Selasa, 17 April 2012

Florsheim Info : Rulings for Dummies - Battle Phase and Damage Step

Rulings for Dummies is back!
Untuk tema hari ini, kemarin gue melemparkan polling di dua tempat, pertama adalah di Paguyuban Juri Nusantara, dan kedua di fanpage Florsheim. Berikut hasilnya:


Di polling dalam grup Paguyuban Juri, Priority 1 suara dan Damage Step 34 suara, sedangkan di fanpage Priority 23 suara dan Damage Step 12 suara. Dari sini gue memutuskan untuk membahas Damage Step terlebih dahulu.

WARNING: Bagi yang mau Ujian Nasional besok, sebaiknya jangan baca ini dulu. Pusing dan besok pasti nggak akan keluar di ujian. Kalau masih mau baca, tanggung sendiri resikonya.

Definisi Damage Step

Damage Step adalah salah satu bagian dari Battle Phase, yaitu fase dimana monster kita dapat menyerang.

Berikut diagram dari Battle Phase, dicuplik dari rulebook v8 hal. 31


Karena Damage Step merupakan bagian dari Battle Phase, maka gue akan membahas juga tentang struktur Battle Phase. Ini akan panjang, bersiaplah!

Battle Phase

Kamu tidak bisa masuk Battle Phase di giliran pertama jika kamu adalah pemain pertama (yaiyalahya).

Kamu bisa mengeskip Battle Phase dan langsung masuk End Phase, KECUALI kalau kamu mengontrol monster yang harus menyerang jika mampu di Attack Position seperti Karakuri dan Berserk Gorilla

1. Start Step

Disini adalah fase dimana sudah masuk Battle Phase namun sebelum ada monster yang declare attack. Biasanya digunakan untuk mendisable monster-monster yang ketika menyerang spell dan trap tidak bisa diaktifkan seperti Ancient Gear Gadjiltron Dragon.


2. Battle Step

Disini adalah fase dimana kita memilih monster untuk mendeclare attack. Jika dalam fase ini setelah mendeclare attack ada Monster lawan yang menghilang dari field; atau masuk ke field; atau sempat berubah (ada monster di Assault Mode Activate) maka akan terjadi Replay. Replay adalah kamu bisa mengganti target serangan kamu, bisa tetap menyerang ke monster yang sama, berbeda, atau membatalkan serangan (yang menyerang masih monster yang sama). Jika kamu membatalkan serangan, monster dianggap sudah declare attack dan tidak bisa menyerang lagi turn itu.

UPDATEReplay tidak dianggap declare attack, sehingga ketika replay terjadi kamu sudah tidak bisa mengaktifkan kartu seperti Mirror Force. Tapi efek "targeted for an attack" seperti pada Utopia tanpa material akan tetap tertrigger meski dalam Replay.

2a. Substep 1 - Attack Declaration

Disini adalah fase dimana kita memilih monster yang kita kontrol untuk menyerang ke satu monster lawan.

Kartu-kartu yang merespon attack declaration, memiliki teks yang berbunyi "When a monster declares an attack", hanya dapat diaktifkan atau dichain pada fase ini, contoh kartu yang hanya bisa diaktifkan di fase ini adalah Mirror Force, Magic Cylinder, dan Dimensional Prison.

Hanya bisa ada satu Chain dalam fase ini, jadi misalkan Mirror Force terkena Solemn Judgment, kamu tidak bisa mengaktifkan Dimensional Prison di chain baru karena sudah lewat timingnya.


2b. Substep 2 - Before Damage Step

Di fase ini dapat dibentuk banyak Chain.

Kamu bisa menghentikan serangan dengan Book of Moon atau Enemy Controller atau Fiendish Chain dan sebagainya yang tidak harus diaktifkan saat attack declaration disini.

UPDATE: Untuk membedakan substep ini dan substep 1 mudah, Substep 1 merupakah Chain pertama setelah declare attack. Jika chain itu sudah beres atau diskip, maka langsung masuk ke substep 2 ini.


3. Damage Step

Nah ini dia yang sangat ribet. Bersiaplah semua. Tarik nafas dalam-dalam. Keluarkan. Oke mari kita mulai!

Damage Step memiliki aturan yang belibet dan spesial. Jangan pakai nalar Yugioh biasamu di sini. Nggak laku!

