Knight Alexand 1-2
Gem-Knight Crystal 0-1
Gem-Knight Ganet 1-2
Gem-Knight Amber 2-3
Gem-Knight Iolite 2
Gem-Knight Obsidian 0-1
Gem-Turtle 1-2
Volcanic Shell 3
Thunder Dragon 3
Morphing Jar 0-1

Spell :
Gem-Knight Fusion 3
Gemini Spark 2-3
Dark Factory of Mass Product 1-2
Future Fusion 1

Trap :
Return From the Different Dimension 1

Extra Deck :
Gem-Knight Prismaura 3
Gem-Knight Citrine 3
Gem-Knight Amethyst 1
Gem-Knight Pearl 1-2

How To Play

Gem-Armadillo untuk search Amber atau Iolite terserah untuk material fusion atau bahan gemini-spark.
Selalu gunakan efek Thunder dragon yang mendiscard diri nya sendiri untuk +1 dan otomatis juga -2 deck dan dapat 2 bahan Prismaura.

Untuk permainan super plus, gunakan Future fusion untuk mendump Volcanic Shell (fusion summon Citrine), kemudian gunakan efek shell untuk mengambil kembarannya dari deck, voila, deck anda -3 dan hand anda +1.

Terkadang Gem-Knight Amethyst berguna untuk menyingkirkan set spell/trap lawan, cukup gunakan dia sebagai bahan fusion, maka efeknya tetap jalan.

Gem-Knight Citrine bisa dibilang adalah monster anti effect battle phase terbaik dalam sejarah yugioh, dia bisa mencegah play apapun yang dilakukan lawan, tidak seperti AGG Dragon yang hanya kebal spell trap, Citrine bisa mencegah Battle Fader, Gorz, Tragoedia, Sangan, Honest, dst!

Jangan terlalu terburu-buru dalam melakukan fusion summon, swarming fusion yang baik dilakukan saat di grave terdapat 1 gem-knight, dan di hand terdapat 2 gem-knight, 1 dark factory, dan volcanic shell/thunder dragon. Selalu siapkan RFtDD untuk menspesial summon semua monster yang terbanish akibat Gem-Knight Fusion.

Trio Fusion Monster Gem-Knight di HA06, Prismaura Destroyer, Citrine Negater, Amethysts Cleaner
Pros :
  1. Bisa menspesial summon fusion monster dengan cepat.
  2. Toolbox pada extra deck.
  3. Citrine bisa jadi engine anti-meta yang cukup andal.
  4. Bisa melakukan Loop dengan hasil 3 monster.

Cons :
  1. Macro Cosmos, Dimensional Fissure, dan Imperial Iron wall membuat deck ini tak berkutik, kurang lebih deck ini punya kelemahan yang sama dengan deck hero Fusion.
  2. ATK yang cukup kecil untuk ukuran boss (Prismaura 2450), meski bisa diantisipasi dengan Gem-Knight Pearl, namun Gem-Knight agak kerepotan dalam mempertahankan monster di field.
  3. Terkadang jika Gem-Knight Fusion tidak mampir ketangan, deck ini hampir dipastikan macet
  4. Rawan dengan D.D. Crow dan sejenisnya.
  5. Thunder Dragon rawan menjadi kartu mati, dan kalau saja Thunder Seahorse tidak terlalu banyak restriksi, dia bisa menjadi pengganti Thunder Dragon yang ideal.

2 ½.  Gem-Fusion (Offensive Post HA07)

Penyempurnaan versi sebelumnya, jika pada build sebelumnya kartu-kartu vital macam Gem-Armadillo dan Turtle ironis nya tidak bisa disummon, maka Zirconia hadir untuk melengkapi rantai yang hilang tersebut, meskipun Vanilla, disitulah letak kekuatannya, dia bisa mengalahkan hampir semua monster dengan ATKnya yang 2900, dan terlebih lagi dia bisa di special summon oleg Dai-Gusto Emeral.

Jika dalam versi sebelumnya monster-monster Gemini hanya berfungsi sebagai fodder Gemini Spark, maka dalam build ini monster-monster Gemini tersebut dapat bekerja secara maksimal lewat efek Gem-Knight Seraphi, yang memperboleh kan player melakukan 1 kali extra summon monster Gem-Knight.

Gem-Knight Master Dia adalah boss dari deck ini, fungsi Gem-Knight Master Dia ini adalah sebagai pengkopi efek monster-monster fusion Gem-Knight yang sudah habis terpakai (banyak pemain Gem-Knight yang mengeluhkan kalau 3 Prismaura dan 3 Citrine itu terlalu sedikit). Selain itu efek banish Gem-Knight nya bisa digunakan untuk swarm menggunakan RFtDD.

