Sabtu, 11 Mei 2013

Florsheim Tips : What to Expect at CnG Yugioh Nationals 2013 and How to Counter Them Part Two


Hi guys,

Karena kalian telah berhasil (lagi) memenuhi kuota like di status fanpage, meski agak lama, artikel ini pun dipublikasi. Selamat!


Eh? Kamu kelewatan status itu dan tidak sempat memberi like? Ini cara agar kalian tetap up to date dengan berita terbaru di dunia TCG:


Pergi ke fanpage kami di link berikut, lalu klik tanda "Disukai" atau "Liked" lalu centang "Dapatkan Pemberitahuan" atau "Get Notification".

Dengan cara ini tidak ada lagi kelewatan berita penting dari dunia TCG! Btw, ada banyak spoiler baru lho di fanpage soal Number Hunters.

Melanjutkan yang kemarin, mari kita bahas dua kontestan berikutnya. Tema kali ini adalah Api vs Air, jadi kita bahas Brotherhood of the Fire Fist dan Mermail Arlantean!

BROTHERHOOD OF THE FIRE FIST


Deck Fire Fist terkenal akan kemampuan kontrol dan plusnya dari Bear. Oleh karena itu juga ada tiga jenis deck Fire Fist, yaitu 3-axis, 4-axis, dan banci-axis yang kesemuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Satu yang pasti, mereka punya kemampuan untuk mengalahkan Evilswarm dengan mudah, teorinya, karena mereka tidak perlu special summon bintang tinggi sama sekali.

3-axis adalah deck Fire Fist yang mengandalkan Fire Fist berlevel 3 dan displash Bear. 4-axis adalah deck Fire Fist yang mengandalkan Fire Fist berlevel 4 yang mengandalkan Dragon, Bear, Cardinal dan Tiger King. Sedangkan banci-axis adalah deck yang kartu Fire Fist/Formation-nya hanya 3 Bear, 1 Gorilla, 3 Tenki, dan 1 Tensu.

Sayangnya, yang paling punya prestasi sekarang adalah deck banci-axis... (sebagai lelaki sejati saya kecewa..)

Main Combo and Playstyle

Karena masing-masing berbeda, gue jelaskan satu per satu. Mulai dari 3-axis. Deck ini berputar pada kemampuan mencari dan memanggil Brotherhood of the Fire Fist - Spirit untuk memanggil Spirit lain atau Leopard. Leopard sendiri punya kemampuan men-tribute diri sendiri untuk Special Set Spell/Trap Fire Formation dari deck, memudahkan kamu mengambil Tenki untuk mencari Spirit.

Spirit ini nantinya akan digunakan untuk synchro Horse Prince dan mengambil Leopard lagi untuk efek Tiger King kecil; atau Raven atau Hawk. Spirit bisa juga digunakan untuk Xyz *3 apapun, terutama Lion Emperor karena selain Beast-Warrior tidak bisa menyerang di turn Spirit diaktifkan. Sayang deck ini masih kekurangan Chicken dan Beastlord Volcan untuk bisa bermain secara kompetitif.

4-axis menitikberatkan monster pada Dragon, Bear, Gorilla, Tiger King, dan Cardinal. Berhati-hatilah karena deck ini bisa dengan mudah menghandle field yang sudah kamu kira aman. Dragon mampu membuat banyak play dengan cost 2 Fire Formation, sehingga kamu akan menemukan lebih banyak Fire Formation di deck ini.

Banci-axis beda lagi, deck ini fokus pada kontrol dengan Trap lalu mengeplus dengan Bear dan Tiger King hasil Rescue Rabbit atau Reborn Tengu. Terkadang bahkan digabungkan dengan Dinosaur untuk membentuk para Evolzar.

How to Counter Them

Saat melawan mereka, pilih jalur cepat atau jalur panjang sekalian. Jalur cepat bagus karena Fire Fist tidak didesain untuk menghandle field besar atau damage gila-gilaan terlalu cepat. Sedangkan jalur lambat bagus karena Fire Fist tidak bisa meng-OTK kamu, jadi kamu bisa santai. Apalagi saat melawan deck banci-axis, mereka hanya punya 3 Bear 1 Gorilla 3 Tenki 1 Tensu, sehingga peluru mereka benar-benar terbatas.

