Kamis, 22 Desember 2011

Florsheim Info : Rulings for Dummies - Special Summon

Selain Missing the Timing, salah satu ruling yang cukup absurd dalam dunia persilatan Yugioh adalah perbedaan tipe special summon. Hari ini gue akan membahas aplikasi dan imbas dari ruling ini.

Tukang Bikin Ribet
Definisi Special Summon

Apa sih maksudnya Special Summon? 

Menurut Rulebook teranyar versi 7.0, inilah definisinya :
Some monsters can be played onto the field without being Normal Summoned or Set. This is called a Special Summon. Synchro Summons, Fusion Summons and Ritual Summons are all Special Summons. Some Effect Monsters also have specific conditions that allow you to Special Summon them. These monsters are considered “Special Summon Monsters.” Unless otherwise specified, a Special Summoned monster is played onto the field in your choice of face-up Attack Position or faceup Defense Position.
Nggak ngerti. Artinya? 

Ini artinya :
Beberapa monster dapat dipanggil ke field tanpa di-Normal Summon atau di-Set. Ini disebut Special Summon. Synchro Summon, Fusion Summon, dan Ritual Summon semuanya adalah Special Summon. Beberapa monster juga punya kondisi spesifik untuk men-Special Summon mereka. Monster-monster ini dianggap "Special Summons Monsters". Kecuali dinyatakan berbeda, monster yang di-Special Summon bisa dipanggil ke field dalam posisi Attack dan terbuka atau posisi Defense dan terbuka.
Trus apa susahnya? Begini doang mah gampang!

Permasalahannya adalah ada DUA tipe Special Summon yang memiliki perlakuan berbeda. Apa saja? Mari kita bahas.


Dua Tipe Special Summon

Nah Lho Sekonyong-konyong Keluar
Mereka adalah Inherent Special Summon dan Coherent Special Summon. Definisinya adalah inherent merupakan Special Summon oleh kondisi pemanggilan, sedangkan Coherent adalah Special Summon oleh efek.

Contoh dari Inherent Special Summon adalah Synchro Summon, Xyz Summon, dan Contact Fusion Summon (Fusion Summon dari field tanpa kartu lain semacam Polymerization). Selain itu ada juga "Special Summons Monsters" yang memiliki kondisi Special Summon seperti Cyber Dragon dan Dark Armed Dragon. Special Summon tipe ini tidak menginisiasi chain. Dalam Problem-Solving Text, jika menemukan keterangan dalam kurung, contoh "(from your hand)" pada efek Special Summonnya, maka itu Inherent.

Sedangkan contoh dari Coherent Special Summon adalah summon dari Spell dan Trap macam Monster Reborn atau Polymerization. Selain itu ada juga beberapa efek monster yang mampu men-Special Summon monster lain atau diri sendiri seperti Mezuki atau Colossal Fighter. Special Summon ini menginisiasi chain. Dalam Problem-Solving Text, jika menemukan tanda ":" pada efek Special Summonnya, maka itu Coherent.

Emang beginian penting?

Ya. Ini jadi penting karena ada negasi Special Summon pilih-pilih Special Summon mana terimbas, selain itu perlakuan mereka terhadap Chain juga berbeda.


Kartu dan Efek yang Peduli Perbedaan Inherent-Coherent

Perbedaan ini jadi cukup bermasalah ketika ada efek yang pilih-pilih tipe Special Summon dan bagaimana satu tipe dapat direspon dan tipe yang lain tidak. Berikut beberapa klasifikasi kartu yang peduli perbedaan ini :

1. Kartu yang Dapat Menegasi Special Summon

Kartu-kartu ini menyatakan kira-kira : "When your opponent would Special Summon a monster, negate the Special Summon and destroy it". Klasifikasi ini HANYA DAPAT menegasi Inherent Special Summon dan TIDAK DAPAT menyentuh Coherent Special Summon. Kartu yang masuk dalam tipe ini adalah Thunder King Rai-Oh, Steelswarm Roach, Black Horn of Heaven, dan Solemn Judgment.

