Ads

Sabtu, 08 Juni 2013

Florsheim Tips: Gimmick Puppet (Part 1: Puppet Assembly)


Kembali lagi bersama saya di Florsheim Tips, General Vamp Corner!

Sebelum melaju lebih jauh, intermezo gak penting sedikit. Saya melihat, sepertinya mayoritas Kaijin Florsheim itu punya Fetish Mecha... Saya merasa mereka punya (atau pernah punya) deck Machine dan sering menyebutnya deck ‘favorite’ semasa itu. Mulai dari Medallion dan General Hengel yang doyan Karakuri, Duo fans Hardcore Mecha Armor Tiger yang dulu suka Meklord Emperor dan Durtle yang penggemar Gadget, serta Morg yang dulu dikenal sebagai “Si Ancient Gear” di awal karir per-Yugioh-annya. Well, I for one like Machine too. Karena itu kali ini saya akan kembali membahas archetype Machine! Mudah-mudahan belum pada bosan ya~

Archetype Machine yang akan saya bahas kali ini adalaaaaah...

GIMMICK PUPPET!
Boneka Barbie yang Imut dan Lucu

Maaf bagi yang berharap Mecha Phantom Beast, tapi kayaknya buat saya Gimmick Puppet lebih menarik untuk dibahas.

Jadi, tentang Gimmick Puppet. Ini adalah archetype yang digunakan oleh Ginga Bis-- Maksud saya IV (Four) atau Quattro dalam English Dub yang terdiri sepenuhnya dari monster Machine yang bentuknya seperti boneka yang imut dan lucu. Saat ini baru rilis di-OCG. Archetype ini memiliki banyak monster level tinggi tapi ber-attack rendah, namun semuanya memiliki effect yang bertujuan untuk set-up dengan tujuan memanggil Boss Monster mereka, yaitu para Xyz rank 8. Cukup Straight forward... Tapi... They called ‘Gimmick’ for reason. Mari kita bahas kartu-kartunya...

Gimmick Puppet - Necro Doll
"If this card is in your Graveyard: You can banish 1 other "Gimmick Puppet" monster from your Graveyard; Special Summon this card from your Graveyard. You can only use the effect of "Gimmick Puppet Dreary Doll" once per turn. This card cannot be used as an Xyz Material, except for the Xyz Summon of a "Gimmick Puppet" monster."

Efeknya simpel. Sangat membantu dalam membuat Xyz rank 8, walau hanya bisa digunakan untuk Gimmick Puppet. Tapi yang menjadi masalah adalah membuangnya ke-grave bersama dengan satu Gimmick Puppet lain untuk diremove. Gimana ya~? Nanti akan dikasih tau kok. Ingat, kartu ini level 8. Use it well.

Gimmick Puppet - Magne Doll

"If your opponent controls a monster and you control only "Gimmick Puppet" monsters, you can Special Summon this card (from your hand)."

Kombo tandem dengan Necro Doll atau Gear Changer untuk membuat Xyz rank 8 dengan mudah.

Gimmick Puppet - Scissor Hand
"When this card is Normal Summoned: You can send 1 "Gimmick Puppet" monster from your Deck to the Graveyard."

Armageddon Knight mereka. Salah satu kartu yang diharapkan datang di first hand, karena bisa membuang Necro Doll dan set up untuk next turn begitu dia mati. Dan kalu dia gak dibunuh lawan... Bisa dipakai Xyz jadi Geargigant kalau ada material lain ditangan (Scissor Hand lain, Gearframe, atau Gearchanger).

Gimmick Puppet - Gear Changer
"Cannot be Special Summoned from the Deck. Once per turn: You can target 1 "Gimmick Puppet" monster you control, except this card; this card's Level becomes the Level of that monster."

Salah satu kartu terpenting di Deck Gimmick Puppet. Mempermudah Xyz summon rank tinggi (atau Rank 4 dengan Scissor Hand). Sayangnya kartu ini ada restriksi "Cannot be Special Summoned from the Deck" sehingga tidak bisa di-abuse dengan Machine Duplication atau Inferno Reckless Summon, dan juga tidak bisa dipanggil dengan One for One.

Junk Puppet

"Target 1 "Gimmick Puppet" monster in your Graveyard; Special Summon that target. You can only activate 1 "Junk Puppet" per turn."

Monster Reborn eksklusif Gimmick Puppet. Satu-satunya Drawbacknya adalah cuma bisa dipakai satu kali tiap putaran. Sangat berguna untuk memanggil material Xyz, atau memanggil kembali “Number 40” yang mati, karena walau tanpa material, Attack 3000 itu tetap sangat berguna.

Dan yang lainnya...


"I stop caring about their effect"

Untuk saat ini, buat saya sih, mereka nggak kepake. Sejauh ini belum ketemu play efisien yang memakai mereka. Cuma ngasih combo kondisional yang kurang worthed. Tidak sejelek itu, tapi... 40 slot kartu di main deck terlalu berharga. Tapi kalau anda suka art-nya (wat?) atau mau bereksperimen, ya silahkan dicoba.

Untuk Xyz monsternya...

