Rabu, 12 Juni 2013

Florsheim Tips : How to Snipe at Facebook Auctions

Hi guys,

Harusnya hari ini diisi tournament report, cuma karena gue lagi tertarik bahas yang lain, jadi mari kita bahas yang lain dulu. Sebenernya di Florsheim gue paling malas kalau harus bahas yang berhubungan sama uang. Maklum, menurut gue daripada mikirin seberapa mahalnya hobi kita semua ini, mendingan kita pikirin gimana fun-nya aja, betul?

Kamu beruntung, hari ini gue membuat sebuah perkecualian. Soalnya hal ini justru akan membantu kamu-kamu duelist dengan modal kecil dan menengah. Apa yang akan gue bahas? Auction.

Kalau kamu cukup up to date dengan news feed facebook kamu, maka kamu akan tahu kalau sudah ada beberapa grup lelang online di jagad facebook, ada yang mencakup seluruh Indonesia, ada juga yang per regional. Masing-masing grup memiliki aturan main mereka sendiri. Beberapa yang cukup populer adalah tiap lelang memiliki harga start bid dan tanggal serta jam end date. Dari situ peserta akan terus menawar naik dan naik harganya hingga sampai end date, lalu siapapun yang terakhir menge-bid menang sehingga berhak membeli barang tersebut dengan harga tertinggi itu.

Coba perhatikan beberapa saat. Kamu akan sadar bahwa semakin sering orang mengebid, maka harganya akan semakin tinggi. Pada akhirnya, harga kartu yang seharusnya murah di lelang menjadi menyamai harga pasar, atau bahkan melebihi. Lalu bagaimana cara agar kalian semua untung?


Perkenalkan, teknik ini bernama Sniping. Intinya, kamu mengebid HANYA pada menit terakhir lelang. Disitu kamu bisa mendapat harga terbaik asalkan tidak ada orang lain yang sok mengebid juga sebelumnya. Ada beberapa poin yang kamu perlu tahu dalam melakukan sniping. Simak!

1. Catatlah tanggal End Date
Saat browsing grup-grup tersebut, catatlah end date masing-masing lelang yang kamu minati. Pasang alarm di handphone atau komputer kamu 30 menit sebelumnya sehingga kamu bisa bersiap.

Jangan lupa SINKRONISASIKAN jam kamu dengan jam facebook agar tidak ketinggalan atau terlalu cepat. Kamu juga bisa klik tombol "Follow Post" atau "Ikuti Kiriman" di lelang tersebut agar kamu tahu updatenya.

Jangan mengebid terlalu akhir juga, karena jika bid sama (misalnya sama-sama 120.000) maka siapapun yang pertama mengebid dialah yang menang. Namun begitu, bid-lah hanya di menit terakhir. Kenapa? Simak di poin berikutnya!

2. Bid-lah HANYA di menit terakhir
Apa alasannya? Untuk kepentingan argumen, anggap harga bukaannya adalah 100.000. Kalau kamu mengebid sejak awal, maka 100.000 akan naik menjadi 110.000, lalu 130.000, lalu 170.000, lalu 200.000 dan terus naik hingga melewati budget kamu. Jika kamu mengebid pada menit terakhir, maka dari 100.000 paling hanya naik 1-2 kali saja menjadi 110.000 atau 120.000.

Kalau kamu kalah bagaimana? Ya nggak masalah, berbeda dengan lelang di dunia nyata yang memerlukan modal beli lot, di facebook kamu nggak rugi apapun kan dengan memberi komentar. Jadi siapapun yang menang akan untung mendapat harga murah, dan siapapun yang kalah tidak akan rugi sepeser pun. Win-Win.

Kalau kamu ngebet banget pengen punya gimana? Ya bom saja. Misal harganya 100.000, kamu bom jauh lebih tinggi misalnya 150.000 di menit terakhir. Memang lebih mahal daripada kalau kamu santai kasih harga, namun overall tetap lebih murah dari harga pasar kan?

Namun kalau kamu terlalu lama membiarkan lelang tersebut, ada grup yang memberlakukan berapa hari tidak ada bid maka lelang dihapuskan. Jadi yaa demi tidak dihapus, bolehlah lelang harga dasar dulu sebelum perang sebenarnya nanti.

Pastikan kamu tahu di menit berapakah "menit terakhir" ini. Ada beberapa lelang yang menetapkan "menit terakhir"-nya justru di 5 menit sebelumnya. (Misal end jam 21:00, maka "menit terakhir" kamu adalah 20:54 karena begitu 20:55 bid kamu dianggap hangus)

3. WAR TIME!
Memasuki medan perang "menit terakhir", pastikan kamu sudah siap dengan komentar yang akan kamu masukkan di clipboard kamu, jadi kamu hanya perlu melakukan Ctrl+V lalu enter atau cukup edit sedikit. Kemudian pastikan juga koneksi kamu cukup baik agar tidak ada waktu terbuang akibat pending yang bisa menyengsarakan jiwa.

Gunakanlah laptop atau PC, bukan handphone agar respon kamu lebih sigap dan mantap. Bukalah lelang yang kamu inginkan di tab tersendiri (caranya klik tanggal/waktu post lelang di FB).

Terakhir dan cukup penting, tetapkanlah dulu maks budget kalian agar tidak terbawa nafsu mengebid lebih besar di "menit terakhir" ini. Perhitungkan juga biaya ongkos kirim jika pelelang ada di luar kota. Jangan sampai lelang yang seharusnya membuat kamu lebih hemat, justru malah membawa ke ketamakan dan tingkah laku boros.


Gue cuma bisa kasih bekal ini untuk kalian belajar sniping. Teknik sniping akan semakin terasah kalau kamu sering berlatih. Targetlah barang-barang kecil yang memang di bawah harga pasar, sehingga begitu ada barang besar, kamu sudah terlatih menyenip.

Sebenarnya ada beberapa aturan yang bisa mencegah orang melakukan sniping, seperti "auto-adjust" milik ebay, atau perpanjangan waktu jika ada bid lagi (menghilangkan "menit terakhir"). Namun tenang saja, karena ada grup-grup yang menolak menggunakan sistem seperti itu, jadi bisa kalian manfaatkan dengan melakukan sniping.

Itu dulu tips snipingnya. Masih ada sih beberapa tips lain mengenai auction, baik untuk pembeli, penjual, maupun admin grupnya, tapi kapan-kapan saja lah kalau gue minat, hehe.

Oke segitu dulu,
Vandy

1 komentar:

biasanya ngekomen di awal2 buat ninggalin jejak, atau berharap yang punya post lupa nge up dan postnya tenggelam :3

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More