Kamis, 02 Agustus 2012

Florsheim Info : Rulings for Dummies - Effect Negation

Setelah vakum sangat lama, Ruling for Dummies akhirnya kembali lagi. Jadi belakangan, ada banyak sekali pertanyaan mengenai hal ini. Apa saja yang bisa dinegate Shadow-Imprisoning, kalau Sorcerer di-Veiler masih bisa nyerang atau tidak, dan sebagainya. Membingungkan memang, tapi tenang, semua akan semakin jelas setelah kamu membaca artikel ini.


Effect Negation Type

Ada beberapa tipe effect negation.

- Pertama, efek yang menegate aktivasi dan/atau efek tertentu yang aktif pada Chain. Contohnya adalah Magic Jammer dan Stardust Dragon.

- Kedua, efek yang menegate efek dari sebuah monster di field. Contohnya Effect Veiler dan Junk Synchron.

- Ketiga, efek yang menegate efek dari sebuah monster di field SELAMA monster itu masih Face-Up. Contohnya adalah Skill Drain dan Fiendish Chain.

- Keempat, efek Continuous yang menegate aktivasi atau efek tertentu. Contohnya adalah Royal Decree, Light-Imprisoning Mirror, dan The Fabled Unicore.

- Kelima, efek yang ternegate karena kehilangan target atau kondisi sudah tidak sesuai, dinamakan Resolve without Effect. Contohnya Monster Reborn namun targetnya dibanish oleh D.D. Crow.

- Keenam, efek yang membuat suatu kartu tidak dapat digunakan. Contohnya Prohibition dan Psi-Blocker.

- Dan ketujuh, yaitu efek yang melarang aktivasi dari efek. Contohnya adalah Soul Drain dan Angel 07.

Semua akan kita bahas satu per satu, namun sebelumnya ada beberapa konsep penting yang perlu kamu semua tahu dan pahami. Inilah dia:




Konsep Penting #1: Effects Activated and Resolved at the Same Place

Maksudnya, efek diaktifkan dan resolve dari tempat yang sama.

Yang memiliki cost "Send this card from the field to the Graveyard", "Tribute this card", "Return this card from the field to the hand", "Banish this card" semua diaktifkan di field dan resolve di field, meskipun saat resolve "badan" kartunya sudah tidak di field.

Yang memiliki cost "Send this card from the hand to the Graveyard", "Discard this card", "Banish this card from the hand" semua diaktifkan di hand dan resolve di hand, meskipun saat resolve "badan" kartunya sudah tidak di hand.

Yang memiliki cost "Banish this card from Graveyard" diaktifkan di Graveyard dan resolve di Graveyard, meskipun saat resolve "badan" kartunya sudah tidak di Graveyard.

Yang memiliki Trigger "When this card is destroyed", "When this card sent to the Graveyard", "When this card is Tributed", "When this card is discarded", "When this card is used as Synchro/Fusion Material" semua aktif di Graveyard (atau terkadang, di Banished Zone)


Berikut beberapa contoh:

Stardust Dragon di field. Lawan mengaktifkan Dark Hole. Stardust Dragon aktif, ia mentribute dirinya sendiri dan menegate Dark Hole. Efek Stardust Dragon diaktifkan di field, dan resolve di field, meskipun sewaktu efeknya jalan "badan"nya di Graveyard.

Effect Veiler disend ke Graveyard untuk menegate efek Chaos Sorcerer. Efek Effect Veiler diaktifkan di hand dan resolve di hand, meskipun sewaktu efeknya jalan "badan"nya di Graveyard.

Tempat efek tersebut diaktifkan adalah tempat semula ia berada saat kamu mengaktifkan efeknya.

Hal ini akan jadi penting pada pembahasan, contonya Effect Veiler tidak ternegate oleh Light-Imprisoning Mirror, karena Effect Veiler aktif di Hand. Efek negasi Stardust Dragon pun tidak bisa di-Debunk, karena aktifnya di field.



Konsep Penting #2: Difference Between Negating Activation and Negating Effect

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih bedanya? Aktivasi lah, efek lah, yang penting kartu lawan nggak jalan. Benar kok. Bedanya tipis, dan seringkali nggak akan jadi penting sampai masuk ke permasalahan ruling yang lebih ajaib. Tapi tidak apa, gue akan jelaskan sekilas.

