Rabu, 21 November 2012

Florsheim Info: Prophecy & Spellbook General Rulings


Hi guys,

Lama tidak berjumpa! Salah satu post di blog Konami kemarin menginspirasi gue untuk membuat posting seperti ini, yaitu beberapa trik yang bisa kamu gunakan dan ruling di baliknya. Karena gue sedang gemar bermain Prophecy, maka kali ini yang gue bahas adalah Prophecy terlebih dahulu.

Oke, mari kita mulai.

High Priestess of Prophecy


Efek Special Summon dari High Priestess merupakan Coherent Sp Summon, sehingga tidak bisa dinegate Solemn Judgment ataupun Thunder King Rai-Oh. Namun demikian, berhati-hatilah dengan Mind Crush karena Mind Crush bisa membuang High Priestess sebelum disummon.

Empress of Prophecy



Empress menghitung juga Xyz Material dari Xyz lain yang kamu kontrol.

Efek Empress lolos dari Starlight Road ataupun The Huge Revolution is Over dan tidak menarget, sehingga begitu kamu dan lawan sudah tahu berapa Spellbook yang di-reveal, lawan sudah tidak bisa respon apapun.


Hierophant of Prophecy


Efek dari Hierophant lolos dari Starlight Road ataupun The Huge Revolution is Over dan tidak menarget, jadi jika lawan mengechain salah satu, kamu bisa menghancurkan yang lainnya.

Justice of Prophecy


Kamu bisa mengaktifkan efeknya di giliran lawan, setelah menggunakan Quickplay Spellbooks semacam Spellbook of Wisdom atau Spellbook of Fate.

Efek Justice of Prophecy kebal dari Effect Veiler, Forbidden Chalice, Skill Drain ataupun Fiendish Chain. Untuk Skill Drain dan Fiendish Chain jelas, karena costnya adalah membanish diri sendiri. Untuk Effect Veiler dan Forbidden Chalice alasannya adalah karena efek Justice optional, kamu tinggal tunggu efek dari Veiler atau Chalice selesai di end phase, baru kamu aktifkan efek Justice.

Stoic of Prophecy


Efeknya aktif kapanpun dia terkirim ke Graveyard dengan cara apapun. Kamu bisa gunakan ia sebagai cost atau Foolish Burial dari deck untuk mendapatkan efeknya.

Reaper of Prophecy


When this card is Normal or Special Summoned: You can activate this effect; this card gains the following effects based on the number of "Spellbook" Spell Cards in your Graveyard. You can only use the effect of "Reaper of Prophecy" once per turn.
• 3 or more: This card gains 600 ATK.
• 4 or more: Add 1 "Spellbook" Spell Card from your Deck to your hand.
• 5 or more: Special Summon 1 Level 5 or higher DARK Spellcaster-Type monster from your Deck.

Kamu bisa mendapat semua efeknya kalau ada 5 atau lebih Spellbook di Graveyard. Kalau hanya 4, kamu bisa mendapat efek pertama dan kedua sekaligus.

Temperance of Prophecy


Kalau kamu giliran ini belum Sp Summon monster bintang 5 ke atas, kamu bisa menggunakan Spellbook of Life untuk menghidupkan dia dan kemudian menggunakan efeknya, meskipun kamu membanish Spellcaster bintang tinggi dan membuat Temperance bintang 5 ke atas. Hal ini dikarenakan Temperance ter-Special Summon di bintang 3, baru kemudian equipmentnya menambah bintang sesuai yang dibanish.

The Grand Spellbook Tower


Ketika dia hancur oleh efek kartu lawan, Spellbook Tower menghitung dirinya sendiri untuk Sp Summon Spellcaster. Jadi misalnya di Graveyard tidak ada Spellbook sama sekali dan dia dihancurkan, kamu bisa mencari Stoic of Prophecy atau Effect Veiler.

Jika Spellbook Tower hancur akibat lawan mengaktifkan Field Spell baru, maka efeknya tidak aktif karena itu bukan merupakan Card Effect.

Spellbook of Fate


Kartu ini tidak menarget. Kamu baru memilih kartu yang terkena efeknya setelah lawan selesai merespon. Dan misalkan kamu memilih untuk membanish 2, kamu memilih akan menutup atau membuka juga setelah lawan selesai merespon.

Spellbook of Wisdom


Spellbook of Wisdom tidak menghilangkan efek yang telah resolve sebelumnya. Jadi misalkan kamu sudah menggunakan Spellbook of Power lalu ketika menyerang monster tersebut di-Book of Moon oleh lawan dan kamu Chain Spellbook of Wisdom untuk kebal Spell, efek Spellbook of Power masih tetap ada.

Spellbook of Power


Efek pencarian dari Spellbook of Power akan aktif setiap kali monster yang terpengaruh menghancurkan monster lawan by battle. Gunakan multiple attacker, misalnya High Priestess memakai Diffusion Wave Motion untuk keuntungan maksimal.

Efek Spellbook of Power tidak melihat keadaan penyerang atau yang diserang, ia tetap aktif asalkan monster yang terpengaruh menghancurkan monster by battle. Jadi meski yang diserang adalah Token, atau terbanish macam Battle Fader, atau menabrak (ATK kedua monster sama), kamu tetap dapat searchnya. Kamu juga bisa Search dua kali dengan Secret cari Sefer cari kartu lain untuk cepat menumpuk Graveyard.

Spellbook of Life


Kamu tidak bisa membanish Xyz untuk cost kartu ini.

Kalau setelah resolve Spellbook of Life dihancurkan, monster yang dihidupkan tetap di field, hanya saja, levelnya berkurang ke level awal.

Spellbook of Secret


Kamu bisa mencari Spellbook Magician of Prophecy dengan kartu ini.

Spellbook of Sefer


If you control a face-up Spellcaster-Type monster: You can reveal 1 other "Spellbook" Spell Card in your hand to target 1 "Spellbook" Normal Spell Card in your Graveyard, except "Spellbook of Sefer"; this card's effect becomes the same as that target's original effect. You can only activate 1 "Spellbook of Sefer" per turn.

Karena namanya berbeda, kamu bisa mendapatkan efek dua Spellbook yang sama di giliran kamu menggunakan kartu ini. Tambahkan ATK satu monster +2000 dan search 2 begitu ia menghancurkan monster lawan dengan Spellbook of Power dan Sefer!

Semoga dengan kumpulan ruling dan tips ini kamu tidak akan salah lagi dalam menggunakan kartu-kartu Prophecy dan Spellbook mereka.

Oke segitu dulu,
Vandy

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More