Sabtu, 07 Januari 2012

Florsheim Metagame Analysis : Medallion's How to Beat the Elite Four


"Begini ceritanya, setiap hari senin, salah satu kru Florsheim, berganti-ganti tiap minggu, diwajibkan membuat sebuah artikel dengan muatan metagame analysis yang kompetitif. Karena artikel-artikel tersebut sudah menumpuk cukup banyak, gue memutuskan untuk membagi beberapa untuk non-Kaijin. Berikut merupakan artikel dari gue sendiri tertanggal 7 November 2011"


Berhubung simbah sedang sibuk minggu ini, gue berinisiatif membuat artikel analisis untuk mengisi kekosongan artikel.


Dari judul yang klise kamu pasti langsung mengira gue akan bahas sidedeck apa yang tepat melawan mereka. Santai, gue nggak akan membahas itu. Yang akan gue bahas adalah benar-benar playstyle yang bisa mengalahkan mereka, dengan deck apapun yang kamu pegang sekarang, mau sekedar deck Ojama atau salah satu deck Elite 4 juga.

Defining Elite 4

Siapakah para Elite 4 ini? Mereka adalah deck-deck papan atas yang biasa digunakan di ruang Rated di DN. Dan sering mendapat posisi tinggi dalam turnamen. Siapa sajakah mereka?

1. Tengu Synchro - Yaitu deck yang berisikan Reborn Tengu, Plants, dan Tour Guides. Tujuan mereka adalah untuk melakukan Synchro Summon dengan cepat dan efisien tanpa mengurangi advantage.

2. Agent Angels - Yaitu deck yang berisikan monster-monster fairy seperti Agent Earth, Agent Venus, Shine Ball, Hyperion, dan mungkin Kristya. Tujuan mereka adalah untuk menumpuk kartu di Graveyard dan memberikan pressure di awal game dengan Venus. Lalu setelah Venus + Gachi dihandle, mereka akan pindah gigi ke pemanggilan monster-monster boss seperti Hyperion dan Kristya.

3. Dark World - Yaitu deck yang berisikan monster-monster Dark World dan Grapha. Tujuan mereka adalah untuk menumpuk advantage dengan draw dan search sebanyak mungkin menggunakan efek discard. Lalu memanggil badak macam Grapha dari graveyard tanpa mengurangi advantage, justru menambah.

4. Karakuri - Yaitu deck machine yang berisikan monster-monster Karakuri dan Genex Neutron. Mereka dapat mempertahankan advantage secara sedikit demi sedikit menggunakan efek search ditambah sedikit lockdown dengan Naturia Beast, lalu meledak menggunakan kombinasi synchro broken Karakuri untuk membunuh.

Oke sekarang kalian tahu siapa saja para Elite 4. Kenapa deck Rabbit-Laggia tidak ada di situ? Simply karena belum terbukti dan gue juga belum pernah lawan IRL. Mari kita mulai pembahasannya.


What do I need?

Simple staples. Ya, yang kamu perlukan sebenarnya hanyalah penggunaan dengan timing yang tepat dari kartu-kartu overpowered yang bisa masuk ke semua deck ini. Sehingga untuk kepentingan artikel, asumsi gue kalian punya kartu-kartu di bawah ini di deck:

Monster
- Thunder King Rai-Oh
- Effect Veiler
- Maxx C
- Gorz
- Black Luster Soldier - Envoy of the Beginning
- AoJ Catastor
- Brionac
- Black Rose
- Scrap Dragon
- Trishula
- Steelswarm Roach

Spells
- Heavy Storm
- Mystical Space Typhoon
- Mind Control
- Pot of Avarice
- Pot of Duality
- Dark Hole
- Monster Reborn
- Book of Moon

Traps
- Mirror Force
- Torrential Tribute
- Trap Dustshoot
- Solemn Warning
- Solemn Judgment

Versus Tengu Synchro

Tengu Synchro merupakan lawan terberat. Kenapa? Karena dia bisa menggunakan hampir semua kartu yang gue list di atas. Artinya dengan play yang benar dia bisa mengalahkan semua deck yang ada di Elite 4 dengan mudah.

Lalu bagaimana cara melawannya?

Kalau kamu mau adu advantage, kamu pasti kalah karena mereka dapat melakukan banyak plus hanya dengan satu kartu atau kombo dua kartu.