Satu yang perlu ditekankan, kartu dalam tipe ini TIDAK DAPAT menegate Coherent Special Summon.
Banyak sekali yang salah kaprah. Contoh : Polymerization menjadi Absolute Zero. Nubitol akan mengira "Ya negate Special Summon Absolute Zeronya, buat apa negate Polymerizationnya"

SALAH!!

Kamu TIDAK DAPAT menegate Special Summon Absolute Zero. Yang bisa kamu negate HANYALAH kartu yang memanggilnya, yaitu Polymerization. Jika kamu negate, tidak ada monster yang dikirim ke Graveyard untuk Fusion dan Absolute Zero tetap di Extra Deck.

2. Kartu yang Dapat Merespon Special Summon

Ada beberapa aksi yang sebaiknya dilakukan sebagai respon dari efek yang men-Special Summon. Dan kartu-kartu ini tidak dapat merespon Inherent Special Summon. Sebagai contoh, Maxx C atau Cloak and Dagger. Misalkan lawanmu mensummon Cyber Dragon dari tangan atau melakukan Synchro Summon, kamu tidak bisa merespon dengan Maxx C ataupun Cloak and Dagger karena tidak ada jendela diantara mengumumkan Summon hingga monster tersebut masuk permainan, kecuali untuk negasi Special Summon.

Contoh lain adalah Grapha. Efek Special Summon Grapha adalah Inherent, jadi kamu tidak bisa menunggu lawan mengembalikan monster Dark World ke tangan dan men-chain D.D. Crow untuk membanishnya. Jika ingin membanish Grapha dengan D.D. Crow, kamu harus melakukannya sebelum Grapha disummon.

3. Kartu yang Dapat Menegasi Efek Kartu

Coherent Special Summon DAPAT dinegate oleh kartu-kartu yang dapat menegasi kartu yang menginisiasi Special Summon tersebut. Tapi ingat! Yang dinegate adalah efek kartu yang meng-Special Summon, bukan Special Summonnya itu sendiri. Contoh : Monster Reborn dapat dinegate oleh Herald of Green Light, Call of the Haunted dapat dinegate oleh Herald of Purple Light, dan Efek Mezuki dapat dinegate oleh Herald of Orange Light.

Sedangkan Inherent Special Summon TIDAK BISA dinegasi dengan cara ini. Contoh : Summon dari Cyber Dragon tidak bisa dinegate oleh Herald of Orange Light.


Tiga Tipe Special Summons Monsters

Nah lho, ternyata masih ada klasifikasi lagi. Jadi ada tiga tipe "Special Summons Monsters", yaitu Normal, Semi-Nomi, dan Nomi.

1. Normal
Tipe ini biasanya ditandai dengan "You can Special Summon this card by....", yaitu kartu yang memiliki kondisi Special Summon sebagai alternatif cara mensummonnya. Kartu semacam dapat di-Special Summon dengan cara lain seperti Monster Reborn dan di Normal Summon secara biasa (atau Tribute Summon untuk monster bintang 5 ke atas). Contoh monster tipe ini adalah : Cyber Dragon dan Archlord Kristya.

2. Semi-Nomi
Hampir semua Synchro, Xyz, Fusion, dan Ritual Monster merupakan tipe ini. Lalu kartu effect monster biasa yang termasuk dalam tipe ini biasanya ditandai dengan "This card can only be Special Summoned by..." atau dalam Problem-Solving Text "Cannot be Normal Summoned or Set. Must first be Special Summoned by...".

Monster tipe ini HARUS disummon dengan CARA YANG BENAR dulu kalau mau men-Special Summon mereka dari Graveyard atau Banished Zone dengan cara lain. (kalo Synchro ya di-Synchro, kalo Fusion ya di-Fusion, kalo effect monster ya kondisinya harus terpenuhi dan di-Special Summon dengan cara tersebut), KECUALI dinyatakan spesifik dalam kartu lain yang memanggilnya tersebut. Jika summon dengan cara yang benar tersebut di-negate, maka monster yang bersangkutan tidak dapat di-Special Summon. Contoh monster tipe ini adalah : Chaos Sorcerer dan Super Crashbug.