Number 15: Gimmick Puppet Giant Grinder
"Up to twice per turn, during your Main Phase 1: You can detach 1 Xyz Material from this card, then target 1 Special Summoned monster your opponent controls; destroy it, then if it was an Xyz Monster, inflict damage to your opponent equal to its original ATK."

Xyz Rank 8. Attacknya memang kecil, tapi sangat mematikan untuk digunakan melawan deck yang Xyz-based.

Number 40: Gimmick Puppet of String
"Once per turn: You can detach 1 Xyz Material from this card; place 1 String Counter on each face-up monster on the field, except this card. If you do, during your opponent's next End Phase: Destroy the monsters with String Counters, and if you do, inflict 500 damage to your opponent for each monster destroyed."

Efeknya memang terlihat tidak terlalu berguna. Tapi dalam deck Gimmick Puppet, makhluk ganteng ini adalah Xyz yang paling sering dipakai karena Attacknya yang besar dan dapat dipanggil dengan mudah. Serta... Dia target EEV.

Number 88: Gimmick Puppet of Leo
"Once per turn, if you have no cards in your Spell & Trap Card Zone: You can detach 1 Xyz Material from this card, and if you do, place 1 Destiny Counter on this card. You cannot conduct your Battle Phase the turn you activate this effect. When 3 Destiny Counters are on this card, you win the Duel."

Oke, gak usah dibahas. Udah pernah dibahas di-tips sebelumnya soalnya. Dan kayaknya gak akan terlalu dipake dideck Gimmick Puppet sendiri.

Lalu, sekarang mari kita beralih pada kartu-kartu yang bisa mensupport archetype ini!

Kendala utama yang tadi disebut adalah membuang Necro Doll ke-grave. Karena levelnya yang tinggi, pikiran kebanyakan orang pasti langsung tertuju pada Dark Grepher. Tapi entah kenapa saya males pake Dark Grepher. Main Full Machine aja deh... Berikut kartu-kartu non-Gimmick Puppet yang bisa dipakai!

1. Machina Fortress
Yes. Semua Gimmick Puppet Machine kok. Dan karena mereka banyak yang level 8, discard satu kartu bisa langsung bisa revive Fortress. Isi grave sekaligus dapet monster gede. Killing two Bird with one Grenade.

2. Machina Gearframe
Searcher Machina Fortress. Dan Gimmick Puppet tidak begitu banyak monster low level yang bagus dipanggil distarting hand, so this add the count.

3. Scrap Recycler
Armageddon Knight untuk Machine. Efek draw 2-nya kayaknya gak akan sering kepake sih... Kartu ini bisa menjadi pengganti Scissor Hand karena dia bisa Dump Machina Fortress. Tapi ya sebagai kompensasinya, dia bukan “Gimmick Puppet” (nggak bisa buat cost remove Necro Doll)

4. Card Trooper
The good ol’ mill engine. Kalau tertarik bisa dicoba, dan dia ngedraw 1 kartu yang bisa fix badhand.

5. Gearspring Spirit
Buat yang nggak kenal, nih gambar sama efeknya
"Cannot be Normal Summoned/Set. Must first be Special Summoned (from your hand) by having only Machine-Type monsters in your Graveyard (min. 1). Once per turn: You can target 1 face-up monster your opponent controls; its ATK becomes 0 until the End Phase."

Pretty much the ace-in-the-hole. Ini alasan kenapa saya mau main Pure Machine. Simply too good on Gimmick Puppet deck. Bisa dipake buat Xyz rank 8 sekaligus bikin attack musuh jadi 0, untuk mengusir monster-monster menyebalkan dan kasih damage gede (dan gak jarang bikin OTK di turn itu)

6. Dark Eruption
Buat recycle Gearspring Spirit dan Magne Doll atau malah Necro Doll (untuk dijadikan cost Fortress). Bisa juga recycle Scissor Hand kalau butuh kartu extra di-grave.

Lalu berikutnya... Kita butuh Speed!!! Berikut ini Draw engine yang bisa dipakai.

1. Allure of Darkness
Bagus sih, naturally, tapi ngeremove itu kadang nggak enak karena seringkali kita butuh monster Gimmick Puppetnya itu di-grave.

2. Trade-In
Gimmick Puppet banyak yang Level 8, dan kartu ini ngisi grave. Fine choice.

3. Advance Draw
Ya, kartu ini sangat bagus di-Gimmick Puppet. Necro Doll target ideal untuk cost kartu ini karena bisa muncul “hampir gratis” dari grave tiap turn.

4. Card Car D
No harm Done. Buat strong opening dan ngeplus karena decknya cukup combo-based. Dan di-first turn, biasanya decknya nggak ngapa-ngapain juga (asal nggak di-OTK aja sih). Dan dia Machine.



Oke, karena rasanya akan kepanjangan kalau dilanjut, segitu dulu untuk part 1. Part 2 tentang play dan combo, serta trick and gimmick dari Deck Gimmic Puppet ini sendiri, serta boss card mereka yang lainnya akan menyusul di lain waktu. So, byebye for now.

1 komentar:

Itu caption-nya kurang tepat, Gimmick Puppet itu bukan Barbie tapi Chukky

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More