Kamis, 22 Maret 2012

Florsheim Info : Rulings for Dummies - Chain and SEGOC

Yak, kembali lagi di Rulings for Dummies. Kali ini kita akan membahas soal Chain dan SEGOC, salah satu ruling yang sulit dan banyak membuat orang ngeyel kebingungan.


Definisi SEGOC

Apa sih maksudnya SEGOC?

SEGOC adalah singkatan dari Simultaneous Effects Go On Chain

Apalagi itu?

SEGOC adalah kaidah urutan resolve dari efek-efek yang ter-trigger bersamaan.

Oke, mari kita mulai pembahasannya mulai dari hal yang simple.


Chain




Apa itu Chain? Berikut definisinya dari Rulebook versi 8 :

Chains are a way to order the resolution of multiple card effects.
They are used when the effects of more than 1 card are activated
at once (see page 44), or when a player wants to use an effect after
a card has been played, but BEFORE that card has an effect on the
game.
If a card’s effect is activated, the opponent is always given a chance
to respond with a card effect of their own, creating a Chain. If your
opponent responds with an effect, then you can choose to respond
and add another effect to the Chain. If your opponent does not
respond, you may activate a second effect and create a Chain to
your own card’s activation. Both players continue to add effects to
the Chain until they both wish to add nothing else, then you resolve
the outcome in reverse order – starting with the last card that was
activated.
You must always be careful not to resolve the effects of your cards
before asking your opponent if they wish to make a Chain.

Intinya, Chain adalah tempat dimana efek yang diaktifkan menunggu untuk Resolve. Selagi menunggu, kita atau lawan bisa menambahkan efek pada Chain agar resolve sebelum efek sebelumnya dalam Chain tersebut. Efek dalam Chain dinomeri sesuai urutannya masuk kedalam Chain.

Ingat! Summon, Menyerang, Mengubah Posisi, Berpindah Fase, dan berbagai Game Mechanic lain TIDAK menggunakan Chain. 

Contoh :
Fissure diaktifkan untuk menghancurkan satu-satunya monster lawan di field.
Efek Fissure tidak langsung resolve namun masuk ke dalam Chain terlebih dahulu menjadi Chain Link 1 karena Fissure adalah kartu pertama yang masuk Chain tersebut.
Kemudian lawan bisa merespons Compulsory Evacuation Device untuk menyelamatkan monster yang akan hancur tersebut. Compulsory akan masuk ke dalam Chain yang sama sebagai Chain Link 2.
Setelah itu misalkan ada pemain yang tidak ingin itu terjadi dan merespon dengan Seven Tools of the Bandit untuk menegate Compulsory. Seven Tools pun masuk sebagai Chain Link 3.

Chain pun terbentuk seperti ini :
Chain Link 1 Fissure
Chain Link 2 Compulsory
Chain Link 3 Seven Tools

Jalannya resolve dari Chain adalah Last In First Out atau seperti sebuah tumpukan. Yang ditumpuk terakhir resolve terlebih dahulu. Sehingga jalannya Chain di atas adalah :

Chain akan resolve dengan urutan seperti ini :
Chain Link 3 Seven Tools : Seven Tools menegate Compulsory
Chain Link 2 Compulsory : Aktivasi dan efeknya ternegate oleh Seven Tools sehingga Chain Link ini tidak resolve
Chain Link 1 Fissure : Menghancurkan monster lawan



Spell Speed

Tidak sembarang kartu atau efek yang bisa merespon ke dalam Chain. Ada yang dinamakan Spell Speed. Berikut klasifikasinya :
Spell Speed 1 : Effect Monster selain Quick Effect, Spell selain Quick-play Spell.
Spell Speed 2 : Trap selain Counter Trap, Quick-play Spell, Quick Effect dari Monster.
Spell Speed 3 : Counter Trap.

Spell Speed 1 hanya dapat digunakan pada Main Phase turn pemain yang bersangkutan hanya sebagai Chain Link 1. Perkecualian adalah efek Trigger yang akan aktif saat triggernya terpenuhi, meskipun di giliran lawan, dan bisa sebagai Chain Link 2 atau lebih jika terjadi SEGOC. Dan karena Trigger juga Spell Speed 1, jika efeknya tertrigger dia harus menunggu hingga Chain yang sedang berlangsung selesai dan nanti membentuk Chain baru setelahnya.

Untuk merespon kemudian menambahkan efek ke dalam Chain, efek tersebut minimal harus memiliki Spell Speed 2, namun untuk merespon efek dengan Spell Speed 3 tidak bisa menggunakan efek Spell Speed 2, harus menggunakan efek dengan Spell Speed 3 juga.

Efek Spell Speed 1 bisa direspon dengan efek Spell Speed 2 dan 3.
Efek Spell Speed 2 bisa direspon dengan efek Spell Speed 2 dan 3.
Efek Spell Speed 3 hanya bisa direspon dengan efek Spell Speed 3.