3. Nomi
Monster tipe ini biasanya ditandai dengan "This card cannot be Normal Summoned or Set. This card cannot be Special Summoned EXCEPT by...." atau dalam Problem-Solving Text, "Cannot be Normal Summoned or Set. Must be Special Summoned by..... , and cannot be Special Summoned by other ways." Monster tipe ini HANYA bisa di-Special Summon dengan cara yang disebutkan. Dan tidak bisa di-Special Summon dengan cara lain, KECUALI dinyatakan secara spesifik dalam kartu yang memanggilnya. Contoh monster tipe ini adalah Dark Armed Dragon dan Rainbow Dragon.


Kesimpulan : Ringkasan bagi yang Malas

  1. Ada dua tipe Special Summon. Inherent dan Coherent.
  2. Synchro, Xyz, dan Contact Fusion PASTI Inherent Special Summon.
  3. Efek Special Summon dari Spell dan Trap PASTI Coherent Special Summon.
  4. Untuk membedakan Inherent dan Coherent dari Effect Monster, lihat Problem-Solving Textnya. Jika menemukan tanda ":" pada efek Special Summonnya, maka itu Coherent. Jika menemukan keterangan dalam kurung, contoh "(from your hand)" pada efek Special Summonnya, maka itu Inherent.
  5. Special Summon Negation seperti Rai-Oh HANYA bekerja pada Inherent dan tidak bisa menegasi Coherent.
  6. Inherent Special Summon, baik cost ataupun summonnya, TIDAK BISA dichain karena tidak menggunakan Chain.
  7. Ada tiga tipe "Special Summons Monsters" yaitu Normal, Semi-Nomi, dan Nomi.
  8. Normal adalah monster yang bisa di-Special Summon dengan kondisi tertentu tersebut, tetapi juga bisa di-Special Summon dengan cara lain ataupun di-Normal Summon.
  9. Semi-Nomi adalah monster yang harus di-Special Summon dengan cara tertentu dengan benar terlebih dahulu baru bisa di-Special Summon dengan cara lain.
  10. Nomi adalah monster yang HANYA bisa di-Special Summon dengan cara yang sudah tertulis secara spesifik dalam kartunya dan tidak bisa disummon dengan cara lain.

Memang sih, cukup ribet, tetapi dengan ini kamu tidak akan salah lagi mengenai perbedaan tipe Special Summon. Jadi, sekarang sudah nggak bingung lagi kan?

Masih bingung ooooooooooom!!!

Sip, karena sudah tidak ada yang bingung, kita akhiri saja sesi ini.


Oke segitu dulu,

Medallion

47 komentar:

mi baru tau soal inherent & coherent. thanks bgt kk :D
n thanks juga buat penjelasan soal nomi-nya, mi jadi lebih clear mbedainnya :D

Artikel bagus Mas Vandy, terima kasih sebelumnya.
Kadang suka kesal sama pemain di DN (baik Indo maupun bukan Indo), jelas - jelas monster extra deck yang kena Solemn Warning/Judgment itu belum dihitung sah menyentuh field alias sama kasusnya seperti dibuang dari extra deck ke graveyard tapi masih maksa Monster Reborn.

Setidaknya artikel ini bisa membantu player dengan bahasa Inggris pas-pasan supaya bisa bermain dengan lebih baik dan benar.

jelas drmana?
dirulebook ngga dijelasin kok masalah negating summon begini.

anda sperti ngomong pas ryko diserang, terus rykonya dibalikin sma mist valley thunderlord ketangan, effectnya ryko JELAS-JELAS bakalan kenegate sm light-imprisoning mirror.
#pas effectnya ryko aktif, rykonya sdh ditangan.
(sekedar contoh masalah di damage step)


hmm...dopost ngga yah.

