Selasa, 22 Mei 2012

Florsheim Deck Challenge : Lightray Sorcerer



Hai guys!

Setelah menyeleksi HAMPIR DUA PULUH decklist yang masuk, dan menimbang-nimbang cukup lama, kami akhirnya memutuskan salah satu kontestan yang menjadi pemenangnya!

Decklist ini memenuhi semua syarat yang kami ajukan, bahkan sempat kami tes sebentar dan hasilnya sangat kompetitif.

Florsheim Deck Challenge Edisi Ini
Oke tidak perlu menunggu lebih lama lagi, inilah pembahasan Deck Challenge dari sang pemenang Deck Challenge pertama kita, Jens Naki!

[Deck Challenge] Lightray Sorcerer (Jens Naki)


Format = OCG

Decklist :
1 Dark Armed Dragon
1 Gorz, the Emissary of Darkness
2 Tragoedia
2 Red-Eyes Darkness Metal Dragon
3 Darkflare Dragon
1 Honest
1 Lightray Diabolos
1 Black Luster Soldier - Envoy of the Beginning
2 Effect Veiler
2 Dimensional Alchemist
3 Eclipse Wyvern
3 Lightray Sorcerer
3 Lightpulsar Dragon
3 Ryko, Lightsworn Hunter
3 Lyla, Lightsworn Sorceress

1 Future Fusion
1 Heavy Storm
1 Monster Reborn
1 Charge of the Light Brigade
2 Mystical Space Typhoon
3 Solar Recharge

1 Magi Magi Magician Gal
1 Constellar Ptolemys Messier 7
1 Wind-Up Zenmaioh
1 Tiras, Keeper of Genesis
1 Lavalval Chain
1 Number 39 : Utopia
1 Wind-Up Zenmaines
1 Leviair the Sea Dragon
1 Scrap Dragon
1 Stardust Dragon
1 Arcanite Magician
1 Black Rose Dragon
1 Brionac, Dragon of the Ice Barrier
1 Ally of Justice Catastor
1 Five-Headed Dragon

Explanation :
Di sini Darkflare Dragon yang jadi kunci , karena bisa banish 3 Light monster sekaligus (1 dari cost special summon, 1 dari effect kedua dia, dan 1 lagi dari effect Eclipse Wyvern yang didump.) Jadi, Lightray Sorcerer bisa cepat keluar.

Lightray Diabolos sebagai salah satu target banish Wyvern, jadi lebih cepat punya 3 banished monsters. Selain itu, dia juga mudah disummon karena support mill dari LS + CotLB + Recharge.

Effect Veiler sebagai stopper terakhir karena deck ini ga punya trap. Veiler juga bisa dipakai synchro, misalnya Arcanite atau Stardust.

Dimensional Alchemist untuk charge banished zone (walaupun sifatnya gambling), atau bisa diset untuk ambil monster dari banished zone.

Untuk Extra Deck, variatif mulai Xyz rank 3-8, Synchro level 5-8, serta Five-Headed Dragon untuk Future Fusion. Xyz yang cukup menonjol di deck ini Constellar Ptolemys Messier 7 , bisa disummon dengan Tragoedia / Lightpulsar / Lightray Sorcerer. Dengan effect Messier, kita bisa return 1 monster dari grave untuk melanjutkan kombo.

Komentar Kami :

"Deck ini sangat kompetitif, Lightray Sorcerer pun bisa dengan instan disummon jika kamu memiliki Darkflare Dragon. Sayangnya sarana pembanish LIGHT di deck ini seringkali dirasa kurang, sehingga di saat Darkflare Dragon tidak terdraw, Lightray Sorcerer harus menunggu cukup lama hingga ada tiga LIGHT di banished zone.
Sedikit saran, mungkin bisa ditambahkan Freed the Brave Wanderer atau Soul of Purity and Light demi kombo Messier 7, untuk menambah kartu yang dapat mempercepat keluarnya Lightray Sorcerer. Selain itu sayang sekali tidak ada screenshot bukti tersummonnya Lightray Sorcerer."

~ Medallion

"Deck ini sangat terlihat sebagai Deck yang menggunakan prinsip "Masukkan kartu broken sebanyak mungkin", walaupun mungkin kalah cepat dari entri lain, tapi setelah Deck ini mengejar temponya dalam 1-2 turn maka potensi kemenangan akan sangat tinggi. Sangat kompetitif tanpa kartu-kartu yang terlalu kombo."
~ Pusogto

Selain pemenang, kami juga punya Juara Favorit. Berikut adalah Juara Favorit kami edisi ini. Kami memilihnya karena selain dia memenuhi syarat yang kamu ajukan, kompetitif, dan dia juga telah menuliskan pilihan kartu dan kombonya dengan detil, jelas dan baik.

