Kamis, 12 April 2012

Florsheim Info : Soul Drain FAQ

Tidak lama setelah full spoiler Return of the Duelist (REDU) diketahui khalayak ramai, langsung banyak duelist yang membicarakannya di Facebook. Salah satu kartu yang menjadi sorotan mereka adalah kartu ini:

Soul Drain
Continuous Trap
Pay 1000 Life Points to activate this card. While this card is face-up on the field, monsters that are banished or in the Graveyard cannot activate their effects.

Kartu ini mirip Skill Drain, mirip dalam hal artworknya dan bagaimana wordingnya yang simple bisa menimbulkan banyak pertanyaan dan keambiguan bagi duelist-duelist yang tidak mengerti. Oleh karena itu gue coba jelaskan pemakaiannya dengan Frequently Asked Questions berikut.

Aduh bahasa inggris susah. Terjemahin dong.
Oke, kalau begitu kita terjemahkan jadi bahasa aslinya: 1000ライフポイントを払って発動できる。このカードがフィールド上に存在する限り、ゲームから除外されているモンスターの効果及び墓地に存在するモンスターの効果は発動できない。

Makin nggak ngertiii. Terjemahin ke bahasa Indonesia sajaaa.
Oke, dalam bahasa Indonesia kira-kira seperti ini, kebetulan masih belum dalam PSCT: Bayar 1000 nyawa untuk mengaktifkan kartu ini. Selama kartu ini terbuka di permainan, monster yang terbanish atau di dalam graveyard tidak bisa mengaktifkan efek mereka.

Apa kartu ini punya cost?
Ya, untuk mengaktifkan (membuka) kartu ini, kamu perlu membayar 1000 LP.

Kalau LP saya kurang dari 1000? Kalau pas 1000?
Kamu tidak bisa mengaktifkannya kalau LP kamu pas 1000 atau kurang.

Kartu apa saja yang terpengaruh?
Semua kartu monster yang punya efek "When this card sent to Graveyard" atau "When this card is banished".
Semua kartu monster yang punya efek "While/If this card in the Graveyard" atau "While/If this card is banished" dan efek tersebut bukan efek Continuous.
Semua kartu monster yang punya efek "When this card leaves play" atau "When this card is destroyed" dan kartu tersebut masuk Graveyard atau terbanish.
Semua efek monster yang memulai chain di Graveyard atau di banished zone.

Kalau gitu Rescue Rabbit juga ternegate dong!
Tidak. Rescue Rabbit aktif di field sehingga tidak tersentuh Soul Drain.

Tapi kan waktu resolve Rescue Rabbit ada di banished zone!
Soul Drain berbeda dengan Skill Drain. Soul Drain tidak menegate apa-apa. Soul Drain hanya mencegah aktivasi dari monster yang SUDAH di Graveyard atau SUDAH di banished zone.

Jadi monster macam Necro Gardna gitu bisa dinegate sama Soul Drain dong.
Soul Drain TIDAK MENEGATE. Soul Drain hanya MENCEGAH AKTIVASI. Sehingga kalau Necro Gardna sudah diaktifkan, mengechain Soul Drain tidak akan mengubah apapun. Soul Drain harus terbuka sebelum Necro Gardna diaktifkan agar Necro Gardna tidak bisa diaktifkan.

Minta beberapa contoh apa aja yang terpengaruh sama nggak terpengaruh dong!
Haish, banyak maunya... Ya sudah mumpung gue lagi baik.

Yang terpengaruh: Para Dark World dan Fabled yang aktif ketika terdiscard. Para Recruiter dan monster-monster yang harus destroyed by battle. Kartu yang aktif dari Graveyard seperti Necro Gardna, Glow Up Bulb, Level Eater. Dan sebagainya.

Korban Soul Drain
Yang tidak terpengaruh: Kartu yang ke Graveyard atau terbanish sebagai cost, tapi diaktifkan di field atau di hand, contoh Effect Veiler, Exiled Force, Rescue Rabbit. Kartu yang efeknya Continuous atau tidak memulai chain, contohnya Elemental HERO Necroshade, kembalinya Wind-Up Rabbit, Special Summon Machina Fortress dan Grapha. Dan sebagainya.

Masih binguuuung oooooooom!!
Sip karena sudah mengerti, kita sudahi dulu sesi ini. Misalkan masih ada yang kurang dimengerti, silakan bertanya di kolom komentar.

Berikut beberapa tambahan pertanyaan dari komentar.

Kartu yg effect nya harus tribute diri sendiri macam TKRO, DCK, dan Stardust Dragon tidak terpengaruh sama kartu satu ini kan?
Begitulah. Tapi Stardust tidak bisa nongol lagi karena efek menghidupkan diri sendirinya di end phase memulai chain.

Berarti Elemental Hero Absolute Zero atau Reborn Tengu gak kena yah? Atau tergantung? Kalo ke kuburan atau banish kena, tapi klo ke-bounce gak kena?
Begitulah, tergantung mereka leave field kemana. Kalau ke Graveyard atau kebanish, efek mereka tidak bisa aktif.

Gan, bukannya Tengu, dicompul bs SS, ke grave/ banish bs SS, jadi sebenarnya eff tengu itu dr mana? kok bisa di soul drain?
Tengu aktif dimanapun dia setelah meninggalkan field. Jika masuk Grave dia aktif di Grave, jika terbanish dia aktif di banished zone, jika balik ke hand dia aktif di hand.

Kalo machina fortress di grave, trus di field ada Soul Drain, kita bisa nge-sp summon Machina Fortress dari grave gak?
Bisa. Karena Special Summoning dari Machina Fortress tidak memulai chain. Sama juga dengan Special Summoning Grapha.


Oke segitu dulu,
Medallion

7 komentar:

gan, kalo sangan gw tribute pake e-con, terus tu e-con gw chain CoTH manggil tu sangan, effectnya sangan boleh aktif ngga?

eh.. bentar o__o,, salah jawab,kirain pas ada soul drain
sangan ttp ke trigger wlw ilang dr grave

@Anonim: gimana caranya e-con dan Coth yang aktif bersamaan bisa tribute dan SS Sangan yang sama? E-Con bayar costnya setelah CotH aktif kan? Jadi pas CotH resolve, belum ada Sangan di grave. CMIIW

cost tu dibayarnya pas ngaktifin kartu bang, bukan pas kartunya resolve, kalo ngga gitu, rabbit yang diprio-kan masi bisa dikasi veiler.

Untuk Sangan di E-Con lalu dichain CotH perlu konfirmasi dulu ke Konami, atau setidaknya menunggu PSCT officialmya. Tapi dengan asumsi teksnya persis sama seperti di atas, maka Sangan bisa mengaktifkan efek.

akhirnya anti darkworld

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More