Jumat, 13 Juli 2012

Florsheim Deck Challenge : Slifer the Sky Dragon



Hai guys!

Setelah menyeleksi belasan decklist yang masuk, dan sempat dilema beberapa lama (makanya artikelnya terlambat), kami akhirnya memutuskan satu deck yang layak diberikan gelar juara.

Decklist ini memenuhi semua syarat yang kami ajukan, bahkan sempat kami tes sebentar dan hasilnya sangat kompetitif.

Florsheim Deck Challenge Edisi Ini
Oke tidak perlu menunggu lebih lama lagi, inilah pembahasan Deck Challenge dari sang pemenang Deck Challenge pertama kita, Fadil Danufane!

FLORSHEIM DECK CHALLENGE #2 - OSIRIS NO TENKUURYUU
By: Fadil Habibi Danufane

Dalam mem-build deck khusus men-summon Osiris, ada beberapa isu yang menyulitkan:
  • Bagaimana caranya Osiris cepat sampai ke tangan
  • Bagaimana menyediakan 3 tumbal buat Osiris (khususnya tanpa memakan jatah normal summon buat Osiris)
  • Bagaimana caranya agar pada saat Osiris disummon, jumlah kartu hand terjaga agar Osiris dapet ATK yang lumayan (minimal 3000 lah supaya bisa bypass monster2 macam BLS dan JD)
Untuk menjawab masalah-masalah tersebut, saya memutuskan untuk menggunakan kombinasi Dark World–Fabled–Malefic sebagai core decknya! Beberapa alasan saya memilih dek ini:
  1. Saya suka Dark World *plak*
  2. Dek Dark World mempunyai speed yang tinggi berkat kartu-kartu macam Dark World Dealing, Card Destruction, Allure of Darkness, dan Gates yang sinergi dengan dek ini. Akibatnya, Osiris yang diidam-idamkan untuk disummon bisa cepat sampai ke tangan.
  3. Banyak monster Dark World, Fabled, dan Malefic yang bisa di-Special Summon melalui efeknya sendiri (Grapha, Beiige, Goldd, Silva, Fabled Ganaisha, Fabled Lurrie, Malefic Stardus, Cyber End, dll). Artinya, kita bisa menyimpan jatah Normal Summon tiap turn untuk sang DEWA, OSIRIS NO TENKUURYUU!
  4. Banyak kartu drawer yang gak bikin minus hand di dek ini. Kartu2 macam DWD, Gates, dan CardDes pada dasarnya memang minus tapi kalau efek monster Fabled dan DW jalan berkat drawer2 tersebut jadinya ga ada minus. Bahkan kartu Gates kalau dipake buat discard DW bisa bikin plus. Artinya, pada saat kita summon sang DEWA jumlah hand kita akan lumayan besar sehingga Osiris bisa dapat ATK yang besar pula.
Oke, tanpa lebih banyak basa-basi lagi inilah dek yang saya submit untuk Florsheim Deck Challnege kali ini!

OSIRIS FROM THE UNDERWORLD!” DECK



Pertama-tama, sori kalau judul deknya kurang bagus :v
Oke, langsung saja kita bahas pemilihan line-up monsternya.

Monster (20)

3 DW Beiige
3 DW Broww
3 Fabled Lurrie
3 DW Grapha
2 Malefic Stardust Dragon
3 OSIRIS NO TENKUURYUU
3 DW Snoww

Monster-monster yang ada didek sebagian besar dapat me-Special Summon dirinya sendiri out of nowhere. Bagusnya lagi, Special Summon mereka hampir selalu tidak bikin minus hand (kecuali Malefic Stardust), bahkan bisa bikin plus (kalau SS Grapha). Dengan demikian saat Osiris di tribute summon, ATK nya bisa sangat besar.