Silakan disimak, Deck Challenge dari Fadil Habibi Danufane!

[Deck Challenge] Lightray Sorcerer (Fadil Habibi Danufane)

Nama: Fadil Habibi Danufane
ID Dueling Network: danufane
Deck Name: Hero Lightray Deck


Monsters
3x Blue-Eyes White Dragon
2x E-Hero Sparkman
3x E-Hero Prisma
1x E-Hero Stratos
3x Lightray Sorcerer
1x Black Luster Soldier

Spells
1x Dark Hole
3x E – Emergency Call
3x Fusion Gate
3x Gold Sarcophagus
2x Hand Destruction
3x Miracle Fusion
1x Monster Reborn
3x One Day of Peace
1x Reinforcement of the Army
2x Terraforming
2x Trade-In
3x Upstart Goblin

Saya menggunakan dek berbasis Gate Hero untuk memunculkan Lightray Sorcerer. Beberapa alasan di balik penggunaan ini adalah:

Saya suka Elemental Hero :v
Fusion Gate adalah salah satu kartu yang bisa dengan cepat mengisi RFG area.
Banyak monster Elemental Hero yang ber-attribute Light.
Kartu support E-Hero, Miracle Fusion, bisa membanish kartu yang ada di grave.

Sekarang kita bahas peran dari kartu-kartu yang ada di dek. Supaya teratur mungkin sebaiknya dimulai dari dari kartu-kartu Hero yang terpilih.

Elemental Hero Stratos
Mungkin ga ada deck E-Hero jaman sekarang yang ga pakai kartu ini. Dia bisa generate hand advantage, search kartu HERO apapun, dan punya opsi untuk menghancurkan kartu S/T musuh. Ini adalah kartu penting di dek ini karena kebutuhan akan resource hand untuk penggunaan Fusion Gate.

Elemental Hero Prisma
Monster ini ber-attribute LIGHT sehingga bisa menjadi makanan Lightray Sorcerer. Itu yang utama. Tambahannya, dia bisa nge-dump kartu dari dek sehingga punya potensi membuat Miracle Fusion yang tadinya kartu mati jadi hidup. Ada lagi sih efeknya yaitu ‘change name’ tapi efek itu sering tidak terpakai karena monster Fusion utama di dek ini adalah The Shining.

Elemental Hero Sparkman
Kartu ini mungkin memang hanya kartu vanilla biasa tetapi Sparkman bisa menjadi target dari efek Prisma. Salah satu perannya dalam play: Reveal Thunder Giant dari Extra deck , dump Sparkman dari deck, dan aktifkan Miracle Fusion untuk mem-banish Prisma dan Sparkman dan summon The Shining.
Selain itu, dia juga level  4 sehingga dia membuka opsi untuk XYZ summon monster rank 4. Ke dalam dek dia cuma dimasukin dua lembar karena… dia vanilla.

Monster Hero nya udah dibahas. Sekarang kita bahas monster-monster lainnya.

Lightray Sorcerer
Kartu utama dari Deck Challenge ini. Wajib masukkan dia 3 lembar (peraturannya begitu sih).

Blue-Eyes White Dragon
Attribute LIGHT, target efek Prisma (reveal Blue-Eyes Ultimate), dan target cost Trade-In. Pake 3 di dek supaya bisa masukin Trade-In lebih.

Black Luster Soldier
Attribute LIGHT, target efek Prisma (reveal Dragon Master Knight), dan target cost Trade-In. Dia dimasukkan untuk menambah target dari Trade-In di samping Blue Eyes.

Sekarang kita bahas line-up Spell nya.

Dark Hole
Purely a staple. Siapa tahu ada Kristya di field yang perlu dibasmi dulu. Lol..

E-Emergency Call
Searcher kartu-kartu E-Hero. Dengan jumlah E-Hero yang sebanyak 6 lembar, masukin 3 lembar E-Call nampaknya ga berlebihan. Penggunaannya fleksibel. Bisa panggil Stratos kalau perlu resource hand untuk penggunaan Fusion Gate. Bisa panggil Prisma untuk menghidupkan Miracle Fusion yang ada di tangan. Bisa panggil Sparkaman untuk………. Kalau-kalau di dek udah ga ada Prisma atau Stratos lagi :v

Fusion Gate
Kartu utama deck ini. Bingung apa lagi yang perlu dibahas tentang kartu ini :v
Oh iya, kartu ini juga hebat karena ga bisa dinegate oleh warning J

Gold Sarcophagus
Instant banish kartu LIGHT apapun dari dek sehingga bisa mempercepat kemunculan Lightray Sorcerer. Paling sering dipakai untuk mencari LightRay Sorcerer dari dek tapi bisa juga untuk mencari kartu-kartu penting seperti Miracle Fusion atau Fusion Gate misalnya.
One-turn Lightray sering bisa terlaksana kalau punya Sarco di hand pada turn pertama.

