Rabu, 01 Agustus 2012

Florsheim Contributor : Fadil's Chaos Crane Deck Building



"Fadil adalah pemenang Florsheim Deck Challenge #2 dengan deck Dark World Slifernya. Kali ini ia ingin mencoba membahas tentang sebuah deck dengan engine yang sangat menarik, yaitu engine Sacred Crane. Mari kita simak!


Suatu hari sembari menunggu waktu sahur, saya iseng-iseng membaca konten-konten blog Florsheim yang sudah lama dipublish. Setelah membaca beberapa artikel “Florsheim Tips”, saya mendapati artikel yang menarik perhatian saya; judulnya “7 wonders of Sacred Crane” dan “Ninjitsu Art of Crane Transformation”. Di sana dijelaskan bermacam-macam kombo yang keren untuk memanfaatkan efek yang keren pula dari kartu Angsa Suci ini. Berangkat dari kedua artikel itu, saya mencoba menge-build deck yang bisa mengeluarkan potensi dari The Sacred Crane. Untuk dek ini, saya pilih untuk ngebuild dengan varian Chaos (berhubung Crane itu berattribute LIGHT).

Oke.. Mula-mula mari kita tentukan kartu-kartu yang penting untuk dimasukkan. Yang sudah pasti tentunya Sacred Crane. Karena dia adalah tokoh utama dek ini, wajib hukumnya masukin dia tiga lembar.

Tokoh Utama!!
Selanjutnya mari kita masukkan boss monster kita. Karena kita mau bikin dek bertema Chaos, wajib dong masukin jagoan kita yaitu Black Luster Soldier – Envoy of the Beginning. Karena satu lembar kartu Chaos itu nanggung, kita masukkan juga dua lembar Chaos Sorcerer.

Boss Besar
Summoner Monk adalah salah satu cara tercepat dan termudah di dek ini untuk men-Special-Summon Crane dari dek. Cukup summon Monk, discard random Spell dari hand, kemudian Special Summon Crane dan draw satu. Profit! Bagusnya lagi, Monk dan Crane kemudian bisa kita pakai untuk Xyz Summon monster-monster Rank 4. Kalau ada 2 atau lebih Spell di tangan, kita bahkan bisa melakukan combo Monk -> Monk -> Crane untuk kemudian Xyz Summon seperti Evilswarm Ouroboros atau Vylon Disigma.

Jangan lupa juga bahwa Summoner Monk itu DARK sehingga bisa jadi makanan BLS atau Chaos Sorcerer. Karena perannya yang penting, kita masukkan dia dua lembar.

Berkat typingnya Crane (Winged-Beast), dia juga bisa di Special Summon menggunakan Ninjitsu Art of Transformation. Bagusnya, NAoT bisa SS Crane baik dari hand ataupun deck. Akibatnya, potensi bad draw akibat ngedraw Crane tidak terlalu tinggi. Mari masukkan kartu ini dua lembar saja karena tiga lembar berpotensi tinggi bikin dead draw.

Karena kita mau masukin NAoT, kita juga perlu Grandmaster Ninja Hanzo untuk ngesearch kartu itu. Hanzo sinergi dalam dek ini karena dia berattribute DARK (makanan BLS dan Chaos Sorcerer). Selain itu, Hanzo bisa jadi beater yang lumayan. Karena dia searcher yang penting, masukkan Hanzo tiga lembar. Tentunya tambahkan pula satu lembar Reinforcement of the Army.

Call of the Haunted juga bisa Special Summon Crane dengan mudah. Hanya butuh Crane di graveyard, kita bisa dapet +1. Crane pun bakal sering berada di grave karena didetach sebagai cost aktivasi monster Xyz atau didump oleh Lavalval Chain. Selain itu, CotH juga bisa kasih advantage kartu kalau dichain untuk menarget Crane saat mau dihancurkan oleh MST atau Heavy lawan. Masukin kartu ini tiga lembar!

Oke, sekarang kita review dulu dek kita sejauh ini:

Monsters (11)
1x Black Luster Soldier – Envoy of the Beginning
2x Chaos Sorcerer
3x Sacred Crane
2x Summoner Monk
3x Grandmaster Ninja Hanzo

Spells (1)
1x Reinforcement of the Army

Traps (5)
3x Call of the Haunted
2x Ninjitsu Art of Transformation

Kita baru punya 11 monster jadi masih banyak slot untuk monster. Bagusnya kita masukin monster-monster DARK dan LIGHT supaya bisa dijadikan makanan BLS. Beberapa kartu yang splashable yang sinergi dengan dek ini di antaranya yaitu Genex Ally Birdman, Effect Veiler, Tour Guide from the Underworld, dan Sangan.

Makanan Bos-Bos Besar!
Birdman bagus untuk variasi main synchro. Dia bisa dipakai untuk mengembalikan Monk atau Hanzo ke tangan sehingga efek-efek mereka bisa dipake lagi di turn-turn selanjutnya. Masukin dia dua lembar rasanya cukup.

Kehebatan Effect Veiler gak usah diragukan lagi. Kayaknya sulit untuk gak masukin dia di dek-dek zaman sekarang ini, apalagi kita mau main Chaos. Masukin tiga lembar gan!!

Tiga lembar Tour Guide dan satu Sangan bagus untuk dimasukkan ke dalam dek ini. Mereka bisa akses ke monster-monster Xyz rank 3; terutama sekali Leviair karena bakal banyak kartu lvl 4 ke bawah yang kebanish untuk summon Chaos. Sangan bisa dipakai untuk search banyak monster di dek: TGU, Birdman, Veiler, dan Monk.