Tidak semua kartu dan efek bisa diaktifkan di Damage Step. Berikut list kartu yang bisa diaktifkan di sini:
  1. Counter Trap (Solemn Judgment)
  2. Kartu Spell Speed 2 (Trap, Quickplay Spell, Quick Effect Monster) yang mengubah ATK/DEF, tipe ini hanya bisa diaktifkan di Sub-Step 1, 2, dan 3 (Shrink)
  3. Quick Monster Effect yang menegate aktivasi efek (Stardust Dragon)
  4. Efek yang menyatakan bahwa mereka bisa aktif di damage step secara spesifik (Injection Fairy Lily)
  5. Kartu-kartu spesifik (Attack and Receive, Chthonian Blast, Desrook Archfiend, Michizure, Null and Void, dan Numinous Healer)
  6. Mandatory Trigger Effect dan hampir semua Optional Trigger Effect khusus Monster

Untuk Optional Trigger Monster Effect yang TIDAK BISA diaktifkan di Damage Step adalah:
  1. Efek yang aktif dari tangan, selain yang termasuk di atas (T.G. Warwolf)
  2. Trigger yang aktif karena kartu lain telah ter-"sesuatu" (Wind-Up Magician)
  3. Kartu yang secara spesifik menuliskan "except during the Damage Step" (Inzektor Dragonfly)

3a. Substep 1 - Start of Damage Step

Di fase ini efek Continuous yang "during damage step" seperti Jain, Topaz Tiger, dan Steamroid diapply.

Di fase ini efek "If this card battles a monster/a facedown monster/a non-DARK monster/dan semacamnya" dan efek yang "at the start of damage step" aktif. Contohnya adalah Neo-Spacian Grand Mole dan Ally of Justice Catastor.


3b. Substep 2 - Flipping Face-Down Monster Face Up

Di fase ini monster yang tertutup saat diserang akan terbuka.

Flip Effect dan efek yang "When this card is flipped face-up" TIDAK aktif di substep ini.

Jika monster yang tertutup tersebut punya efek Continuous seperti Jinzo atau Star Boy akan langsung diapply di sini, KECUALI efek self-destruct seperti Malefic atau Giant Kozaky.


3c. Substep 3 - Before Damage Calculation

Di fase ini efek yang menyatakan "before damage calculation" aktif, contohnya Ehren, Reflect Bounder, dan Blast Sphere.

Fase ini adalah fase terakhir kamu bisa mengaktifkan kartu Spell Speed 2 yang mengubah ATK/DEF SELAIN Honest, Kalut, dsb. Jadi biasanya kartu semacam Forbidden Lance atau Forbidden Chalice atau Shrink diaktifkan pada substep ini.


3d. Substep 4 - Damage Calculation

Di fase ini berapa battle damage dan apakah monster hancur karena battle ditentukan.

Beberapa efek yang menyatakan spesifik "during damage calculation" dapat diaktifkan di fase ini, seperti Injection Fairy Lily dan Kuriboh.

Ini juga fase terakhir kamu bisa menggunakan Honest dan Kalut.

Dalam Damage Calculation HANYA BISA ADA SATU CHAIN SAJA, sama seperti pada Attack Declaration. Sehingga mengechain Honest lawan adalah sebuah kebodohan dan kamu tidak bisa menunggu Honest lawan resolve dulu baru mengaktifkan Honest kamu karena timingnya sudah lewat.

Jika monster hancur di Substep 1, 2, 3, dan 4 maka monster tersebut dianggap hancur oleh efek (bukan oleh battle) dan tidak ada battle damage yang diberikan. Contoh: Injection Fairy Lily terkena Divine Wrath, maka tidak ada Battle Damage dari battle tersebut dan Injection Fairy Lily dianggap hancur karena efek, bukan karena battle. UPDATE: Jika hancur oleh efek di Substep 5 dan 6 juga dianggap hancur oleh efek, bukan oleh battle tetapi battle damage tetap diberikan.


3e. Substep 5 - After Damage Calculation

UPDATE: Sebenarnya istilah After Damage Calculation bisa merefer ke Substep 5 atau Substep 6, sehingga terkadang perlu melihat Individual Rulings. Tapi ini kira-kira guideline membedakannya.