Negating Effect berarti efeknya tidak jalan. Efek yang masuk chain tetap resolve seperti biasa, namun resolvenya kosong. Ternegasi. Kalau Continuous Spell atau Trap hanya dinegate effect, maka badannya tetap di field, menyampah tanpa efek.

Sedangkan Negating Activation akan membuat Chain Link tempat efek itu berada lenyap dan diskip. Kartu Continuous Spell dan Trap, serta Equip dan Field jika dinegate aktivasinya akan masuk Graveyard. Kartu Spell dan Trap yang dinegate aktivasinya akan dianggap tidak pernah diaktifkan. Namun hal ini berbeda untuk Effect Monster, meskipun aktivasinya dinegate, kamu tetap dianggap telah mengaktifkan efeknya.

Contoh: Pot of Duality dinegate Aktivasinya dengan Magic Jammer, maka Pot of Duality tersebut dianggap tidak pernah digunakan. Kamu tetap bisa Special Summon atau mengaktifkan Pot of Duality kedua. Sedangkan jika Pot of Duality hanya dinegate effectnya dengan Imperial Order, maka kamu tetap tidak bisa Special Summon ataupun mengaktifkan Pot of Duality kedua.

Contoh lain: Chaos Sorcerer mengaktifkan efek untuk membanish Photon Strike Bounzer. Bounzer menegate aktivasi efek Chaos. Karena Chaos Sorcerer effect monster, maka meski aktivasi dinegate, dia tetap dianggap sudah mengaktifkan efek, sehingga Chaos Sorcerer tidak bisa mengaktifkan efeknya lagi turn itu dan juga sudah tidak bisa menyerang.

Setelah kamu paham konsep ini, mari kita lanjut membahas masing-masing tipe effect negation.




1. Effect That Negates Activation (and/or Effect) in Chain

Efek yang menegate aktivasi (dan/atau effect) dalam chain. Yang termasuk efek ini: Hampir semua Counter Trap, Quick Effect dari Monster semacam Evolzar Laggia/Dolkka, Stardust Dragon, dan beberapa Trap semacam Starlight Road.

Karakteristiknya adalah dia hanya menegate SATU efek saja yang sudah MASUK CHAIN. Sehingga yang dinegate adalah efeknya, bukan kartunya, meski seringkali efek ini dipasangkan dengan kemampuan menghancurkan sumber efek tersebut.

Efek semacam ini HARUS DICHAIN LANGSUNG ke aktivasi efek yang ingin dinegate.

Contoh: Dark Hole diaktifkan di Chain Link 1, maka Stardust Dragon harus diaktifkan di Chain Link 2. Misalkan di Chain Link 3 lawan mengaktifkan Divine Wrath untuk menegate Stardust, kamu tidak bisa mengaktifkan Magic Jammer di Chain Link 4 untuk menegate Dark Hole yang menempati Chain Link 1.

Contoh lagi: Blackwing Blizzard disummon saat kita punya Evolzar Dolkka. Efek Blizzard diaktifkan sebagai Chain Link 1, maka efek Dolkka harus diaktifkan di Chain Link 2 untuk bisa menegate Blizzard. Jika ada Black Whirlwind, dan ketika Blizzard disummon lawan mengaktifkan Blizzard Chain Link 1 dan Black Whirlwind Chain Link 2, maka Dolkka tidak bisa menegate Blizzard karena tidak bisa mengechain langsung efek Blizzard.



Efek seperti ini biasanya menegate Activation. Hanya saja beberapa kartu lama ada yang masih menuliskan "negate effect" atau "negate activation and effect".




2. Effect That Negates Effect of a Monster on the Field

Efek yang menegate efek dari monster di field. Yang termasuk efek ini: Effect Veiler, Debris Dragon, Tour Guide from the Underworld, dan sebagainya.

Karakteristiknya adalah dia menegate semua efek dari monster itu yang continuous dan diaktifkan di field. Apa saja efek yang diaktifkan di field? Coba scroll sedikit ke atas.

