Jumat, 10 Februari 2012

Florsheim Info : Rulings for Dummies - Condition, Activation, and Effect

Sebenarnya, gue agak malas menulis terlalu dasar seperti ini, tetapi penjelasan Rulings for Dummies mengenai Missing the Timing dan Special Summons terbukti terlalu advance bagi beberapa duelist Indonesia karena masih menyebabkan banyak kontroversi (baca : banyak yang ngeyel). Jadi hari ini gue akan membahas tentang Condition, Activation, dan Effect, yaitu aturan dasar dalam membaca kartu dan mencerna maksudnya.

Pertama-tama, gue akan membahas mengenai Condition, Activation, dan Effect dalam PSCT atau Problem-Solving Card Text, yaitu teks kartu-kartu baru yang dimulai dari Booster Generation Force dan Starter Deck Dawn of the Xyz. Bagaimana untuk teks sebelum PSCT? Berhubung itu agak abstrak, akan gue bahas belakangan, mungkin di artikel lain.


Definisi Problem-Solving Card Text

Apa sih maksudnya Problem-Solving Card Text?

Problem-Solving Card Text adalah update dari teks-teks kartu dimana teks yang baru ini memiliki kata-kata yang lebih jelas dan terstruktur sehingga pemain cukup menggunakan logika dalam mengartikan kegunaan dan rulingnya.

Nggak ngerti. Memangnya kartu lama kenapa sampai harus diupdate?

Kartu-kartu lama memiliki teks yang kacau dan tidak terstruktur, sehingga orang-orang kebingungan dalam mencerna apa maksudnya dan bagaimana ruling dari kartu tersebut, membuat mereka seringkali harus mengecek internet terlebih dahulu untuk memutuskan bagaimana cara kerja kartu yang bersangkutan.

Seriusan tuh? Selama ini biasa aja ah.

Serius. Selama ini kamu tidak terlalu menyadarinya mungkin karena kamu tidak masuk cukup dalam di permainan ini. Sebagai seorang judge, gue adalah salah satu yang merasakan bagaimana kacaunya dan tidak terstrukturnya teks lama, membuat kami harus bolak-balik mengecek internet untuk mengetahui ruling dari suatu kartu.

Oke, mari kita mulai pembahasannya.


Condition, Activation, dan Effect.

Untuk setiap kartu, kamu bisa memilah dan mengklasifikasikan teks kartunya menjadi tiga bagian.

Bagian pertama adalah Condition. Condition adalah kondisi yang harus terpenuhi untuk mengaktifkan efek kartu, ini termasuk batasan kapan dan berapa kali efek ini bisa diaktifkan. Condition selalu diakhiri oleh tanda titik dua (:). Dalam bahasan ini kita akan menandai Condition dengan warna hijau.
Bagian kedua adalah Activation. Activation adalah hal yang harus dilakukan untuk mengaktifkan efek kartu, ini termasuk memilih target dan membayar cost. Activation selalu diakhiri oleh tanda titik koma (;). Dalam bahasan ini kita akan menandai Activation dengan warna merah.
Bagian terakhir adalah Effect. Effect adalah hal yang terjadi saat Resolution, yaitu saat efek telah berjalan. Effect selalu diakhiri dengan titik (.). Dalam bahasan ini kita akan menandai Effect dengan warna biru.

Bagian-bagian ini tidak mesti ada semua dalam kartu. Bagian yang pasti adalah Effect. Beberapa tidak memiliki Condition, beberapa tidak memiliki Activation, dan beberapa bahkan hanya Effect tanpa Condition dan Activation. Effect tanpa Condition berarti kartu tersebut dapat diaktifkan tanpa harus memenuhi kondisi spesifik apapun dan dapat digunakan seperti kartu Monster, Spell, atau Trap biasanya. Effect tanpa Activation berarti untuk mengaktifkannya kamu tidak perlu memilih target ataupun membayar cost. Sedangkan Effect tanpa Condition dan Activation, jika itu kartu monster berarti efeknya Continuous, jika kartu Spell atau Trap artinya kartu tersebut bisa kamu aktifkan seperti Spell dan Trap biasanya tanpa perlu memenuhi kondisi spesifik dan tanpa memilih target ataupun membayar cost.