Di fase ini battle damage inflicted dan efek yang aktif jika Battle Damage inflicted dapat diaktifkan, contohnya Airknight Parshath, Spirit Reaper, dan Gorz.

UPDATE: Beberapa efek yang menyatakan "after damage calculation" juga dapat diaktifkan di fase ini, seperti Red Dragon Archfiend. (Untuk membedakan yang mana Substep 5 dan Substep 6 harus cek Individual Card Rulings, tapi untuk efek yang berhubungan dengan Battle Damage pasti di Substep 5)

Monster tertutup berefek self destruct yang sedang diserang seperti Malefic dan Giant Kozaky akan aktif di fase ini JIKA dia tidak hancur karena battle.

Gladiator Beast dan monster yang diserang atau menyerangnya minimal harus face up sampai substep ini agar Gladiator Beast dapat mengaktifkan efeknya nanti.

Mulai dari sini, monster yang akan hancur karena battle "ditandai" akan hancur. Monster yang telah "ditandai" kehilangan efek Continuousnya dan efek yang mengembalikan monster di field ke hand tidak bisa mengembalikan monster ini, contoh Counter Trap bisa diaktifkan kembali jika Jinzo hancur karena battle di fase ini. Contoh lagi, nanti di Substep Resolve Effects Penguin Soldier tidak bisa mengembalikan dirinya sendiri jika telah "ditandai" hancur.


3f. Substep 6 - Resolve Effects (Juga Termasuk After Damage Calculation)

Di fase ini Flip Effect dan efek yang "When this card is flipped face-up" aktif, contohnya Ryko, Snowman Eater, dan Royal Keeper (iya, telat sekali dia dapat ekstra DEFnya).

UPDATE: Beberapa efek yang menyatakan "after damage calculation" juga dapat diaktifkan di fase ini, seperti D.D. Warrior Lady, D.D. Warrior, dan Wall of Illusion. (Untuk membedakan yang mana Substep 5 dan Substep 6 harus cek Individual Card Rulings, tapi untuk efek yang berhubungan dengan Flip/Flipped Face Up pasti di Substep 6)


3g. Substep 7 - End of Damage Step - Monster(s) Destroyed by Battle Sent to Graveyard

Di fase ini monster yang hancur karena battle masuk Graveyard. Sehingga di fase ini kamu bisa mengaktifkan efek-efek yang berbunyi "When/If this card is destroyed", "When/If this card is sent to Graveyard", "When/If this card destroys a monster by battle". Contoh efek yang bisa aktif disini adalah Flamvell Firedog, Sangan, Mystic Tomato.

Selain efek di atas, efek yang berbunyi "At the end of damage step" juga aktif, contohnya adalah Ryu Kokki, dan The Six Samurai - Zanji.

Jika ada lebih dari satu efek yang aktif bersamaan, misalnya Flamvell Firedog menghancurkan Sangan, maka mereka akan membentuk Chain dengan aturan SEGOC.

Untuk monster yang memiliki efek "When/If this card destroys a monster by battle and sends it to Graveyard", mereka HARUS tetap face up di field sampai substep ini untuk mengaktifkan efeknya dan monster yang dia bunuh HARUS masuk Graveyard sehingga tidak aktif jika membunuh Token ataupun Battle Fader misalnya. Dia juga TIDAK BOLEH hancur karena battle (menabrak).

Contoh: Flamvell Firedog membunuh Ryko dan Ryko menarget Firedog untuk menghancurkannya di Substep 6 Resolve Effects maka efek Flamvell Firedog tidak aktif karena dia sudah tidak face up di field di substep ini. Contoh monster seperti ini adalah Flamvell Firedog dan Blackwing - Shura the Blue Flame.

Sedangkan monster yang memiliki efek "When/If this card destroys a monster by battle" dan TANPA "and sends it to the Graveyard" maka dia tidak peduli apakah dia masih face-up di Substep 7 End of Damage Step atau tidak. Dia juga tidak peduli yang dia bunuh Token, ataukah terbanish. Dia hanya peduli dia telah membunuh monster dengan battle, titik, dan efeknya akan aktif di Substep ini. Contoh monster seperti ini adalah Jurrac Guaiba dan XX-Saber Fulhelmknight.


4. Back to Battle Step

Kalau kamu punya monster lain, atau monster kamu bisa menyerang lagi, kamu bisa mengulangi Battle Step sesuai kebutuhan.