Contoh :
Chain Link 1 Fissure (Spell - Spell Speed 1)
Chain Link 2 Compulsory (Trap - Spell Speed 2)
Chain Link 3 Seven Tools (Counter Trap - Spell Speed 3)


Chain tersebut tidak bisa direspon kembali dengan Compulsory karena Spell Speed 2 tidak bisa mengechain Spell Speed 3. Jika ingin menambahkan Chain Link 4, maka efek tersebut haruslah Spell Speed 3 juga, yang berarti hanya Counter Trap yang bisa diaktifkan sebagai Chain Link 4 di contoh tersebut.

Effect Negation

Efek yang menegasi aktivasi dan efek tertentu, HARUS DICHAIN LANGSUNG ke efek yang bersangkutan. Contoh pada kasus Fissure di atas, kita tidak bisa mengaktifkan Magic Jammer di Chain Link 4 untuk menegate Fissure. Yang bisa dinegate di Chain Link 4 hanyalah Chain Link sebelumnya, yaitu Chain Link 3 Seven Tools.

Contoh lagi :
Chain Link 1 Fissure
Chain Link 2 Compulsory
Chain Link 3 Magic Drain berusaha menegate Fissure (Ini tidak legal!)


Magic Drain yang ingin menegate Fissure HARUS MENGECHAIN LANGSUNG ke Fissure. Aturan ini untuk efek yang akan menegate efek tertentu dalam Chain, bedakan dengan efek yang menegate efek satu monster ataupun satu kartu seperti Skill Drain atau Effect Veiler.

Terkadang, untuk mencegah suatu efek dinegate, duelist menggunakan aturan SEGOC untuk "menyembunyikan" Chain Link efek tertentu. Nah apakah SEGOC itu?

Simultaneous Effects Go On Chain

Oke bahasan akan mulai serius dan berat. Jika ada beberapa efek yang tertrigger bersamaan mereka akan berebutan mengambil Chain Link 1 di Chain yang baru, oleh karena itu perlu ada kaidah yang mengatur urutan mereka.

Urutannya Chain Linknya adalah :
1. Mandatory Trigger milik Turn Player
2. Mandatory Trigger milik non-Turn Player
3. Optional Trigger milik Turn Player
4. Optional Trigger milik non-Turn Player

Mandatory = Trigger yang tidak ada kata-kata "you can". Wajib diaktifkan jika triggernya memenuhi.
Optional = Trigger yang ada kata-kata "you can". Bisa memilih diaktifkan atau tidak jika triggernya memenuhi.

Jika ada yang sama, misalnya sama-sama Optional Trigger milik Turn Player, pengontrolnya bisa memilih yang mana yang lebih dulu masuk Chain.

Khusus TCG, urutan trigger akan berpengaruh pada penyusunan urutan Chain. Pertama urutkan terlebih dahulu seperti urutan di atas. Lalu dalam satu tingkat (misal Mandatory Turn Player), yang tertrigger terlebih dahulu akan menempati Chain Link lebih awal. 


Untuk aturan khusus TCG selain urutan Trigger, ada efek Spell Speed 1 juga harus menempati Chain Link lebih awal dibanding Spell Speed 2. Namun aturan ini telah dikonfirmasi kadaluarsa.

Contoh :
Giliran pemain A. Di field ada Sangan pemain A, Sangan pemain B, Botanical Girl pemain A, dan Botanical Girl pemain B. Lalu pemain A mengaktifkan Dark Hole menghancurkan semua. Efek keempat monster itu akan aktif dengan urutan :
Chain Link 1 Sangan pemain A (Mandatory Trigger Turn Player)
Chain Link 2 Sangan pemain B (Mandatory Trigger non-Turn Player)
Chain Link 3 Botanical Girl pemain A (Optional Trigger Turn Player)
Chain Link 4 Botanical Girl pemain B (Optional Trigger non-Turn Player)

Resolvenya tinggal dibalik :



Chain Link 4 Botanical Girl pemain B : Cari Plant

Chain Link 3 Botanical Girl pemain A : Cari Plant
Chain Link 2 Sangan pemain B : Cari monster ATK<1500
Chain Link 1 Sangan pemain A : Cari monster ATK<1500




Contoh 2 :
Flamvell Firedog menyerang Sangan dan membunuhnya. Keduanya akan aktif dengan urutan :
Chain Link 1 Sangan (Mandatory Trigger non-Turn Player)
Chain Link 2 Flamvell Firedog (Optional Trigger Turn Player)

Resolvenya tinggal dibalik :
Chain Link 2 Flamvell Firedog : Sp summon FIRE monster DEF <200
Chain Link 1 Sangan : Cari monster ATK<1500


Contoh 3 :
Blackwing - Blizzard disummon ketika ada Black Whirlwind. Keduanya sama-sama Optional Trigger milik Turn Player. Artinya pengontrolnya (Turn Player) bisa memilih efek mana yang menempati Chain lebih dulu sehingga Chain Linknya bisa seperti ini :
Chain Link 1 Blizzard
Chain Link 2 Black Whirlwind

atau

Chain Link 1 Black Whirlwind
Chain Link 2 Blizzard

dan resolvenya tinggal dibalik.