Kalau mau kejar damage, mereka punya cukup banyak backrow dan pertahanan dari tangan.

Kalau mau lockdown, mereka punya banyak handle dari berbagai macam Lockdown.

Kalau mau berdoa mereka bad hand dan mengedraw 3 Tengu di tangan, mereka tetap juara.

Dilema? Tentu saja. Makanya mereka bisaLalu bagaimana cara melawan mereka? Ini adalah beberapa tips :

1. Summon Raioh dan pertahankan dia apapun yang terjadi.
2. Synchro Trishula dan hilangkan Spore dan Glow Up yang belum terpakai dan Tengu sebelum dikocok ulang.
3. Trap Dustshoot seawal mungkin (atau mengechain MST kalau kamu bisa mancingnya)
4. Simpan Torrential Tribute untuk swarming yang besar.
5. Xyz Steelswarm Roach hanya setelah hand mereka 3 atau kurang, karena banyak kartu yang dapat menghandle roach di deck mereka.
6. Gunakan Maxx C di saat yang tepat untuk mengejar advantage. Kapan? Itu perlu satu artikel sendiri buat bahasnya.
7. Gorz di saat tepat dapat mengunci game. Salah satu saat yang tepat adalah ketika Raioh menyerang.
8. Management resource sangat penting melawan mereka, terlalu boros akan mengakibatkan akhir game dikuasai oleh mereka.

Versus Agent Angel

Cara kerja Agent Angel hanyalah, summon Agent, Spam Shine Ball dan Gachi-Gachi atau Trishula. Setelah itu semua terhandle barulah spam Hyperion, Kristya, dan BLS.

Sehingga kamu bisa menghalau mereka di beberapa titik, yaitu saat mereka membangun Resource (menghalau pemanggilan Shine Ball), atau saat mereka mengebom (menegate monster besar). Berikut beberapa tips.

1. JANGAN BIARKAN SHINE BALL TERSUMMON. Halau dengan segala cara. Gunakan Maxx C dan Veiler di saat tepat dan simpan Solemn Warning untuk Earth atau Venus yang memanggil Shine Ball atau untuk monster besar jika Shine Ball telah keluar atau kamu tahu lawan punya Venus lebih.
2. Hati-hati mengeset unchainables, terutama jika Hyperion bisa menggebuk mati monster kamu karena lawan tinggal destroy belakang dan menyerang.
3. Reborn Kristya mereka. Secepatnya.
4. Summon Raioh SEBELUM Earth turun. Jika Earth telah turun dan mencari Venus, simpan Raioh untuk saat SETELAH kamu menghandle Gachi-gachi.
5. Dustshoot secepatnya, tetapi jika Venus sudah spam Shine Ball, gunakan Dustshoot setelah kamu menghandle Gachi-Gachinya atau saat kamu merasa mereka perlu summon boss untuk menghandle field kamu.
6. Simpan Dark Hole untuk para boss, dan Moon untuk Kristya misalkan deckmu berbasis special summon.
7. Summon Trishula untuk menghilangkan monster DARK atau menghilangkan dua atau tiga Agent sekaligus.
8. Gunakan seminim mungkin resource untuk menghabisi Gachi-Gachi. Simpan beberapa peluru untuk para boss.

Versus Dark World

Saat ini duelist kegelapan dengan Dark World masih mencari-cari build apa yang tepat, sehingga kita akan sulit menentukan playstyle melawan mereka. Tetapi ini juga berarti build mereka belum sempurna dan memiliki banyak celah untuk dieksploitasi.

Gunakan kemampuan analisismu sendiri dalam melawan mereka, di bawah ini ada beberapa guideline yang mungkin bisa membantu.

1. Biarkan mereka berkombo ria terlebih dahulu. Melakukan swarm atau macam-macam yang terlalu menghabiskan resource sebelum mereka mulai mendiscard hanya akan membuatmu makin terpuruk berkat swarming dan efek penghancuran Grapha. Swarm HANYA setelah lawan mulai mendiscard-discard kecuali kamu bisa melockdown.
2. Banish Grapha apapun caranya, bisa dengan Trishula atau BLS. Ini adalah kunci dari deck Dark World. Tanpa Grapha mereka hanyalah kumpulan monster lemah.
3. Simpan MST dan penghancur backrow kamu! Banyak continuous trap dan field spell broken yang mereka gunakan, seperti Gate dan Smog dan Skill Drain.
4. Berhati-hatilah akan Virus. Kamu bisa mengeset spell-spell kamu untuk membodohi lawan untuk menyebut trap saat menggunakan EEV. Atau menahan trap di hand agar lawan menyebut spell.
5. Tahan Trap Dustshoot sampai mereka mengaktifkan kartu discard agar bisa mengacaukan rencana lawan, kecuali kalau kamu khawatir hand mereka akan turun ke bawah 4.

