Rabu, 13 Juni 2012

Florsheim Info : How to Play Vanguard - Game Phases

Kita bertemu lagi dalam bagian ketiga How to Play Vanguard. Kali ini kita akan membahas fase-fase dalam permainan.

Untuk pembahasan Unit: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Unit
Untuk pembahasan Field dan Positions: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Field and Positions

Pertama-tama kamu perlu memiliki deck dan mencari lawan. Jika sudah, duduk semeja dan kita mulai!

Persiapan Cardfight
  1. Masing-masing pemain keluarkan satu kartu Grade 0 dari Decknya dan ditaruh di Vanguard Circle dalam keadaan tertutup untuk menjadi Vanguard.
  2. Kocok deck masing-masing dan taruh di area Deck.
  3. Tentukan siapa yang jalan duluan, bisa dengan suit atau dadu atau apa pun.
  4. Masing-masing draw 5 kartu dari deck.
  5. Jika tidak puas dengan kartu di Hand kamu, kamu boleh mengembalikan berapapun dari Hand ke Deck. Shuffle. Kemudian draw sejumlah yang kamu kembalikan tadi sehingga Hand kamu kembali menjadi 5. Lawan juga dapat melakukan yang sama. Setiap pemain hanya dapat melakukan hal ini satu kali saja sebelum bermain.
  6. Kalau kamu mau lebay, teriakkan "STAND UP" dan buka Vanguard kamu. Kalau mau lebih lebay ala Toshiki Kai, teriaknya "STAND UP THE VANGUARD!" dengan penekanan irasional pada kata "The". Anyway, biasanya orang sekedar ngebuka aja nggak pake teriak-teriak.
Persiapan sebelum bermain

Fase-Fase Tiap Giliran

Stand Phase

Berdirikan (Stand) semua Unit yang dalam keadaan miring (Rest) jika ada.
Semua kartu kamu diberdirikan
Draw Phase

Draw 1 kartu dari Deck ke Hand. Seperti biasa.

Gaya sedikit
Ride Phase

Kamu boleh menumpuk 1 Unit dengan Grade yang sama atau satu di atas dari Vanguard kamu di atasnya. Vanguard-Vanguard sebelumnya akan menjadi Soul, yaitu tumpukan kartu di bawah Vanguard kamu yang baru. Normal Ride hanya dapat dilakukan satu kali per giliran dan hanya dalam fase ini.

Intinya, naik level
Main Phase

Mulai serius. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan pada Main Phase.

Pertama adalah melakukan Call, yaitu mensummon Unit dari Hand ke Rear-Guard Circle. Call hanya bisa dilakukan pada Unit yang memiliki Grade sama atau di bawah Grade Vanguard kamu. Kamu bisa "menimpa" Unit, sehingga Unit yang lama akan masuk Drop Zone digantikan oleh Unit baru di posisi yang sama.

Kedua adalah pindah posisi atau tukar posisi antar Rear-Guard Circle. Kamu hanya bisa memindahkan Unit dalam satu kolom (atas ke bawah atau bawah ke atas). Kamu tidak bisa menukar Rear-Guard dengan Vanguard atau memindahkan posisi Vanguard.

Call Unit dan Change Position
Ketiga adalah menggunakan Skill ACT selama kamu dapat membayar costnya.

Semua hal di atas dapat kamu lakukan berkali-kali dan dengan urutan apapun sampai kamu puas.

Battle Phase

Tambah serius. Ada urutan aksi dalam Battle Phase. Mari kita simak satu per satu.
  1. Pilih satu Unit kamu di depan (bisa Vanguard atau Rear-Guard) dan pilih satu Unit lawan di depan juga (bisa Vanguard atau Rear-Guard) dan ubah posisi Unit yang menyerang menjadi miring (Rest).
  2. Jika Unit yang persis di belakang Unit yang menyerang ingin mengeboost untuk menambahkan Powernya ke Power penyerang, kamu bisa mengubahnya menjadi posisi miring (Rest).
  3. Lawan dapat menambah Power dari Unit yang diserang dengan melakukan Call Unit dari Hand ke Guardian Circle. Lawan bisa Call berapapun Unit ke Guardian Circle. Unit yang diserang Powernya akan bertambah sejumlah Shield dari semua Unit di Guardian Circle.
  4. Jika Unit yang menyerang adalah Vanguard, lakukan Drive Check. Untuk melakukan Drive Check, buka kartu teratas Deck kamu dan taruh di Trigger Zone. Jika Unit tersebut memiliki Trigger, gunakan efek Trigger tersebut. Setelah itu, taruh kartu dalam Trigger Zone tersebut ke Hand (mirip mengedraw).
  5. Setelah mengitung Power yang menyerang dan diserang, serta tambahan Power dari Boost, Shield, maupun Trigger. Bandingkan. Jika Power penyerang sama atau melebihi Power yang diserang, maka serangan masuk (Hit). Jika kurang, tidak ada yang terjadi.
  6. Jika serangan terhadap Rear-Guard masuk (Hit) maka Unit tersebut masuk Drop Zone. Jika serangan terhadap Vanguard masuk (Hit), maka kamu terkena damage sejumlah Critical dari penyerang. Untuk setiap damage, lakukan Damage Check. Untuk melakukan Damage Check, buka kartu teratas Deck kamu dan taruh di Trigger Zone. Jika Unit tersebut memiliki Trigger, gunakan efek Trigger tersebut. Setelah itu, taruh kartu dalam Trigger Zone tersebut ke Damage Zone.
  7. Taruh semua Unit dalam Guardian Circle ke Drop Zone. Jika kamu masih memiliki Unit di baris depan yang dalam posisi Stand, kamu dapat kembali ke tahap 1 dan lakukan penyerangan lagi! Jika sudah selesai menyerang, maka lanjut ke fase selanjutnya.
Untuk Gambar, akan kami ilustrasikan lebih jelas saat simulasi bermain di edisi berikutnya.

End Phase

Ya, tidak ada Main Phase 2 di Vanguard. Setelah ini adalah giliran lawan kamu, dimulai kembali dari Stand Phase. Bersiaplah untuk diserang!

Syarat Kemenangan

Untuk menang, kamu perlu membuat lawan kamu kalah (yaiyalahyaaaa). Seorang pemain kalah kalau memiliki 6 damage, atau kehabisan kartu dalam Decknya.

Sudah tambah bingung? Santai saja, untuk edisi berikutnya kita akan melakukan sedikit simulasi permainan Vanguard untuk beberapa giliran pertama. Jadi simak terus! Oh ya, untuk yang penasaran, website Florsheim Vanguard adalah http://vg.florsheimteam.com. Link tersebut masih under construction namun silakan saja jika mau berkunjung!


Oke segitu dulu,
Medallion

4 komentar:

Kalo ada efek kartu yang nambahin 1 damage itu kartu man Yang masuk damage zone?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More