Kamis, 14 Juni 2012

Florsheim Info : How to Play Vanguard - Cardfight Simulation

Kembali lagi dengan gue untuk belajar bermain Vanguard. Setelah kemarin belajar mengenai Unit, Field, Position, dan Phases, sekarang kita akan menggunakan semua itu untuk mulai bermain! Bagi yang masih kurang mengerti beberapa hal bisa klik link di bawah ini.

Untuk pembahasan Unit: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Unit
Untuk pembahasan Field dan Positions: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Field and Positions
Untuk pembahasan Fase dalam permainan: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Game Phases

Jadi sekarang kamu ceritanya sudah mempunyai lawan. Sebut saja Kai. Kalian berdua duduk di satu meja, lalu kamu dibacoti soal Planet Cray, dan kamu harus menahan muntah mendengarnya.

Jadi, imajinasikan kita ada di Planet Cray... Kita disana sebagai roh yang hanya memiliki... OH SHUT UP!
Kalian mengeluarkan satu Unit Grade 0 dari deck taruh di Vanguard Circle, saling bertukar Deck dan mengocoknya. Lalu kembalikan ke lawan. Kalian suit, Kai yang menang. Masing-masing draw 5 kartu.


Setelah dilihat, kamu mengedraw 2 Grade 0, dan 3 Grade 2. Ini tidak baik. Sebaiknya ada setidaknya 1 Grade 1, 1 Grade 2, dan 1 Grade 3 di opening hand kamu. Nah kamu dapat melakukan Redraw, yaitu kamu bisa mengembalikan berapapun kartu di Hand kamu ke Deck dan draw dengan jumlah yang sama. Hal ini dapat dilakukan HANYA SEKALI sebelum permainan dimulai.

Kamu pun mengembalikan 4 kartu, yaitu 2 Grade 2 dan 2 Grade 0 ke Deck, menyisakan 1 Grade 2 di Hand. Ternyata Kai juga melakukan hal yang sama, tapi dia hanya mengembalikan 3 kartu. Kalian bertukar Deck dan mengocoknya, lalu kembalikan ke lawan. Kai draw 3 kartu sesuai yang dia kembalikan, dan kamu draw 4 kartu. Membuat kedua pemain kembali memiliki 5 kartu di Hand.

Aha, sekarang Hand kamu memiliki setidaknya 1 Grade 1, 1 Grade 2, dan 1 Grade 3. Kamu siap bermain. Kamu dan Kai membuka Vanguard masing-masing. Bedanya, Kai melakukannya sambil berteriak "STAND UP ZA VANGUARD!!", membuat semua orang di sekitar melirik ke kalian. Canggung.


Kai memulai dengan Draw 1 kartu dari Decknya pada Draw Phase, dan menge-Ride Vanguardnya menjadi Grade 1 ber-Power 8000 di Ride Phasenya. Berhubung masih giliran pertama, Kai belum bisa menyerang. Dia menuju End Phase untuk menyelesaikan gilirannya.

Sekarang giliran kamu. Kamu draw 1 kartu. Kartu tersebut adalah Grade 1 ber-Power 8000. Kamu melakukan Ride menjadi Grade 1. Kemudian kamu melakukan Call sebuah Unit Grade 1 ber-Power 8000 ke Rear-Guard Circle kanan dan Unit Grade 0 ber-Power 5000 ke Rear-Guard belakang. Kamu masuk Battle Phase. Saatnya menyerang!


Kamu memutuskan untuk menyerang dengan Rear-Guard terlebih dahulu. Kamu memiringkan Rear-Guard kamu. 8000 vs 8000. Namun Kai melakukan Call ke Guardian Circle, menambahkan Power Vanguardnya 5000 sesuai Shield Unit tersebut. 8000 vs 13000. Power Penyerang < Power Yang Diserang, tidak ada yang terjadi.


Unit yang ada di Guardian Circle pun masuk Drop Zone. Kemudian kamu akan menyerang dengan Vanguard kamu. Kamu miringkan dia, lalu kamu boost dengan Rear-Guard di belakangnya dengan memiringkannya juga. Power Vanguard kamu pun menjadi 8000+5000=13000.

Kali ini Kai mengumumkan "No Guard!". Sekarang saatnya kamu melakukan Drive Check. Kamu buka Top Deck kamu dan menaruhnya di Trigger Zone. Ternyata Critical Trigger!! Kamu menambahkan Power 5000 dan 1 Critical dari Trigger ke Vanguard kamu, membuatnya 18000 dan 2 Critical.


Setelah dilakukan Drive Check, kartu tersebut ditambahkan ke Hand. Karena Power Penyerang >= Power yang Diserang, maka serangan tersebut masuk. Jika serangan masuk ke Vanguard dilakukan Damage Check untuk setiap Critical penyerang. Lawan menaruh Top Decknya ke Trigger Zone, ternyata bukan Trigger Unit, lalu menaruhnya di Damage Zone. Kemudian untuk Damage kedua, berkat Critical Trigger, lawan menaruh Top Decknya lagi ke Trigger Zone, yang ternyata merupakan Heal Trigger!

Lawan masukkan Damage sebelumnya ke Drop Zone dan menambahkan power Vanguardnya 5000 berkat Trigger tersebut. Kemudian kartu tersebut masuk ke Damage Zone.


