Rabu, 04 Desember 2013

Florsheim Contributor : Wira's Scrap Deck

Hi guys,

Have you sick already seeing Dragon Rulers everywhere? If so, don't worry, we're the same. That's why let's talk about something else, like... Scraps maybe? Well no need to wait anymore, here's a brilliant article from Wira!

Scrap adalah sebuah decktype yang pertama kali dirilis pada jaman DREV (Duelist Revolution). Monster Scrap, sama seperti namanya (rongsokan), banyak bertemakan monster-monster dengan tubuh yang disusun dari besi-besi rongsokan. Sejak pertama kali dirilis, deck ini mengundang cukup banyak perhatian. Decknya sendiri cukup menarik dimainkan. Kontrol field yang tinggi membuat lawan susah bertahan dengan trap card atau monster bertahan. Scrap Dragon sendiri menjadi pilihan favorit di extra deck.

Kali ini monster rongsokan ini akan berkolaborasi dengan cewek-cewek loli yang penuh dengan perangkap. Tidak lain adalah Traptrix, kartu-kartu bertema serangga (tapi gambarnya cewek loli) yang banyak menggunakan kartu trap dengan nama “Hole” untuk mengendalikan field secara bertahan. Ini kolaborasi yang menarik. Kalau Scrap mengendalikan field secara offensif, maka sebaliknya Traptrix bertanggung jawab untuk divisi pertahanan.

Adapun kartu-kartu yang akan digunakan adalah:

1. Scrap Beast


Tuner utama dan satu-satunya di deck ini. Dapat dicari dengan Scrapyard. Jika dikombinasikan dengan Scrapstorm, akan sangat membantu dalam hal deck thinning dan untuk mengambil Scrap Chimera secara instant ke hand.

2. Scrap Chimera


Efeknya seperti gabungan dari Debris Dragon dan Boggart Knight. Ketika dipanggil dia dapat mensummon 1 Scrap Tuner dari grave. Efek keduanya adalah kondisional, di mana Chimera hanya dapat digunakan untuk synchro summon Scrap monster. Eits,tapi jangan lupa! Scrap Chimera dan Scrap Beast sama-sama level 4, artinya kalau kamu terdesak, kamu bisa XYZ summon mereka menjadi monster Rank 4.

3. Scrapyard


Efeknya sederhana: search 1 Scrap Tuner dari deck. Digunakan khusus untuk mencari Tuner kita, Scrap Beast.

4. Scrapstorm


Kartu ini unik. Bisa dibilang gabungan dari Gemini Spark dan Foolish Burial. Ketika kamu mengaktifkan kartu ini, maka dengan mentarget 1 Scrap monster di field kamu, kamu dapat mengirim 1 Scrap monster dari deck kamu ke graveyard. Setelah itu kamu draw 1 kartu dan hancurkan monster Scrap yang tadi kamu target. “Lho? Minus donk?” Tidak juga, monster Scrap rata-rata memiliki kemampuan untuk add 1 monster dari Grave ketika mereka dihancurkan  oleh efek kartu Scrap. Dalam hal ini, kamu bisa add monster yang tadi kamu buang ke grave. Kerennya lagi, kartu ini quick-spell. Jadi kalau lawan sembarang MST, bisa-bisa dia malah minus.

5. Traptrix Myrmeleo


Satu-satunya kartu Traptrix yang akan kita gunakan. Efeknya mirip dengan Stratos. Ketika dinormal summon, kamu dapat mengambil 1 normal trap dengan nama “Hole” dark deck ke hand kamu. Dan kalau dispecial summon, kamu dapat menghancurkan 1 kartu di barisan belakang milik lawan.

6. Kagetokage


Huh? Kagetokage? Yup. Kartu ini sangat membantu dalam memanggil XYZ monster Rank 4. Kita akan pelajari lebih banyak nanti strateginya.

7. Queen Dragun Djinn


Ini salah satu alasan kenapa pakai Kagetokage. Scrap Dragon jumlahnya terbatas, hanya tiga. Oleh karena itu mesti ada cara memanggilnya. Meski efek penghancur dari Scrap Dragon ternegate, namun efek kalau mati Special Summon masih bisa diaktifkan.

8. Berbagai macam kartu trap normal dengan nama “Hole”


Untuk diambil dengan efek si cewek loli Traptrix Myrmeleo.

9. Scrap Dragon


Agak you don’t say sih...

Ada beberapa combo sederhana yang bisa membantu kamu mengerti deck ini:

1. Scrapyard / Scrap Beast + Scrapstorm
Sedikit banyak combonya sudah dibahasdi atas. Ketika kamu memiliki Scrap Beast di field (yang mudah dicari dengan Scrapyard) kamu bisa melakukan combo ini. Aktifkan Scrapstorm dan target Beast. Buang Scrap Chimera ke grave dari deck. Setelah itu kamu draw 1 kartu dan hancurkan Scrap Beast. Karena Scrap Beast dihancurkan oleh kartu Scrap, maka kamu dapat mengaktifkan efeknya dan mengambil 1 Scrap monster selain dia dari grave. Nah, tinggal ambil Scrap Chimera dan bersiap memanggil Scrap Dragon degh.