@ anonim atas:
Ooom,minimal kasi apresiasi lah (klo tak sudi mengucapkan terima kasih). Begini nih model manusia yg bikin bangsa ini lambat maju. Orang susah2 buat artikel malah dicaci maki. Kasihan, apa tak pernah diajarkan berterima kasih? Mental para calon pemimpin bangsa seperti begini? Miris sekali memang.

Kalau mau menuduh saya flame silakan, kalau mau ban/delete silakan. Tapi minimal apa yg saya usung fakta bukan?

NAH INI DIE YANG GUE TUNGGU-TUNGGU

Thx oom, jadi lebih clear sekarang soal inherent-coherent d==b

Baru sadar ada yang post ngga nyambung soal ryko. Justru karena nggak ada di rulebook gue bikin artikelnya. Kalo ada, ngapain juga gue susah-susah nulis.
Soal ryko vs light impri, memang jelas ternegate rykonya meski dia ke tangan.
Tapi, siapa juga sih yang pake ryko sama thunder lord sama light-impri.....

pengecualian pada nomi, walaupun nomi, masih bisa di SS dengan kartu yg tertera "ignore summoning condition" seperti Level UP!

pengecualian pada nomi, walaupun nomi, masih bisa di SS dengan kartu yg tertera "ignore summoning condition" seperti Level UP!

-___-
Coba deh berikan saya source official yang berbahasa inggris bahwa special summon only monster yang summonnya dinegate, kaga bisa dispecial summon lagi dr graveyard/banish pile.
kalo ada paling cuman di artikel pcst part 5.
My point is what people say "JELAS-JELAS" isn't actually "Jelas-Jelas".

btw, ignoring any summoning condition Hanya kalo special summonnya brasal dr non-public knowledge area, deck/hand. (sy cuman yakin dr deck bisa.)
Kalo dr graveyard ato pas dia di banish,ignoring summoning condition ngga berlaku buat nomi monster.

*Monster Nomi digraveyard, masi ngga bisa dipanggil walopun dengan kartu yang "ignoring-summoning-condition". kalo belom pernah nyampe field sebelumnya.

Kalau soal Nomi dan Semi-Nomi, sudah JELAS-JELAS tertulis di teks baru. Semi-Nomi JELAS-JELAS tertulis "Must first be Special Summoned by....." dan Nomi JELAS-JELAS tertulis "Must be Special Summoned by.... and cannot be Special Summoned by other ways".

Mungkin kurang jelas karena berbahasa inggris ya? Nanti kita request (artinya minta) saja kartu Yugioh berbahasa Indonesia ke Konami deh khusus buat kamu :)

Btw, artikel Problem-Solving Text part 5 (artinya teks pemecahan masalah bagian lima) itu adalah artikel official (artinya resmi) yang ditulis langsung oleh dewa ruling di Konami.

Ignoring Summoning Condition (artinya mengabaikan kondisi pemanggilan) itu berbeda-beda tiap kartu. Ada yang dari deck (artinya tumpukan kartu), extra deck (artinya tumpukan kartu ekstra untuk fusion, xyz, dsb), graveyard (artinya kuburan), tangan, dan sebagainya. Bisa dibaca dan dinalar sendiri dengan membaca kartunya apakah kartu tersebut mengabaikan kondisi pemanggilan.

“Assault Revival” can only Special Summon an “/Assault Mode” monster that was properly Special Summoned in the first place, and was then sent to the Graveyard. It cannot Special Summon an “/Assault Mode” monster that was directly sent to the Graveyard from the hand or Deck.[1]

kalo ada yang bilang ga pernah di cantumin ma konami, pasti selebaran ruling yg Dark Legacy dan Revelation nya di buang

BTW yang anonim tulis nama napa, namanya bukan etika silitasin aja kok malu tulis nama...
http://memegenerator.net/cache/instances/400x/12/12620/12923543.jpg

Terseralah...
1.Memangnya monster diextra-deck(Synchro/Fusion/Xyz secara umum) setelah PCST dikasi text "Must-First be special summoned by..." Sejauh ini setau saya tidak.

