Senin, 21 Juli 2014

Florsheim Info : Pendulum Monster itu Sampah, Ini Tiga Alasannya

Hi guys!

Gue rasa gue bukan orang pertama yang bilang Pendulum itu sampah. Kalau kamu sudah coba bermain dengan Super Starter: Space-Time Showdown terbaru, kamu juga pasti berpendapat sama. Nah tapi sebelum kita kaji kenapa Pendulum itu sampah, mari kita bahas dulu apa itu Pendulum Monster dan bagaimana mekanismenya.

Kamu bisa baca di beberapa blog tetangga di sini:

Kalau masih bingung, bisa ditanyakan di grup bertanya ruling Yugioh:


Bisa kita lihat di gambar di atas, Pendulum Monster sebenarnya ya monster biasa yang bisa "diaktifkan" seakan spell di Pendulum Zone. Pendulum Monster punya dua efek. Efek pertama adalah efek Monster (yang bawah) yang aktif kalau dia ada di Monster Zone dan efek kedua adalah efek Pendulum (yang tengah), yang aktif kalau dia ada di Pendulum Zone.

Gue anggap kalian sudah tahu mekanisme Pendulum Summon ya dari baca-baca link yang sudah gue kasih di atas. Jadi ada beberapa yang mau gue garis bawahi:
  1. Pendulum Monster kalau ke Graveyard dari field (mati, di-Tribute, di-Synchro, di-Fusion) maka dia akan ke Extra Deck dan bisa dipanggil gratis via Pendulum Summon.
  2. Untuk melakukan Pendulum Summon kamu perlu 2 Pendulum Monster di Pendulum Zone yang punya Pendulum Scale berbeda. Dan kamu cuma bisa Pendulum Summon dari Hand atau Extra yang Level-nya di antara 2 Pendulum Scale tersebut.
  3. Summonnya langsung seabrek dari Hand dan Extra sekaligus. 
Saat ini yang paling bagus ya kombo Stargazer-Timegazer karena bisa bikin rentang yang luas dan searchable sama Odd-Eyes Pendulum Dragon. Kamu bisa Pendulum Summon monster-monster di Hand dan Extra dari Level 2 sampai Level 7. Sedangkan Pendulum lainnya hingga DUEA belum ada yang mencapai rentang sebesar itu.

Lalu kenapa sampah?

1. Pendulum Monster kalau ke Graveyard dari field (mati, di-Tribute, di-Synchro, di-Fusion) maka dia akan ke Extra Deck dan bisa dipanggil gratis via Pendulum Summon.


Pendulum Monster harus disummon ke field dengan sukses atau diaktifkan dengan sukses lalu dihancurkan dulu baru mereka bisa masuk Extra Deck. Satu-satunya yang cepat masuk adalah Odd-Eyes Pendulum Dragon yang bisa menghancurkan dirinya sendiri dan mengesearch Pendulum lainnya. Pendulum di Pendulum Zone pun tidak bisa ditimpa dengan yang lain. Selain dengan mensummon dari Pendulum Zone, kamu terpaksa summon dari Hand, yang artinya bakal boros banget. Apalagi mengingat kalau kamu 1st turn, hand awal kamu cuma 5.

Lalu artinya apa? Lemot. Lawan keburu pasang Felgrand Dracossack Judgment Dragon dulu di fieldnya sebelum bahkan ada kartu Pendulum masuk Extra Deck.

Kesimpulannya? Sampah (1).

2. Untuk melakukan Pendulum Summon kamu perlu 2 Pendulum Monster di Pendulum Zone yang punya Pendulum Scale berbeda. Dan kamu cuma bisa Pendulum Summon dari Hand atau Extra yang Level-nya di antara 2 Pendulum Scale tersebut.


Pendulum Monster harus punya angka yang berbeda. Misalnya kamu memasukkan empat tipe Pendulum Monster ke dalam deck, dua tipe Scale 1 dan dua tipe Scale 8. Maka kamu harus mengedraw salah satu yang Scale 1 dan salah satu yang Scale 8. Kalau kamu draw dua atau lebih yang Scale 8 doang, nggak ada gunanya, cuma numpang mejeng doang.

Kalau kamu bawa tiga tipe Pendulum, satu tipe Scale 1, satu tipe Scale 4 dan satu tipe Scale 8, maka kamu untung-untungan. Kalau kamu pas ngedraw Scale 1 dan Scale 8, kamu bisa Pendulum Summon semuanya. Kalau kamu ngedraw Scale 1 dan Scale 4, kamu cuma bisa Pendulum Summon Level 2 dan Level 3. Kalau kamu ngedraw Scale 4 dan Scale 8, kamu cuma bisa Pendulum Summon Level 5, Level 6 dan Level 7.

Lalu apa artinya? Ngarep. Akhirnya kartu Pendulum pun menjadi semacam kombo, seperti ngarep opening Lonefire dan Soul Charge, cuma bedanya tanpa satu sama lain, kartu tersebut jadi secarik kertas yang tidak berguna. Ditambah lagi kalaupun kamu nemu dua Pendulum Monster yang cocok, kamu masih perlu kartu Monster yang mau di-Pendulum Summon. Ini belum memperhitungkan lawan yang bisa nembak Pendulum Monster pakai MST lho. Bisa berhasil melakukan Pendulum Summon pun jadi makin langka. Terlebih dengan aturan 1st turn no draw.

