Ads

Sabtu, 15 Juni 2013

Florsheim Tips: Gimmick Puppet (Part 2: Puppet Dance)




Oke, lanjut lagi dari artikel sebelumnya! Setelah sebelumnya kita membahas tentang member dan support dari deck Gimmick Puppet, sekarang kita bahas mengenai playstyle dan “Boss Card” mereka secara lebih mendalam! Oke, tanpa perlu diperpanjang lagi, let’s start!

THE GIMMICK PUPPET BOSS

1. Number 40: Gimmick Puppet of String
Belah lah dada ini, Kasiiih~
Sudah dibahas sebelumnya. Perannya sebagai beater utama deck ini. Dark, Machine, dan memiliki Attack 3000. Saya sudah bilang kartu ini efeknya tidak terlalu penting (walau tidak boleh dilupakan juga. Ada saatnya efeknya itu berguna) sehingga tanpa material pun kartu ini tetap berguna sebagai Beater, dan dalam deck Gimmick Puppet kartu ini bisa dipanggil dengan mudah karena bisa dipanggil dengan Necro Doll sebagai material. Lalu bila kartu ini sudah ada di-grave, bisa juga dipanggil dengan mudah memakai “Junk Puppet” karena tanpa material pun kartu ini tetap beater yang kuat. Dan karena dia Machine... Sangat sakit bila di-direct dengan kartu ini ditambah Limiter Removal, membuat lawan tidak bisa membiarkan field kosong sembarangan. Lalu kartu ini juga merupaka target yang bagus untuk EEV karena mudah untuk dipanggil di-deck ini. Sangat efektif untuk melawan deck yang mengandalkan Spell dan Trap. NB: personal preference, saya doyan pake kartu ini ditambah “Onigami Combo” karena Xyz materialnya juga seringan nganggur dan bisa bikin damage gede.
Good With: EEV, Limiter Removal, Junk Puppet, Oni-Gami Combo 

Btw, Oni-Gami Combo: (buat yang nggak tau)
MudaMudaMudaMudaMuda!!!
Target 1 face-up Xyz Monster you control and detach all of its Xyz Material; this turn, that target can attack twice during the same Battle Phase.

2. Number 15: Gimmick Puppet Giant Grinder
Suck on my...
Anti-Xyz. Nuff said. Bisa dipanggil dengan cukup mudah dengan deck ini, sehingga menggunakan Xyz yang “Tidak Immortal” itu sangat suicidal dalam melawan deck Gimmick Puppet. Dan harap diingat, kartu ini membunuh Monster Special Summon apapun. Bukan hanya Xyz (walau tidak nge-burn kalo bukan Xyz yang di-destroy) sehingga kartu ini, dengan efek “Twice Per Turn”-nya, sangat efektif untuk melawan deck yang doyan Spam monster “Special Summon”. Anggap saja “Ancaman tak terlihat” bagi lawan supaya tidak memanggil Xyz sembarangan saat melawan Gimmick Puppet karena bisa jadi berbalik ‘terbunuh’. Stats-nya emang agak sedih, dan kadang berasa nggak layak di-Limiter Removal. But trust me, the stats is just enough. NB: Kalau anda nekat, saat melawan deck Dragon Ruler, coba sengaja bikin Xyz attack besar (Number 40, Trashy Eye Fat Dragon, etc) dan dijamin lawan anda dengan polosnya akan memanggil Number 11: Big Eye dan menculiknya. Bila anda tidak ter-OTK, panggil monster ini, and see fun thing happen. (Happen a lot, and work “Almost” everytime btw)
Good Against: Any special summoning deck, especially that rely on Xyz

3. Number 88: Gimmick Puppet of Leo

Pass. Next!!!

THE NON-GIMMICK PUPPET
Yang bukan Gimmick Puppet dipisahkan. Karena harap diingat, mereka tidak bisa dipanggil dengan Necro Doll, dimana Necro Doll itu merupakan engine paling kuat di-deck ini. Walau begitu, mereka masih bisa dipanggil dengan kartu lainnya dan tidak terlalu sulit sehingga kartu-kartu ini tetaplah bisa menjadi “Boss Card” atau OTK-Maker mereka.

1. Trashy-Eye Fat Dragon
2 Level 8 Machine-Type monsters
Once per turn: You can detach 1 Xyz Material from this card; this card gains 1000 ATK until your opponent's next End Phase. If this card is destroyed while it has Xyz Material: You can banish 1 "Super-Defense Robo" monster from your Graveyard; Special Summon this card from your Graveyard, then you can attach 1 "Super-Defense Robo" monster from your Graveyard to this card as an Xyz Material.

