Selasa, 20 Desember 2011

Florsheim Metagame Analysis : General Vamp's Playstyle Tips

"Begini ceritanya, setiap hari senin, salah satu kru Florsheim, berganti-ganti tiap minggu, diwajibkan membuat sebuah artikel dengan muatan metagame analysis yang kompetitif. Karena artikel-artikel tersebut sudah menumpuk cukup banyak, gue memutuskan untuk membagi beberapa untuk non-Kaijin. Berikut merupakan artikel dari saudara 
Vamp a.k.a. Arlan tertanggal 19 Sept 2011"

Berikut additional tips regarding playstyle format ini menurut pendapat saya pribadi...


1.Pro-Heavy? Do or not?
Dulu melakukan jurus nge-set Heavy Storm d-first turn itu langkah yang pro, namun semua berubah semenjak... MST ikut-ikutan lepas jadi 3 juga (Apa? Berharap negara api menyerang?) dan bisa bikin Heavy Storm yang di-set jadi terancam bahaya. Sehingga mempertaruhkan kartu game-breaking macam Heavy untuk mengincar plus itu menjadi langkah yang riskan, but sometimes it worth the risk.

2. Heavy Storm solve Crowded Backrow?
Gak juga. Dengan format MST@3 dan Heavy Storm, orang justru akan lebih reserve hand ketimbang brainless-play set semua trap yang ada di-hand. Kalau mereka malah melakukannya berarti... Mereka Pede sama Backrow mereka. Entah ada Dark Bribe, semuanya Chain-able (ato mungkin semuanya Dark Coffin), atau kasus parah (yg sering terjadi) nya... Starlight Road. So, be careful with Heavy Storm.

3. I Throw Veiler! Problem?
Agent ada dimana-mana... Being one of the cheapest deck among Meta, and highly consistent. Ini semua gara-gara Kristya Super!.. . Gak juga sih. Salah satu play paling menyebalkan mereka adalah summon Venus dan beli 3 kelereng seharga gope satunya. Play yang bisa dikembangkan jadi Instant Gachigachi Gantetsu, ato sambung ke summon tuner dan langsung Trishula. Dan untuk mengantisipasi hal itu, jangan heran bila orang-orang sudah mulai Main-decking Effect Veiler.

Lantas, kapankah waktu yang tepat untuk memakai Solemn Warning ato Effect Veiler saat me-respon efek Venus tersebut? That depend. Kalau lawan memanggil T.G. Striker sebelum Venus, Warninglah saat mereka sudah melakukan Synchro Summon, dan bukan saat Venus memanggil Kelereng. Karena menyisakan T.G. Striker yang bisa ngesearch kalo ke-destroy itu rada-rada gak enak. Kalo adanya Veiler, Veiler saja Venusnya langsung. Kalau gak ada Tuner-nya, Veiler ato Warninglah saat Kelereng kedua. Karena 1 Venus dan 1 Kelereng is barely any threat, dan bikin Venus yang berikutnya gak bisa manggil 3 kelereng, thus slowing down their pace.

“Knowing when to throw effect
Veiler is fundamental to succeed on current format” – Random Guy at Pojo

4. Different format, Different way of playing, Different way of anticipating
Format baru, Game-Mechanic baru dan juga kartu-kartu baru... Hal yang sangat membuat banyak Duelist sibuk mengutak-atik deck mereka. TAPI! Kebanyakan dari mereka justru melupakan hal yang sangat penting selain susunan main-deck mereka! Yaitu... Susunan Side-deck!

Kartu-kartu yang dipilih untuk masuk side-deck dalam format sekarang ini berbeda dengan format sebelumnya. Kartu anti yang lebih berperan dalam format sekarang adalah yang berwujud monster (D.D. Crow, Effect Veiler, Maxx C, Kycoo the Ghost Destroyer) dan beberapa Spell karena sesuatu yang perlu di-set terlebih dahulu tidak lagi reliable. Dan hal itu juga berpengaruh dalam menentukan kartu apa yang perlu dimasukkan dan dikeluarkan saat side-decking. Oleh karena itu, jangan lupakan untuk meng-update susunan side-decking di-format baru ini, karena tidak selamanya cara yang sama akan efektif digunakan berkali-kali.

5. Xyz and Synchro... When the Extra-deck no longer big enough
15 kartu... Sekarang terasa begitu sempit karena banyaknya kartu yang ingin dimasukkan kedalamnya. Jadi, jangan lupakan untuk menyusun ulang Extra Deck anda, dan jangan langsung memasukkan kartu yang sekiranya keren tapi gak banyak berperan kedalam Extra Deck anda hanya karena asas “Sapa tau bisa dipanggil. Kan Epic.”... Think again. Does the card you include on your extra deck really help you that much? Seleksi alam Xyz dan Synchro-pun dimulai... *Digebukkin pemain HERO karena melupakan Fusion*

Dan hal itu berbuah sebuah keuntungan tersembunyi bagi pemain Deck Machine. Beberapa dari mereka kini sudah tidak takut lagi untuk meninggalkan monster Machine mereka bersama dengan Cyber Dragon mereka saat melawan deck non-machine karena... “Mwahahahaha!!! Memangnya kalian bawa Chimeratech Fortress Dragon di-extra deck kalian!? Karena bahkan deck yang gak nyinkro slotnya sudah kemakan juga karena Xyz.

Okey, sekian dan terimakasih.
Kurangnya mohon dimaafkan, lebihnya tolong dikembalikan.

1 komentar:

"Dan hal itu berbuah sebuah keuntungan tersembunyi bagi pemain Deck Machine. Beberapa dari mereka kini sudah tidak takut lagi untuk meninggalkan monster Machine mereka bersama dengan Cyber Dragon mereka saat melawan deck non-machine karena... “Mwahahahaha!!! Memangnya kalian bawa Chimeratech Fortress Dragon di-extra deck kalian!? Karena bahkan deck yang gak nyinkro slotnya sudah kemakan juga karena Xyz."

Yup di extraku sekrang gbw Chimeratech Fortress,
kenapa?

karena tiba2 ilang
dan g tahu kenapa Chimeratech Fortressku ilang
*curcol

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More