5. End Step

Biasanya ditandai dengan pemain aktif akan masuk ke Main Phase 2.

Efek-efek yang berbunyi, "at the end of battle phase" dapat diaktifkan. Contohnya adalah para Gladiator Beast dan Ancient Forest.

Di fase ini tidak ada lagi Monster yang bisa menyerang. Terkadang digunakan untuk melakukan sesuatu yang terbatas pada Battle Phase karena ini adalah Step terakhir Battle Phase, contohnya menggunakan Ultimate Offering.


Beberapa Contoh Kasus:

Ehren menyerang Gravekeeper's Spy. Maka yang akan terjadi adalah:
Substep 2 Flip Face Down Monster Face Up: Spy menjadi terbuka.
Substep 3 Before Damage Calculation: Ehren menendang Spy ke Deck dan menshufflenya.
Substep 6 Resolve Effects: Efek Spy aktif bisa Sp Summon satu Gravekeeper's dari deck. Dan hebatnya, dia bisa mensummon diri sendiri karena saat itu dia sudah berada di dalam Deck.

XX-Saber Fulhelmknight menyerang Ryko. Maka yang akan terjadi adalah:
Substep 2 Flip Face Down Monster Face Up: Ryko menjadi terbuka.
Substep 6 Resolve Effects: Efek Ryko aktif, membunuh XX-Saber Fulhemknight, lalu mill tiga kartu.
Substep 7 End of Damage Step: Efek Fulhelmknight aktif, dia bahkan bisa mensummon dirinya sendiri dan menyerang lagi.

Ada yang mau menambahkan kasus-kasus ajaib dalam damage step?

Kesimpulan : Ringkasan Bagi yang Malas
  1. Battle Phase dibagi beberapa Step, yaitu Start Step, Battle Step, Damage Step, dan End Step.
  2. Start Step adalah fase pertama dalam Battle Step sebelum ada monster yang menyerang.
  3. Battle Step dibagi dua Substep, yaitu Substep Attack Declaration dan Substep Before Damage Calculation.
  4. Substep Attack Declaration adalah Substep dimana monster declare attack. Di Substep ini kartu yang merespon serangan seperti Mirror Force dapat diaktifkan. Dalam Substep ini hanya ada satu Chain.
  5. Substep Before Damage Calculation adalah Substep untuk mengaktifkan kartu-kartu selain kartu yang merespon serangan.
  6. Jika jumlah monster lawan berubah pada Battle Step, dilakukan Replay. Replay adalah memilih kembali target serangan. Bisa sama, berbeda, atau batal menyerang. Replay tidak dianggap declare attack lagi.
  7. Damage Step dibagi tujuh Substep.
  8. Substep 1 Start of Damage Step biasanya untuk efek yang aktif saat Monster menyerang.
  9. Substep 2 Flip Face Down Monster Face Up untuk mengeflip monster yang diserang waktu face down.
  10. Substep 3 Before Damage Calculation biasanya digunakan untuk mengaktifkan efek yang mengubah ATK/DEF.
  11. Substep 4 Damage Calculation biasanya digunakan untuk mengaktifkan efek Honest atau Kalut dan semacamnya. Dalam Substep ini hanya ada satu Chain.
  12. Substep 5 After Damage Calculation dilakukan setelah penghitungan battle damage. Fase ini digunakan untuk mengaktifkan efek yang berhubungan dengan battle damage seperti Gorz.
  13. Substep 6 Resolve Effects digunakan untuk mengaktifkan efek Flip dan Flipped Face Up.
  14. Substep 7 End of Damage Step digunakan untuk mengaktifkan efek yang berhubungan dengan hancurnya monster.
  15. End Step adalah Step saat pemain mengakhiri Battle Phasenya. Di fase ini Monster sudah tidak bisa declare attack lagi.
Fyuuh, panjang juga. Yang penting sudah tidak ada yang bingung lagi kan?

Masih bingung oooooooooooom!!!!!

Sip karena sudah tidak ada yang bingung, mari kita akhiri sesi ini. Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa komentar di bawah, akan gue coba jawab.