Kenapa pakai 3 Beiige? Ya, tujuannya tentu supaya bisa cepat dapat ‘hamba’ buat Dewa. Dek kompetitif pada umumnya Cuma pakai 1 atau 2 lembar tapi kita pakai 3 di sini karena ini Osiris Deck Challenge XD

Kenapa pakai Fabled Lurrie, bukan Fabled yang lain? Well, Cuma dia Fabled bertipe FIEND dan bisa SS dirinya sendiri ketika di-discard. Artinya, dia bisa dibanish dari grave sebagai cost untuk aktivasi atau target efek discard Gates. Fabled Ganaisha bisa juga masukkan sebagai pengganti Lurrie karena dia tuner dan atk nya lumayan (1600 atau 1800 kalau di-SS melalu efeknya sendiri) meskipun dia bertipe BEAST. Boleh juga dimasukkan kalau mau ada variasi main Synchro.


Gak ada Morphing Jar? Well beberapa minus yang bikin saya gak masukin dia: bisa kena Veiler, bisa kena jedor Inzektor, bukan fodder yang baik untuk drawer, lambat, dan makan jatah normal summon yang seharusnya buat dewa. Bukan berarti kartu ini buruk, saya Cuma gak mau make aja di Dek buat Challenge kali ini :v

Oke sekrang mari menuju Spell Line-Up nya.

Spell (20)

2 Advance Draw
1 Allure
1 Card Destruction
1 Dark Hole
3 DW Dealings
1 Terraforming
1 Cheerful Coffin
1 Monster Reborn
3 Gates of the Underworld
3 Trade-In
3 Upstart Goblin

Hampir semuanya drawer dan sarana aktivasi efek2 monster.

Advance Draw Cuma masuk dua lembar karena menurut saya costnya agak terlalu kondisional dibandingkan yang lain. Bisa saja sih masukin satu lembar lagi andai saya bisa cari slot untuk masukin 1-2 Malefic Cyber End. Sayangnya saya lebih suka 3 Lurrie dibandingkan 1 Advance Draw + 2 Malefic Cyber End di dek ini karena summonnya Lurrie gak bikin minus dan dia bisa jadi fodder yang lebih baik untuk banyak kartu drawer/discarder (Gates, DWD, Allure, Coffin, dan CardDes).

Terraforming tentu untuk mencari Gates. Kenapa Cuma 1? Speed di deck ini cukup tinggi sehingga bisa saja ketiga Gates sudah ketarik tapi masih ada satu lembar Terraforming nyisa. Kartu nyisa itu bisa jadi dead draw di akhir. Tapi sebenernya ini lebih kepada preferensi sih. Pake 2 juga ga jelek.

Kartu tidak lazim yang ada di dek ini adalah Cheerful Coffin. Sebelum saya memutuskan untuk memakai kartu ini di dek, saya sempat survey sebentar ke beberapa alamat web untuk melihat pendapat para duelist terhadap kartu ini. Rupanya kartu ini banyak dihina bahkan oleh pemain Dark World sekalipun. Yah, kartu ini memang pada dasarnya minimal -1 (bahkan bisa -4) tapi saya memutuskan untuk tetap memasukkannya di dek karena seringkali saya dapati situasi di mana saya punya terlalu banyak monster di hand dan butuh discard beberapa kartu sekaligus. Nah, kartu ini bisa menjawab kebutuhan itu. Satu kartu ini bisa memunculkan 3 ‘hamba’ dewa dalam sekejap. Dek Dark World ini bisa menggenerate plus yang banyak, jadi 1 lembar Coffin yang bikin minus rasanya tidak begitu menyakitkan kalau memang bisa membantu mempercepat play.


Allure dimasukin biar dek ini tambah cepet aja meskpun efek monster yang dibanish ga jalan. Kalau ternyata kurang sreg sama Allure, bisa ganti dengan 1 Terraforming.