Contoh pada kartu Monster :


When this card destroys an opponent's monster by battle and sends it to the Graveyard: You can detach 1 Xyz Material from this card; inflict 1000 damage to your opponent.

Dapat kita lihat bahwa Condition merupakan bagian yang diakhiri oleh tanda titik dua (:). Pada Grenosaurus, Condition untuk mengaktifkan efeknya adalah ketika Grenosaurus menghancurkan monster lawan dengan battle dan mengirimnya ke Graveyard. Saat Condition ini terpenuhi, kamu bisa mengaktifkan efek ini dengan melakukan yang tertulis pada bagian Activation. Activation diakhiri oleh tanda titik koma (;), dapat kita baca, untuk mengaktifkannya kita perlu melepas 1 Xyz Material dari Grenosaurus. Terakhir jika kondisi telah tepat dan syarat aktivasi sudah terpenuhi Effect-nya akan berjalan ketika resolve, yaitu tembak 1000 damage ke lawan.

Contoh pada kartu Spell dan Trap :


Destroy the 1 face-up monster your opponent controls that has the lowest ATK. (If it's a tie, you get to choose.)

Dapat kita lihat bahwa kartu ini hanya memiliki Effect, jadi kartu ini tidak memerlukan Condition tertentu ataupun Activation yang perlu dilakukan saat mengaktifkannya. Sehingga kamu bisa mengaktifkannya sesuai dengan aturan Normal Spell biasa dan langsung mendapat Effect saat resolve, yaitu menghancurkan 1 monster lawan yang terbuka dan memiliki ATK terendah.


When an opponent's monster declares an attack: Destroy all Attack Position monsters your opponent controls.

Dapat kita lihat bahwa kartu ini hanya memiliki Condition dan Effect, tanpa perlu ada yang dilakukan saat Activation. Sehingga saat Condition-nya terpenuhi, yaitu ketika monster lawan mengumumkan serangan, kamu bisa mengaktifkan kartu ini sesuai dengan aturan Normal Trap biasa dan langsung mendapat Effect saat resolve, yaitu menghancurkan semua Monster lawan yang dalam Attack Position.


Jenis-Jenis Monster Effect

Efek dari monster dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis. Mereka adalah Continuous, Trigger, Flip, Ignition, dan Quick.

Continuous dapat dilihat pada efeknya. Jika efek tersebut tidak memiliki Condition ataupun Activation (petunjuk : tidak ada tanda ":" ataupun ";"), maka efek tersebut adalah Continuous. Efek Continuous tidak memulai Chain. Efek Continuous ada beragam, mulai dari Summoning Condition, hingga penambahan ATK permanen. Efek Continuous tidak dapat dinegate oleh kartu semacam Divine Wrath.


While you have 1 or fewer cards in your hand, this card gains 400 ATK. If this is the only monster you control, negate the effects of Flip Effect Monsters it destroys by battle.

Dapat kita lihat bahwa Blade Knight memiliki dua Effect dan keduanya tidak memiliki Condition ataupun Activation (petunjuk : tidak ada tanda ":" dan ";") sehingga dapat dipastikan keduanya merupakan efek Continuous. Ini juga berarti Blade Knight kebal Divine Wrath.

Trigger dan Flip dapat dilihat dari Condition-nya. Efek trigger PASTI memiliki Condition. Efek trigger memiliki Condition yang diawali dengan "When" atau "If". Sedangkan efek Flip memiliki Condition "FLIP", yaitu efek ini ter-trigger ketika terbuka dari posisi tertutup.


When this card is Normal or Special Summoned: You can target 1 face-up monster you control; it becomes Level 3.

Dapat kita lihat bahwa Condition yang harus terpenuhi (atau trigger) untuk mengaktifkan kartu ini adalah ketika dia di Normal atau Special Summon. Kemudian pada Activation kamu bisa mengaktifkannya dengan men-target 1 monster terbuka yang kamu kontrol. Setelah Effect resolve, monster itu menjadi Level 3.


