Jumat, 26 April 2013

Florsheim Info : Vandy's Grand Tournament 2013 Karakuri Deck Profile

Hi guys,

Setelah sekian lama menunggu, gue pun menyebarkan Deck Profile Report GT ini. Salah satunya karena gue mengakui kegigihan kalian dalam mengelike! Selamat! Kalian layak dapat artikel!!

Lho katanya 250? Kok cuma 208 udah dibikin artikel?? Iya, soalnya gue baik. *bangga*
Sebelumnya, mari kita nostalgia sejenak dulu, mari kita baca satu persatu reportnya:

Part One-nya: Vandy's Grand Tournament 2013 Report Part One.
Part Two-nya: Vandy's Grand Tournament 2013 Report Part Two.
Part Three-nya: Vandy's Grand Tournament 2013 Report Part Three.
Part Four-nya : Vandy's Grand Tournament 2013 Report Part Four

Sudah dibaca?

Coba dibaca lagi deh..

Yakin sudah dibaca?

Oke deh lanjut.

Untuk bahan pembahasan, ini gue share decklist yang waktu itu gue pakai:


Gue coba bahas beberapa hal yang kepikiran.

Kenapa pakai Karakuri?

Alasannya karena Karakuri punya potensi. Bisa OTK, bisa numpuk advantage, punya opening yang bagus, serta punya opsi problem solver yang cukup banyak dan efektif... mungkin kamu mikir begitu.

Tetapi alasan sebenarnya adalah simply karena gue lagi mau hemat pakai deck murah (baru jualan Prophecy), gue udah hapal luar kepala kombo-kombo serta rulingnya, dan yang paling penting, gue suka decknya. Maklum, gue adalah pemakai deck Machine sejak pertama main tahun 2004. Terbukti kan kalau gue orangnya setia *kedipin istri*.

Oke, oom suka deck Machine, tapi kenapa Purekuri?

Semua varian Machine sih gue suka, tetapi ada alasan kenapa gue memilih Pure Karakuri dan bukan Geargiakuri atau Machinakuri atau Duplikuri atau bahkan deck VWXYZ Dragon Catapult Cannon.

OGYAA!! Gue juga mau ikutan GT!!
Pertama-tama, gue tau deck VWXYZ itu lucu dan keren. Tapi yakali gue bawa ke turnamen gede dan berharap menang. Dan yang terpenting, gue NGGAK PUNYA kartu VWXYZ Dragon Catapult Cannon!

Lalu kenapa bukan Geargiakuri karena gue nggak suka ngeset-ngeset. Di meta sekarang, monster Set mudah sekali dibinasakan dan menghabiskan satu turn tanpa ngapa-ngapain itu sama dengan ngasih chance lawan buat OTK lu next turn.

Sedangkan kenapa bukan Machinakuri, karena gue pengen pakai 3 Macro Cosmos di main/side deck untuk memberangus deck-deck top tier jaman sekarang. Menggunakan Machina Fortress bisa dibilang justru counter-productive.

Duplikuri juga bukan merupakan pilihan yang oke menurut gue. Decknya terlalu labil dan suka galau ngumpul Tuner bintang tiga di hand, kayak alay kampung. Meski begitu, deck ini bisa meledak dan melukai secara brutal, juga persis alay kampung. Mungkin kamu sering dengar alasan ini kalau suka baca Florsheim. Yaitu gue bukan orang yang beruntung, sehingga gue menukar explosiveness dengan consistency.

Lalu salah satu poin plus di deck Purekuri adalah gue bisa dengan mudah Synchro salah satu pembunuh keji di meta sekarang, yaitu Naturia Beast. Selain itu di deck ini Ninishi bisa menggunakan efek lebih sering untuk menghandle berbagai macam masalah secara cepat dan efisien.

Cara mainnya gimana?

Simple, ada tiga prinsip dalam menjalankan deck ini.

Synchro Gueee! Teruus!! Lagiii!!! Ahhhhn~
Prinsip pertama, bikin Bureido sebanyak-banyaknya seawal mungkin, terus ubah posisi pakai Nishipachi atau Cash Cache buat draw sebanyak-banyaknya. Kalau bisa synchro Naturia Beast lebih bagus buat lock. Nah misal next turn lawan nggak bisa handle, ya ubah posisi untuk draw sebanyak-banyaknya lagi.

Prinsip kedua, di saat lawan terlihat lengah, bunuh One Turn Kill dengan synchronya mending Burei sebanyak-banyaknya sama Landoise kalau lawan terindikasi ada Gorz/Tragoedia. Misal ada apa-apa masih bisa Big Eye di Main Phase 2.

Prinsip ketiga, nggak usah takut Trap lawan! Di deck ini kamu nggak punya pilihan. Mau lawan ada Torren ataupun Mirror, kamu mau nggak mau pasti summon banyak. Pokoknya synchro terus meski lawan Set banyak! Kalau ditorren? Bagus! Torrennya kepake satu. Begitu pula untuk Trap-Trap lainnya.

Gampang kan? Kalau baca report gue pasti tahu gimana dua prinsip di atas benar-benar gue jalankan.

Lalu side decknya kenapa itu?

Kartu pembunuh metagame kemarin
Sewaktu membuat deck ini gue langsung tahu bahwa 6 kartu pertama Side Deck gue adalah 3 Macro Cosmos dan 3 Royal Decree karena bisa dibilang metagame saat itu terbagi dua, yaitu deck yang mati sama Macro Cosmos dan deck yang mati sama Royal Decree. Sisanya lebih sekedar pelengkap untuk melawan deck-deck populer.

Kalau bisa, apa yang mau diubah dari Decklist itu?

Untuk ini rasanya gue pernah cerita pas Part One. Dua Smashing Ground ganti dua Gemini Imps atau setidaknya Soul Taker deh. Sudah itu saja. Soalnya Smashing Ground nggak pernah kerasa bagus selama bertanding.

Umm... Apa lagi ya..?

Bingung mau nanya apalagi? Santai bro! Nanti post saja komentar di bawah begitu sudah kepikiran, kalau sempat pasti gue jawab dan artikel ini bakal gue lengkapi juga kok :)


Oke segitu dulu,
Vandy

5 komentar:

wew , nice deh . . bisa jdiin karakuri gua jdi imba ni . . .
niggal tambahin sedikit card lgi . .

umm.... kalo HA7 (Ophion) keluar ato ketemu anti-ss , kira2 deck ini masih bisa kompetitif g y?

sudah di jawab tuh karakuri spider

Klo gak slah brdasarkan report kmarin di Round 5 om vandy pake black rose 2 kali.
Tapi kok di deck lits di atas cuman da 1 . , ?

Coba dibaca lagi reportnya Round 5 oom :3

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More