2.Bahkan diartikelnya PSCT part 5 sekalipun ngga dijelasin kalo Synchro Monster dkk itu monster yang "must first be special summoned.." dengan cara yang dijelaskan dirulebook.

x.Sy belom nemu apakah selebaran rulingnya dark legacy mbahas tentang extra-deck monster yang ngga ada indikator kalo mereka monster jenis Special-Summon-Only.

Jadi komplain saya keorang diatas saya, Apa dasar kamu mengatakan bahwa "JELAS-JELAS!" monster dr extra-deck itu harus special summoned properly sebelumnya?

irrelavant sidenote:rulingnya aklis yang juga ditulis diselebaranya dragunity structure deck juga banyak yg salah waktu legionairenya dibacok. padahal textnya juga sudah menjelaskan.

I'm out.

Terseralah...
1.Memangnya monster diextra-deck(Synchro/Fusion/Xyz secara umum) setelah PCST dikasi text "Must-First be special summoned by..." Sejauh ini setau saya tidak.

2.Bahkan diartikelnya PSCT part 5 sekalipun ngga dijelasin kalo Synchro Monster dkk itu monster yang "must first be special summoned.." dengan cara yang dijelaskan dirulebook.

x.Sy belom nemu apakah selebaran rulingnya dark legacy mbahas tentang extra-deck monster yang ngga ada indikator kalo mereka monster jenis Special-Summon-Only.

Jadi komplain saya keorang diatas saya, Apa dasar kamu mengatakan bahwa "JELAS-JELAS!" monster dr extra-deck itu harus special summoned properly sebelumnya?

irrelavant sidenote:rulingnya aklis yang juga ditulis diselebaranya dragunity structure deck juga banyak yg salah waktu legionairenya dibacok. padahal textnya juga sudah menjelaskan.

I'm out.

Q.
シンクロモンスターを、「死者蘇生」等の効果によって、墓地から特殊召喚する事はできますか?
Can you Special Summon a Synchro Monster with "Premature Burial" or "D.D.R. - Different Dimension Reincarnation"?

A.
正規の手順にてシンクロ召喚されたシンクロモンスターが、フィールド上から墓地へ送られた場合、「死者蘇生」等の効果によって墓地から特殊召喚する事ができます。
If a Synchro Monster that was synchro summonned in a legitimate step in when sent to the Graveyard from the field, it can be special summoned by the effect of "Premature Burial" and by the effect of other card.

Source :
http://yugioh.faq.konami.jp/EokpControl?&lang=en&tid=43687&event=FE0006
Dari Konami sendiri.

1.Memangnya monster diextra-deck(Synchro/Fusion/Xyz secara umum) setelah PCST dikasi text "Must-First be special summoned by..." Sejauh ini setau saya tidak.

Iseng banget Konami mau nulisin semua kartu yang ada di extra deck dengan kalimat itu :v

Logicnya sama kayak ngomong :

1.Memangnya monster level 5 ke atas secara umum setelah PCST dikasi text "Must tribute one (two) monster to normal summon this card." Sejauh ini setau saya tidak.

LOL...
We have the descendants of Kevin Tewart..

ini udah dibuatin yang versi "for dummies" aja masih ada yang ga ngerti.. apalagi kalo dibuat yang "for advance" :yareyare:

buat anonim yang ngotot.. kalo Anda mau bermain dengan cara sendiri, silahkan.. tapi jangan bermain dengan saya xD (saya jadi kasihan kalo dia ntar ikut tourney :| )

Bitches likes name, so i gave it a name.

