Rabu, 19 Oktober 2011

Florsheim Info : Rulings for Dummies - Missing the Timing

Missing the Timing merupakan salah satu ruling ter-absurd dan tersusah dalam sejarah peryugiohan. Hari ini gue akan membahas bagaimana aplikasi dan imbas dari ruling ini dikarenakan banyak desakan di facebook. Pokoknya awas aja kalo SEMUA yang minta gue bikin ini kagak komentar di bawah. 

Victim Zero

Definisi Missing the Timing

Apa sih maksudnya missing the timing?
Sometimes an optional effect can only be activated "when" a condition happens. In this case, you are only allowed to activate the effect when the activation condition being met was the last thing to happen in the game. If something else happened after the activation condition was met, then you have missed the timing, and cannot activate the optional effect.

This mainly applies to Monster Cards with optional Trigger Effects such as "Peten the Dark Clown" and "Poison Draw Frog", but it can also affect Spell and Trap Cards such as "Bottomless Trap Hole" and "Heart of the Underdog".
*disalin dari yugioh wikia

Nggak ngerti. Artinya?

Ini artinya :
Terkadang sebuah efek yang tidak wajib dilakukan hanya dapat dilakukan "ketika" sebuah kondisi terjadi. Dalam kasus ini, kamu hanya boleh mengaktifkannya jika kondisi tersebut adalah kondisi paling terakhir yang terjadi. Jika ada hal lain yang terjadi setelah kondisi tersebut terpenuhi, maka kamu telah melewatkan kesempatan, dan tidak bisa mengaktifkan efek yang bersangkutan.

Ini biasanya berlaku pada Kartu Monster dengan Efek Trigger yang opsional seperti "Peten the Dark Clown" dan "Poison Draw Frog", namun ini juga bisa berlaku pada Kartu Spell dan Trap, contohnya "Heart of the Underdog" dan "Bottomless Trap Hole".

Masih nggak ngerti... Maksudnya?

*facepalm*

Oke, mari kita pecah ruling ini menjadi dua bagian, Apa dan Kapan.


Apa : Kartu Macam Apa yang Terpengaruh Missing the Timing

Ini formulanya, disesuaikan dengan Problem Solving Text : When (suatu kondisi terpenuhi) :  Cost (bisa ada atau tidak) ; You can (melakukan sesuatu).

Juga Korban Keganasan Missing the Timing

Kuncinya ada pada kata-kata "When" dan "You can". Semua, ya, SEMUA kartu MONSTER yang TIDAK memiliki dua frase tersebut KEBAL pada Missing the Timing! Continuous Spell dan Trap juga menganut kunci yang sama. Sedangkan untuk yang Spell dan Trap lainnya, cukup kata "When" saja sudah cukup untuk membuat dia dapat missing the timing.

Perhatikan juga, kalau kamu tidak menemukan "When" dan malah menemukan "If", itu juga kebal dari missing the timing.



Kapan : Pada Kondisi Apa Saja Missing the Timing Terjadi

Ada beberapa waktu dimana Missing the Timing biasa terjadi :

1. Kondisi terpenuhi ketika digunakan sebagai cost.
Cost termasuk di-tribute atau di-synchro atau di-detach untuk efek Xyz atau ditribute untuk cost efek.
Contoh : Peten the Dark Clown ditribute untuk mensummon Summoned Skull. Setelah kondisi "sent to graveyard" terpenuhi, ada hal lain yang terjadi, yaitu summon dari Summoned Skull, sehingga Peten Missing the Timing.

2. Kondisi terpenuhi di tengah chain.
Apabila kondisi terpenuhi di chain dua atau tiga, maka bisa terjadi missing the timing. Ada perkecualian apabila chain link sebelumnya di-negate activationnya, namun itu sudah terlalu advanced lah.
Contoh : Peten ada di field, kita mensummon Elemental HERO Stratos mengaktifkan efek search lalu lawan mengechain dengan Torrential Tribute di chain dua. Yang terjadi adalah Torrential Tribute menghancurkan Peten di tengah chain. Setelah kondisi "sent to graveyard" terpenuhi, ada hal lain yang terjadi, yaitu efek search Stratos pada chain link 1, sehingga Peten Missing the Timing.

3. Kondisi terpenuhi saat ada efek yang belum selesai.
Terkadang efek dari sebuah kartu terjadi secara satu per satu dan tidak bersamaan. Apabila saat kondisi terpenuhi tetapi masih ada lanjutan efek yang harus dijalankan, maka bisa terjadi missing the timing. Kunci mengetahui apakah masih ada lanjutan efek bisa dicari kata "then" pada efek yang bersangkutan.
Contoh : Ryko, Lightsworn Hunter memiliki efek "FLIP : Target 1 card on the field : Destroy it, THEN send 3 cards from your deck to the Graveyard. Misalkan Ryko terflip dan menarget Peten. Peten hancur. Setelah kondisi "sent to graveyard" terpenuhi, ada hal lain yang terjadi, yaitu urusan Ryko dimana dia masih perlu mill tiga kartu, sehingga Peten Missing the Timing.