Lazuli, Seraphi, Zirconia, Master Dia, dan Daigusto Emeral merupakan update Gem-Knight pada HA07. Meski sedikit,  update ini sangat berdampak besar pada gameplaynya.
Kerangka Deck :

Monster :
Gem-Armadillo 2
Gem-Knight Amber 3
Gem-Knight Iolite 2
Gem-Knight Sanyx 2
Gem-Knight Lazuli 1 (HA07)
Gem-Turtle 1-2
Volcanic Shell 0-3
Thunder Dragon 0-3
Morphing Jar 0-1

Spell :
Gem-Knight Fusion 3
Gemini Spark 2-3
Dark Factory of Mass Product 1-2
Super Polymerization 2
Future Fusion 1

Trap :
Return from a Different Dimension 1
Extra Deck :
Gem-Knight Prismaura 3
Gem-Knight Citrine 3
Gem-Knight Amethyst 1
Gem-Knight Zirconia 2-3 (HA07)
Gem-Knight Seraphi 2-3 (HA07)
Gem-Knight Master Dia 0-1 (HA07)

How To Play (extended)
Seperti yang saya katakan di awal, boost gem-knight itu selalu sedikit, tapi hampir semuanya bisa digunakan, beberapa kartu baru seperti : Lazuli, Sanyx, Zirconia, Seraphi, dan Master Dia menambah tingkat adaptasi deck ini.

Lazuli adalah kartu +1, dia biasa me-recycle hampir semua material fusion yang ada di graveyard, dan merupakan salah satu target ideal cost gem-knight fusion.

Selama ini kartu-kartu Gemini dalam deck Gem-Knight jarang digunakan efeknya, kebanyakan digunakan sebagai cost Gemini spark ato fusion, namun dengan adanya Gem-Knight Seraphi kamu bisa menggunakan efek Amber dan Iolite secara maksimal.

Gem-Knight Zirconia adalah sebuah penyambung mata rantai yang hilang antara Gem-Knight dengan Rock Type, sekarang Gem-Knight Alexand, Gem-Knight Crystal,Gem-Armadillo dan Gem-Turtle, hadirnya kartu ini semakin menambah kelincahan deck ini dalam beradaptasi

Gem-Knight Master Dia sepintas tidak cukup bagus untuk disebut sebagai boss monster deck Gem-Knight, dan memang pada kenyataan nya begitu, hanya gunakan master dia sebagai finishing touch Super Polymerization ketika sudah overhelming.

Gem-Knight Master Dia juga bisa digunakan sebagai bahan pembantu loop RFtDD + Gem-Knight Fusion.

Pros :
  1. Pada build ini hampir semua kartu yang ada di deck bisa di fusion dengan Gem-Knight, sehingga memperkecil kemungkinan bad hand.
  2. Opsi monster Gemini yang lebih banyak dan kehadiran Sanyx dengan ATK tinggi (1800) membuat presence monster di field lebih konsisten, selain itu Gemini spark jadi lebih banyak target dan tidak lagi butuh Gem-Knight Garnet
Cons :
  1. Slot extra deck makin sempit
  2. Masih punya kelemahan yang sama dengan versi HA06

3. Gem-Fusion Anti Meta (HA07 available)

Setelah mendapatkan update berupa Gem-Knight Seraphi, Gem-Knight bisa memasukkan lebih banyak monster ber-attribute light kedalam deck, terlebih lagi kebanyakan monster anti-meta seperti Effect Veiler dan Thunder King Rai-Oh kedalam deck, mereka bisa berfungsi sebagai monster anti-meta dan juga material Seraphi .

Beberapa monster LS seperti Lyla dan Ryko selain bisa digunakan sebagai material fusion, mereka juga memiliki kemampuan mill, mill pada deck Gem-Knight dibutuhkan untuk mempercepat sampainya Gem-Knight Fusion ke dalam grave, dan mengambilnya ketangan dengan efeknya sendiri, reverse toolbox lah gampangnya.

Mengadaptasi gaya bermain LS dan Chaos Dragon yang menjadikan Graveyard sebagai Reverse-Toolbox
Kerangka Deck :

Monster :
Gem-Armadillo x2
Gem-Knight Amber 3
Gem-Knight Iolite 2
Gem-Knight Sanyx 2
Gem-Knight Lazuli 1-2 (HA07)
Gem-Turtle 0-1
Morphing Jar 0-1
Volcanic Shell x3
Lyla, Lightsworn Sorceress 1-3
Ryko, Lightsworn Hunter 1-3
Thunder King Rai-Oh 2-3
Effect Veiler 2

Spell :
Gem-Knight Fusion 3
Gemini Spark 0-2
Dark Factory of Mass Product 2
Super Polymerization 2
Future Fusion 1
Charge of Light Brigade 1

Trap :
Return from a Different Dimension 1

Extra Deck :
Gem-Knight Prismaura 3
Gem-Knight Citrine 3
Gem-Knight Amethyst 0-1
Gem-Knight Zirconia 2-3 (HA07)
Gem-Knight Seraphi 2-3 (HA07)
Gem-Knight Master Dia 0-1 (HA07)
Dai Gusto Emeral 1-2 (HA07)

How To Play
Gunakan monster-monster LS untuk membersihkan ancaman yang ada di field, selain itu kartu-kartu seperti charge of light brigade dan efek mill LS bisa digunakan untuk mereverse toolbox Gem-Knight Fusion.