Di dek ga ada MST ataupun Heavy storm karena ga ada slot (takut deknya jadi jauh lebih lambat). MST bisa diganti sama efek jedar-jedor Grapha. Heavy? Err.. Lawan saja Trap-trap musuh dengan “Brute Force” alias ‘Summon terus monster badak tanpa mundur’ a la Osiris, Grapha, dan Malefic Stardust :v

Trap juga ga dimasukin karena bisa bikin lambat. Pengennya sih dek ini bisa cepet2 munculin Osiris dan trap2 di tangan bisa jadi penghalang. Kalau bukan demi Osiris sih pasti saya mau masukin trap kek Smg, EEV, DDV, Solemn, dll :v

Cara main dek ini sederhana: DERP DERP DERP sampai puas *eh*. Intinya, cara mainnya Cuma discard-draw-SS-discard-draw-destroy-bounce-SS-tribute-draw sampe keluar 3 ‘hamba’ sebagai tumbal DEWA! Kalau ada Grapha atau Malefic Stardust di field, jangan ragu jadikan mereka sebagai tumbal meskipun ATK mereka gede. Toh Grapha gampang di SS lagi dari grave. Memang sudah takdir mereka untuk jadi tumbalnya OSIRIS huahahaha.. >=))

Kalau Osiris udah muncul, (semoga) lawan jadi agak bingung gimana ngelawannya. Osiris itu versi power-up dari King Tiger Wanghu + Tragoedia. Summon Osiris ga bisa di-negate. Udah gitu pas Osiris muncul, trap2 kek Torrent dan BTH ga bisa aktif. Intinya Osiris kamu aman setidaknya sampai menjejak field. Sayangnya, Osiris bisa diganggu gugat setelahnya. Berharap aja musuh ga punya Dark Hole di tangan atau Mirror Force pas Osiris nyerang. Hati2 juga sama Skill Drain atau Fiendish Chain karena kartu2 macam itu bisa bikin Osiris tak berkekuatan.

Akhirnya, kita sampai ke extra deck. Sebenernya gak terlalu perlu extra deck sih. Paling enggak perlu ada:

2x Stardust Dragon

Plus tambahin Xyz rank 8 yang super keren (karena ada 3 Grapha dan 2 Malefic Stardust) seperti Neo Galaxy Eyes Photon Dragon atau Monster Hieratic Heliopolis. Boleh juga masukin monster2 synchro kalau masukin Fabled Ganashia di Main Deck atau kalau bisa culik tuner musuh pake Monster Reborn.
Terakhir, saya sertakan screenshot dari keberhasilan saya mensummon DEWA.

ARAWAREYO!! SAIKYOU NO KAMI!!
OSIRIS NO TENKUURYUU!!

First Turn Osiris, tapi lawannya bosen ngeliat saya nge-DERP jadi dia quit duluan :v
Osiris didampingi Neo Galaxy-Eyes Photon Dragon!!
Osiris dengan 7000 ATK!!

Komentar Kami :

"Deck ini sangat kompetitif dan cepat sekali dalam mensummon Slifer, bahkan bisa secepat giliran pertama. Drawnya sangat kencang sehingga turunnya Osiris bisa lebih konsisten. Engine Dark Worldnya pun membuat lawan yang tidak siap bisa dengan mudah dikalahkan oleh Grapha yang terus muncul. Kalau saya menyarankan, dibandingkan Fabled Lurrie, mungkin Goldd dan Sillva akan lebih baik berkat efek yang sama di deck ini dan mereka memiliki ATK lebih besar"
~Medallion

"Menggunakan engine Dark World merupakan pilihan yang baik selain Grapha dengan ATK point yang besar dia juga bisa bolak balik kuburan - field tanpa minus apabila digunakan untuk tribute summon. Disamping itu effect memilih engine Dark World disini jauh lebih mengontrol lawan ditiap gerakannya sehingga finishingnya akan memberi jalan lebih mudah untuk Osiris berakrobatik.  
~General Hengel

Selain pemenang, kami juga punya Juara Favorit. Berikut adalah Juara Favorit kami edisi ini. Kami memilihnya karena memiliki kombo yang unik dan jalan!

Silakan disimak, Deck Challenge dari Ilham Choppedcity!



