Rabu, 22 Mei 2013

Florsheim Tips : What to Expect at CnG Yugioh Nationals 2013 and How to Counter Them Part Four

Hi guys,

Terima kasih atas kesigapan kalian mengelike status ini sampai mencapai lebih dari 80 likes kurang dari sejam! Wow, sepertinya kurang ya 80. Mau 250 lagi kayak dulu? :p.


Kelewatan status ini dan tidak sempat memberi like? Atau kelewatan info terbaru dari per-TCG-an Indonesia? Ini cara agar kalian tetap up to date dengan berita terbaru di dunia TCG:


Pergi ke fanpage kami di link berikut, lalu klik tanda "Disukai" atau "Liked" lalu centang "Dapatkan Pemberitahuan" atau "Get Notification".

Dengan cara ini tidak ada lagi kelewatan berita penting dari dunia TCG!

Sudah siap menuju nats yang tinggal beberapa hari lagi? Kalau kemarin Fire vs Water, lalu Light vs Dark, maka kali ini temanya adalaaaaah bukan, bukan Earth vs Wind. Karena entah kenapa nggak ada deck Earth atau Wind yang lolos ke Big Five format ini. Jadi yang akan kita bahas adalah Machine vs Dragons!

TIN GADGET


Mereka memang unyu-unyu, monsternya kebanyakan tidak sampai 1500 ATK bahkan. Namun jangan salah, mereka mampu mensummon Gear Gigant X DAN Shock Master sekaligus di first turn tanpa minus. Kemampuan mengelock serta stabilitas mereka pun bisa menjadi pilihan untuk menghabisi deck-deck tier atas saat ini.

Hanya saja dengan 2-3 set Gadget di deck berarti kamu punya resiko mengedraw lebih dari satu di opening hand kamu. Inilah drawback yang membuat pemain biasanya mundur, tapi untuk Nats kali ini, sepertinya para Gadget akan cukup banyak berkeliaran.

Main Combo and Playstyle

Gaya main Gadget cukup linear dan membosankan. Summon, search, summon, search. Kadang Special Summon dengan Tin Goldfish atau Kagetokage atau Double Summon atau Chain Summoning, kemudian Xyz menjadi King of the Feral Imps atau Gear Gigant X agar tetap plus.

Selain dua Xyz utama itu, mereka juga mampu mensummon berbagai Xyz Rank 4 dengan mudahnya dan tanpa minus. Salah satu andalan adalah Shock Master yang mampu membuat banyak deck kejet-kejet melawannya. Melawan Dragon Ruler atau Mermail tinggal sebut Monster, lalu melawan Spellbook tinggal sebut Spell.

Selain Gadget, Tin, dan Kagetokage, mungkin juga mereka membawa Machina Gearframe dan Machina Fortress yang mampu meng-OTK kamu di tempat memakai Limiter Removal atau Ultimate Offering. Jadi berhati-hatilah. Kelihatannya mereka memang lambat, namun kalau kamu lengah, mereka mampu menghabisi LP kamu dengan cepat.

How to Counter Them

Mereka sebenarnya tidak berbahaya karena kecil-kecil. Yang berbahaya adalah Ultimate Offering dan Limiter Removalnya, sehingga kamu perlu waspada. Bermainlah dengan lebih santai, perhatikan card advantage kamu dan tidak perlu terlalu ngoyo karena biasanya mereka dilindungi berbagai Trap di belakangnya dan punya follow up yang bagus. Namun demikian, begitu kamu punya kesempatan kosong, habisilah mereka saat itu juga.

Beberapa kartu side deck yang oke: Cyber Dragon, System Down, Dark Devastation Virus, Thunder King Raioh, Royal Decree.

DRAGON RULERS


The most anticipated deck sejak gue pertama kali main Yugioh. Saking kuat dan curangnya deck ini, mereka sampai diwaspadai sebagai Tier Zero mulai beberapa bulan sebelum dirilis di TCG. Agak overhyped memang, tapi jangan salah, deck ini tetap merupakan salah satu deck terkuat saat ini.

Untuk membuatnya kamu perlu jadi saudagar, pejudi, atau simply mengumpulkan bola semangat dari koleksi teman-teman kamu karena hampir semua bahan pembuat deck ini ada di booster set terbaru Lord of the Tachyon-Galaxy yang baru saja rilis seminggu sebelum Nationals (note: belum tentu sudah dijual di sekitar kamu sebelum Nats). Namun demikian, tetap saja pasti ada beberapa orang yang membawanya, jadi waspadalah.