Selain kartu-kartu tersebut, Blackwing – Zephyros The Elite juga bisa dimasukkan. Dia bisa ngebounce Call of The Haunted yang ‘nyangkut’ di field untuk kemudian dipakai kembali. Selain itu dia DARK dan level 4 sehingga sinergi dengan Chaos dan bisa dipakai untuk Xyz Summon dengan Crane.

Jadi dek kita sejauh ini:

Monsters (21)
1x Black Luster Soldier – Envoy of the Beginning
2x Chaos Sorcerer
3x Sacred Crane
2x Summoner Monk
3x Grandmaster Ninja Hanzo
3x Tour Guide from the Underworld
1x Sangan
2x Genex Ally Birdman
3x Effect Veiler
1x Blackwing – Zephyros The Elite

Spells (1)
1x Reinforcement of the Army

Traps (5)
3x Call of the Haunted
2x Ninjitsu Art of Transformation

Wah, kita baru masukin satu Spell padahal Summoner Monk butuh spell sebagai cost effectnya! Mari kita masukkan Spell-Spell staple yang cocok. Pilihan saya sih: Monster Reborn, Dark Hole, Heavy Storm, 2 Mystical Space Typhoon, 1 Mind Control, 3 Pot of Duality. MST dan Duality biasanya adalah spell-spell yang lebih baik untuk didiscard Monk daripada yang lainnya.

Setelah nambahin spell, kita masih punya empat slot lagi. Kita pakai saja 1 Solemn Judgment dan 2 Solemn Warning (because IMO they are still so powerful and useful in today’s meta :v). Masih ada satu slot lagi, saya pengen masukin selembar Icarus Attack mengingat ada tiga Sacred Crane dan satu Zephyros yang bisa dijadiin target.

Oke, jadi dek kita sekarang:

Monsters (21)
1x Black Luster Soldier – Envoy of the Beginning
2x Chaos Sorcerer
3x Sacred Crane
2x Summoner Monk
3x Grandmaster Ninja Hanzo
3x Tour Guide from the Underworld
1x Sangan
2x Genex Ally Birdman
3x Effect Veiler
1x Blackwing – Zephyros The Elite

Spells (10)
1x Reinforcement of the Army
1x Monster Reborn
1x Dark Hole
1x Heavy Storm
2x Mystical Space Typhoon
3x Pot of Duality
1x Mind Control

Traps (9)
3x Call of the Haunted
2x Ninjitsu Art of Transformation
1x Solemn Judgment
2x Solemn Warning
1x Icarus Attack

Oke.. Main Deck udah, sekarang tinggal pikirin Extra Deck. Isinya fleksibel sih.. Yang penting masukin monster Synchro dan Xyz (rank 3 dan 4) yang generik. Bisa juga masukin Arcanite Magician kalau ada slot karena Arcanite = Birdman + Monk atau Veiler + Chaos Sorcerer.

1x Ally of Justice Catastor
1x Brionac, Dragon of the Ice Barrier
1x Black Rose Dragon
1x Arcanite Magician
1x Stardust Dragon
1x Mist Wurm
1x Leviathan Dragon
2x Leviair the Sea Drgaon
1 Wind-up Zenmaines
2 Number 39: Utopia
1 Evilswarn Ouroboros
1 Lavalval Chain
1 Vylon Disigma

Hasil Akhir
Ok, segitu dulu.. Masih banyak area yang bisa di-tweak dari dek ini. Masih banyak juga varian Crane yang lain seperti Mist Valley – Crane misalnya. Feel free to improvise.

Semoga tulisan ini bermanfaat.
Fadil Habibi Danufane


Bagaimana pendapat kamu mengenai deck ini? Langsung beri komentar ya di bawah.
Kalau kamu tertarik berkontribusi juga dengan artikel ke Florsheim, kamu bisa mengecek prosedurnya di link berikut: http://www.florsheimteam.com/2012/04/florsheim-info-calling-all-yugioh.html

6 komentar:

Wah, ini dek bisa nggeplus parah ya.. dan kayaknya fun.. ^_^
Btw, IMO daripada Ninjitsu Art of Transformation mendingan pake yang Super Transformation. Lebih powerful walaupun ga bisa SS Crane yang nyangkut di tangan.

super transformation gak bisa ss type winged-beast sedangkan sacred beast sendiri winged-beast

^ Sacred Crane gan, bukan Sacred beast :v

Saran buat mas Fadil, masukin tragoedia juga bagusnya. Hand sizenya kayaknya bakal kejaga tuh berkat Crane. Just my thought :v

Bisa coba bawa 1 ninjitsu art of gold (ato apalah itu, yang spell)... kalo ada ninjitsu yang udah nganggur di field, bisa dipakek buat draw 2... kalo ninjitsunya bersih, bisa dipakek buat costnya summoner monk..

Tapi kyknya lbh enak Magic Planter (namanya bener g?),bisa makan COTH yang nyampah di field

Magic Planter... menarik. Tapi sulit juga nyari slot untuk kartu ini karena kalau ngeluarin spell lain, kyk Duality atau RotA misalnya, untuk Planter itu berarti menukar konsistensi dengan Draw Power yang agak terlalu kondisional. Tapi apa salahnya dicoba? xD

Ah iya, Trago.. Keluarin Birdman atau Hanzo aja buat masukin Trago :v

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More