Jumat, 09 Maret 2012

Florsheim Pimp My Deck : Dragons and Ninjas Collide!


Yo dawg! Ketemu lagi di Florsheim Pimp My Deck setelah vakum cukup lama karena menunggu banlist baru berlaku. Di kesempatan pertama banlist baru ini, kami telah melakukan sedikit polling mengenai apa yang bakal duluan di-pimp dan pilihannya ternyata jatuh kepada deck Dragons Collide. Tidak perlu berlama-lama lagi, kita mulai saja Pimp My Deck!

Light Aja light_***@yahoo.com

florsheim, maaf nih ganggu
ini rencana deck ane begitu SDDC keluar (sementara ini masih pake disaster :Peace:)
deck ini direncanakan untuk nyampah REDMD-Lightpulsar-Prime Material-BEWD (swarm, revive, protection, beatdown). tapi begitu dicoba, sering juga kartu stuck di tangan (kartu level tinggi nyangkut. first turn 3 lightpulsar + 2 REDMD. draw dapet BEWD :nohope:)
kalo soal kenapa ada blue eyes, itu lebih ke alasan emosional (kartu pertama hehehe. meski bukan versi YAP sih). apakah dia tidak berguna di deck ini?

saya duel cuma buat seneng-seneng aja, bukan betul-betul competitive. tapi pengen menang juga dong. budget yang tersedia agak tipis tapi. hanya  <=500k (tidak termasuk kartu di file ini kecuali monster gate)

maaf merepotkan, dan maaf kalo ga layak dibahas :Peace:


Kemudian dia mengirim lagi, sepertinya setelah SDDC beneran dirilis :


maaf ganggu lagi :(

ganti aja deh. setelah ane ulik, ternyata jadinya seperti ini (lampiran)

keluhannya: deck ini masih terlalu lambat. jarang sekali swarming-nya sukses (sebelumnya deck ane disaster dragon, pake telor BEWD). mohon masukannya.
deck di sekitar ane rata-rata maen karakuri-six sam-agent-dark world. tapi ane pengen bisa juga untuk mengimbangi deck-deck lain secara umum.

preferensi main, pressing atk dengan dragon + BLS-EotB (untuk banish ato nyerang). sambil pake royal decree + stardust dragon (atau kombinasi apapun untuk menimbulkan nuansa lockdown). maaf kalo mengganggu :)

o iya, deck ini untuk casual, seperti sebelumnya. tapi budget bisa saya tambah hingga sekitar 500k (dicicil tapi :hammer:)


Light Aja :

Bagus nak, dengan melihat perbedaan kedua decklist ini sepertinya kamu sadar kalau Blue Eyes White Dragon dan White Stone of Legend itu kurang bagus di deck seperti ini. Jadi mari kita mulai pimpnya dari decklist yang kedua saja.

Kita bisa lihat kalau struktur dari deck kedua ini agak berantakan dan sangat combocentric. Terlebih lagi, deck ini hampir tidak punya kemampuan untuk menghandle Spirit Reaper yang kini banyak digunakan. Belum lagi ada random Tuningware yang entah kenapa ada di situ. Mungkin dia punya makna filosofis, "alat makan para naga untuk melahap musuh-musuhnya". Lebih dari itu, entahlah apa gunanya.

Oke, dengan asumsi dia sudah mempunyai kartu-kartu tersebut, gue menyarankan untuk menginvestasikan 500k yang kamu miliki untuk membeli engine baru yang akan membuat para naga menjadi jauh lebih mudah dicari, lebih konsisten, dan sejalan dengan para Chaos, yaitu engine NINJA!

Mendaki gunung, melewati lembah~
Kamu cukup mencari 3 Ninja Grandmaster Hanzo, 3 Upstart Golden Ninja, dan 2 Ninjitsu Art of Super-Transformation. Harga mereka bisa dibilang sedang turun karena adanya ORCS-SE dan bisa lebih terjangkau.

Dengan engine ninja ini, kamu bisa menghandle Synchro, Fusion, dan monster besar apapun di tempat lawan yang lebih besar dari Red Eyes Darkness Metal Dragon dengan mudah. Selain itu Upstart Golden Ninja dapat menjadi instant Xyz rank 4, atau Blade Armor Ninja, atau bahkan menjadi makanan Chaos secara instan begitu Xyz tersebut masuk graveyard.

Selain itu, Ninjitsu Art of Super-Transformation membuat kamu bisa mencari bagian yang hilang dari loop khas SDDC, yaitu loop Lightpulsar-REDMD. Cara kerja loop ini mudah. Kamu hanya perlu REDMD dan Lightpulsar di field atau Graveyard atau hand. Jika REDMD dan Lightpulsar sudah di field, misalkan di Dark Hole, Torrential Tribute, atau Mirror Force, kamu tinggal gunakan efek Lightpulsar untuk memanggil REDMD, kemudian gunakan efek REDMD untuk memanggil Lightpulsar di Graveyard. Ulangi jika ada salah satu dari mereka atau keduanya mati.

Loop bertotal ATK 5300!
Selain kemampuan search yang luar biasa dengan Super-Transformation, Darkflare Dragon juga dapat kamu pakai untuk mengumpulkan sisa kepingan puzzle dari loop tersebut. Bahkan, kamu bisa mencari Darkflare Dragon dengan Super-Transformation untuk mencari lagi bagian yang lainnya.

