Ads

Kamis, 08 Maret 2012

Florsheim Quick Recipe : Ojama


Mengikuti jejak Armor Tiger dan Pusogto yang sudah mengasuh artikel sendiri di blog Florsheim, kali ini General Vamp akan muncul dengan sebuah artikel baru yang tidak kalah menarik, yaitu Quick Recipe. Florsheim Quick Recipe akan membahas cara-cara membuat sebuah deck yang underrated menjadi lebih kompetitif dan menyenangkan. Enjoy~

Overview :




Ya, deck pertama yang akan saya bahas dalam Florsheim Quick Recipe ini adalah... OJAMA! Sebagai duelist kalian pasti tau tentang Archetype yang satu ini... Gak tau? Then you must be new here. Ojama terkenal karena... Ya, karena mereka sering kali jadi korban hinaan para Duelist karena saat pertama kali muncul... Mereka seperti sampah. Gak punya efek, statsnya bikin nangis, art-nya jelek pula. Benar-benar korban hinaan para duelist dari era GX.

Tapi itu dulu! Sekarang Ojama sudah mendapat cukup banyak Support hingga bisa dibuat decknya sendiri dengan strategi yang lebih terfokus... Bahkan bisa melakukan OTK dengan deck tertentu. Tapi, bukan deck Ojama macam itu yang akan saya terangkan. Kali ini saya akan menerangkan tentang Ojama, Country build.

Playstyle and Strategy: “BEATDOWN WITH DEFENSE!” Mereka memiliki 0 Attack, dan defense yang... Standar untuk level mereka. Tapi sejak awal mereka memang tidak memerlukan Attack. Defense Power adalah apa yang mereka perlukan. Field mereka “Ojama Country” memiliki kekuatan untuk menukar Attack Power dan Defense Power semua monster yang ada di-arena asalkan kita memiliki satu Ojama face-up di-field kita. Itu artinya, setinggi apapun attack lawan, bila defense mereka kecil, mereka bisa dihajar oleh Ojama Vanilla yang katanya jelek itu. Dan tidak hanya itu! Ojama Country bisa menghidupkan Ojama yang ada di-grave dengan mendiscard satu Ojama Card!

Kalau begitu, untuk mempersingkat waktu, kita mulai saja mengumpulkan Core Deck ini.

Bahan-bahan :
1. OJAMA COUNTRY
Nyawa dari deck ini. Tanpa kartu ini, Ojama-ojama tidak lebih dari kumpulan monster ber-attack 0 penuh dosa. Pastikan untuk membawa 3.

2. PARA OJAMA VANILLA (Yellow, Black, Green)
Deck Ojama tanpa Ojama? No. Disarankan untuk menggunakan 2 Set, karena 1 set itu kurang dan 3 set itu terlalu banyak.

3. OJAMA BLUE
Searcher Ojama yang bisa mengsearch 2 Ojama Card bila dia destroyed by battle. Penting untuk mencari Country dan Ojamagic. Gunakan 2 atau 3.

4. OJAMAGIC
Kartu untuk generate advantage terbaik Ojama yang bisa +3 bila sukses digunakan... Iya, +3 tapi isinya kuning semua. Tapi itu semua bisa dimanfaatkan dengan baik dideck Ojama. Gunakan 1 atau 2.

5. CREATURE SWAP
Salah satu kartu yang sangat bagus untuk deck Ojama. Bisa digunakan untuk mencuri monster lawan dan ditukar sampah attack 0, atau berikan Ojama Blue untuk hasil yang maksimal. Gunakan 2 atau 3 sesuai selera.

Ya, itu saja bahan-bahan utamanya. Sudah terbayang strateginya? Lemahkan monster lawan, dan culik monster lawan yang kuat dan menyusahkan dengan Creature swap, gunakan jumlah advantage untuk memberi tekanan pada lawan.


