Rabu, 24 April 2013

Florsheim Contributor : Munir JB's Sharing about Community


Hi guys,

Apakah kamu tahu siapa "Bapak Yugioh Indonesia"? Orang yang mampu membangun komunitas sebesar dan sesolid ini sekarang. Ada banyak versi, namun dalam hati gue, orang yang pantas gue sebut sebagai Bapak Yugioh Indonesia adalah mas Guruh Nusantara. Ia adalah cendekiawan dibalik forum legendaris pemersatu duelist tanah air, yakni Forum Yugioh Indonesia.

Nah meski demikian, setelah beliau menikah, tampuk "pilar komunitas" pun ia serahkan pada generasi berikutnya, yakni mas Kurniawan Jatmika atau lebih dikenal dengan munir_jb dalam forum. Jujur saja, beliau tidak salah pilih. Komunitas Yugioh Indonesia ternyata lebih sukses dan berkembang sangat pesat dibanding jamannya mas Guruh sendiri.

Kali ini mas Kurniawan, atau sang "Nidaime" ini akan membagikan beberapa kisah singkat mengenai perjalanannya membangun komunitas hingga bisa sebesar sekarang. Simak ya guys!

Hidup Itu Perjalanan Panjang Mencari Kawan Seperjuangan

Halo, nama saya Kurniawan Jatmika, umur seperempat abad+1, nickname default saya munir_jb di dunia maya. Well, sebelumnya, sebuah kehormatan yang sangat buat saya karena diminta oleh salah satu tim besar komunitas Yu Gi Oh di Indonesia, yaitu Tim Florsheim untuk mengisi artikel sharing. Yep, jarang-jarang lho saya diminta nulis beginian :D, biasanya yang saya tulis mah modul praktikum, rencana pengajaran mata kuliah, soal ujian kelas pemrograman web, sama soal ujian praktikum di kampus (eh, salah fokus, jadi curhat, hehe).

Di sini saya akan mencoba sharing mengenai serunya bergabung di komunitas Yu Gi Oh Indonesia. Yang jelas, sudah sejak Januari 2007 saya bergabung di komunitas Yu Gi Oh Indonesia divisi Surabaya. Pertama kali diajak oleh founding father forum komunitas Yu Gi Oh Indonesia (http://yugiohindonesia.forumer.com) yaitu mas Guruh Nusantara untuk kumpul di Marsindo Games, yang merupakan basecamp komunitas Yu Gi Oh di Surabaya sampai sekarang. Saya mulai bermain dengan sleeve bekas yang dikasih mas Guruh dan di dalamnya saya kasih potongan kertas HVS berisi nama kartu. So, bagi temen-temen yang masih bermain dengan kartu counterfeit, you are better than me at the that time :).

Seiring berjalannya waktu, saya mulai bergabung juga di forum http://yugiohindonesia.forumer.com ketika anggotanya berjumlah sekitar 100an orang. Dan kebetulan beberapa waktu kemudian ketika ada rekrutmen moderator, saya turut bergabung dan secara khusus diminta oleh mas Guruh untuk menjadi vice admin forum karena latar belakang saya yang dari jurusan komputer (waktu itu forum anggotanya sudah sekitar 600an orang).

Namun, semuanya berubah ketika negara api menyerang, eh, ketika mas Guruh memutuskan untuk pensiun dari dunia duel. Akhirnya tanggung jawab sebagai admin saya emban dengan dibantu oleh jajaran moderator yang sangat kompak, yaitu mulai dari faryd11 Jogja, dwapprox Surabaya, Kon Meister Solo, shah_lukh_man Semarang, belfanw Bandung-Palembang, dave1992 Jakarta, Garde Jakarta, Tri Edge Jakarta, dan banyak moderator lain :p (yang gak kebagian disebut isi sendiri ya? #kabur). Akhirnya forum membeludak anggotanya hingga tembus angka 4000.

Well, serunya ketika bisa punya jejaring sebanyak itu adalah apapun keperluan kita, pasti ada yang membantu. Saya bisa meneruskan kuliah S2 saya di UGM sekarang adalah karena ijazah dan berkas pendaftaran saya dibawakan oleh faryd11 sampai ke BAAKnya UGM, padahal paket ijazah saya waktu itu nyampai hari Minggu di Jogja dan Seninnya BAAK UGM baru menerima berkas.

Di Jogja pun banyak sekali event yang ketika diselenggarakan, mulai dari event gathering lokal, event Jejepangan, sampai Turnamen JOGLOSEMAR (Jogja-Solo-Semarang), pihak panitia selalu menjemput saya seselesainya kuliah dari UGM. A deep grateful for that, bisa hemat ongkos jalan :D (nasib seorang musafir, hehe). Bahkan sampai sekarang ketika saya sebulan sekali ke Jogja untuk keperluan Thesis saya selalu diajak untuk ikutan gathering di sana, dimana kita biasa main format mix tanpa ada masalah.

Eh, saya masih ingat juga ketika tim Florsheim invasi ke Surabaya, senang ketika bisa sharing tempat bermalam dan banyak ngobrol dengan mas Vandy, mbah Marcel, dan dua orang yang lain (ini nanti tolong diedit ya? saya bener-bener kelupaan *dijitak*, kalau g salah sih Alvi & Ridan). Dan yang paling berkesan adalah saya dapat token kartu nama dandylion yang merupakan token saya yang pertama :D (haha, ini kenyataan sih, udah lama main Yu Gi Oh tapi gak punya token :3, nari-nari ala dandylion).


Apapun, perjalanan ini masih panjang. Semoga siapapun yang sempat saya temui dalam perjalanan panjang mencari kawan seperjuangan ini masing-masing bisa mencapai cita-citanya dan mengharumkan Indonesia di mata dunia. (tribute for dave1992 for Australia Nats 2011 Championship and many others duelist that had proven their quality in International scene). Dan juga, tolong diingat bahwa tercapainya kesejahteraan bersama adalah tujuan nomor satu dalam membangun komunitas, bukan sekedar mencari kemenangan pribadi.

Salam sukses untuk seluruh duelist Indonesia… :D
Kurniawan Jatmika

Bagaimana guys? Sudah terinspirasi untuk membuat dan membesarkan komunitasmu sendiri? Tulis pendapatmu di komentar ya!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More