Main Combo and Playstyle

Di giliran pertama, mereka akan mengumpulkan Graveyard dengan naga-naga kecil memanggil naga-naga besar lalu Xyz Dracossack brojol token. Kalau kamu kurang beruntung, bisa jadi salah satu naga yang mereka buang adalah Eclipse Dragon mencari Light and Darkness Dragon yang bisa menghisap resources kamu. Kalau kamu lagi sial, biasanya ada Super Rejuvenation juga yang membuat hand mereka penuh lagi, bikin kamu pengen bunuh diri di tempat.

Kemudian KALAU kamu berhasil membereskan mereka, entah bagaimana caranya, mereka akan membalas next turn dari Graveyard. Tanpa perlu kartu dari hand mereka bisa membentuk Dracossack lain, Number 11: Big Eye, atau Synchro bintang 8 seperti Crimson Blader atau Stardust Dragon! Masalah baru buat kamu!

Dan KALAU kamu bisa menyelesaikan gelombang kedua itu, kamu masih akan menghadapi gelombang-gelombang berikutnya karena bensin mereka nggak habis-habis. Maklum semua dari Graveyard dan ketika terbanish mereka mencari bensin lagi dari deck. Kalau menunggu dengan sabar sambil dihandle satu per satu, deck kamu dijamin habis duluan resourcenya. Apalagi mereka besar-besar, 1600 2400 2600 2800 dan bisa disummon dengan mudah dari Grave. Hati-hati di-OTK apabila field kamu kosong.

How to Counter Them

Terus gimanaaaaa cara ngelawannya?? Caranya... nggak simpel. Tetapi bukan berarti mereka tidak bisa dikalahkan. Ada beberapa kiat yang kamu mesti tahu.

Pertama, kamu harus bisa menghandle Dracossack, terutama yang 1st turn. Apa itu Dracossack? Dracossack adalah makhluk tidak adil yang bisa mengeluarkan dua token dan selama token itu masih ada, dia tidak bisa hancur. Kalau kamu cuma biarkan, next turn tokennya nambah dua lagi sambil bisa menghancurkan kartu-kartu kamu, tanpa dia sendiri bisa dihancurkan. Setiap deck punya cara mereka masing-masing. Mulai dari Compulsory sampai pakai cara tradisional, swarming lalu tabok. Kenali cara apa saja yang bisa kamu lakukan dengan deck kamu.

Kedua, kamu harus bisa menhandle LaDD. Jangan sampai kamu harus menghabiskan 4 kartu untuk menghisap semua ATKnya. Gunakan trik khusus, misalnya summon Evilswarm Castor dan Evilswarm lain, Xyz Ophion lalu detach untuk mengurang ATK LaDD. Ophion lalu menyerang LaDD. Deck lain pun punya trik-trik seperti ini. Kenali cara apa saja yang bisa kamu lakukan dengan deck kamu.

Ketiga, habisi mereka dengan OTK. Tugas kamu cukup sulit, soalnya kamu mesti handle threat mereka dulu (bisa Dracossack + Token, LaDD + Dracossack, Big Eye dan monster kamu yang ditilep, dsb) dan sekaligus memberikan 8000 damage ke lawan. Belum lagi mereka biasanya bawa 3 Maxx "C" dan 3 Effect Veiler untuk menghalau kamu. Tapi tiap deck punya cara masing-masing. Kenali cara apa saja yang bisa kamu lakukan dengan deck kamu.

Keempat, lockdown. Jangan biarkan mereka melakukan Sp Summon dengan Pachychepalo dan Ophion, atau banish semua materialnya dengan Macro Cosmos, atau jangan biarkan mereka terbanish dengan Imperial Iron Wall. Banyak cara lockdown yang bisa kamu lakukan. Kenali cara apa saja yang bisa kamu lakukan dengan deck kamu.

Intinya? Kenali cara apa saja yang bisa kamu lakukan dengan deck kamu. Banyak cara untuk mengalahkan mereka, namun tidak ada gunanya jika kamu apatis sehingga dirimu dan deckmu belum sejiwa. Ini juga berlaku ketika melawan deck lainnya.

Beberapa kartu side deck yang oke: Thunder King Raioh, Kycoo, Deck Lockdown, Macro Cosmos, Vanity Fiend, Imperial Iron Wall, Vanity Emptyness.

Demikian delapan deck yang mesti kamu waspadai di Nationals nanti. Sebenarnya masih banyak deck jago yang belum dibahas. Contohnya saja Gishki, Laval, Hunder, Dragunity, Chain Burn, Inzektor dan sebagainya. Meski demikian, pelajarilah tiap-tiap lawan potensial yang bisa saja kamu temui nanti sehingga kamu tidak perlu kaget lagi melawan mereka.

Oke segitu dulu,
Vandy

2 komentar:

saran bisa juga pakai proto cyber dragon. supaya tidak kena bottomless trap hole. tapi minus normal summon.

Membereskan LaDD dan dracossack? Lava Golem! *fuckyea

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More