Prosesnya :
Setelah bahan-bahan utama telah ditentukan, selanjutnya tentukan pola main, perdalam strategi, dan kembangkan sesuai yang anda mau. Berikut ini adalah contoh playstyle dan deckbuild yang sesuai dengan deck ini. Inilah contoh build low budget yang saya sarankan untuk pemula:

King and Knight Fusion-Style


Style yang memanfaatkan Fusion dari Ojama, yaitu Ojama Knight dan Ojama King. Dengan adanya Country, Ojama Knight dan King akan menjadi Beater attack 2500 dan 3000 yang bisa bangkit berkali-kali dengan efek country asalkan mereka sudah menyentuh field, selama Country masih bertahan di-field dan kita memiliki kartu Ojama untuk di-discard. Takut minus banyak karena fusion? Jangan khawatir, Ojama punya kemampuan untuk menambah advantage dengan cukup cepat.
Bahan Tambahan:

1. OJAMA KING & OJAMA KNIGHT
Dua pemeran utama deck build ini. Tentu saja dibawa. Bawa 2 Knight, dan 1 atau 2 King.

2. POLYMERIZATION
Why of course. Bawa 1 atau 2 saja biar tidak jadi dead-hand. Takut gak-kedraw? Jangan khawatir, lihat dibawah

3. ELEMENTAL HERO WOODSMAN
Ya, Elemental Hero Woodsman sangat bagus dalam build yang ini. Tidak hanya dia bisa ngeplus ngesearch Polymerization, tapi dia juga memiliki Defense tinggi yang dengan adanya country, menjadi 2000 ATK Beater yang ngeplus distandby phase. Terserah anda mau bawa berapa.

4. INSTANT FUSION
Untuk memanggil Ojama Knight dengan cepat. Dan walau tidak bisa menyerang diputaran itu dan end-turn dia mati, tapi next turn bisa dibangkitkan kembali dengan Country. Bawa secukupnya saja.

Jadi, bisa membuat build dengan rough draft seperti ini:
Monster:
2 Ojama Black
2 Ojama Green
2 Ojama Yellow
2 Ojama Blue
2 Elemental Hero Woodsman
Spell:
3 Ojama Country
1 Ojamagic
2 Creature Swap
1 Instant Fusion
2 Polymerization

19 kartu, dan masih ada slot 21 kartu untuk staple yang anda perlukan dan slot yang tersisa bisa anda kreasikan sendiri.  Bisa tambahkan Blue dan Swap tambahan, Sangan sebagai extra searcher, draw engine seperti duality bila terasa lambat, bisa tambahkan Searcher Woodsman seperti Reinforcement of the Army, E-Emergency Call, atau malah Stratos, atau menambahkan Field Barrier atau Minefieldriller bila takut Ojama Country terdestroy. Semuanya terserah anda.

Kurang suka dengan fusion? Silahkan pilih rute lain. Misalnya:
1. Vanilla-Optimizing: memaksimalkan Ojama Vanilla dengan Ojama Red, Tri-Wight Zone dan Delta Hurricane dan melakukan finishing dengan Gachi-Gachi Gantetsu ber-attack 2200.
2. Chaos: Bila memiliki budget lebih, bisa berkreasi dengan Junk Synchron untuk Synchro dengan Ojama dan tambahan monster dark agar bisa main dengan Chaos. Dan bisa dengan mudah memanggil salah satu Synchro monster keren yang jarang terlihat... Frozen Fitzgerald!
3. Iron Wall: Lebih memaksimalkan potensi Defense Beatdown  dengan Hero yang semi-Antimeta dengan Skill-Drain, Ojama Country, dan D-Hero Defender.
4. Synchro Oriented: Menggunakan Junk Synchron seperti Chaos, tapi lebih kearah Synchro dengan memasukkan tuner tambahan seperti Debris Dragon dan membawa Snowman Eater agar bisa menjadi Gungnir (yang pelurunya bisa banyak karena Ojama punya Hand Advantage yang tinggi).


Dan banyak lainnya. Semuanya terserah anda.

Selamat berkreasi dan have fun.
General Vamp

2 komentar:

wahh deck ojama sekarang nggak bisa dianggap remeh lagi , apalagi di tambahkan kartu spell buster rancher yang memberi atk ojama 2500.. Woooow its perfect deck

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More