Oke segitu dulu,
Medallion

14 komentar:

BAGUS!!! Ini yg gua tunggu2, kadang suka bingung sndiri abis baca rulebook/wikia, kagak ada sensasi humor a la Medallion yg bikin gua ngakak di bilik warnet sampe diliatin orang2

wah baru tahu efek ehren kyk gitu! slama ini ryko w dibuli2 ama ehren tanpa tau yg gituan, arigatou omm medallion

battle step
...replay adalah kamu bisaa declare attack kembali /quote
replay cuman milih target serangan lagi, bukan declare attack lagi.
significant soalnya mirror force ngga bisa dipake pas replay.

http://www.pojo.biz/board/showthread.php?t=978125

loh, udah ada contoh kombo yang jadi ngga valid ternyata.

bukan bkss juga sih sebenernya d.d.w.l. aktif di substep-6.
kartu-kartu di yugioh cuman ngga bisa nyebut substep-6, kalo effectnya bilang 'after damage calculation', itu bisa brarti aktif di substep-5 ato di substep-6, entah yang mana, refer ke individual card ruling, kalo ngga nemu, cari di wiki ocg biasanya ada.

Jika monster hancur di Substep 1, 2, 3, dan 4 maka monster tersebut dianggap hancur oleh efek (bukan oleh battle) dan tidak ada battle damage yang diberikan. Contoh: Injection Fairy Lily terkena Divine Wrath, maka tidak ada Battle Damage dari battle tersebut dan Injection Fairy Lily dianggap hancur karena efek, bukan karena battle. /quote

ya...monster yang ancur di substep-5 keatas, kalo ancur gara2 effect juga ngga dianggep ancur by battle sih...
When "Red Dragon Archfiend" attacks and destroys a Defense Position "Giant Rat", "Red Dragon Archfiend"'s effect destroys "Giant Rat", so "Giant Rat"'s effect is not activated.[2]

^Sip! Ini baru nemu juga rulingnya. Ternyata disebutkan di Rulebook bahwa Flip Effect aktif pada After Damage Calculation (meski prakteknya di Substep 6)

Artinya sebenarnya Substep 6 pun adalah After Damage Calculation.

Yang soal Replay, gue juga sempat bingung, makanya coba tanya ke Pojo dan dijawab seperti itu.

Ternyata yang jawab nubi...

@^
emang Medallion kan ga bilang kalo substep 5 ke atas pasti hancur by battle.. cuma bilang kalo hancurnya di substep 1-4, pasti by efek.. :D

^Kalau Substep 1-4 itu lebih ke "nggak ada battle damage". Kalau ancurnya karena efek ya iya lah ya.

Astaga Naga Sasuga, buat ngertinya bisa makan waktu nih (mana lagi musim ujian lagi), tapi dibaca sekilas kayaknya lengkap dan jelas, ditambah contoh2 juga, jadi cepet masuk otaknya. Thx ya Mas Vandy

kalau efek yang ini di substep yang mana om aktifnya ?

Madolce Puddingcess
When this card battles an opponent's monster: You can target 1 card your opponent controls; destroy that targe

^ Madolce Puddingcess akan aktif After Damage Calculation meski belum jelas apakah yang Substep 5 atau 6. Gue sih cenderung memilih substep 6 Resolve Effect.

iya, emang di substep-6.
Q:このカードの効果の発動タイミングはいつですか?
A:ダメージ計算が終了した後の、リバース効果モンスターの効果が発動するのと同じタイミングになります。(12/04/18)

http://yugioh-wiki.net/index.php?%A1%D4%A5%DE%A5%C9%A5%EB%A5%C1%A5%A7%A1%A6%A5%D7%A5%C7%A5%A3%A5%F3%A5%BB%A5%B9%A1%D5

Ada Light-Imprisoning Mirror
Ehren Nyerang Ryko
Ryko Fliped face-up.
Ryko ditendang ke deck.
Effect Ryko aktif dari field, jadinya dinegate Light-Imprisoning Mirror.


Ada yang mau menambahkan kasus-kasus ajaib di damage step?
Ehren Nyerang Ryko
Ryko Fliped face-up
Ryko kasi Forbiden Chalice
Ryko Balik ke-deck
Effect Ryko aktif dari field, tapi ngga kenegate chalice karena Rykonya sudah dideck.

kelihatannya dulu saya pernah menyebarkan berita salah soal chalice disuatu group.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More