Kamis, 20 Maret 2014

Florsheim Info : April 2014 Forbidden and Limited List Analysis


Hi guys!

Setelah lumayan lama gue nggak nulis di Florsheim Yugioh, akhirnya gue (terpaksa) nulis lagi sekarang demi menepati janji.



Jadi bagi yang belum lihat, inilah banlist April 2014. Monggo~

Banned:
Morphing Jar
Morphing Jar #2

Limited
Coach Soldier Wolfbark
Mermail Abyssgunde
Rekindling
Infernity Barrier

Semi-Limited
Necroface
Hieratic Seal of Convocation

Unlimited
Magical Stone Excavation
Primal Seed

Per Card Analysis

Sebelum bahas ke deck apa yang bakal bagus, kita bahas dulu masing-masing kartu yang kena dan apa impactnya.

BANNED


Morphing Jar

Kartu yang sempat populer karena bisa ngeplus banyak ini sekarang sudah absen di berbagai decklist. Tidak banyak deck yang bisa mengutilisasi Morphing Jar dengan baik, namun meski demikian memang ada beberapa deck yang dirugikan dengan status baru dari Morphing Jar ini, yaitu Dark World dan Empty Jar. Dark World masih punya banyak discard outlet lain meski tidak se-ngeplus Morphing, akan tetapi deck Empty Jar bisa saya pastikan mati semati-matinya. (pukpuk Neri)

Morphing Jar #2

Langkah yang aneh. Morphing Jar #2 bisa dibilang tidak memiliki atribut apapun yang membuatnya pantas menyandang gelar Forbidden. Namun dengan hilangnya kartu ini, maka berkurang satu kartu untuk menghandle deck Evilswarm dan beberapa deck yang suka spamming Synchro & Xyz.


LIMITED


Coach Soldier Wolfbark

Ada dua deck yang jelas terkena, yaitu Fire Fist dan Fire King. Hanya saja imbasnya di Fire Fist tidak setelak imbasnya ke Fire King. Di deck Fire Fist 3,5 axis, orang biasanya juga hanya bawa sebiji. Sedangkan di deck Fire King dan Fire Fist 4-axis, tiga biji itu wajib.

Mermail Abyssgunde

Yang ini jelas hanya Mermail yang kena, baik Meta-Mermail ataupun Mini-Mermail yang dishare oleh Rio di artikel sebelum ini. Untungnya Gunde sangat searchable dan retrieveable, jadi gue rasa masalahnya lebih ke tingkat reusability-nya yang berkurang. Ini membuat play Gunde tidak bisa terlalu banyak disia-siakan. Frekuensi Xyz Rank 7-nya juga pasti lebih berkurang dengan adanya pembatasan ini.

Rekindling

Yak, ini hit kedua untuk Fire Fist dan Fire King. Rekindling adalah Wolfbark-nya 3-axis, kartu dengan power level tinggi. Ini seperti kebalikannya Wolfbark, di deck Fire Fist 4-axis Rekindling tidak terpakai, namun di deck Fire Fist 3-axis dan Fire King, tiga itu wajib. Selain kena di dua itu, beberapa archetype lama juga ada yang kena lebih sakit, seperti Laval dan Flamvell. Tapi limit di Rekindling ini bisa dibilang memang sudah diperkirakan sejak dulu karena terlalu broken. Kenapa baru sekarang?

Infernity Barrier

Lucu juga sih melihat ini dilimit. Kartu yang tadinya adalah kartu yang sangat ditakuti, nantinya malah bakal lebih sering makan Mystical Space Typhoon doang. (karena dia disearch dari deck dan orang tahu dimana dia di-set)

SEMI LIMITED


Necroface

Tukang nge-mill 5 setelah lenyapnya Morphing Jar. Sayangnya Necroface tidak konsisten kalau mau dibikin decknya, maklum, di TCG Dimensional Fissure dan Macro Cosmos juga kena limit. Tapi ya menurut gue, memang tidak seharusnya Necroface kena limit. Yang ngeri kan cuma kalau Necroface banish Necroface, jadi mill 15 maks.

Hieratic Seal of Convocation

Setelah puas muter-muter Limited-Semi Limited-Unlimited, di list kali ini dia masuk Semi Limited lagi. Hieratic memang perlu searcher demi OTK, cuma ya hilang satu searcher nggak akan terlalu ngaruh ke decknya. Paling cuma kehilangan sedikit konsistensi.

NO LONGER LIMITED


Magical Stone Excavation

Kenapa juga ini sampai dilimit....?

Primal Seed

...apalagi yang ini.

Tapi lumayanlah, kita bisa bikin dedicated Black Luster Soldier - Envoy of the Beginning deck yang bisa mengambil semua kartu banish kita ke hand!

Deck Analysis

Jadi deck apa saja yang "kena" dengan list ini? Yuk kita list.


Empty Jar
Dark World
Fire Fist 3 - 3,5 - 4 axis (5-axis AMAN!)
Fire King
Mermail
Laval
Flamvell
Infernity
Hieratic

Sedangkan yang diuntungkan adalah:


Evilswarm
Banish Deck
Magical Explosion Deck
Exodia Deck
Black Luster Soldier - Envoy of the Beginning Deck

Dari list di atas bisa kita lihat kalau ada beberapa deck yang benar-benar devastated sampai bingung mau pakai engine apalagi untuk bisa bener-bener berfungsi. Kita sebaiknya menghindari deck-deck yang seperti ini. Contohnya adalah deck Empty Jar yang kehilangan kartu corenya, dan Laval-Flamvell yang kehilangan Rekindling sebagai "boss card"-nya. Fire King sendiri kehilangan dua kartu kunci yang biasanya dipakai tiga di deck, yakni Rekindling dan Wolfbark. Kedua kartu itu memang tidak terlalu esensial, namun sangat penting untuk meluweskan flow dari decknya -yang bisa dibilang suka bad hand-.

Sedangkan Fire Fist, Mermail dan Hieratic masih akan jadi penantang yang sangat kuat di metagame. Dipotongnya 1-2 jenis kartu nggak akan bikin mereka jadi lemah secara signifikan karena banyak alternatifnya. Dark World malah kayak nggak berkurang apa-apa berhubung banyak juga duelist yang tidak suka menggunakan Morphing Jar di decknya. Untuk Infernity, Barrier tetap bisa disearch. Yang berkurang adalah kemampuan mereka untuk mengontrol jangka panjang, oleh karena itu kemungkinan besar Infernity akan digiring ke build One Turn Kill.

Deck yang diuntungkan juga nggak penting sebenarnya. Evilswarm hanya diuntungkan oleh hilangnya satu kartu side deck, yang kebanyakan orang juga gak pake. Tambahan Necroface di deck banish juga tidak akan punya impact di metagame saking sudah didegradasinya deck banish oleh Konami US. Magical Stone Excavation mungkin bisa membantu deck fapping, tapi tetap saja deck macam itu konsistensinya sangat rendah. Tapi deck BLS, hmm... sepertinya menarik, hehe.

Langkah yang diambil Konami kali ini memang cukup membosankan, dia hanya memotong sedikit kemampuan deck yang mendapat sorotan publik. Dipotong sedikiiit saja. Namun ini bisa menjadi momentum bagi deck lain di bawahnya untuk ikut muncul dalam panggung metagame tanpa terlalu menjatuhkan deck-deck dominan tersebut.

Jadi kalau ada pertanyaan "Deck apa yang bakal bagus format ini?" Maka jawabannya adalah, deck apapun bisa bagus. Termasuk deck kamu.


Oke segitu dulu,
Vandy

1 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More