Jumat, 01 Juni 2012

Florsheim Metagame Analysis : Medallion's Side Deck Choices

Pertengahan format, posisi deck-deck dalam metagame sudah semakin terdefinisi. Beberapa archetype yang ditakuti di awal format terbukti gagal dalam perjalanan dan turun tier, beberapa terbukti dan telah terukir dalam sejarah Yugioh sebagai para pemenang, dan beberapa lagi masih menempati tier tinggi, namun entah kenapa masih belum saja bisa menembus ribuan peserta dan meraih gelar juara.

Hari ini kita akan membahas mengenai beberapa deck yang sangat populer di metagame Amerika dan pilihan side deck apa yang efektif melawan mereka.

The Top Three


Dino Rabbit
Deck yang paling overused di antara yang lain. Kemampuannya konsisten mengeluarkan Solemn Judgment ber-ATK 2400 atau Divine Wrath ganda ber-ATK 2300 membuat lawan kelimpungan mencari solusi. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa dikalahkan. Berikut adalah Side Deck yang cocok untuk melawan mereka.

Chaos Dragons
Deck yang sangat murah dan penuh dengan boss monster yang dapat dipanggil dari hand ataupun Graveyard dengan mudah. Chaos Dragons akan semakin populer karena kemampuannya mengalahkan deck Dino Rabbit secara konsisten dan hampir tanpa usaha.

Inzektor
Deck populer dan sangat kuat namun tidak pernah berhasil memenangkan YCS sekalipun! Hal ini sedikit banyak dikontribusi oleh membanjirnya pemain yang menggunakan musuh alaminya, yaitu deck Dino Rabbit. Meski demikian, deck Inzektor mampu melumatkan deck Chaos Dragon semudah membalikkan telapak tangan, membuat hubungan antara Dino Rabbit - Inzektor - Chaos Dragon setara hubungan Batu - Gunting - Kertas.

What to Side

Spirit Reaper, Marshmallon, Gellenduo (Cannot be destroyed by battle)
Monster-monster ini dapat menahan kecepatan Dino Rabbit dan Chaos Dragon sehingga membuat pemain dapat bernafas cukup panjang sembari mengumpulkan sumber daya. Hanya saja setelah dirilisnya Photon Papilloperative, kartu-kartu ini semakin kehilangan kemampuan bertahannya.
Efektif melawan: Dino Rabbit, Chaos Dragon.

Snowman Eater, Ryko (Destroying FLIP effect)
Monster FLIP penghancur ini dapat membunuh Evolzar Laggia tanpa memperdulikan ada tidaknya material. Selain itu DEF yang cukup besar dari Snowman Eater mampu menahan monster-monster bintang empat lainnya.
Efektif melawan: Dino Rabbit, HERO

Royal Decree, Mystical Space Typhoon, Dust Tornado, Trap Stun (Anti-Backrow)
Kartu-kartu ini efektif melawan deck-deck penuh backrow. Dan terkadang setelah siding, lawan akan memasukkan kartu-kartu Trap yang powerful melawan deck kita seperti Macro Cosmos, Shadow-Imprisoning Mirror yang dengan mudah diatasi dengan kartu-kartu ini.
Efektif melawan: HERO, Gravekeeper, Skill Drain

Macro Cosmos, Dimensional Fissure, Light dan Shadow-Imprisoning Mirror (Hosing Continuous Trap)
Kartu Continuous ini seringkali efektif melawan banyak deck, terutama yang sangat memerlukan Graveyard (Macro dan Fissure) dan memiliki atribut tertentu (LIM dan SIM). Tapi berhati-hatilah, terkadang kartu ini dapat menumpuk di tangan.
Efektif melawan: Dark World, Inzektor, Chaos Dragon, Agent Fairy.

Effect Veiler, Maxx "C", D.D. Crow (Hand Trap)
Kartu-kartu ini memiliki kegunaan masing-masing. Pakailah sesuai tempatnya.
Efektif melawan: Inzektor, Wind Up.