@Macro:
A: Summoned properly, dan kemudian kekirim kegraveyard.
B: bisa di-premature-burial atau kartu lainnya.
Ruling anda cuman bilang: "Jika A, maka B."
itu TIDAK BERARTI
"Jika tidak A, maka tidak B."
hints:
A: bisa dibagi 4,
B: merupakan bilangan genap.
fail enough?
Cek: "Logic, Inverse"

apalagi, (silakan dicoba sendiri), ini hasil google translate

In addition, because a monster Special Summoned Synchro Monster, "Gerudogura" The effect, etc., etc. You will be sent directly from the extra deck to the graveyard, if you have not sent to the Graveyard to Synchro Summon, Synchro monster YOU CAN Special Summon it. /quote>
WTFU?

Ngga harus kan, orang mau maen yugioh (TCG), bisa bahasa jepang ? Tapi kalo ternyata harus sih ya sudah, brarti yugioh memang bukan buat mereka.

@Anonim1:
Makanya, Baca Rulebook.
Rulebook bilang monster *5 atau *6 perlu 1 tribute...? Ya.
Rulebook bilang monster diextra-deck perlu summoned properly sebelum bisa di Special Summon lagi dr graveyard? Ngga.

@Anonim2:
..entah pujian, entah hinaan.

@Armor Tiger:
:mattaku:
yang ngga ngerti siapa bang?
yang ngotot pengen main pake ruling sendiri juga siapa?
sembarangan sekali anda.

intinya.
kembali ke masalah "Jelas-Jelas"-lah.

Heran, kok malah jadi debat kayak gini sih? Kalau menurut saya mah itu hanya kerjaan pengecut yang mau menyulut keributan. Kalau dia mau main dengan "ruling"-nya sendiri ya silakan saja. Apabila "teori cerdas"-nya diaplikasikan ke turnamen resmi, mungkin dia bisa dianggap bercanda atau lebih parah agi dianggap sakit jiwa. Mungkin sang Anonim yang bersikukuh itu hanya amatir dengan kemampuan bahasa Inggris pas-pasan sehingga mempersoalkan masalah yang seharusnya bisa diselesaikan dengan penalaran. Sekaligus pembelajaran bagi kita kalau YuGiOh itu juga menuntut pemainnya untuk berpikir kritis dan logis.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

@pusogto :
ah, gomen2.. saya cuma berusaha ngasi link yang ada peraturan yang setidaknya nyerempet2 ke peraturan yang diminta si anonim... xD

@mahasiswa :
nice one... agreed with you...
well, jangan sampe komunitas YGO di florsheim ini jadi rusak gara2 ada anonim yang ngotot sama rulings yag dia buat sendiri.. cheers ~~

(komen di atas gw apus gara2 error =__=)

Lol, sepertinya ada yang nggak terima saya katain "simply dumb" dan mencoba merusak nama baik saya. Maaf untuk Cosmos dan Armor Tiger, bagaimanapun juga dia menggunakan nama saya buat (mencoba) ngeflame kalian u_u

Peringatan buat yang bersangkutan, lain kali kalau nggak terima saya katain, langsung saja bilang. Saya ladeni kok. Kalau nggak berani dan memilih jalan mencoba mencemarkan nama baik dengan ngeflame teman-teman saya, tolong perhatikan penggunaan huruf kapital, bahasa, dsb. Dan jangan lupa, saya kalau copas nggak fail dengan nyisain /quote> lho n_n

Sudah kuduga... :v
Well, kita semua ngerti siapa yang salah sebenernya juga, dan orang -maaf, maksud saya ANONIM- yang ngepos itu nggak laen cuma orang yang nggak ngerti maen YGO, mau diajarin tapi ngeyel, dan marah-marah gak jelas sendiri...

And, just like a kid, use another person's name to legitimate his/her action.. So childish. I pity you. I'll never respect you again.

Hey, you there !
Make your own card game if you don't want to be taught...
Go ask yourself Konami if you don't believe it LOL.

Ah, and about the summoned properly and premature burial case. If thats your logic, then I ask another question :
Why Konami need to use the word "was synchro summonned in a legitimate step" then ?

Firstly, I don't want to use this kind of reply to you at all. But now, you really makes me irritated.

No need to answer or quote my post at all. Just think yourself and reflect, before everybody tells you are just a dumb who just don't want to hear from anyone.