FLIP: Special Summon 1 "Evolsaur" monster from your Deck.

Dapat kita lihat bahwa Condition-nya hanyalah FLIP, yaitu ketika monster itu terbuka dari posisi tertutup. Setelah Effect resolve, kamu Special Summon satu "Evolsaur" monster dari deck.

Ignition dapat kita lihat dari Condition-nya, biasanya tertulis berapa kali dapat digunakan atau kapan dapat digunakan, yaitu "Once per turn" atau "During your Main Phase" DAN tidak ada kata "When" atau "If" di Condition. Efek ini hanya dapat diaktifkan sebagai Chain Link 1 umumnya pada Main Phase, kecuali disebutkan lain.


Once per turn: You can detach 1 Xyz Material from this card; all face-up monsters you currently control gain 300 ATK.

Dapat kita lihat bahwa Condition-nya adalah satu kali per giliran dapat digunakan, untuk Activation-nya dia perlu melepas satu Xyz Material darinya, untuk Effect menambah 300 ATK ke semua monster terbuka yang kamu kontrol saat itu.

Quick juga dapat kita lihat dari Condition-nya. Biasanya Condition dari Quick adalah "During either player's turn". Quick effect merupakan efek monster yang memiliki Spell Speed 2 dan dapat di-chain ke efek lawan.


During either player's turn: You can discard this card from your hand to the Graveyard to target 1 card in your opponent's Graveyard; banish that target.

Dapat kita lihat bahwa Condition-nya adalah "During either player's turn", Activation-nya memerlukan kamu untuk mendiscard dia dan memilih target, dan Effect-nya adalah membanish target tersebut.


Target dan Hal yang Harus Tetap Terpenuhi Saat Resolve

Bagaimana menentukan apakah efek tersebut menarget atau tidak? Dibaca saja, adakah kata "target" pada Activation? Jika ada maka menarget dan jika tidak maka tidak menarget.

Apa saja hal yang harus tetap terpenuhi saat resolve? Hal yang harus tetap terpenuhi baik saat Activation maupun saat resolve Effect biasanya ditandai dengan kata-kata "You must sesuatu to activate and resolve this effect". Artinya sesuatu itu harus tetap benar baik saat mengaktifkan maupun saat resolve. Jika sesuatu itu sudah tidak terpenuhi, maka akan resolve without effect.

Selain itu, kondisi target saat resolve terkadang mempengaruhi apakah Effect akan tetap berjalan. Jika pada Effect menyebutkan "target", maka jika kondisi target berbeda dengan syarat Activation, efek tersebut akan resolve without effect. Jika hanya menyebut "them" atau "it" pada Effect, itu berarti kondisi target tersebut tidak perlu sama persis dengan kondisi Activation.

Contoh :


Once per turn: You can target 1 Set Spell/Trap Card; destroy that target. You must control another "Six Samurai" monster with a different name to activate and to resolve this effect. This monster cannot declare an attack during the turn this effect is used. If this card would be destroyed, you can destroy another face-up "Six Samurai" monster you control instead.


Dapat kita lihat bahwa Yaichi memerlukan kamu mengontrol Six Samurai dengan nama lain untuk mengaktifkan dan meresolve efek tersebut. Jika Six Samurai dengan nama lain itu menghilang sebelum efek resolve, maka efek tersebut resolve without effect.



When this card is Synchro Summoned: Target 1 face-up Synchro Monster your opponent controls; banish that target.


Dapat kita lihat Orient Dragon menyebut "target" pada bagian Effect-nya. Ini berarti target tersebut harus tetap pada keadaan yang disebutkan saat Activation, yaitu target tersebut harus masih dalam keadaan face-up untuk resolve. Jika target tersebut ditutup sebelum resolve, maka efek ini resolve without effect.


Once per turn: You can detach 1 Xyz Material from this card to target 1 face-up card your opponent controls; destroy it.

Dapat kita lihat Adreus hanya menyebut "it" pada bagian Effect-nya. Ini berarti jika target tersebut menjadi berbeda dengan keadaan Activation, misalnya tertutup sebelum resolve, target itu tetap hancur oleh efek Adreus.


