Jumat, 07 Oktober 2011

Florsheim Tips : Netdecking is not a Crime Part One

Banyak duelist yang mengatakan banyak komentar miring mengenai netdecking. Tapi apa faktanya?

Pertama, mari kita samakan visi kita dulu tentang netdecking.

Apa itu netdecking?
Netdecking adalah sebuah perbuatan dimana pelaku mengkopi archetype dan decklist dari internet ataupun dari kawannya, dengan atau tanpa modifikasi. Biasanya deck yang dikopi adalah deck yang terbukti jago dan juara.

Contoh : Billy Brake memenangkan YCS Toronto beberapa minggu lalu dengan Tengu Synchro. Beberapa jam setelah decklist diumumkan atau bocor, ada oknum-oknum yang mengetes deck dengan list yang sama persis atau berbeda maksimal lima kartu di DN atau di CnG.

Itu yang dinamakan netdecking, meniru decklist yang telah dinisbahkan kuat.

Tapi netdecking itu kan....
Plagiat? Tidak kreatif? Kurang ajar? Memang, ada beberapa duelist picik yang berkoar seperti itu.

Tahukah kalian kenapa gue dengan berani mengatakan mereka picik?

Jawabnya ada di ujung langit.

Kita kesana dengan seorang anak.

Oke serius, jawabnya adalah karena netdecking berguna bagi semua orang. Siapa saja? Mari kita bahas.

Pemain Kompetitif

Mereka ingin menang. Mereka ingin yang terbaik. Netdecking sangat cocok bagi mereka, tak ada bantahan. Lanjut!

Pemain Baru

Sebuah pertanyaan, apakah yang membuat pemain baru lemah dan kalahan? Skill, pengetahuan dan pilihan kartu.

Banyak pemain baru yang menggunakan kartu penyembuh dalam decknya; atau secara ceroboh membakar advantage hanya untuk damage yang tidak penting; atau melakukan tindakan yang jelas-jelas tidak berguna, seperti mengechain Mystical Space Typhoon ke Dark Hole agar efeknya ternegate.

Semua permasalahan di atas akan selesai lebih cepat dengan netdecking. Deck sampah semacam Starter Deck 2011 atau deck Reptilliane tidak akan membuat seorang pemain baru belajar skill bermain, pengetahuan metagame ataupun konsep-konsep vital seperti Card Advantage atau Field Presence.

Jadi, jika ada pemain baru yang minta diajarkan bermain YGO, lakukan hal berguna ini, berikan dia link di bawah dan suruh dia memilih dan membuat deck mana yang dia suka. Berikut linknya : Top 32 YCS Toronto. (Link ini hanya contoh, gunakanlah Decklist Top 32 yang terbaru)

Kisah nyata : Suatu ketika, ada seorang newbie yang suka sekali membuat deck-deck aneh yang dia sukai, berhubung dia punya banyak uang, maka dia bisa membuat hampir semuanya. Tapi skillnya super payah dan kalah terus. Kemudian, dia berganti strategi dengan hanya membuat deck kompetitif, meski masih payah, tapi orang ini belajar terus dengan deck kompetitif.

Tidak sampai setahun bermain YGO dengan cara ini, dia bisa menjuarai beberapa turnamen lokal, bahkan Grand Tournament.

Sekarang, dia salah satu pemain terbaik Indonesia yang telah menjuarai Grand Tournament Joglosemar TIGA kali berturut-turut.

Ya, seperti dugaan kalian, orang itu berkepala botak.


Oke segitu dulu, bersambung minggu depan untuk bagian keduanya.
Medallion

7 komentar:

Kalimat kiasan yang terakhir dipake bisa jadi populer ni :v,jadi inget kejadian minggu lalu --a

intinya adalah ? Apakah netdecking itu salah / benar , baik / buruk bagi newbie seperti saya ?
kalo dari saya , netdecking saya gunakan di DN just for fun -.- , untuk deck asli saya search google dan mencari hingga 10 referensi decklist , bukan untuk diambil satu deck tapi per card nya saya amati apakah berguna .. apakah itu termasuk netdecking ?
salam newbie :D

IH WAW sesuatu banget ya mas giring ehhh mas vandy :p
net decking atau bukan balik lagi ke pribadi masing2, buat saya nggak nge judge netdecking itu jelek, karna saya juga ngetes deck kadang ngenet, yang jelek itu ya attitude yang main...

yang endingnya "botak", si krilin bukan ?
eh bukan deh kayaknya, jawabnya pasti di ujung langit

ngakak baca paragraf2 terakhir

Hmm.. gini.., saya pribadi siih yaa.., netdecking itu pasti.., haha.. apalagi kalau nyoba archtype baru.., tapi sebenernya itu cuma buat nyari inspirasi aja, karena deck punya juarawan YCS pun buat saya deck nya selalu ga bikin sreg di hati, jadi pasti ada yang saya tambah atau kurangi.
Saya seneng liat komposisi deck orang orang, soalnya nambah pengetahuan saya tentang kartunya, tapi kalo niat jiplak sih nggak lahh ya..., kan lebih asik main deck original buatan kita sendiri.. hehe

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More