Musuh Bebuyutan Peten

Hal yang Tidak Menyebabkan Missing the Timing

Salah satu miskonsepsi adalah ketika satu situasi menyebabkan kondisi banyak kartu terpenuhi sekaligus. Ini TIDAK menyebabkan Missing the Timing. Menempatkan sebuah efek ke dalam chain juga tidak menyebabkan Missing the Timing.

Contoh : Flamvell Firedog menyerang Peten, Peten hancur dan "sent to graveyard". Kondisi Peten dan Firedog sama-sama terpenuhi dengan kematian Peten, dan TIDAK ADA hal apapun yang terjadi sesudahnya, sehingga efek Peten dan Firedog membuat chain dan TIDAK ADA yang Missing the Timing.

Contoh lagi : Flamvell Firedog menyerang, lawan mengaktifkan Dimensional Prison, dichain Forbidden Lance, maka kamu TETAP BISA menchain Dimensional Prison KEDUA karena tidak Missing the Timing.

Sahabat Peten err... Nggak juga sih...


Kesimpulan : Ringkasan bagi yang Malas

Untuk mengetahui apakah sesuatu Missing the Timing periksa hal-hal berikut :
1. Apakah ada kata-kata "When..." DAN "You can...." pada kartu dan efek yang bersangkutan?
2. Apakah kejadian tersebut merupakan salah satu dari tiga kasus berikut?
 a. Kondisi "When.." terpenuhi ketika kartu tersebut digunakan sebagai cost.
 b. Kondisi "When.." terpenuhi di tengah chain.
 c. Kondisi "When.." terpenuhi ketika keseluruhan efek kartu masih belum selesai.

Jika kedua jawaban di atas adalah "YA", maka efek itu Missing the Timing.

Memang sih, cukup banyak yang perlu dihapal, tetapi dengan ini kamu tidak akan salah lagi mengenai Missing the Timing. Jadi, sekarang sudah nggak bingung lagi kan?

Masih bingung oooooooom!!!

Sip, karena sudah tidak ada yang bingung, kita akhiri saja sesi ini.


Oke segitu dulu,
Medallion.

24 komentar:

good article,
moga2 byk yg baca ...

btw, ni blog klo dibuka di mozilla gw knp crash mulu?

=___=a
komen FB nya kok memusuhi saya

btw, nice JOB van, great as always

mungkin ada baiknya, kalo soal IF nya di kasih huruf tebel, saya sempet miss juga bacanya

semoga tidak perlu ada part 2 nya

saya baru 'ngeh' soal kalo pake 'if' dan bukan 'when', maka nggak terjadi miss timing...

well, intinya... dengan wording light pulsar dragon sekarang (pake 'if' dia) bisa infinite burn loop pake cannon soldier ? :v

Firedog kenapa ga miss timing?
bukannya setelah itu dia masih ada lagi yg musti dilakukan yaitu SP dri dek?
tulisan d firedog nya you can lagi

sorry nih masi blom ngerti, biar sampe tuntas skalian

@vikar karena kondisi peten dan dogi sama2 terpenuhi jadi membentuk chain link , waktu dogi jotos peten trus ke grave , udah ga ada apa2 lagi kan ? maka eff nya aktif CMIIW

@bang vandy bang kalo dinegate aktivasinya kan masih dalam window yang sama gt kan ? misal BTH negate shi - en BTH lagi ..
tp kalo contoh yang dimpris - lance - kok bisa dim pris lagi ? kan ga ke negate dim pris nya ?

lalu misal summon , warning , 7tool , bisa warning lagi gak ?
sory masih bingung masalah miss timing nih :D

thx bgt

@robertus :
contoh dimpris-lance-dimpris, itu karena masih dalam window yang sama (attack declaration), jadi abis di-chain lance, masih bisa chain dimpris lagi..

Soal 7 tools dan warning, kalo gak salah, buat counter trap, cuma bisa dichain langsung ke kartu yang mau di-counternya...

CMIIW

Window itu ngga berubah sampe satu chain resolve.

khusus untuk ngenegate summon(sebagaimana ketika ngenegate lainnya), harus directly-chained ke apa yang bisa dia negate(...k, directly-responded).
kalo ngga gitu 7tools yang aktifnya di CL-4 bingung dia ngenegate trap yang di CL-3 ato CL-2.(misal 2-2nya trap).

//negate attack kebetulan bisa aktif di CL-x, x>0;

maksud saya, kalo yang dinegate, eventnya spesifik, kalo kayak forbidden chalice, trap-stun, etc dimana mereka negate semua yang bisa dineget, mereka ngga punya timing.
//Divine Wrath negate aktivasi dari satu effectnya effect monster(cuman yang aktif pas itu doang).
//Forbidden Chalice negate semua effect dari monster yang ditarget.
..intinya bedanya gitu.

