Senin, 20 Mei 2013

Florsheim Tips : What to Expect at CnG Yugioh Nationals 2013 and How to Counter Them Part Three


Hi guys,

Eits, eits, sudah mengelike link menuju kesini belum? Kalau belum like/comment/share gih link tersebut, satu kali aja cukup. Kalau dari aplikasi RSS Reader? Comment aja di bawah kalau kamu pakai Reader.

Sudah? Sip. Kali ini kalian tidak perlu ngumpulin like dulu untuk membaca artikel ini, tapi sebagai gantinya gue mau survey sedikit dari mana sebenarnya kalian tahu adanya link menuju artikel ini. Alasannya adalah karena sepertinya gue sudah mengespam group terlalu banyak sampai capek sendiri. Jadi grup-grup yang tidak dapat atau sedikit like/comment/sharenya mau gue hapus dari daftar spamming link artikel baru.

Melanjutkan yang kemarin, mari kita bahas dua kontestan berikutnya. Kalau tema kemarin adalah Api vs Air, kali ini tema kita adalah Cahaya vs Kegelapan, yang berarti Constellar vs Evilswarm!

CONSTELLAR


Archetype ini memang cukup baru, namun sudah bisa lolos hingga Top 8 di berbagai turnamen regional (turnamen 200-300an orang, mirip Nats kita) sehingga tidak bisa dianggap remeh.

Kemampuan masing-masing anggotanya memang tidak begitu kuat, namun begitu berhasil Xyz dan kamu bisa melindunginya, bisa dipastikan lawan akan pincang melawan deck ini. Ada dua tipe, 4-axis dengan Omega dan Praesepe atau 5-axis dengan Pleiades!

Main Combo and Playstyle

Kombonya tidak banyak, mainnya pun cukup lurus. Mereka hanya mensummon Constellar Pollux lalu Constellar Kaus untuk Xyz rank 3-4-5, atau Special Summon Solar Wind Jammer /Cyber Dragon /Ghost Ship lalu Kaus untuk Xyz Pleiades.

Kemudian setelah melakukan Xyz mereka akan melindungi Xyz mereka (Pleiades/Omega) dengan berbagai macam Trap. Biasanya Trap yang mereka gunakan adalah Trap Continuous seperti Fiendish Chain dan Safe Zone sehingga mudah direuse oleh Pleiades.

Pleiades akan membuat turnmu menyebalkan. Ia bisa dengan mudah +2 dengan melempar balik Xyz atau Synchro-mu. Sedangkan Omega bisa menangkis hampir semua jenis Spell atau Trap yang seharusnya kamu gunakan untuk melindungi diri. Belum lagi keduanya bisa imun serangan berkat Honest yang disembunyikan.

Selain Omega dan Pleiades, ingat bahwa mereka mampu Xyz menjadi Zenmaines, Temtempo, Gagaga Cowboy, Maestroke, Starliege Paladynamo, Tiras, Volcasaurus, bahkan M7 dan Gaia Dragoon dengan cukup mudah. Sehingga fieldmu seperti apapun, mereka hanya perlu mengintip ke Extra Deck dan mencari penyelesaian disitu. Apalagi dengan adanya Constellar Sombres ketika ada Constellar Kaus di Graveyard, Xyz bintang 3-4-5 menjadi mudah!

How to Counter Them

Constellar termasuk tipe yang "One Man Show", jadi begitu kamu handle Xyz-nya, fieldnya akan lemah meski penuh proteksi Spell/Trap. Gunakan S/T untuk menghabisi Pleiades dan Battle atau Effect Monster untuk menghabisi Omega.

Selain itu kamu bisa mencegah mereka sebelum melakukan Xyz. Dengan cara itu justru posisi mereka akan lebih lemah.

Beberapa kartu Side Deck yang oke: Royal Decree, Light-Imprisoning Mirror.

EVILSWARM


Mereka disukai bukan karena mereka keren. Mereka disukai karena mereka adalah jawaban murah untuk masuk ke dalam meta mengerikan pasca-LTGY yang dipenuhi oleh naga, penyihir, dan monster laut. Sambut Evilswarm Ophion, sang penjaga kedamaian yang suka nabok 2550.

Selain deck-deck tier tinggi tersebut, Evilswarm juga mampu menahan deck yang berbasiskan Synchro dan Ritual. Apalagi harganya semakin hari semakin murah dan mudah dipakai.