Electric Virus, Puppet Plant (Type Control)
Change of Heart dan Brain Control merupakan kartu yang sangat kuat sampai terkena status forbidden. Jika kamu sudah tahu apa yang digunakan oleh lawan kamu, kamu bisa memanfaatkan Type yang relevan untuk memaksimalkan penggunaan Brain Control murah ini asalkan kamu punya cara menghilangkan yang sudah kamu ambil, misalnya dengan Xyz, Synchro atau Tribute.
Efektif melawan: Dino Rabbit, Chaos Dragon, HERO

Cyber Dragon, Chimeratech Fortress Dragon
Machine akan lebih sengsara jika melawan kartu ini dibandingkan sekedar Type Control belaka. Selalu siap untuk memasukkan jika ada deck Machine yang berkeliaran di metagame kamu. Selain itu Cyber Dragon juga monster kuat (ATK 2100) yang bisa dispecial summon dengan mudah, menyusahkan para pengguna anti meta.
Efektif melawan:  Machine based deck, HERO, Anti meta

Forbidden Chalice, Dimensional Prison, Bottomless Trap Hole, Soul Taker (Extra Removal)
Beberapa deck memerlukan kita menambah jumlah removal agar lebih baik melawannya. Gunakan removal yang sesuai dengan yang dilawan.
Efektif melawan: Inzektor, Chaos Dragon, Dino Rabbit

Dengan pengetahuan deck apa yang akan kamu lawan dan mempersiapkan side deck yang sesuai, maka kemungkinan kamu menang akan semakin tinggi. Jangan siapkan side deck berdasarkan deck-deck yang populer di Amerika, tapi berdasarkan deck yang populer di tempat kamu turnamen. Karena seringkali, apa yang populer di luar sana, sangat berbeda dengan apa yang akan kamu lawan nanti di turnamen.


Oke segitu dulu,
Medallion

8 komentar:

sorry OOT, cuma mau menyampaikan uneg-uneg aja. dibandingkan dengan inzektor yang menghancurkan 2 card/turn, bukankah ada deck spellcaster counter yang efek penghancurannya setara ojama delata hurricane, yang bisa dilakukan per turn juga, apakah deck ini bisa bersaing juga di top tier ? bagaimana menurut om-om sekalian disini ?

^^ maksud anda si arcanite magician? spellcaster buat jaman sekarang lambat playnya walaupun punya combo summoner arcanite tetap saja masih lebih ampuh destructornya si inzektor dan dia itu synchro sedangkan inzektor cukup di normal summon bisa ngancurin

Maksud anda ini ?
Mega Ton Magical Cannon
Group: Spell Card
Type: Spell
Remove 10 Spell Counters on your side of the field. Destroy all cards on your opponent's side of the field.

MG admin : bukan, tapi bisa termasuk juga sih.
@DiEnD : selain itu dia masih punya senjata rahasia, yaitu magician endymion (recycle spell) dan breaker(mst 2x) + swarming-swarming dikit pake spellcaster berattribute earth. dan saya baru tersadar, kalo kelemahan besar deck ini adalah deck lain yang pake field spell (counternya tidak bisa menahan penghancuran karena game mechanism CMIIW) yang bisa bikin deck ini tidak competitive #plak

^^ 1 lagi spell counter itu terlalu lambat buat meta game skrg dan bos monsternya (endymion) itu kurang keren dan korban BTH, saya rasa deck dragon chaos itu agk lemah di awal2 karena mereka mesti isi grave dulu,dan bunuh segala bisa lol (wind kuat di awal2 dragon lemah di awal2 haha)

@penanya tapi spellcaster counter itu setup nya lama

hmmm, saya jadi punya rumusan penyanding deck-deck top 3 diatas, ini dia :

inzektor -> spellcaster counter
dino rabbit -> herald of perfection
chaos dragon -> twillight (chaos sworn)

:hammer :hammer :hammer

spellcaster counter butuh lebih banyak kartu untuk melakukan combo, beda dengan Inzektor yang hanya butuh 2 Monster. Jauh lebih stabil juga

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More