Senin, 02 April 2012

Florsheim Metagame Analysis : Medallion's Advanced Side-Decking Theory


"Begini ceritanya, setiap hari senin, salah satu kru Florsheim, berganti-ganti tiap minggu, diwajibkan membuat sebuah artikel dengan muatan metagame analysis yang kompetitif. Karena artikel-artikel tersebut sudah menumpuk cukup banyak, gue memutuskan untuk membagi beberapa untuk non-Kaijin. Berikut merupakan artikel dari gue sendiri tertanggal 9 Januari 2012"

Oke, kita bertemu lagi. Sekarang gue akan mempersiapkan kalian menghadapi GT tanggal 14 Januari weekend ini. Gue ingin membahas tentang teori side deck, dapat langsung diaplikasikan pada GT.

Ada tiga jenis pilihan side decking yang bisa dikombinasikan sendiri, mereka adalah :

Opponent-Based Side Decking


Ini tipe paling normal dari Side Deck, yaitu memasukkan kartu-kartu yang dapat mematikan strategi lawan ataupun membantu kita mengatasi strategi tertentu. Ada dua cara melakukan hal ini, dan seringkali kedua cara ini dikombinasikan dalam permainan.

Cara pertama adalah mengeluarkan kartu mati. Misalkan Mystical Space Typhoon dan Heavy Storm saat melawan deck Monster Surge atau Twilight. Bisa juga membuang Spell dan Trap disabler saat melawan deck burn. Terkadang sulit menentukan apa yang keluar karena bisa membuat engine pincang. Oleh karena itu beberapa duelist sengaja memasukkan lebih dari 40 kartu untuk menambah slot bagi Side Decking agar tidak mengganggu engine mereka.

Cara kedua adalah memasukkan kartu yang dapat mematikan strategi lawan, atau membantu kita melawannya. Misalkan memasukkan Dimensional Fissure saat melawan deck Plant. Atau memasukkan Cyber Dragon untuk menghabisi Karakuri.

Kombinasi kedua cara tersebut adalah tipe side-decking paling awam dan sudah seharusnya kalian semua tahu.

Transformation-Based Side Decking


Side decking tipe ini sudah cukup advance. Biasanya setelah beberapa play di game pertama, lawan sudah mengerti cara bermain deck kamu dan tahu secara kasar apa saja isi deck kamu hingga sekitar 80%. Ditambah lagi di game kedua lawan dapat dengan mudah mengantikan beberapa kartu kunci di situ.

Di sinilah Tranformation-Based Side Decking bermain. Dengan mengganti engine utama atau sampingan dari deck kamu, kamu dapat membuat lawan melakukan misplay (misalnya karena mereka terlalu mengikuti guideline artikel How to Beat Elite Four gue) dan membuat beberapa kartu lawan mati atau kehilangan mayoritas efektifitasnya.

Contoh tipe ini adalah mengubah deck Agent menjadi deck Anti-Meta yang sudah dipraktekkan Mbah dan oom David. Atau misalkan kamu menggunakan Plant Synchro, kamu bisa mengganti plant engine (Lonefire, Spore, Dandylion, Bulb, One for One, Foolish, dan Debris) menjadi engine berbeda yang kebal dari D.D. Crow dan Debunk.

Teknik ini advance karena memerlukan pemahaman cara bermain dua deck. Selain itu dia juga menghabisi slot side deck untuk Opponent-Based, sehingga bisa saja deck dengan Transformation-Based benar-benar mati kutu melawan deck tertentu yang dia tidak punya antinya di Side Deck. Pemilihan kartu dan pembacaan metagame menjadi sangat penting untuk mengaplikasikannya.

Prediction-Based Side Decking


Ini adalah teknik side decking yang paling advance, meski belum tentu yang terbaik. Teknik ini memprediksi kartu-kartu apa saja yang akan dikeluarkan dari deck dan apa saja yang akan dimasukkan dari Side Deck lalu mengeksploitasinya. Teknik ini juga biasa digunakan untuk deck-deck yang mudah di-Side Deck namun enginenya terlalu kompleks dan banyak untuk bisa melakukan Transformation-Based.

Contohnya adalah deck Dark World yang memasukkan Mystical Space Typhoon dan Heavy Storm untuk menghalau Shadow Imprisoning dan Dimensional Fissure. Atau deck Karakuri yang memasukkan Bottomless Trap Hole untuk mematikan Cyber Dragon. Atau deck Dino Rabbit yang memasukkan Forbidden Chalice untuk mematikan Snowman Eater, Spirit Reaper, dan Gellenduo.

Selain mengantikan apa yang akan dimasukkan, teknik ini juga bisa mengeksploitasi apa yang akan dikeluarkan. Contoh deck Twilight bisa menambah Trap seperti Solemn, Mirror, Torrential, atau Compulsory setelah Side Decking karena tahu lawannya mengeluarkan semua penghancur spell dan trap.

Kamu kalah ataupun menang di game sebelumnya juga bisa menjadi penting untuk strategi Side Decking. Contohnya, Thunder King Rai-Oh melawan Dino Rabbit ketika kamu duluan bisa mengunci mereka, namun jika kamu kedua, kecil kemungkinan Thunder King dapat membantu kamu mengatasi Evolzar Laggia ataupun Dolkka. Banyak kartu yang menjadi lebih baik ketika kamu duluan, dan ada beberapa yang bisa membantu kamu saat kamu kedua.

Nah itu teorinya, sekarang bagaimana aplikasinya tergantung pada deck masing-masing. Di bawah ini akan gue berikan beberapa bocoran kartu-kartu yang bisa efektif melawan deck yang mungkin terlihat di GT.

Dino Rabbit
What to Side In : Smashing Ground, Gozen Match, Rivalry of Warlords, Snowman Eater, Spirit Reaper, Mystical Space Typhoon, Black Horn of Heaven, Thunder King Rai-Oh terutama kalau duluan.
What to Side Out : Slow and Conditional Cards. Pot of Avarice, Dimensional Fissure, Trap Dustshoot (kecuali lu duluan).

Tengu Synchro
What to Side In : D.D. Crow, Maxx C, Gozen Match, Rivalry of Warlords, Thunder King Rai-Oh, Dimensional Fissure, Debunk.
What to Side Out : Kartu yang tidak efisien.

Karakuri
What to Side In : Thunder King Rai-Oh, Cyber Dragon, Traps.
What to Side Out : Kartu yang bisa mati melawan Dimensional Fissure, Spell yang tidak terlalu berguna.

Dark World
What to Side In : Mystical Space Typhoon, Dimensional Fissure, Shadow-Imprisoning Mirror, D.D. Crow, Debunk.
What to Side Out : Traps.

Burn
What to Side In : Royal Decree, Des Wombat.
What to Side Out : Traps. Maxx C. Veiler.

Watt
What to Side In : Mystical Space Typhoon. Penghancur masal.
What to Side Out : Spell dan Trap yang targeting dan tidak terlalu berguna.

Anti Meta
What to Side In : Mystical Space Typhoon, Cyber Dragon
What to Side Out : Kartu yang minus dan kondisional, contohnya One for One dan Foolish Burial. Maxx C, Veiler.

Agents
What to Side In : Black Horn of Heaven, Thunder King Rai-Oh
What to Side Out : Maxx C, Veiler

Dan masih banyak lagi. Silakan diedit untuk melengkapi list ini demi persiapan kita menuju GT!



Oke segitu dulu,
Medallion

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More