Kesimpulan : Ringkasan Bagi yang Malas

  1. Teks-teks kartu baru setelah GENF menggunakan Problem-Solving Card Text yang sangat membantu memperjelas struktur dan ruling dari kartu.
  2. Efek dari kartu terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Condition, Activation, dan Effect dimana tidak mesti ketiganya ada.
  3. Condition artinya kondisi yang harus terpenuhi untuk mengaktifkan kartu, atau berapa kali atau kapan efek tersebut dapat digunakan. Condition diakhiri oleh tanda titik dua (:).
  4. Activation artinya hal yang perlu dilakukan untuk mengaktifkan efek tersebut. Biasanya merupakan pemilihan target dan pembayaran cost. Activation diakhiri oleh tanda titik koma (;).
  5. Effect adalah hal yang akan terjadi saat efek tersebut resolve. 
  6. Ada lima jenis Monster Effect. Mereka adalah : Continuous, Trigger, Flip, Ignition, dan Quick.
  7. Efek Continuous pada monster tidak memiliki Condition ataupun Activation. Efek ini tidak memulai chain.
  8. Efek Trigger memiliki Condition yang diawali kata "When" atau "If", yang artinya efek tersebut dapat diaktifkan saat Condition itu terpenuhi.
  9. Efek Flip memiliki Condition yang diawali oleh kata "FLIP", yang artinya Condition-nya adalah monster tersebut terbuka dari keadaan tertutup.
  10. Efek Ignition memiliki Condition yang berupa berapa kali atau kapan efek dapat digunakan. Efek ini hanya dapat diaktifkan sebagai Chain Link 1, biasanya terbatas pada Main Phase.
  11. Efek Quick memiliki Condition yang menyatakan efek tersebut dapat diaktifkan di giliran lawan, seperti "During either player's turn". Efek ini dapat mengechain seperti Trap karena memiliki Spell Speed 2.
  12. Target dan tidak target dari sebuah efek dapat dibaca. Terima kasih Captain Obvious.
  13. Jika ada kata-kata "You must sesuatu to activate and resolve this effect", itu berarti sesuatu tersebut harus tetap terpenuhi saat resolve. Jika tidak, efek tersebut resolve without effect.
  14. Jika pada bagian Effect disebut kata "target", maka kondisi target tersebut harus seperti yang disebut pada Activation. Jika tidak, efek tersebut resolve without effect.
  15. Jika pada bagian Effect tidak disebut kata target, tetapi hanya "them" atau "it", maka efek tersebut akan tetap berjalan meskipun keadaan targetnya telah menjadi berbeda dengan di Activation.
  16. Postingan kali ini berwarna-warni.

Bayangkan. Masih membahas soal Problem-Solving Card Text yang sudah ajek dan terstruktur saja sudah ribet, apalagi membahas kartu-kartu lama yang belum memenuhi standar Problem-Solving Card Text? Tetapi dengan ini sudah tidak bingung lagi kan menentukan yang mana kondisi, cost, dan efek?

Masih bingung oooooooooooom!!!!!

Sip karena sudah tidak ada yang bingung, mari kita akhiri sesi ini.


Oke segitu dulu,
Medallion

5 komentar:

Untung ada versi Indonya. Yang versi Taewart terlalu berat. Kalo yg ini lebih mantap coz ada guyonan segar khas Medallion. Thank you Mas Vandy aka Medallion. You are always in my heart (:kedip2)

kalo treeborn frog di PCST-in, jadinya gimana ya kira-kira?

eh, treeborn gampang, kalo Glow-Up Bulb gimana?

klo Monster Reborn gimana gan?
"Special Summon 1 monster from either player's Graveyard to your side..."
itu ga ada tulisan target, tapi selama ini saya main di NDS / GBA / DN selalu target pada mulanya sebagai "activation"

When this card destroys an opponent's monster by battle and sends it to the Graveyard: You can detach 1 Xyz Material from this card; inflict 1000 damage to your opponent.

dimana kita isa mendapatkan material XYZ tersebut?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More