Senin, 22 April 2013

Florsheim Tips: Duston Family




Kembali lagi bersama saya, General Vamp, dalam rubrik tips random, untuk duelist jahil dan kurang kerjaan. Dulu saya sempat memberikan Quick Recipe Deck Ojama, dan merupakan salah satu deck ‘gangguin orang’ yang ideal. Waktu sudah berlalu, dan kini saya kembali menemukan Archetype ‘gangguin orang’ yang baru, dengan potensi sekelas Ojama! Mereka adalah...
 
Keluarga Cemara(?)

Duston! Archetype imut dan lucu yang gak jelas apaan (mungkin kuman) ini adalah archetype yang akan saya bahas kali ini! Saya yakin banyak orang yang mendapatkan kartu ini dari booster langsung melemparnya entah kemana tanpa sempat meliriknya terlebih dahulu. Bahkan merasa bahwa archetype ini tidaklah ada. Dan yah, tidak heran. Artikel di-wikianya saja cuma beberapa kalimat tanpa pembahasan mendalam.

 



Duston adalah archetype monster yang semua anggotanya berlevel  1, dan ber-attack 0, dan ber-defense 1000. Mengingatkan saya pada Ojama... Dan selain ‘Hous Duston’ mereka semua juga berbagi efek. Kedua pemain tidak bisa memiliki dua Duston yang sama di-field mereka, mereka tidak bisa di-tribute ataupun digunakan untuk Synchro, Xyz, dan Fusion. Lalu, kalau mereka ke-destroy, efek mereka akan aktif, dan... Efeknya itu agak ‘Negatif’. Efek yang merugikan player-nya. Lah? Lalu buat apa dong?

Jawabannya ada di kartu ini.

Efek: When this face-up card on the field is destroyed by your opponent's card (either by battle, and it was face-up at the start of the Damage Step, or by card effect) and sent to the Graveyard: You can Special Summon any "Duston" monsters of your choice from your hand and/orDeck to anywhere on the field, but you must Special Summon an equal number on each side.

Okey, jadi kita membuat lawan membunuh kartu ini (biasanya sih kita sendiri yang nge-Jihad pake kartu ini ke-monster lawan yang attack position),lalu kita sebar semua Duston kefield ke-kedua pemain Jadi kalau mereka hancur di-field lawan, lawan yang rugi. Sesederhana itu strateginya. Tapi... Apa cuma begitu saja? Efek benefit dari Yellow Duston itu meh, dan efek negatif dari Red Duston juga tidak terlalu sakit kalau hanya untuk itu. Jadi... Apa hanya sebatas itu play dari deck ini?

Tentu tidak!

Bila kita mengisi field lawan dengan monster Duston sampai penuh, maka kita sudah mengunci normal summon lawan. Tapi, kita juga mengisi field kita sendiri dengan monster yang tidak berguna. Lalu, apa yang kita akan lakukan? Apa yang bisa archetype ini lakukan? Sepertinya pertanyaan ini belum terjawab dari tadi. Baiklah, langsung saja...

Archetype ini bisa dibawa kedalam EMPAT jenis play yang berbeda. Benar! Archetype kecil yang imut dan lucu ini... Bisa dibikin EMPAT jenis play! Apa sajakah itu?


1. AS SWIFT AS A WIND

Deck Duston yang Speedy dengan draw sekaligus mengunci field dan kombo lawan serta memperkuat pertahanan dan aman dari OTK. Dan tentu saja tujuan akhir mereka adalah...

EXODIA!!!
 
Legenda yang Paling Awet

Begitu House Duston mati, kita bisa deck-thining sampai 10 Kartu! Ya, gak akan sesering itu, tapi seringkali deck thining 8 kartu. Tapi cukup lah. Lalu karena semua Duston itu level 1, maka mereka akan memakai Engine yang sama dengan “Piper Exodia”. Kombinasi Mystic Piper dan Kinka-Byo, Hope for an Escape, serta Cyber Valley (ingat, Duston di-field kita itu bisa dipake buat makanan Draw 2 Cyber Valley loh) Good Goblin House Keeping juga pilihan yang bagus karena bisa sekalian mengembalikan ‘Kuman’ yang nyasar ketangan. Lalu untuk Searcher, tentu saja ada Where Arf Thou!, dan untuk defense... Duston, Fader, dan Swift Scarecrow cukup kan? Toh kayaknya field lawan juga udah kepenuhan sama yang attacknya 0.

 



2. AS STILL AS A FOREST
Setelah mengunci summon lawan, mari kita pakai build yang ini.
 
Salah Satu Kartu yang Paling dibenci Kalo mucul di-DN ato YGOPro
Oke, makin menyebalkan. Kurang lebih sama dengan yang Exodia tapi ganti dengan Final Countdown. Ada juga sih versi nunggu lawan deckout dan memastikan diri sendiri gak deckout dengan bawa satu kopi Iron Core of Koa’ki Meiru. Tapi sorry, gak mau bahas lebih lanjut. NEXT!!!

3. AS FEROCIOUS AS A FLAME
Setelah Field lawan penuh dengan monster tak berguna...

 


Burn! Ya, kita bakar lawan! Dengan Just dessert, lawan dipastikan akan kena 2500 damage, dan Secret Barrel akan memberikan damage yang besar pada lawan. Belum lagi ceasefire. (For the record, tiap kali saya pake Secret Barrel, damage-nya gak pernah kurang dari 2000, dan ngasih 5000 damage kelawan dengan Ceasefire itu... Nggak jarang juga)


4. AS GRAND AS A MOUNTAIN
Oke, kayaknya strategi menyebalkan semua. Mari kita bikin Epic sedikit. Memanggil monster besar dengan menggunakan Duston difield kita sebagai katalis! Tapi kan...! Tapi kan...! Mereka gak bisa dipake Synchro/Xyz/Fusion dan gak bisa ditribute! Manggil monster apaan!?

Jawabannya adalah...




Duo Arcana Force EX. Cost mereka adalah send kartu difield ke-Grave. Duston legal target. Bahkan kalau memanggil Dark Ruler dan mendapat efek “Head”, dan turn sebelumnya kita lempar dua Duston attack Position ke-field lawan... Bisa langsung OTK ditempat.

For the Record, deck Duston SANGAT males ketemu Shock Master. Jadi jangan lupa untuk sedia Veiler ato Compul juga.

Yak, itulah Empat Build Duston yang bisa dibikin, ala General Vamp. Sebenarnya masih menunggu Blue Duston dirilis sih... Dan berharap Attribute-nya itu Water. Kenapa? Sebab... Sebenarnya, obvious enough sih,  kalau anda mengerti arti dari setiap kalimat yang saya kasih buat tiap Build, anda pasti tau maksud saya.
Bonus gambar Mas-mas Random


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More