Sayangnya, saat melawan mereka tidak ada kartu side deck yang benar-benar mematikan mereka, sehingga kamu tetap harus pakai skill untuk mengalahkan mereka.

Beberapa kartu side deck yang oke: Overworked, Macro Cosmos, Royal Decree, Mystical Space Typhoon/ Dust Tornado, Veiler/Breakthrough Skill/Skill Drain.

MERMAIL ATLANTEAN


Mermail Atlantean adalah deck paling populer di meta sebelum LTGY. Apakah setelah LTGY Mermail masih bisa berjaya? Kita memang belum bisa tahu, namun di LTGY ada beberapa support baru untuk mereka, yaitu Mermail Abyssocea, Abyss-scale of the Mizuchi, dan tentu saja Tidal, Dragon Ruler of Waterfalls bersama anaknya, Stream. Oh lupa, ada satu lagi, Mermail Abyssbalaen... eh nggak penting ya. Yasudah kalau begitu.

Ada dua jenis Merlantean yang mungkin kamu temui, pertama adalah Mono Merlantean yang punya play yang lebih eksplosif, dan yang kedua adalah Genex Merlantean yang lebih mengontrol namun punya solusi menghancurkan Ophion lebih banyak. Karena populernya Ophion, sepertinya orang akan lebih memilih tipe Genex Merlantean.

Main Combo and Playstyle

Kombo dari deck ini sangat banyaaaak sekali. Bisa habis 5 Part cuma jelasin kombo satu-satu. Namun ada beberapa yang mesti kamu waspadai. Pertama adalah Mermail Abyssmegalo buang Atlantean Dragoons lalu cari Deep Sea Diva. Summon Deep Sea Diva ambil Atlantean Marksman. Abyssmegalo korbankan Diva, serang dua kali, Marksman serang dan panggil Dragoons. 2400 2400 1400 1800, exactly 8000.

Kombo kedua yang sering dipakai adalah Mermail Abyssteus buang Dragoons lalu cari Abyssmegalo/Abyssleed dan Abyssgunde. Abyssmegalo buang Abyssleed dan Abyssgunde, cari Abyss-squall dan hidupkan Abyssleed. Efek Abyssleed untuk mencabut hand lawan, dan tumpuk untuk Mermail Abyssgay atau Big Eye atau Dracossack. Misal material mereka sudah habis, kamu bisa aktifkan Abyss-squall hidupkan semua bintang 7 tersebut dan Xyz Number 7: Lucky Straight :v.

Sisanya, mereka akan bermain kombo sesuai keadaan sambil saling mencari teman-temannya. Bisa juga mensummon Genex Undine untuk menghancurkan sesuatu di field atau mencari Sea Serpent sambil bonus Genex Controller.

How to Counter Them

Pertama-tama, perhatikan lawanmu. Masing-masing monster punya efek yang berbeda-beda dan mengesearch yang berbeda-beda. Misalnya Abyssteus tidak bisa dicari Dragoons karena Aqua dan Abyssteus tidak bisa mencari Abyssmegalo karena dia hanya bisa mencari bintang 4 atau kurang. Jangan sampai kamu membiarkan lawanmu mencari yang ia butuhkan dengan kartu yang sebenarnya tidak bisa. (bukan berarti lawan curang, namun main Mermail itu capek, jadi bukannya mustahil terjadi human error).

Kedua, berhati-hatilah berinvestasi kartu di field. Terlalu sedikit bisa membuat kamu kosong dan kena OTK, tetapi terlalu banyak membuat kartu-kartu kamu rentan dihancurkan atau diambil Big Eye. Bermain versus Mermail di game pertama memang perlu skill dan draw yang oke.

Ketiga, gunakan side deckmu. Serius. Kunci mengalahkan mereka ada disitu.

Beberapa kartu side deck yang oke: Macro Cosmos, Dimensional Fissure, Banisher of Radiance, Soul Drain, Mind Crush.

Bersambung....

Lanjutannya nunggu status ngumpulin like berikutnya ya guys!

....damn...

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More