Jumat, 28 September 2012

Florsheim Info : Duel Glossary #1


Hi guys,

Terkadang gue lihat ada saja newbie yang menanyakan istilah-istilah yang kurang awam di blog ini. Istilah ini memang sudah sangat biasa dipakai di artikel-artikel luar maupun di komunitas-komunitas Trading Card Game, tetapi gue yakin ada beberapa (atau malah banyak) yang masih bingung dengan definisi maupun penggunaan istilah-istilah ini.

Karena cukup banyak istilah yang merepotkan, gue akan bahas sedikit demi sedikit, jadi lebih gampang juga dihapal. Oke tanpa perlu menunggu lebih lama lagi, mari kita mulai.

Metagame (atau Meta)

Definisi: Metagame artinya adalah sebuah kondisi yang terbentuk dari pilihan deck para pemain di sebuah komunitas.

Misalnya, sebagai contoh saja, setelah rilisnya Structure Deck Samurai Warlords, banyak pemain Bandung yang menggunakan deck Six Samurai dalam turnamen. Hal ini berarti Metagame Bandung diisi oleh banyak Six Samurai (kondisi komunitas Bandung yang terbentuk dari pilihan deck, yaitu karena banyak yang menggunakan Six Samurai).

Metagame bisa mengacu pada komunitas manapun. Misalnya, Metagame Bandung banyak Six Samurai, maka Metagame Semarang belum tentu sama, bisa saja di sana Dark World lebih populer untuk digunakan dalam turnamen. Namun jika tidak dispesifikasikan di komunitas mana, biasanya orang memaksudkan komunitas US dimana di sana dilaksanakan YCS.

Contoh di atas sangat sederhana, karena biasanya sebuah Metagame tidak hanya diisi oleh satu deck saja. Bahkan bisa cukup kompleks. Misalkan di Bandung, Six Samurai sangat populer, yang akan membuat deck Final Countdown kesulitan. Karena sedikitnya pengguna Final Countdown, maka Chaos Dragons menjadi semakin kuat dan populer dalam Metagame ini. Dan seterusnya. Banyak variabel pilihan deck, serta hubungan love-hate antar deck pada akhirnya membentuk sebuah kondisi yang dinamakan Metagame.

Tier

Definisi: Tier dalam Card Game berarti adalah tingkatan kompetisi. Archetype dalam Yugioh biasa disegregasi menjadi beberapa tingkatan kompetisinya. Biasanya Tier hanya ada Tier 1, Tier 1,5, dan Tier 2. Tier 1 adalah deck-deck kompetitif yang biasa (atau berpotensi) menjuarai turnamen besar secara konsisten. Tier 1,5 adalah deck-deck yang memiliki engine yang bagus dan cukup kuat, namun kurang untuk bisa menjuarai turnamen secara konsisten. Sedangkan Tier 2 adalah sisanya.

Misalnya, deck Wind-Up sudah sering juara, oleh karena itu deck Wind-Up menempati Tier 1, yaitu tingkatan kompetitif tertinggi. Deck Hieratic, meski bisa swarming dengan mudah, mereka sangat mudah diantikan dan kurang konsisten, sehingga hanya menempati Tier 1,5. Deck Reptilianne, meski menarik dan punya boss yang kuat, mereka sangat tidak konsisten dan kurang kompetitif, sehingga masuk Tier 2.

Deck Meta

Definisi: Deck-deck yang banyak digunakan oleh para pemain, sehingga mendefinisikan Metagame.

Misalnya, dalam pembahasan Metagame di atas, di Bandung Six Samurai merupakan deck Meta karena keberadaannya cukup banyak dan mempengaruhi keberadaan deck lainnya. Chaos Dragons di situ juga bisa menjadi deck Meta jika ternyata jumlahnya (atau prediksi jumlahnya) bisa membuat orang lain enggan memilih deck yang lemah terhadapnya, seperti Dino Rabbit.

Dalam Metagame yang luas dan beragam, Deck Meta adalah Deck-Deck Tier 1, yaitu deck-deck pilihan pertama yang konsisten memenangkan turnamen. Maklum, banyak orang yang merasa untuk apa ikut turnamen kalau tidak menang, akhirnya mereka pun memilih menggunakan deck terbaik saat itu. Karena yang berpikir seperti ini tidak sedikit, akhirnya terbentuklah Metagame dimana deck Tier 1 mendominasi sehingga disebut Deck Meta.

Tech

Definisi: Tech, atau Technique, adalah kartu-kartu atau cara bermain yang disesuaikan dengan Metagame yang berlaku. Biasanya dimasukkan ke Main Deck untuk meningkatkan probabilitas menang di Game pertama, tapi bisa juga dimasukkan dalam Side Deck.

Misalkan saja, karena Metagame Bandung adalah Six Samurai, maka sebagai Tech, kamu bisa memasukkan Puppet Plant ke Main Deck. Atau misalkan Metagame Semarang adalah Dark World, kamu bisa saja memasukkan tiga Dimensional Fissure ke Main Deck kamu. Pilihan yang seringkali tidak lazim, namun efektif melawan deck yang populer tersebut disebut dengan Tech.

Engine

Definisi: Mesin. Kartu-kartu dan kombo-kombo dari sebuah Deck untuk membantu mencapai tujuan utamanya.

Misalnya, deck Wind-Up memiliki engine Wind-Up Magician dan Shark, sebuah kombo yang mampu mensummon banyak Xyz sekaligus satu turn. Atau deck Chaos Dragons, memiliki engine Lightsworn untuk membuang kartu langsung ke Graveyard sehingga dapat digunakan dalam memanggil Lightpulsar dan Darkflare.

Antara sebuah deck dengan enginenya tidak mesti sama, sebuah engine dapat digunakan di deck lain untuk mencapai tujuan tertentu, misalkan saja engine Lightsworn yang digunakan di Chaos Dragon di atas. Atau misalkan kamu mau menggunakan engine Lightsworn di deck Uria untuk membuang Trap-Trap ke Graveyard dan membentuk Uria berserangan 10.000+.

Biasanya deck-deck Tier 1 memiliki engine yang teruji bagus, sehingga bisa digunakan untuk membantu deck-deck Tier 1,5 dan Tier 2 agar lebih kompetitif, seperti menggunakan Uria dengan Lightsworn tadi.

Cukup lima istilah dulu untuk Duel Glossary #1 ini, misalkan ada pertanyaan mengenai istilah-istilah di atas, silakan ditanyakan dalam komentar. Untuk istilah-istilah lainnya, tunggu Duel Glossary #2 ya!


Oke segitu dulu,
Vandy

6 komentar:

kadang ada istilah deck tier 0 maksudnya gimana ya?

Tier 0 maksudnya kalau kamu tidak pakai deck itu, kamu pasti tidak bisa juara. Ini sangat jarang terjadi, pernah terjadi di kala jaman Tele-DAD.

Artikelnya Vandy perasaan kontras banget deh isinya ama artikel Bang Jason, cek nih:

http://yugioh.tcgplayer.com/db/article.asp?ID=2788

Jadi penasaran, kalau tier 0 dan 1.5 ada, kira2 bakal ada ga ya tier 1/4 atau -1, atau bahkan tier (-1)^0.5?

Di edisi kedua ntar bahas soal broken2an juga dong. Hahaha

behh ada deck tier 0 macam gitu yah -__-"
untung dulu belum main Yugi

@steel lizard
gimana kalo sekalian tier ((1+i)/sqrt(2)) atau sqrt(i).
ah iseng amat komennya.

Kalau cassual deck? Sama anti meta

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More