Sehingga jika Rescue Rabbit sudah terkena Effect Veiler, efek negasinya akan ternegate oleh Veiler meski "badan"nya sudah tidak di field. Atau misalkan kamu memanggil Lonefire Blossom menggunakan Debris Dragon, maka efek Tribute untuk Special Summon Plant-nya akan dinegate meski "badan"nya sudah tidak di field.

Contoh: Rescue Rabbit disummon kemudian oleh lawan di-Effect Veiler. Maka jika Rescue Rabbit membanish dirinya sendiri untuk mengaktifkan efek, efeknya tetap akan ternegate karena meskipun "badan" Rescue Rabbit sudah di banished zone, tetapi efek tersebut diaktifkan di field.

Meski demikian, kamu tetap bisa membayar cost dari efek-efek tersebut walaupun pada akhirnya efeknya ternegate.

Contoh: Debris Dragon menghidupkan Card Trooper. Card Trooper tetap dapat membuang 3 kartu Top Deck karena itu cost, namun ATKnya tidak bertambah karena efeknya ternegate.

Selain itu, efek yang aktif selain di field, misalnya di Graveyard bisa tetap aktif dan resolve dengan benar.

Contoh: Debris Dragon menghidupkan Card Trooper, jika Trooper hancur maka kamu tetap bisa draw. Atau Tour Guide memanggil Sangan, ketika Sangan masuk Graveyard kamu tetap bisa search monster ATK 1500 ke bawah.




3. Effect That Negates Effect of a Monster on the Field as Long as It Still Face-Up

Efek yang menegate efek monster selama monster itu masih face up di field. Yang termasuk efek ini: Skill Drain dan Fiendish Chain. Mereka berdua memang unik dan punya aturan sendiri.

Karakteristiknya mereka akan menegate semua yang bisa dinegate di tipe nomor dua di atas (yaitu semua efek yang continuous dan diaktifkan di field), ASALKAN saat efek tersebut resolve "badan" kartunya masih face-up di field.

Kamu bisa menghindar dari negasi jenis ini dengan membuat Monster yang bersangkutan -entah bagaimana caranya- "badan"nya sudah tidak Face Up di field sewaktu efeknya Resolve. Misalnya dengan mengechain Book of Moon, atau Compulsory Evacuation Device pada efek yang kamu ingin tidak ternegasi.

Efek-efek yang Costnya Tribute, Send to Grave, Banish, atau Return to Hand seperti Stardust Dragon, Exiled Force, Rescue Rabbit, atau Thunder King Rai-Oh juga selamat dari negasi ini karena saat efeknya resolve "badan"nya sudah tidak di field.

Contoh: Rescue Rabbit disummon dan lawan mengaktifkan Skill Drain. Rescue Rabbit tetap bisa mengaktifkan efeknya dan resolve seperti biasa karena saat efeknya resolve, Rescue Rabbit sudah tidak face-up di field.




4. Continuous Effect that Negates Effect

Efek kontinyu yang bisa menegate contohnya adalah Royal Decree, Light-Imprisoning Mirror, dan The Fabled Unicore.

Karakteristiknya adalah mereka tidak menggunakan Chain. Jika mereka sudah Face Up dan aktif saat efek yang akan dinegate resolve, maka efek tersebut ternegate begitu saja.

Cara menghindar dari efek ini adalah menghancurkan, atau membuat kartu tersebut tidak Face-Up di field lagi sebelum efek kita resolve.




5. Resolve without Effect

Ini biasanya terjadi ketika suatu efek kehilangan target, atau kondisinya tidak lagi terpenuhi. Kondisi yang harus terpenuhi ketika resolve biasanya ditandai dengan "You must ....blablabla.... to activate and resolve this effect" dalam format PSCT.

Contoh kehilangan target: Monster Reborn menarget Stardust Dragon di Graveyard, tetapi dichain D.D. Crow, membanish Stardust. Karena Stardust Dragon sudah tidak di Graveyard saat Monster Reborn resolve, maka Monster Reborn pun Resolve without Effect.