Oh, begitu yg namanya mistiming. Berikutnya bahas mrtiming ya.

ih waw keren artikelnya om vandy..
thanks udah bahas, selama ini saya cuma tau tentang misstiming tapi gatau kondisi yang gimana yang bisa nyebabin misstiming itu sendiri..

arigatou :3

Makasih Mas Van buat artikelnya, minimal nih artikel bisa buat senyum meski abis galau uts.

BTW, gua rada ga rela. Kok yg dibuat miss timing si peten ya? Harusny si Reborn Tengu lah yg mesti dibikin kyk si peten. Yg bener aja udh atk-nya jauh di atas peten, bisa didaur pake avarice, plus ga bisa miss timing.

And, kenapa Summoned Skull dibilang musuh bebuyutan Peten ya? Klo Monarch gua ngerti soalny abis ditribut kan kejadian terakhir efek si monarch, nah klo summoned skull?

sori ngepos ulang, bacanya cepet2 jadi ga liat yg soal summoned skull vs peten. udh jelas maksudnya. sklg lagi soriiiiiiii banget XD

singkat kata, si peten cuman bisa berkembang biak klo di diancurin by batlle aja?

^
Di-Dark Hole jalan, di Torrential juga jalan kalo nggak di tengah chain, diGrapha juga jalan kalo nggak di tengah chain, diXyz pun jalan pas Xyznya mati, atau dipake efek Zenmaines atau Acid Golem.

@Mahasiswa
karena proses tribute summon itu
1.Kirim monster ke graveyard
2.Taro monsternya ke field
2 step itu ngga bisa terjadi secara sequential, pas step 1 selese langsung lanjut ke step 2, makanya peten yang triggernya di step 1 misstiming.

monarch ngaktifin effect apa ngga tu ngga jadi masalah, kalo ada dua effect yang aktif untuk response yang sama, mereka bikin chain mengikuti segoc, bukannya bikin yang satunya misstiming. Lo kate Monarch, Judgement Dragon, Chaos Sorcerer kebal BTH:
abis dipanggil, langsung priority ngaktifin effectnya, terus BTH jadi misstiming :/(monarch ngga pake priority sih)

maksud saya terjadi secara sequential. ngga bisa dipisah.

msih kurng ngerti,, klo sangan kena donk missing the timing??(klo jd material synchro) ??

@^ : sangan bukannya wajib ya efek nge-addnya? makanya dia ga bakal bisa miss timing :/

quote:
menempatkan efek ke dalam chain juga tidak menyebabkan misstiming.

ngga selamanya benar juga sih.
ada geartown face-up, ditiban sama geartown kedua.
geartown 1 misstiming soalnya geartown 2 menempatkan efeknya ke dalam chain.
seandainya geartown 2 menempatkan effectnya sebagai trigger-effect. harusnya jadinya segoc deh.

setidaknya dengan asumsi meletakan kartu face-up ato face-down itu ngga ada bedanya, kalo ngliat ruling ketika geartown 2 diset, geartown 1 misstiming, saya bisa menyimpulkan bahwa untuk field spellcard, menghancurkan dan meletakkan kartu itu dianggap simultaneous.

Sayangnya kamu salah, Anonim.

Itu, meski tidak tepat seratus persen, kira-kira masuk ke kategori pertama, yaitu kondisi terpenuhi ketika digunakan sebagai cost. Kenapa? Karena untuk mengaktifkan Field Spell baru kamu perlu menghancurkan Geartown lama.

Jika Field Spell itu dalam keadaan tertutup, maka Geartown lama hancur begitu saja karena game mechanic. Bukan sebagai cost untuk mengaktifkan sesuatu.

bukannya kronologisnya:
ada geartown face-up
saya berencana pasang geartown 2
jadi saya hancurkan dulu geartown 1
geartown 1 hancur.
trigger geartown 1, terpenuhi.
saat ini geartown 2 blom bikin chainlink aktivasi.

geartown 2 bikin chainlink aktivasi sebagai chainlink-1.


terus, seandainya geartown itu ngga bisa misstiming, brarti dia aktifnya di @1, atau di @2?

atau kemungkinan ke-3:
geartown lama aktif,
geartown lama resolve,
baru geartown 2 aktif.

harusnya sih ngga ada alasan geartown lama nunggu geartown baru resolve, krn triggernya dia terpenuhi disaat tidak ada chainlink sedang bekerja.

bedain sama celestia ngemill wulf ya, celestia dah bikin chainlink soalnya.

weleh komentar pake' tag html bisa ternyata.

@1: itu diantara: geartown 2 blom bikin chainlink aktivasi, sama geartown 2 bikin chainlink aktivasi sebagai chainlink 1.

@2: itu dibawahnya geartown 2 bikin chainlink aktvasi sebagai chainlink-1.

ikutan tanya doong, kalau Shi En summon lalu di bottomless chain eff Shi En lalu musuh chain Eff Veiler, nah Shi En bakalan kena bottomless nggak ya?? ... gomen msih oon nih ckck

slah tmpat nnya hrusnya di pmbhasan chain nih...skali lagi gomeen T.T

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More