Kamu sudah tidak mempunyai Unit yang bisa menyerang dan kamu akhiri giliran kamu. Sekarang giliran Kai! Dia draw 1 kartu pada Draw Phase nya, lalu menge-Ride Grade 2 ber-Power 10000! Dia juga memanggil Rear-Guard lain Grade 2 ATK 10000. Battle Phase!

Kai menyerang Rear Guard kamu menggunakan Rear-Guardnya. Kamu mengumumkan "No Guard". 10000 > 8000, sehingga Rear Guard kamu mati ke Drop Zone. Kemudian Vanguardnya menyerang Vanguard kamu. Kamu juga mengumumkan "No Guard". Dia melakukan Drive Check, juga menunjukkan Critical Trigger!


Serangan Hit! Kartu dari Trigger Zone tersebut pun masuk ke Hand Kai, dan sayangnya, saat kamu melakukan Damage Check dua kali, tidak ada Trigger yang muncul.


Kai mengakhiri gilirannya. Sekarang giliran kamu lagi! Stand Phase, kamu memberdirikan semua Unit kamu yang dalam keadaan Kamu Draw 1 kartu pada Draw Phase dan menge-Ride ke Grade 2. Karena Hand kamu tidak memiliki Grade 1 atau 2, dan Grade 0-nya semua terlalu lemah, kamu langsung masuk Battle Phase.

Kamu menyerang Vanguard ditambah boost, 15000 vs 10000. Kai menggunakan Skill Intercept dari Rear Guardnya, membuatnya maju ke Guardian Circle menambah Power Vanguard 5000 menjadi 15000 ditambah dengan kartu di tangannya menambah Power 5000 juga menjadi total 20000. Kamu kemudian melakukan Trigger Check. Ternyata Draw Trigger!! Kamu menambahkan 5000 ke Vanguard dan draw 1 kartu. 20000 vs 20000, kamu yang menang battle ini secara tidak terduga!


Kai pun melakukan Damage Check. No Trigger. Kamu pun menyelesaikan giliran kamu. Kai melakukan Stand Phase, memberdirikan semua Unitnya. Dia draw 1 kartu pada Draw Phase. Dia kemudian menge-Ride menjadi Grade 3 ber-Power 10000! Dia menurunkan satu lagi Grade 3 ber-Power 10000. Battle
Phase!

Kai menyerang dengan Rear Guardnya, kamu No Guard dan serangan tersebut masuk. Sayang saat Damage Check tidak ada Trigger. Kemudian Vanguardnya menyerang Vanguard kamu. 10000 vs 10000. Belajar dari Battle Phase sebelum ini, kamu takut jika lawan akan Drive Check Trigger, sehingga kamu memanggil Unit dengan Shield 10000 ke Guardian Circle menjadikan Power Vanguard kamu 20000.

Kai melakukan Drive Check! Ternyata adalah Critical Trigger! Kai menambahkan Critical dan Power +5000 ke Vanguardnya lalu menaruhnya Unit Trigger tersebut ke Hand. Kamu bernafas lega, untung saja kamu melebihkan Shield kamu. Jika kamu hanya menurunkan 5000 Shield, tentu serangan ini masuk.

Kai tersenyum licik. Ia mengumumkan Twin Drive! Semua Grade 3 memiliki kemampuan Twin Drive, yaitu jika sebuah Grade 3 sebagai Vanguard menyerang, maka ia dapat melakukan Drive Check dua kali! Kamu hanya bisa berdoa. Ternyata pada Drive Check kedua, Kai menunjukkan Critical Trigger lagi!!


Sekarang Unit Kai menjadi 20000 dan 3 Critical berkat dua kali Critical Trigger pada Drive Check. 20000 vs 20000 maka serangan masuk! Kamu melakukan 3 kali Damage Check, sayangnya tidak ada Trigger satupun. Kamu pun kalah karena sudah memiliki 6 damage.

Kamu menawarkan Kai sebuah jabat tangan dan disambut dengan ramah olehnya. Dia menceritakan sedikit basa-basi lagi mengenai hilangnya roh di Planet Cray, tapi kamu hanya tersenyum kecut dan tidak mendengarkannya.

Saat ini mungkin kamu kalah dari Kai, tapi itu wajar, kamu masih pemula. Jadikan kekalahan ini sebuah motivasi untuk belajar lebih lanjut dalam cara bermain dan cara membuat deck!

Demikian simulasi kita di permainan Vanguard. Semoga dengan ini, fase-fase dan kegunaan tiap Unit menjadi lebih jelas. Dan jangan lupa, tetap simak edisi berikutnya, yaitu How to Start Playing Vanguard! Oh jangan lupa, nanti website untuk pembahasan Vanguard adalah http://vg.florsheimteam.com!


Oke segitu dulu,
Medallion.

6 komentar:

wah, ternyata gak sesulit dugaan saya, BTW 1 pertanyaan, critical pebgaruhnya apa ? apa kalo criticalnya 2, damage pointnya jadi 2x ?

Critical adalah damage yang diberikan kalau serangan berhasil Hit ke Vanguard lawan.

kalo cara memberi damage ke lawan gmn

Mas vandy, bisa kasih kursus langsung sama anak saya nggak mas? Dia pgn bgt bisa main vanguard.. Kalau bisa sms saya ya di 081212316718. Thanks

Crittical Trigger fungsinya untuk menambah Damage pada lawan, Misal anda twin drive dan dapat 2x Crittical, maka Lawan anda mendapat 3 damage

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More