Contoh kondisi tidak tepat:  Teks dari Yaichi adalah Once per turn: You can target 1 Set Spell/Trap Card; destroy that target. You must control a face-up "Six Samurai" monster with a different name to activate and to resolve this effect. Ketika Yaichi mengaktifkan efek, lalu dichain Compulsory ke face-up "Six Samurai" monster with a different name satu-satunya milik lawan, maka kondisi resolvenya menjadi tidak tepat. Akhirnya efek Yaichi menjadi Resolve without Effect.




6. Cannot be Used

Tidak bisa digunakan ini ada pada kartu Prohibition dan Psi-Blocker. Kartu yang di-ban oleh mereka tidak bisa di-Normal Summon, di-Special Summon dengan efeknya sendiri, tidak bisa menggunakan efek apapun, semua efeknya dinegate, tidak bisa menyerang, tidak bisa mengubah posisi, dan tidak bisa diaktifkan. Pembahasannya cukup panjang, jadi buat yang penasaran silakan langsung cek blog oom Jens Naki yang sudah meramunya dengan sangat apik di Ruling Mythbuster: Prohibition.




7. Cannot be Activated

Simpel. Efeknya tidak bisa diaktifkan. Tidak boleh dibayar costnya. Tidak boleh masuk chain sama sekali. Ini berarti tidak berpengaruh ke efek Continuous. Kalau ada efek continuous dan sudah face-up, tetap jalan. Contoh dari efek ini adalah Jinzo (tapi dia negate face-up Trap juga), Soul Drain, dan Angel 07.




Kesimpulan: Ringkasan bagi yang Malas
  1. Konsep penting pertama: Efek diaktifkan dan resolve di tempat yang sama meski mungkin "badan" kartunya sudah berpindah ke tempat lain.
  2. Konsep penting kedua: Negasi aktivasi dan negasi efek merupakan hal yang berbeda.
  3. Ada tujuh jenis Effect Negation yang memiliki karakteristik berbeda-beda.
  4. Pertama adalah efek yang menegate aktivasi dan/atau efek di dalam chain. Efek ini harus dichain langsung ke efek yang ingin dinegate. Contohnya adalah Magic Jammer dan Stardust Dragon.
  5. Kedua adalah efek yang menegate efek dari monster. Efek ini menegate semua efek continuous, trigger, quick, maupun ignition yang diaktifkan di field, meskipun saat resolve "badan" kartunya sudah di Graveyard atau di tempat lain. Contohnya adalah Effect Veiler dan Debris Dragon.
  6. Ketiga adalah Skill Drain dan Fiendish Chain. Mereka adalah perkecualian karena mereka hanya melihat apakah "badan" monster yang efeknya akan dinegate masih Face Up di field atau tidak saat efeknya resolve. Kalau masih Face Up, maka efeknya dinegate.
  7. Keempat adalah efek Continuous yang bisa menegate aktivasi dan/atau efek. Karakteristiknya adalah efek negasinya tidak menggunakan chain. Contohnya adalah Light-Imprisoning Mirror dan The Fabled Unicore.
  8. Kelima adalah Resolve without Effect. Ini adalah game mechanic. Hal ini terjadi karena sebuah efek kehilangan target, atau kondisi untuk resolve sudah tidak terpenuhi. Contohnya adalah Monster Reborn dichain D.D. Crow
  9. Keenam adalah tidak bisa digunakan. Contohnya adalah Prohibition dan Psi-Blocker. Kartu semacam ini sebaiknya tidak digunakan dalam turnamen untuk menghindari misruling dari judgenya karena ruling mereka sebegitu ribetnya.
  10. Ketujuh adalah tidak bisa diaktifkan. Efek dicegah aktivasinya sehingga tidak bisa dibayar costnya dan tidak bisa masuk chain. Contohnya adalah Soul Drain dan Angel 07.
Fyuuh, panjang juga. Yang penting sudah tidak ada yang bingung lagi kan?

Masih bingung oooooooooooom!!!!!

Sip karena sudah tidak ada yang bingung, mari kita akhiri sesi ini. Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa komentar di bawah, akan gue coba jawab.


Oke segitu dulu,
Medallion

PS. Karena sedang Hectic mau buka bersama (teehee), gue belum sempat memasukkan gambar. Gambar akan diupdate secepatnya.