Main Combo and Playstyle

Untuk memanggil Ophion 1st turn, deck Evilswarm mengandalkan Rescue Rabbit untuk mencari Evilswarm Heliotrope atau Evilswarm Castor lalu summon Evilswarm lainnya. Sedangkan turn-turn selanjutnya, Evilswarm Kerykeion sudah cukup dengan membanish Ophion lalu mengambil salah satu mantan materialnya.

Setelah menjadi Ophion, ia akan mengelock semua Special Summon monster bintang 5 ke atas. Membuat segalanya menjadi merepotkan. Untuk menambah kerepotan, Ophion bisa mencari Infestation Pandemic yang melindungi semua Evilswarm dari Spell/Trap atau Infestation Infection yang mampu mencari Kerykeion dengan mudah untuk follow up.

Selain menahan monster bintang tinggi disummon, spell trap juga dinullify, mereka punya banyak Spell dan Trap pelindung juga. Mulai dari Forbidden Dress, Dark Illusion, Safe Zone, hingga Xyz Reborn untuk memanggil Ophion yang telah mati. Ini membuat kamu mesti kerja lebih keras membereskan Ophion.

Lalu kalau kamu berpikir bisa menghancurkan Ophion dalam battle, pikir lagi. ATK-nya 2550, lebih besar dari hampir semua Xyz bintang 4 atau kurang. Jika berhasil pun, ada banyak Trap di belakang seperti Fiendish Chain, Bottomless, dan sebagainya. Iya, yang menganggap mereka menyebalkan bukan cuma kamu. Banyak kok teman-teman di luar sana yang ingin menyobek-nyobek Ophion.

Selain Ophion, ingat juga bahwa mereka mampu jadi Rank 4 hampir apapun, mulai dari Gagaga Cowboy, Evilswarm Bahamut, hingga Shock Master atau Evilswarm Ouroboros.

How to Counter Them

Andalkan Xyz bintang 3 dan 4 seperti Zenmaines, Acid Golem, dan Maestroke, lalu berdoa mereka tidak punya antinya. Lalu di game kedua, masukkan kartu-kartu siding pengancur Ophion karena tanpa Ophion, deck ini tidak begitu menyebalkan.

Untuk menghindari Pandemic Infestation, gunakanlah kartu yang bisa mengechain, misalnya Book of Moon atau Eclipse, atau kartu yang bisa diaktifkan di damage step seperti Prideful Roar atau Liberty, atau efek monster bintang kecil seperti Grand Mole atau Lily.

Beberapa kartu Side Deck yang oke: Royal Decree, Neo-Spacian Grand Mole, Snowman Eater, Morphing Jar #2, Prideful Roar.

Bersambung....

Yang tadi belum sempat ngelike sumber linknya, like ya sekarang! Thanks guys~

BONUS TIPS!


Tahukah kamu dua kartu andalan Constellar dan Evilswarm yaitu Constellar Pollux serta Evilswarm Castor? Efek mereka bukanlah trigger atau continuous yang mengharuskan mereka tetap di field.

Pokoknya begitu mereka turun dan summonnya berhasil, kamu mendapat satu Normal Summon tambahan. Karena efek ini Continuous, maka kecuali sejak sebelum turun dinegate dengan Skill Drain atau Plasma (jadi begitu turun efeknya sudah tidak ada) maka kamu pasti mendapat efek ini.

Ini berarti meskipun kamu menggunakan Effect Veiler, Abyssgaios, Fiendish Chain, Breakthrough Skill, Divine Wrath, Evolzar Dolkka, bahkan Trap yang menghilangkan mereka seperti Bottomless Trap Hole atau Compulsory Evacuation Device, mereka TETAP MENDAPAT EXTRA NORMAL SUMMON (dalam kasus Divine Wrath dan sejenisnya, tidak bisa diaktifkan karena Pollux/Castor tidak memulai Chain)

Selain itu, kamu bisa mengombinasikan Pollux dan Castor dengan Constellar Sombres dan Evilswarm Kerykeion untuk Normal Summon hingga TIGA kali seturn!

7 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Gimana caranya evilswarm menjaga kedamaian :v
They are evil
Eeeeeeevil I tell you :v

Decisive armor kalo vs constellar di first turn \:v/

Sama kyak ninishi kah?

Beda dengan Ninishi. Ninishi perlu face up untuk pakai extra Normal Summonnya. Pollux Castor hanya perlu "pernah di-Normal Summon" untuk efeknya.

Males deh sama kartu broken, masa harus di solemn?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More