Dark Armed Dragon dalam pengetesan terbukti lebih sering nyangkut di tangan dibandingan berguna di permainan karena cukup sulit mengumpulkan tiga DARK di deck ini. Chaos Sorcerer pun bisa dikeluarkan karena BLS Envoy, dua Darkflare, dan dua Lightpulsar sudah cukup membebani opening hand. REDMD juga digunakan hanya dua, dengan alasan yang sama. Untuk hand-trap, yang digunakan adalah satu Gorz dan dua Effect Veiler. Veiler karena loop di atas bisa mati jika melawan Inzektor atau banish dari Chaos Sorcerer atau BLS Envoy. Bisa digunakan untuk Synchro juga, dan pastinya lebih murah dibandingkan Maxx "C" terutama setelah reprint di ORCS-SE baru-baru ini.

Dari sisi Spell, yang perlu ditambahkan adalah Reinforcement of the Army untuk mencari para Ninja, kemudian dua buah Mystical Space Typhoon untuk menghandle backrow lawan. Dua Pot of Duality digunakan untuk menambah konsistensi dalam mencari Ninja Grandmaster Hanzo di awal duel. Kartu-kartu pembuang yang minus seperti Card Destruction, Dragon Ravine, dan Foolish Burial dikeluarkan karena Darkflare Dragon dapat melakukan tugas mereka dengan lebih baik. Monster Gate dan Light of Redemption juga keluar untuk menambah konsistensi.

Selanjutnya, dari sisi Trap. Penggunaan Escape from Dark Dimension terbukti kurang konsisten dan nyangkut di awal. Untuk Trap pendisable, Ninjitsu Art of Super-Transformation sudah cukup kuat dalam menghalau lawan Synchro atau Xyz. Sebagai tambahannya, kita masukkan Solemn Judgment, dua Solemn Warning yang sudah wajib, dan dua Torrential Tribute karena begitu loop selesai terbentuk, kita tidak takut monster kita hancur, belum lagi kartu semacam Eclipse Wyvern dan Lightpulsar Dragon yang justru diuntungkan oleh kehancuran tersebut.

Dua Compulsory akan penting untuk mementalkan Xyz yang menyebalkan semacam Zenmaines atau Evolzar (setidaknya menghabiskan satu negasi), atau sekalian untuk push damage menggunakan naga-naga yang super besar ini. Dua Call of Haunted pun bisa menjadi trik yang menarik, karena jika dichain menghidupkan Lightpulsar saat akan dihancurkan MST atau Heavy, efek Lightpulsar tetap aktif dan memanggil Darkflare ataupun REDMD.

Terakhir dari Extra Deck, yang perlu kamu tambahkan hanyalah Number 39: Utopia dan Blade Armor Ninja. Sisanya mungkin beberapa Synchro dalam keadaan terdesak menggunakan Effect Veiler. Utamakan Synchro Level 5, 6, dan 7.

Oke beginilah perubahannya :

Monsters :
-1 Chaos Sorcerer
-1 Dark Armed Dragon
-1 Darkstorm Dragon
-1 Delta Flyer
-2 Divine Dragon Apocralyph
-1 Lyla, Lightsworn Sorceress
-1 Prime Material Dragon
-1 Red-Eyes Darkness Metal Dragon
-1 Cyber Dragon
-1 Tuningware

+3 Ninja Grandmaster Hanzo
+3 Upstart Golden Ninja
+2 Effect Veiler
+1 Gorz the Emissary of Darkness

Spells
-1 Burial from A Different Dimension
-1 Card Destruction
-1 D.D.R. - Different Dimension Reincarnation
-1 Dragon Ravine
-1 Monster Gate
-1 Foolish Burial
-1 Light of Redemption

+1 Dark Hole
+1 Mystical Space Typhoon
+2 Pot of Duality
+1 Reinforcement of the Army

Traps
-1 Bottomless Trap Hole
-1 Dimensional Prison
-1 Mirror Force
-1 Starlight Road
-1 Royal Decree
-1 Escape from the Dark Dimension

+2 Call of the Haunted
+2 Compulsory Evacuation Device
+2 Ninjitsu Art of Super-Transformation
+1 Solemn Judgment
+2 Solemn Warning
+1 Torrential Tribute

Extra Deck :
+1 Number 39: Utopia
+1 Blade Armor Ninja

Inilah hasil akhirnya :

Dragons and Ninjas Collide!

Oke segitu dulu,
Medallion

Ingin deck kamu di-pimp juga? Ikuti prosedurnya di : http://florsheimbdg.blogspot.com/2011/11/florsheim-pimp-my-deck-prologue.html 

4 komentar:

bang vandy, klo gak pke engine ninja gimana buildnya? diganti sama apa?

kayaknya deck-nya ga mahal2 amet nih, boleh deh gua coba bikin. Makasih Bang Vandy!

Ungkapan2 yg bikin ngakak ampe guling2:
1. Ninja mana pernah stand-alone (berdiri sendiri) -> bermakna ganda. apa ninja butuh obat kuat?
2. Random Tuningware yg berfungsi sebagai alat makan para naga. -> bentuknya mirip kayak kuali ya?

Anyway, puas gua ngebaca pimp a la Medallion. Informatif nan menghibur. Terima kasih dan tetap pertahankan kerja kerasnya!

Deck dragusto ada gk?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More