Sincerely,
Dueling Network Administrator

LOL... ada admin DN xD
Gan, minta usernamenya donk :3
Hehehehe..

Saya bilang informasi di artikel ini bagus, benar adanya, dan sangat informatif. Jempol buat bang Medallion.

Buat anonim, silakan pakai aturan kamu di permainan selain yugioh. Terima kasih.

Eh, saya ada kombo bagus loh...

Pake Gale Dogra, bayar 3000, buang Synchro monster / Fusion monster yang kita perlu, terus diidupin deh ! Pake monster reborn ato COTH (mumpung sekarang boleh 2)... Kan lumayan bisa ngidupin Shooting Star Dragon, AOJ Decisive Arm, BEUD, Majestic Star Dragon, Odin, Cyber End Dragon, Brionac ato apapun yang kita perlu lah... Terus, khusus buat monster fusion, ada lagi spell yang khusus penghidup fusion monster (walaupun bayar 800 sih), tapi kan lumayan lah, BEUD gitu loh !!

Apalagi kalo pake deck Dragon... Abis bayar 3000, bisa ngidupin synchro-synchro ato fusion monster yang dragon langsung loh pake Red Eyes Darkness Metal Dragon !! Jadi, gampang banget manggil stardust dragon ato synchro-synchro dragon lainnya !!

Waduh, kok gak kepikiran yak ?
Dan anehnya, kok gak ada yang main deck Gale Dogra yak ? Padahal efeknya bagus banget tuh... Gak kena banned juga.. malahan, COTH boleh pake dua...

Oh, iya, tadinya mau pake starlight road juga biar stardust dragonnya keluarnya cepet, terus kan bisaneget-neget terus lagi. Tapi, kenapa ada tulisan ini yak ?

"The Special Summon by the effect of "Starlight Road" is not treated as a Synchro Summon. Thus, if the Special Summoned "Stardust Dragon" activates its effect and Tributes itself, then during the End Phase it cannot Special Summon itself. Likewise, the Special Summoned "Stardust Dragon" cannot be Special Summoned from the Graveyard by effects like "Call of the Haunted"."

*Sarcasm : MAX level

That Anonim,,, who makes his/her own rule for this card game,, is an Alien :v

Conclusion : Kevin Tewart is the Father of Aliens

hmm.. rasanya ini topic dengan komentar terbanyak saat ini.. eventhough not in a good way :|

Ikut komen ah.. Good article

"Do not argue with an Idiot, he will only drag you down to his level and win with experience"

Masih ingat semboyan ini kan teman2? ^^

@gamezu : Sangat masih ingat....


"Sudahlah... biarkan saja...", kita do'akan saja semoga dibukakan jalan pikirannya dan diberikan jalan yang lurus, jalan ruling yang diridoi oleh semua duelist yugi..." Amin.

Si Anonim yang sok pintar kerena bawa "logic inverse" buat argumentsi :v, tapi fail quote nya... Cosmos bilang:

"If a Synchro Monster that was synchro summonned in a legitimate step in when sent to the Graveyard from the field, it can be special summoned by the effect of "Premature Burial" and by the effect of other card"

analogi yang bener:

///////////////////////////////////////////////////////////////////
boolean legitimateSummon;
boolean canBeSpecialSummonByOtherCard;

if (legitimateSummon = 1) then {
canBeSpecialSummonByOtherCard = 1;
}
//else
......................................
......................................
///////////////////////////////////////////////////////////////////

ruling itu udah kayak procedure,,, dimana tiap if itu ada "ELSE" dan, cuma idiot yang mempermasalahkan apa yang tertulis else padahal udah "JELAS-JELAS" keliatan apa yang dikerjakan di dalem procedure itu,,,

Om Gamezu lebih expert loh dalam hal beginian... so, hope case closed,,

@Cosmos:
hoo..anda admin di DN...emm bagus, saya juga.
@DarkSetya:
ngga juga, else cuman perlu kalo ada aksi yang hanya dilakukan ketika kondisi pada if itu tidak terpenuhi.

sudah ah saya sedang senang, jadi cuman mau sombong.