Miracle Fusion
Kartu pem-banish monster LIGHT dari grave. Pakai 3 karena perannya yang penting sebagai outlet pem-banish selain Fusion Gate walaupun bisa menjadi kartu mati juga.

Hand Destruction
Pada pengetesan build-build awal, bad hand seringkali muncul. Misalnya , Fusion Gate + Terraforming, Trade In tapi ga ada monster bintang 8, Sparkman nyangkut dua lembar di tangan. Kartu yang dipilih untuk mengurangi dead hand adalah Hand Des. Kartu ini Bisa juga dipakai untuk ngedump kartu2 LIGHT yang mati sehingga bisa jadi target Miracle Fusion.

Monster Reborn
Purely a Staple.

One Day of Peace
Deck thinner. Diperlukan di dek ini karena sifat dek ini yang combo-based. Efek +1 untuk musuh memang agak merugikan tetapi itu ditutpi oleh kecepatan dek ini untuk memanggil Lightray Sorcerer.

Reinforcement of the Army
Another searcher for Hero Monsters.

Terraforming
Searcher Fusion Gate untuk meningkatkan probabilitas masuknya Fusion Gate ke tangan  di awal-awal turn. Pakai 2 di dek karena takut dead-draw kalau masukin 3 :v

Trade-In
Deck Thinner. Hanya masukin ini dua lembar karena targetnya cuma 4.

Upstart Goblin
Deck Thinner

Oke, sekarang isi ekstra dek. Selain E-Hero the Shining dan Utopia, kartu-kartu di extra ini hampir ga pernah keluar dan Cuma dipakai sebagai target efek Prisma.

Isi Extra deck:
3x Blue-Eyes Ultimate Dragon
1x Dragon Master Knight
1x E-Hero Thunder Giant
3x Utopia
3x E-Hero the Shining

Strategi dan Kombo

Strategi dalam memainkan dek ini sederhana. Sebagaimana umumnya dek HERO, spamming monster Fusion adalah salah satu strategi dek ini. Dengan banyaknya kartu spell fusion yang dapat membanish monster HERO di dek ini, E-Hero The Shining bisa mencapai ATK yang tinggi yang sulit dilampaui monster-monster lawan. Selain itu, dek ini bisa memainkan The Shining-loop.

Contoh play:
Aktifkan Fusion Gate
Banish dua monster Hero di field atau hand, SS The Shining
Jika The Shining sent to the grave, ambil dua monster hero yang tadi di-banish ke hand.
Ulangi Fusion summon dengan dua kartu HERO ini untuk SS The Shining kedua.
Jika The Shining sent to the grave, ambil satu monster HERO ke hand dan kembalikan The Shining ke extra deck.

Strategi lain dalam dek ini adalah membanish kartu-kartu LIGHT secepat-cepat dan sebanyak-banyaknya untuk memunculkan Lightray Sorcerer. Pada beberapa keadaan tertentu bahkan Lightray Sorcerer bisa muncul di First Turn.

Contoh:
Requirement Kartu di hand:  Fusion Gate (atau Terraforming), Lightray, Sarco, Stratos.
Play:
Aktifkan Fusion Gate
Summon Stratos, search 1 Hero apapun
Banish 1 Hero dan Stratos untuk Fusion Summon The Shining
Aktifkan 1 Sarco, banish 1 kartu Light apapun. Jumlah LIGHT di RFG ada 3.
Summon Lightray

Atau
Requirement Kartu di hand:  Miracle Fusion, Lightray, Sarco, Prisma
Summon Prisma, pakai efeknya untuk dump Sparkman (kecuali punya hero lain di grave atau field, jangan dump Blue-Eyes atau BLS karena nama Prisma tidak lagi mengandung E-Hero. )
Aktifkan Miracle Fusion, banish Sparkman dan Prisma, SS The SHining
Aktifkan 1 Sarco, banish 1 kartu Light apapun. Jumlah LIGHT di RFG ada 3.
Summon Lightray.

Dan beberapa  play-play lainnya yang memungkinkan 1st turn Lightray Sorcerer. Syaratnya, Lightray sudah harus ada di tangan saat akan menjalankan kombo.

Bukti keberhasilan pemunculan Lightray Sorcerer





Penasaran dengan kombo-kombo kontestan yang lain? Akan segera kami kompilasi dan kami sebarkan! Tunggu tanggal mainnya!

Oke segitu dulu,
Medallion

3 komentar:

jah telat, ngirim T_T

deck yang ane kirim gak ada apa-apanya, terlalu mainstream dibandingin yang di post T_T

T.T td mw kirim keburu batre laptop abis,jd bnyk kartu yg lupa masuk

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More