Jumat, 25 Mei 2012

Florsheim Quick Recipe : Spirit Swap


Pemirsa, kembali lagi bersama saya di-Vamp Quick Recipe.
Seperti biasa dan tak perlu banyak basa-basi, kita mulai saja rubrik ini dengan sebuah resep yang cepat, murah, dan mudah digunakan. Deck yang akan saya bahas kali ini adalah deck yang menjadi favorit saya beberapa banlist yang lalu, dan masih cukup efektif sampai sekarang. Deck itu adalah... Deck Spirit!

Ya, Spirit. Semuanya pasti sudah tau seperti apa Spirit Monster itu, dan kali ini saya akan membahas tentang Deck Spirit Swap.

Overview: 


Mungkin banyak diantara kalian yang sudah cukup familiar dengan tema ini, tapi tak ada salahnya dibagi lagi pengetahuannya.

Spirit Monster adalah monster-monster yang unik karena mereka memiliki efek yang kuat, namun mereka semua memiliki drawback dimana mereka kembali ketangan pemiliknya di-End Phase, membuat field kita tanpa pertahanan dan tidak bisa mengumpulkan banyak monster di-field. Hal itu membuat mereka sering kali diremehkan dan dianggap tidak berguna.

Tapi jangan salah!
Itu berarti monster kita akan aman dari banyak kartu pendestroy seperti Dark Hole, Smashing Ground, Torrential Tribute, dan sebagainya, serta tidak akan mati karena Battle dan Advantage tetap terjaga. Dan juga, drawback itu bisa dimanfaatkan.

Misalnya... Dengan Creature Swap kita bisa menculik monster lawan dengan cuma-cuma karena Spirit Monster yang kita berikan akan kembali lagi ketangan kita di-End Turn.

Mulai terbayang? Baik, mari kita kumpulkan Core Decknya.

Bahan-bahan:


1. CREATURE SWAP
Ya, jelas. Bawa 3.

2. YAKSHA
Salah satu Spirit yang bagus untuk digunakan, karena berperan sebagai Beatstick dan mampu melempar spell dan trap lawan yang mengganggu. Bawa 3

3. MAHARAGHI
Kartu ini bisa mengubah top-deck. Dengan deck tipe control seperti ini, efeknya akan cukup berguna untuk memastikan kita tidak men-draw kartu yang tak diperlukan dan memberi kesempatan untuk mendraw kartu yang lebih baik. Bawa 2 cukup, 3 juga boleh.

4. SUSA SOLDIER
Ya, efeknya jelek. Lantas kenapa dibawa? Tentu karena Attacknya. Dia bisa membunuh monster seperti Raioh dan dia Spirit. Why not? Bawa secukupnya saja. 1 atau 2.

5. TRAGOEDIA
Advantage deck ini cukup terjaga dan dia bisa jadi surprise saat lawan mengira kita field kosong. Problem? Use 2.

6. LEGACY OF YATA-GARASU
Bagus buat bluffing di-format 3 MST. Dan dikombinasikan dengan Creature Swap bisa +1, dan bisa menambah Attack Tragoedia bila diperlukan. Bawa 3.

Sisanya monsternya masukan beberapa spirit level 4 kebawah yang digunakan, tergantung selera. Asura Priest yang bisa menyerang banyak monster lawan dan membersihkan floater, Izanami yang bisa menukar spirit yang ada ditangan, Inaba yang bisa direct (dan mungkin pada doyan kelinci), Otohime, dan lain sebagainya. Karena saya suka kelinci, saya bawa Inaba. Jangan gunakan terlalu banyak monster. Gunakan seperlunya saja. Dan... Bawa banyak kartu pertahanan.

Prosesnya:
Berikutnya, mari kita tentukan kartu penunjang. Berikut adalah yang pilihan saya yang sekiranya berguna.


1. SPIRIT REAPER
Kenapa? Karena dia Spirit! *SLAPPED* Okey, seriously, karena dia bisa menjadi wall yang mencegah life point kita berkurang drastis. Bawa 2.

2. FOSSIL DYNA PACHYCEPHALO/JOWGEN THE SPIRITUALIST
Kartu pencegah special summon, dan mudah dipertahankan di-deck ini. Pilihlah yang anda suka. Patchy punya stats yang lebih baik dan bisa mendestroy tanpa cost, dan Jowgen untuk mereka yang stick with ‘Spirit’ theme, dan dia tidak perlu di-set terlebih dulu, dan dia Light... Bisa di-honest. (Note: Untuk build yang bawa Honest, pastikan untuk membawa Asura Priest untuk hasil yang lebih luar biasa) Bawa seperlunya saja. 1 atau 2.

3. SCRAP-IRON SCARECROW
Kartu untuk pertahanan yang bisa digunakan berkali-kali, dan lebih berperan dibanding DimPris karena terkadang kita perlu monster lawan tetap bertahan hidup. Bawa 2 atau 3... Saya suka 3 btw.

4. Bottomless Trap Hole, Dimensional Prison, Mirror Force, Torrential Tribute, Solemn Warning
Ya, bawa kartu-kartu seperti itu seperlunya... Dalam jumlah yang cukup banyak maksudnya.

Ya, itu saja. Sisanya silahkan tambahkan Staple dan kartu semacam veiler dan Duality. Kalau anda berbudget... Bisa membawa BLS-EotB dan Card Car D.

Monster: 12
2 Tragoedia
3 Yaksha
1 Susa Soldier
2 Maharaghi
2 Spirit Reaper
2 Jowgen/Patchy

Spell: 3
3 Creature Swap

Trap: 12
3 Legacy of Yata-Garasu
2 Scrap Iron Scarecrow
2 Bottomless Trap Hole
2 Solemn Warning
2 Torrential Tribute
1 Mirror Force

27 Kartu, tambahkan staple seperti Dark Hole dan MST, Bila kurang, bisa ditambahkan monster spiritnya, dan sisanya silahkan dikreasikan sendiri.


Bila ingin memainkan Spirit yang agak berbeda, bisa dengan membuat deck Spirit yang berpusat di Monster level tinggi seperti Hino-Kagu-Tsuchi, Yamata Dragon, Dark Dust Spirit, Fenghuang, dan dikombinasikan dengan kartu seperti Mausoleum, Nimble Momonga sebagai tribute fodder, dan Izanagi.


Selamat berkreasi dan have fun.
General Vamp

3 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More