Kesimpulannya? Sampah (2).

3. Summonnya langsung seabrek dari Hand dan Extra sekaligus. 


Pendulum Monster kalau manggil semua sekaligus. Jadi kalau pas summon sekaligus kena Bottomless Trap Hole, Solemn Warning, atau Torrential ya wassalam. Apalagi kalau kena Warning dianggap belum sampai field sehingga Pendulum Monster nggak balik ke Extra Deck. Kalau kena Bottomless Trap Hole atau Deep Dark Trap Hole malah hilang ke Banished Zone. Bocuan abis. Sudah "hilang" dua kartu buat ditaruh di Pendulum Zone, eh monster-monster di hand juga ikut lenyap.

Selain sewaktu manggil monsternya, proses set up Pendulum Zone juga berisiko. Kalau di-MST maka kita harus cari bagian Pendulum Scale yang kurang atau menunggu sampai terdraw. Tapi kalau di-MST mendingan, karena yang hancur masuk Extra Deck, bisa dipanggil lagi nanti. Cuma kalau kena semacam Magic Jammer ya... sayang sekali harus masuk Graveyard.

Lalu apa artinya? Sering Gagal. Soul Charge masih jauh lebih mending, cukup satu kartu doang. Nggak perlu kombo (minimal) dua kartu seperti Pendulum. Apalagi Soul Charge summon dari Graveyard, bukan dari Hand seperti Pendulum Summon.

Kesimpulannya? Sampah (3).

Sejauh ini (sampai NECH) deck Pendulum yang mendingan cuma Qliphoth karena Pendulumnya searchable dan ngeplus, selain itu semua anggotanya kecuali Apoqliphoth adalah Pendulum Monster, membuat mereka semua masuk Extra Deck dengan bebas. Ditambah lagi Pendulum Scale yang seragam (tiga tipe Scale kecil dan tiga tipe Scale besar) akan membuat mereka lebih konsisten. 

Nah menurut kamu, selain tiga alasan ini, kira-kira apa alasan lain yang bikin Pendulum itu sampah?

Btw, kalau kamu merasa artikel ini berguna, dishare di Facebook dan Twitter ya~ Tombol sharenya ada di kanan atas. Thanks guys!

Oke segitu dulu,
Vandy 

6 komentar:

Pendulum Scale-nya sama jadi kurang variasi taktik... Alhasil Gambling, dan lagi Konami harusnya juga Support Archetype lama dengan Pendulum Monster ini.. Dan juga ini terbilang susah dibanding saat Konami ngeluarin Synchro dan Xyz dulu... Karena mau gamau dia harus nempatin Archetype lama di Booster2 yang diproduksi, akhirnya Konami kehilangan Slot untuk Archetype baru

semakin lama kartu yugioh semakin ngak imbang.. gw spakat bgt klo pendulum card itu sampah,selain susah butuh stock monster card yg banyak.. kangen gw yugioh series 1 d mna normal moster masih sering d gunakan.. so far gw pernah coba main pendulum summon melalu game yugioh arc v terbaru,pake duet stargazer dan timegazer.. klo sukses sih oke tp klo ngak bklan jd sampah,d samping itu timegazer untk set ke pendulum zone kita ngak boleh punya monster d arena.. klo punya alhasil ngak bisa d pasang atau kudu d hancurin dulu.. huft.. syukur2 klo dpet timegazer ama stargazer d awal atau paling tdk stargaze ama odd eyes..

Ia makin lama summon nya makin aneh mending yang seri awal sama gx masih lebih nyaman mainnya

Kalo menurut saya pendulum summon hanyalah pendukung untuk seri lama.. dan mengurangi jumlah kartu di deck karena pendulum itu bisa jadi spell atau monster effect.. kalau mau synchro bisa pake pendulum karena pendulum adalah kartu monster.. fussion bisa.. xyz bisa... Kartu penhancur deck bisa karena pendulum juga tipe spell.. hanya saja harus hafal semua kartu dari seri awal sampai terbaru dan itu suck.. kalau sya sendiri lebih suka serinya yusei fudo atau sychro.. kalau xyz kurang udah mulai ngalai kartunya.. apalagi pendulum..

Jangan asal ngbilang sampah coy..
Sya pengguna Pendulum Summon.
Masalah lemot engganya, asal kita pasan dek yang ampuh sih bisa diatasi bro.. Apalagi banyak tipe kartu yang bisa dipake buat ngatasin Felgrand Dracossack Judgment Dragon. Mungkin yang bilang Pendulum sampah menirut sya sih karena ga bisa nyusun deck nya ajah.. Pendulum bagus kok dipasangin sama semua deck baik dr yang ritual, xyz, syncro, fusion, asalkan bisa ngaturnya

Pendulum ngga buruk amat kok kalau menurut gue

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More