Komentar ke-40! Hore! Btw buat anonim yg sudah memfitnah Pusogto,saya harap anda segera bertobat (kalau anda tidak punya nyali buat minta maaf ke Pusogto) soalnya masalah ini bisa serius loh. Kalau misalnya Pusogto yg asli tidak segera menyadari soal pemfitnahan ini, nama baik dia bisa tercemar karena adanya pencitraan yg buruk di artikel ini dan bahkan bisa terlibat konflik dengan Armor Tiger sebab anda telah memalsukan identitasnya. Saya sendiri pun pada awalnya sempat heran kenapa Pusogto mengumpat ke Armor Tiger di artikel ini; untungnya dia segera sadar dan meluruskan kesalahpahaman ini, coba kalau tidak, bisa timbul konflik serius di kemudian hari nanti.

Ingat, memfitnah itu lebih kejam daripada membunuh. Jangan pernah lupa akan adanya siksa neraka setelah hidup ini. Hari ini memfitnah orang, besok hari atau suatu saat nanti anda bisa terkena hukum karma yang jauh lebih kejam. Saya tidak bermaksud menakuti atau menceramahi, kalau anda mau main dengan aturan anda sendiri silakan, saya rasa semua setuju asal anda tidak mengganggu yg lainnya, tapi yang tidak bisa dibiarkan adalah masalah fitnah seperti ini karena bagi saya, memfitnah itu bisa berdampak serius bagi korban yang dipalsukan identitasnya.

baca post saya diatasnya.

@Anonim,,, teeet.. wrong again
else pada conditional if itu ada jika "parameter" (dalam hal ini legitimateSummon) terpenuhi...
kalau parameter ga terpenuhi, akan muncul "eror" secara langsung tanpa harus mendeskripsikan "else"
kalau mau aksi yang lebih spesifik ketika parameter ga terpenuhi, ya deskripsikan "else" nya...

dan anda total idiot @anonim, kalau bilang cuma ada 1 kondisi untuk hal ini xD

O, gitu, Sieve Testing Prime selama ini salah dong.

bool[brapaAja] isPrime;
//initialisasi semua isPrime dengan true
//inisialisasi isPrime[1] dan [0] dengan false
for (i = 2; i≤sqrt(n); i++):
__ if (A[i]==true){
_____ println(i);
_____ for(j=i*i ; j<n ; j++)
_______ A[j] = false
__ }
}
//Now all i such that A[i] is true are prime.

ada else? ngga.
error? ngga, jalan dengan baik dan benar kok.
semua A[i] yang true memang prima

alhamdulilah, saya nggak pernah mengatakannya.

woops salah, bukan j++, tapi j+=i

garis bawahi "untuk hal ini ya",,, jangan ngelantur kemana-mana..
lagi-lagi ngasih contoh ga relevan :)

Hufft.... Masih diributin... =__=

You want rulebook reference ? Fine...
http://www.yugioh-card.com/en/rulebook/YGO_RuleBook_EN-v8.pdf

turn page 19..

Too lazy ? I'll copy it for you..
"Monsters can also be Special Summoned onto the field
through the effect of another card. This is different from
“Special Summon Monsters.” You cannot use a card effect to
Special Summon those monsters from your hand, Deck, or
the Graveyard unless it was properly Special Summoned first. For example, if a Synchro Monster is sent from your Extra
Deck to the Graveyard without being Synchro Summoned,
you cannot use a Spell Card to Special Summon it from the
Graveyard, because Synchro Monsters have to be properly
Special Summoned first, before they can be Special Summoned
by another card’s effect."

Since solemn warning etc. negates the summoning, the summon is treated as "not properly", so you can't special summon them again.

If you not understand this either, then I have no words for you.. cheerio..

Saya menemukan keterangan dalam tanda kurung tuh pada textnya Shrine of Mist Valley. :-O

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More