Versus Karakuri

Karakuri yang dibahas disini adalah Purekuri yang sekarang sedang naik daun. Mereka mempertahankan advantage dengan Neutron dan Inashichi, mengelock dengan Naturia Beast dan Barkion, serta mengebom di akhir dengan Burei Bureido. Mereka juga menggunakan cukup banyak backrow, jadi hati-hatilah.

Melawan karakuri biasanya baru oke setelah siding karena Cyber Dragon sangat gila melawan Karakuri, namun di bawah ini list beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum siding.

1. Summon Raioh. Simple bukan? Raioh akan mematikan banyak sekali kartu mereka. Dan tidak jarang kamu bisa memenangkan game dengan hanya mensummon satu monster saja, yaitu raioh, saat melawan karakuri.
2. Gunakan Moon dan Warning dan kartu anti pada monster kedua mereka. Karakuri memiliki kelemahan yaitu mereka harus menyerang. Menggagalkan usaha synchro mereka bisa berarti mereka akan menghabiskan field mereka sendiri dan menerima damage yang cukup besar karena harus menyerang.
3. Berhati-hatilah kalau kamu menyimpan Spell terlalu banyak di hand karena begitu Naturia Beast turun kamu akan gelagapan mencari jalan keluar. Gunakan saja spell-spell kamu di awal, jangan terlalu disimpan-simpan.
4. AoJ Catastor dapat menahan deck ini dengan sangat lama. Gunakan waktu yang didapat untuk menggerus advantage lawan dan mempersiapkan OTK.

Conclusion

Tidak perlu takut dengan para Elite 4. Mereka memang punya kartu dan strategi yang lebih superior, namun jika penggunanya tolol, kamu bisa dengan mudah memintari mereka dan menang dengan deck apapun yang kamu gunakan, meski hanya deck Troll.

Tidak percaya? Gue buktinya. Gue bisa mengalahkan siapapun dengan deck Elite 4 ini hanya menggunakan deck Troll macam Monk-Crane atau Prisma-Chaos dan menjuarai turnamen, kecuali mungkin para pelain player kelas atas yang berskill walau tidak jarang juga gue menang meski tak mudah.

Jadi, apapun deck yang kamu pegang, dengan skill dan pengetahuan seorang Florsheim Kaijin, kamu bisa mengalahkan deck APAPUN di depanmu.


Oke segitu dulu,

Medallion

PS. Minta bantuannya ya guys buat share di Facebook atau Twitter dengan mengeklik logo mereka di kanan atas halaman ini. Lalu kalau kalian belum like Facebook Fanpage atau belum follow Twitter kami, di kanan atas juga ada link menuju ke sana.

7 komentar:

2. Banish Grapha apapun caranya,
bisa dengan Trishula atau BLS. Ini
adalah kunci dari deck Dark World.
Tanpa Grapha mereka hanyalah
kumpulan monster lemah.

saya pernah narik Grapha dari lawan via efek Trishul. itu benar2 membahagiakan TwT

buat rabbit sma wind-up donk heehehe
BTW nice post gaaan , ditunggu artikel tentang maxx c :D

artikel yg bagus, tambahan D.D. Crow untuk antisipasi terhadap Tengu Synchro dan Dark World

kesamaan dari penanganan elite 4 itu : pke TKRO... :p

Nice post kakak
Intinya analisis deck&playstyle lawan,
tapi akan sakit kalo match Vs deck Elite, yg playernya siding&ganti playstyle di duel ke 2/3,
*sebenarnya ini curhat :v

Hallo para kaijin, aaku andri, aku putuss asaa deh lawan deeck gladiator beast soal na selalu kartu na balik ke deck mulu habis attack, aku pake deck naturia plus plant. Gmna ya cara yg bgus buat ngalahin deck GB?

Bentar lagi elite 4 bakal ganti kyknya! inzektor bakal masuk nominasi elite 4 *nabung bwt beli veiler ma d.d crow*

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More