Hal ini bisa menjadi penting karena jika Chain Link 1 Blizzard dan Chain Link 2 Whirlwind, maka efek Blizzard tidak bisa dinegate di Chain Link 3 dengan Divine Wrath atau Evolzar Dolkka.

Contoh 4 :
Sangan di-tribute untuk summon Caius. Hal ini berbeda untuk TCG dan OCG. Di TCG inilah chain yang terbentuk karena mempedulikan urutan triggernya :
Chain Link 1 Sangan (Mandatory Trigger, namun masuk Graveyard lebih dahulu)
Chain Link 2 Caius (Mandatory Trigger, namun tersummon setelah Wyvern masuk Graveyard)

Sedangkan di OCG inilah chain yang terbentuk karena tidak memperdulikan urutan trigger yang terjadi :
Chain Link 1 bisa Caius bisa Sangan (Mandatory Trigger Turn Player)
Chain Link 2 bisa Caius bisa Sangan (Mandatory Trigger Turn Player)




Simple kan?

Kesimpulan : Ringkasan Bagi yang Malas

  1. Chain adalah tempat efek menunggu untuk resolve. Sebelum resolve, efek-efek lain dapat ditambahkan ke Chain agar resolve terlebih dahulu.
  2. Resolve dari Chain dimulai dari Chain Link yang paling besar. (Chain Link 3 resolve dahulu, kemudian Chain Link 2, baru terakhir Chain Link 1 resolve)
  3. Untuk mengechain, efek minimal harus memiliki Spell Speed 2. Selain itu untuk mengechain ke efek ber-Spell Speed 3, harus menggunakan efek ber-Spell Speed 3 juga.
  4. Spell selain Quickplay dan Effect Monster's effect selain Quick Effect merupakan Spell Speed 1. Trap selain Counter Trap, Quickplay Spell, dan Quick Effect merupakan Spell Speed 2. Counter Trap merupakan Spell Speed 3.
  5. Untuk menegasi efek tertentu dalam Chain, kartu yang ingin menegasinya harus dichain langsung ke efek tersebut.
  6. SEGOC adalah aturan mengatur urutan Chain Link ketika ada dua atau lebih efek yang tertrigger bersamaan.
  7. Urutannya dimulai dari Chain Link terkecil adalah : Mandatory Trigger Turn Player, Mandatory Trigger non-Turn Player, Optional Trigger Turn Player, Optional Trigger non-Turn Player.
  8. Jika ada dua atau lebih efek yang memiliki kelas yang sama (misal : sama-sama Mandatory Trigger Turn Player), pengontrolnya dapat memilih yang mana yang masuk terlebih dahulu ke Chain.
  9. TCG memiliki tambahan aturan dibanding OCG. Pertama adalah penyusunan Chain Link juga melihat urutan triggernya. Yang tertrigger lebih dahulu akan masuk ke Chain Link yang lebih kecil setelah aturan pengurutan no.7 di atas diterapkan.
Fyuh, tadinya gue pengen ngebahas soal Priority juga, tapi sayangnya materi SEGOC cukup banyak dan belibet sehingga materi Priority akan gue bahas lain kali. Apalagi ada rumor dalam waktu cepat (dua sampai tiga bulan) ini ruling Priority TCG akan diupdate. Nah sekarang tidak bingung lagi kan soal Chain dan Chain Link?

Masih bingung oooooooooooom!!!!!

Sip karena sudah tidak ada yang bingung, mari kita akhiri sesi ini.


Oke segitu dulu,
Medallion

7 komentar:

5. Untuk menegasi efek tertentu, kartu yang ingin menegasinya harus dichain langsung ke efek tersebut.

#veiler, nuff said.

10. Aturan kedua TCG adalah Trigger dari kartu Spell Speed 1 harus menempati Chain Link yang lebih kecil dari Trigger dari kartu Spell Speed 2.

#http://www.pojo.biz/board/showpost.php?p=22246917&postcount=11

^ AHA! Baguslah semakin sedikit kesenjangan OCG TCG.
Dan soal veiler itu kan bukan "menegate efek tertentu". Itu completely negates effect satu monster. Itu banyak contohnya, Skill Drain, Chalice dkk.

om vandy klo gini gmna! player A summmon shi en, player B aktifin bottomless trus di negate ama shi en , masih boleh aktifin torrential kah? atau player A sumon monster sehingga field jdi penuh, plyer B aktif torrent A negate ama starlight karna gk bisa ss stardus player B masih boleh aktifin torrent ke 2 gk?

kalau penjelasan buat irang yang masih bingung apa itu aktivasi dan apa itu resolve ada nggak?

akhirnya ada juga artikel ginian, ringkas padat jelas. masih banyak player yg ilmu chain linknya pas2an.

@anonim : sudah ada soal akivasi dan resolution : http://florsheimbdg.blogspot.com/2012/02/florsheim-info-rulings-for-dummies.html

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More