11 komentar:

Tanya: kalo stardust kena veiler, musuh cast dark hole, klo kita chain aktivasi stardust, d endphase idup lagi, ga?

Sori, yg d atas bkn dark hole tapi misalnya mirror force

karena efeknya ternegate, ya ngga idup di EP

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

d text prohibition ada kta " Cards on the field before this card was activated are not affected (including face-down cards)."

apa morphing jar yg kna prohibition msih bsa aktiv eff...??
apa necro gardna (set) yg d field hncur bsa aktivin effnya (prohibition sdah ngeBAN necro sblumnya )....??

Morphing masi aktif kalo udah diset duluan, kalo morphingnya dateng gara2 the shallow grave mboh juga tapi.
Necro Gardna masi bisa.#mistic tomato.
Emang ada ya continuous effect yang bisa negate aktivasi effect?

Wah, kayaknya kalau mau paham artikel ini harus dibaca dan dibandingin baik2 sama artikel soal activation, cost, and bla bla bla coz masih ada hubungannya. Kayaknya gua bakal ngabisin sisa liburan sebelum kuliah buat belajar dan mendalami soal ginian.

P.S. Bang Vandy, kalau bisa minta contoh soal dong biar bisa memahami lebih dalam lagi melalui konteks ;P

Thanks anyway buat ulasan artikelnya

Maaf nanya lagi, ada yang kurang jelas di poin kedua:
Di situ dibahas bahwa bila Debris Dragon memanggil Lonefire Blossom lewat efeknya, maka Lonefire tidak akan bisa Special Summon Plant lain dari deck karena efeknya yang ternegate oleh Debris Dragon. (FYI, tulisan teks di Lonefire dan Stardust Dragon adalah 'tribute' bukan 'send to graveyard')

Sedangkan di paragraf berikutnya, Card Trooper yang dipanggil Debris Dragon tetap bisa draw kartu meski efeknya telah ternegate bila Trooper dihancurkan.

Pertanyaan saya:
1) Apakah kata "Tribute" mengindikasikan kalau efeknya aktif di field? Lalu, kartu dengan efek "Tribute" akan resolve di mana (field atau grave atau bahkan tempat lain seperti banished zone)?

2) Apakah dugaan saya valid bila saya berkata "Exiled Force atau CardCar D yang terkena Veiler, TIDAK AKAN BISA menggunakan efeknya meski masih bisa di-Tribute"? (Jujur saja, kalau poin kedua itu paling sulit dibanding lima poin lainnya)

3) Apa dengan demikian Effect Veiler bisa menegate seluruh efek monster meski monster ybs resolve efeknya tidak di field lagi (contoh Rescue Cat dan Thunder King Rai-Oh dgn cost Send to Graveyard atau Rescue Rabbit dan Cyber Valley dgn cost Banish ke RFG zone)

Terima kasih atas jawabannya, bila ada yang kurang jelas dengan pertanyaan saya, saya akan berusaha menjelaskan lagi.

Card Trooper aktif di Graveyard karena dia mengatakan "When this card you control is destroyed and sent to the Graveyard"

1. Ya, "Tribute this card" mengindikasikan efeknya aktif dan resolve di field, tidak peduli "badan" kartunya di Graveyard ataupun di Banished Zone.

2. Kamu bisa mentributenya, tapi efeknya ternegate. Jadi kamu mentribute for nothing.

3. Yes. Veiler bisa menegate semua efek asalkan efek tersebut continuous atau diaktifkan di field.

stlah baca msih bngung *facepalm....
jd ikutan tanya doong, kalau Shi En summon lalu di bottomless chain eff Shi En lalu musuh chain Eff Veiler, nah Shi En bakalan kena bottomless nggak ya? gomen msih oon nih ckck.

^anonim
Shi En bakal kena bottomless, urutannya gini
Bottomless CL 1,
Shi En CL 2,
Veiler CL 3,
resolve backward
Veiler negate effect shi en,
Shi En effectnya resolve mau negate Bottomless tapi g jalan gr2 veiler
Bottomless jalan seperti biasa

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More