Kartu-kartu macam Rai-oh sudah memiliki ATK yang besar, jadi jangan ragu untuk mensummonnya, hitung-hitung juga menghambat play lawan, namun perhatikan juga bahwa kita sedang memainkan deck Gem-Knight Fusion Anti Meta, bukan deck Anti Meta.

Karena sangat mudah untuk mensummon Gem-Knight Seraphi, maka sebisa mungkin gunakan efek Gem-Knight Amber dengan efektif, selain itu Gem-Knight Sanyx juga bisa menjadi sekuat Flamvell Firedog milik Gem-Knight.


Pros :
  1. Dengan mill LS, kita bisa menggunakan engine reverse toolbox dengan mengambil Gem-Knight Fusion yang terkena mill oleh efek LS
  2. Dengan adanya Veiler dan Rai-Oh deck ini cukup bisa bersaing dengan deck-deck meta saat ini.
  3. Menukar kemungkinan loop Prismaura-Thunder Dragon dengan konsistensi hand (Rai-Oh).
  4. Mempunyai cukup banyak monster untuk di letakkan di field, tidak seperti varian fusion lainnya, yang hampir tidak pernah summon monster karena berfokus mengumpulkan material di hand.
  5. Monster nya cukup independen dan bisa digunakan tanpa harus menunggu adanya Gem-Knight Fusion.
Cons :
  1. Menukar konsistensi loop fusion dengan Speed toolbox
  2. Terkadang kita lebih membutuhkan gaya anti meta deck ini daripada Fusionnya, sehingga speed yang sebelumnya di unggulkan malah terhambat oleh anti meta nya sendiri
  3. Mill LS nya terkadang liar, sehingga kartu-kartu macam Dark Factory malah kena mill, dan kasus terparah, terlalu banyak Gem-Knight monster yang terkirim ke grave.

Akhir Kata


Bagaimana? Apakah anda tertarik menggunakan Gem-Knight? Deck Gem-Knight adalah sebuah deck yang memiliki tingkat versatile cukup tinggi apalagi setelah update nya pada HA06 dan HA07 kamu bisa memasukkan kartu monster apapun selama itu ber-type Rock, Pyro, Aqua, Thunder, dan ber-attribute Light (untuk sementara ini, semoga ada fusion dengan Dark lol).

Sampai Jumpa! Maaf kalo panjang, karena saya begitu bersemangat untuk membahas deck Gem-Knight yang sudah saya mainkan selama 2 tahun ini (meski hanya di DN).

Rakhmat/Rmat2004

4 komentar:

Kenapa gk sekalian make thunder sea horse ama rabbit? kan lumayan tuhbisa xyz dan fusion walaupun klo sea horse gk bisa ss 1 turn

hmm klo saya pke obsidian 3 biji, lazuli 2, turtle 3, dan juga future fusion. future fusion digunain buat dump lazuli, trus add gemini yang di dump lewat future fusion.

trus penggunaan obsidian bisa dimaksimalkan dgn SS gemini monster, pasang super vise, pke effnya ( iolite atau amber ) pke effnya, add obsidian lagi, pke fusion dst dgn loop ini, bisa ngeluarin 3 zirnocia dgn sangat mudah :v

thunder seahorse kurang bagus, karena begitu dia dapat, kita ga bisa langsung spesial summon (efek restriksi sea horse) dan meski resiko bad hand dia lebih kecil (bisa langsung di summon) tetap saja masih belum bisa menggantikan thunder dragon yang lebih cepat

@anon
kurang suka sama supervise sih, meski fungsi dia mirip kayak gemini spark (cari plus, dan sama2 pake target gemini) tapi super vise harus pasang monster difield dulu, dan kalo monster kena bth/torrent super vise nya jadi sia2, ini pilih spark karena dia chainable, biasanya buat ngilangin kartu2 yang ngeblok play kita

dan soal turtle, ga dipake banyak2 karena kebetulan lawan saya kebanyakan deck meta yg dar dor nya cepet, dan gem turtle butuh set dulu untuk aktif, build anti meta nya sendiri saya kembangkan gara2 kebanyakan sparring lawan inzektor (rasio menang sih 40:60, not bad buat ukuran deck non meta), ryko aja kadang2 saya side out kalo lawan tipikal kayak gitu

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More