Machine dengan attack 3000 yang bisa jadi 4000. Efek keduanya memang tidak terpakai di-deck ini, tapi kartu ini merupakan OTK-maker yang kuat karena dia Machine sehingga bisa langsung di-Limiter (Atau Onigami Combo) untuk OTK. Memanggilnya dengan Gearspring Spirit juga memastikan bahwa lawan akan terkena damage besar dan bisa meninggal seketika.
Good With: Oni-Gami Combo, Limiter Removal

2. Number 107: Galaxy-Eyes Tachyon Dragon
2 Level 8 monsters
Once per Battle Phase, at the start of your Battle Phase: You can detach 1 Xyz Material from this card; negate the effects of all other face-up monsters currently on the field, also their ATK and DEF become their original ATK and DEF, and if you do any of these, during the Battle Phase this turn, each time an opponent's card effect resolves, this card gains 1000 ATK until the end of the Battle Phase, also, it can make a second attack during each Battle Phase this turn.

Memang bukan Machine. Tapi bawa saja. Art-nya keren kok. Dan kadang efeknya bisa membantu OTK atau me-negate monster menyebalkan yang ada di-field lawan.
Good Against: Gorz, Tragoedia, Blue-Eyed Maiden, Card Trooper, floater, etc.

3. Number 22: Zombiestein

2 Level 8 DARK monsters
Must be Xyz Summoned and cannot be Special Summoned by other ways. Once per turn, during either player's turn: You can detach 1 Xyz Material from this card and send 1 card from your hand to the Graveyard to target 1 face-up card your opponent controls; change this card to Defense Position, and if you do, negate that face-up card's effect until the End Phase.

Mayoritas kartu untuk Xyz material di-deck ini Dark, jadi memanggil monster ini tidak begitu susah. Selain Beater Macho dengan Attack Point 4500 (yang sayangnya gak bisa di-limiter, tapi bisa di... Ehm) Dan fungsi lainnya adalah saat kita swarming dengan monster besar, dia bisa jadi “pelindung” saat terjadi “hal-hal yang tidak diinginkan” dengan cost yang cukup ringan walau setelahnya dia jadi rentan diserang. (Tapi asal kita bisa menang di-turn itu, mestinya gak masalah sih)
Good With: Oni-Gami Combo
Good Against: Mirror Force, Dark Hole, and some other annoying card

4. Hieratic Sun Dragon Overlord of Heliopolis

2 Level 8 monsters
Once per turn: You can detach 1 Xyz Material from this card; Tribute any number of monsters from your hand and/or your side of the field (minimum 1), then destroy an equal number of cards on the field.

Buat bersihin field lawan dan kartu yang mengganggu, sekaligu ngisi grave dengan kartu-kartu yang sebaiknya ada di-grave seperti Fortress dan Necro Doll. Solid and Versatile card is welcomed as always.

5. Coach King Giantrainer
3 Level 8 monsters
You can detach 1 Xyz Material from this card; draw 1 card and reveal it, then if it was a monster, inflict 800 damage to your opponent. You cannot conduct your Battle Phase the turn you activate this effect. You can use the effect of "Coach King Giantrainer" up to thrice per turn.

Karena 3 material (dan gak bisa pake Necro Doll), manggilnya emang gak terlalu gampang. Tapi... Draw 3 itu selalu nikmat. Bisa memakai Inferno Reckless Summon untuk mempercepat memanggil monster ini. Tapi hilang battle phase itu nggak enak, so personally, I don’t call this thing often, even when I can.


Yah, yang notable itu saja. Tentu saja kartu lainnya yang cukup “berkelas” seperti Dracossack dan Big Eye dapat digunakan di-deck ini (tidak terlalu sulit dengan Machina Fortress sebagai material) dan juga Gear Gigant X untuk searcher tambahan. Kalau anda mau bawa Tuner juga, bisa digunakan untuk menambah “Boss Card” seperti Locomotion R-Genex ataupun Starform Dragon. But let’s save that for you to try.
Monster yang nyulik Permanen, before it was cool


HOW TO WIN!?
Hmm... Kalo dijelaskan dengan dua kata... “Aggro” dan “OTK” kayaknya cukup. Deck ini dengan cepat bisa meng-Xyz monster Rank 8 dan mem-flood field dengan monster attack tinggi lalu memberikan damage besar, malah tidak jarang langsung OTK. Hal ini didukung dengan draw engine mereka yang cukup cepat, Machina Fortress yang bisa muncul “seenaknya”, Gearspring Spirit yang bisa membuat attack lawan menjadi 0 dan menjadi Xyz Material, serta attribute “Machine” mereka. Dengan formasi 2 Xyz Rank 8+1 Fortress, atau 2 Fortress+1 Xyz rank 8, memberi damage besar kelawan sangatlah mudah.

Kalau mau dilihat sendiri...



Maaf kalau kualitasnya jelek dan gak jelas (pastikan dulu ganti quality-nya ke 480p ato 360p). Pertama kali nyoba nge-upload via youtube dan masih eksperimen juga. Jadi kritik dan sarannya monggo juga.

Yak, sekian dulu dari saya. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna, dan kalau ada yang kurang atau dirasa tidak lengkap, itu saya sengaja biar kalian semua punya jiwa petualang dan mau bereksperimen sendiri (alasan). Kurangnya mohon dimaafkan, lebihnya tolong dikembalikan.

-Vamp Shogun-

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More