2. Traptrix Myrmeleo + Kagetokage
Ini combo yang penuh dengan plus. Ketika kamu summon Myrmeleo, kamu dapat mereveal Kagetokage dan menspecial summon dia dari hand. Setelah efeknya resolve, Kagetokage akan terspecial summon dan setelah itu kamu dapat mengambil 1 macam Trap Hole dari deck. Lalu tumpuk Myrmeleo dan Kagetokage untuk XYZ summon monster Rank 4. Pilihannya apa? Banyak sekali. Kalau kamu masih punya Myrmeleo di hand, mungkin kamu mau XYZ summon King of the feral imps. Dengan mendetach 1 material, kamu bisa add 1 monster Reptile dari deck kamu ke hand. Monster reptilenya apa? Ya Kagetokage lagi. Jadi bukan hanya kamu add 2 kartu dari deck (dari efek Myrmeleo dan King of the feral imps), kamu juga dapat mengulangi proses yang sama next turn. Kalau di hand ada Scrap Chimera? XYZ summons aja Lavalval Chain, lalu buang Scrap Beast ke grave.

3. Scrap Dragon + Scrap Beast
Semua familiar kan dengan efek Scrap Dragon? Target 1 kartu di field kamu dan field lawan, lalu hancurkan keduanya. Salah satu target paling favorit Scrap Dragon adalah Scrap Beast. Kalau kamu hancurkan Scrap Beast dengan efek Scrap Dragon, kamu dapat mengaktifkan efek Scrap Beast untuk mengambil Scrap Chimera dari grave kamu. Jadi next turn kalau terjadi apa-apa dengan Scrap Dragon kamu, kamu sudah bisa siap-siap mensummon Scrap Dragon lainnya.

Nih contoh decklistnya:


MONSTERS:
3x Scrap Beast
3x Scrap Chimera
3x Traptryx Myrmeleo
3x Effect Veiler
3x Kagetokage

SPELLS:
3x Mystical Space Typhoon
3x Pot of Duality
3x Scrapyard
3x Scrapstorm
1x Dark Hole
1x Book of Moon

TRAPS:
3x Void Trap Hole
2x Call of the Haunted
2x Fiendish Chain
1x Bottomless Trap Hole
1x Torrential Tribute
1x Compulsory Evacuation Device
1x Solemn Warning

EXTRA DECK:
3x Scrap Dragon
2x King of the Feral Imps
1x Lavalval Chain
1x Queen Dragun Djinn
8x XYZ monster Rank 4 yang kamu rasa berguna

Lalu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika memainkan deck ini:

1. Scrap Dragon memiliki efek yang dapat memanggil 1 Scrap monster NON-SYNCHRO dari grave ketika kartu ini dihancurkan oleh lawan. Satu kamu harus ingat bahwa kalau kamu mau menggunakan efek ini, kamu harus menjadi orang yang mengontrol Scrap Dragon ketika dihancurkan. Kedua, efek ini akan aktif bahkan ketika summon dari Scrap Dragon dinegate oleh kartu-kartu seperti Thunder King Rai-Oh atau Solemn Warnin

2. Sehubungan dengan monster apa yang dapat kamu aktifkan dengan efek Scrap Dragon, perhatikan field dan hand kamu. Kalau kamu punya Call of the Haunted, lebih baik panggil Beast. Karena kamu dapat memanggil kembali Scrap Dragon, lalu menarget Beast dengan efek Scrap Dragon, dan mengambil kembali Chimera. Kalau kamu punya Compulsory Evacuation Device, panggil Chimera. Kamu bisa bounce Chimera ke hand dan memanggil kembali Chimera next turn. Kalau kamu punya Scrapstorm, panggil Beast karena... masih ingetkan combo di atas?

3. Jangan takut bermain minus. Deck Scrap bukan deck mencari plus. Kalau kamu bisa plus dari play Myrmeleo dan Kagetokage, itu bagus. Tapi kalau kamu terpaksa bermain minus dengan Scrap Dragon dan Scrap Beast, jangan takut. Yang haruskamu perhatikan adalah mengendalikan field.

4. Masih banyak kartu support lain yang dapat digunakan. Foolish Burial sangat membantu untuk membuang Scrap Beast (tapi ada Scrapstorm dan akses ke Lavalval Chain, jadi gak usah juga gakpapa). Kamu bisa juga memakai Redox si naga bumi. Jadi kalau di hand ada Scrap Beast / Myrmeleo yang sudah tidak terpakai, kamu bisa discard Redox dan kartu itu untuk menghidupkan Scrap Dragon. Tambah lagi: Redox + Scrap Beast = Star Eater.

5. Jangan takut kartu mati. Scrapyard sudah gak bisa cari siapa-siapa di deck? Scrapstorm sudah habis target? Semua Trap Hole sudah kedraw sementara Myrmeleo masih 2 di hand? Semua kartu itu adalah peluru yang dapat dimanfaatkan Scrap Dragon. Jadi santai saja.

Sebagai konklusi, Scrap mungkin bukan deck meta. Masih sering menemui kesulitan ketika berhadapan dengan deck seperti Dragon Rulers. Namun demikian, deck ini sangat piawai menghadapi deck yang mengandalkan field penuh (khususnya backrow) dan bertempo pelan. Silakan dicoba decknya, semoga saja seneng :)

-Wira Kirros-

1 komentar:

Make Photon Thrasher juga sepertinya tidak rugi. Selain bisa synchro dgn beast menghasilkan synchro 8 lainnya, bisa juga untuk akses rank 4 yg perlu 3 material

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More