Sabtu, 18 Agustus 2012

Florsheim Info : Forbidden and Limited List Analysis Part One


Forbidden and Limited List yang lama ditunggu-tunggu telah kami publikasikan kemarin. Hal ini meninggalkan kita dengan pertanyaan sejuta dolar, yaitu "Apa imbasnya?"

Sebelum melangkah lebih lanjut ke analisis, mari kita review kembali daftarnya.


Forbidden:
Brionac, Dragon of the Ice Barrier
Future Fusion

Limited:
Inzektor Dragonfly
Inzektor Hornet
Evigishki Gustkraken
Chaos Sorcerer
Spore
Wind-Up Carrier Zenmaity
Tsukuyomi
Red-Eyes Darkness Metal Dragon
Ultimate Offering

Semi-Limited:
The Agent of Mistery - Earth
Debris Dragon
Blackwing - Kalut the Moon Shadow
Rescue Rabbit
E - Emergency Call
Pot of Duality
Hieratic Seal of Convocation
A Hero Lives
Reasoning
Mirror Force
Tour Guide From the Underworld

No Longer Restricted:
Necro Gardna
Marshmallon
Emergency Teleport
Destiny Draw
Swords of Revealing Light
Level Limit - Area B
Magic Cylinder

Dari list di atas, mari kita analisa imbasnya ke deck meta saat ini.

Deck yang Dirugikan


Dino Rabbit
Deck ini tidak terlalu terpengaruh dengan banlist ini, hanya satu buah Rescue Rabbit dan satu buah Tour Guide from the Underworld yang perlu diganti dengan kartu lain. Sisanya tetap sama. Meski demikian, hal ini akan sangat mengurangi kecepatan dari Dino Rabbit, sehingga pengguna Dino Rabbit harus lebih konservatif dalam menggunakan kartu-kartu andalannya.

Chaos Dragon
Deck ini terkena cukup telak. Kartu andalannya, yaitu Future Fusion masuk dalam liang Forbidden. Selain itu boss utamanya pun hanya bisa digunakan satu buah, sangat mengurangi konsistensinya walaupun kartu ini mudah dicari berkat Eclipse Wyvern. Tour Guide yang merupakan monster DARK utamanya juga sedikit disunat, walau tidak terlalu terasa karena bukan bagian penting. Untuk Chaos Sorcerer, sepertinya status barunya tidak akan terlalu mengganggu. Overall, deck ini masih sangat bisa digunakan meski kecepatannya drop.


Wind-Up
Tidak ada lagi loop setelah ini. Tersangka utama pembuat Loop telah masuk ke status Limited, yaitu Wind-Up Carrier Zenmaity. Pemanggil andalannya, yakni Tour Guide juga menjadi Semi-Limited. Meski demikian,  hanya dua hal itu saja yang terkena, dan Wind-Up tetap merupakan deck Xyz-centric yang sangat cepat dan fleksibel walaupun tanpa Loop yang menyebalkan itu.

Inzektor
Dari semua deck papan atas, Inzektor lah yang paling diberangus habis oleh Konami. Statusnya sebagai pembunuh deck Tier Dua sudah sangat mengganggu, apalagi di OCG deck ini selalu meraja di hampir semua turnamen. Akhirnya setelah berhasil menguasai World Championship 2012 dengan memenuhi Top 4 dengan semua Inzektor, deck laknat ini pun dimusnahkan. Akan tetapi bagi kamu fans Inzektor, kamu tidak perlu khawatir, deck ini tetap bisa bagus walau sekarang jatuh ke Tier Dua. Semua tergantung pada cara kamu membuat decknya.


Hieratic Gishki Loop
Baru saja beberapa hari rilis di TCG, Evigishki Gustkraken harus masuk ke jajaran Limited. Hal ini sepertinya dilakukan Konami untuk mengantisipasi loop yang, well, tidak sekuat Wind-Up memang, tapi sangat berpotensi menyebalkan. Apalagi deck ini akan menghasilkan swarm Xyz Rank 6 setelahnya. Convocation di-Semi Limit juga berpengaruh, namun cukup dengan Limit Gustkraken sebenarnya sudah cukup untuk membuat deck yang mengadalkan loop ini mati, meski masih bisa kalau mau dipaksakan berhubung Ritual Mirror dari Gishki dapat mereuse Gustkraken terus menerus.

HERO
Deck Hero terkena di E-Emergency Call dan A Hero Lives yang masuk ke status Semi-Limited. Sebuah restriksi yang tidak berguna. Deck HERO tidak sebutuh itu untuk menge-search bagiannya, karena target utama hanyalah Elemental HERO Stratos.


Infernity dan Zombie
Brionac diban merupakan pukulan yang cukup besar. Dengan ini mereka akan lebih kesulitan untuk melakukan loop-loop laknat.

Hieratic
Dilimitnya Red-Eyes Darkness Metal Dragon yang kedua membuat deck ini kehilangan akses ke Gustav Max. Kombo "Tiga Hieratic Random dan GG", selain semakin tidak bisa OTK dan menjadi lebih sulit juga dijalankan dengan Semi-Limitednya Convocation.


Chaos
Chaos Sorcerer masuk ke Limited. Oh God Why....

Gadget dan Madolche
Keduanya punya satu kesamaan, yaitu Ultimate Offering jalan dengan baik dan kemenangan hampir pasti didapatkan. Dengan limitnya Ultimate Offering, maka semakin jarang kamu akan menemukan One Turn Kill oleh swarming mereka.

Demikian Part One, jangan lupa panteng terus Official Blog Florsheim ini untuk Part Two, yaitu kumpulan deck-deck yang dirugikan serta analisa perubahan gaya bermain!


Oke segitu dulu,
Medallion

Klik link berikut untuk lanjut ke Forbidden and Limited List Analysis Part Two

4 komentar:

chaos dragon -__-
ganti 2 biji reasoning :v :v

mudah mudahan ring of destruction hilang dari banlist.ya minimal limit lah.

@Anonim atas: Nape ngebet mau Ring of Destruction limit? Baru buka Battle Pack kah? Gorok leher gua kalo ampe bisa di-limit, engga bakal lepas lah ... Terlalu splashable, broken, dan bahkan gak butuh mikir buat makenya

Apa dengan banlist ini menandakan kalau Gustkraken adalah Ritual pertama yg masuk ke jajaran Limited List?

^atas gw
demise pernah masuk, yang bayar 2000 bersih2 field
lupa limit apa semi

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More