Aktifkan Crystal Tree dan kumpulkan beberapa counter (max 3) melalui Pegasus lalu aktifkan efek Crystal Tree, lalu ambil Ruby Carbuncle dan dua random Crystal Beast lain dari deck. Kemudian aktifkan Crystal Promise atau Ancient City - Rainbow Ruins (jika ada 5 Crystal Beast di S/T Zone) untuk Special Summon Ruby Carbuncle dari S/T Zone. Melalui efek Ruby Carbuncle, Special Summon dua random Crystal Beast yang lain dari S/T Zone dan Tribute 3 kartu tersebut untuk Normal Summon Slifer.

Komentar kami:

"Deck yang menarik dan secara mengejutkan bisa jalan untuk memanggil Slifer. Sedikit saran, mungkin dibandingkan berkonsentrasi pada Crystal Promise, Crystal Beacon dapat lebih melakukan tugas dengan baik dengan mencari Sapphire Pegasus, atau kalau sudah ada Slifer di hand, Ruby Carbuncle dari Deck."
~Medallion

Penasaran dengan kombo-kombo kontestan yang lain? Akan segera kami kompilasi dan kami sebarkan! Tunggu tanggal mainnya!


Oke segitu dulu,
Medallion

15 komentar:

Yang buat Osiris + Dark World = mantap sekali. sungguh out of the box pemikirannya

@Anonim: Out of the box apanya? Build Dark World turbo begini mah udah ada dari dulu. udah terkenal juga kok DW itu jago swarm n cepet. Tinggal netdeck aja trus tambahin 3 slifer udah gampang. Nothing special n original :\

Emang dilemanya apa bang Vandy Medallion sampe lama publikasi artikelnya? :v

@Anonim 2
Biasa?Nothing Special? Ini keren gan, ane jamin lu g punya ide buat deck kaya gini, jangan nyela doang lu gan, ini kreatif banget.

@Anonim2
Lo kira bisa seenak udel masukin 3 lembar Osiris ke sembarang dek? Kalo lo merasa bisa lebih jago build ya kenapa bukan lo yang jadi juara??

@semua anonim: Ya udah lah, cuekin aja si Anonim 2, kali di kheki gara2 deck kirimannya enggak dipajang

20 monster di dek Dark World?? Yang buat dek pasti noob parah!! DW kalo kebanyakan monster gak jalan woyyy! Masih bagusan dek kontestan lain deh daripada ini. Kok bisa ya jadi juara??

Hey, yang pake nama Dimas kayaknya si Let's Cline yg tempo hari dendam karena ditegur ama Dimas soal artikel VG deh. Kalau mau fitnah orang bukan di sini om, apalagi ini udah bulan puasa. Ingat dosa om!

dimas dan anonim ke-2 : gitu aja ribut, sirik ye, sembunyi di balik ketiak keanoniman wkwkwkkwkwkwk lempar batu sembunyi tangan

Wah, yang submit dek Slifer ngebahasnya bagus banget. Penjelasannya runut mulai dari permasalahan dan pemilihan kartu. Kayaknya kontestan lain ga ada yang nulis penjelasan deknya sedetail dan seniat ini. Emang pantes deh jadi juara ^_^b

Keren dah O.O
buat anonim2 sama orang bernick dimas...
Lihat diri anda sebelum ngomong, Apakah anda Special? ataukah anda bukan Noob? Osiris via DW ini buatnya udah jelas pakai kreatifitas tinggi, dan kreatifitas tuh g bisa dibeli gan =="
Seenak udel aja bilang deck nothing special =="

decknya keren! jd pengen nyoba lawan (ane pake frog monarch obelisk)

^ maen pakek dua browser aja gan jadi biar bisa bandingin sendiri wkwkwk

mantab gan xD
3 slifer, penjelasannya detail
nice om xD

makasih infonya gan mantap
kunjungi juga ya gan http://pokersindo.blogspot.com
Poker Online Indonesia http://goo.gl/Utpqol

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More