Kamis, 08 Agustus 2013

Florsheim Info : 5 Meta Decks That May be Hit by Banlist Part 2

Hi guys,

Kesetiaan kalian mantengin facebook dan fanpage florsheim memang sungguh mantap. Dalam waktu 15 menit saja sudah terkumpul hampir 50 like demi artikel ini. Okelah, karena sudah dilike, monggo dibaca. Artikel ini untuk kalian!


Berhubung banlist akan segera menyambut dalam jangka waktu sekitar 2 mingguan lagi, gue berikan analisa deh kira-kira deck apa saja yang mungkin kena, dan apa saja yang sepertinya bakal kena. Di part kedua ini gue akan melanjutkan artikel pertama: http://www.florsheimteam.com/2013/07/florsheim-info-5-meta-decks-that-may-be.html.

Oh sebelumnya, gue dan segenap kru Florsheim mau mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434H. Mohon maaf lahir dan batin kalau kami pernah salah dan menyakiti hati secara personal ataupun dalam post/blog di social media. Terutama soal "salah" nggak pernah posting, hehe.

3. Mermail


Mermail adalah raja metagame format pra-LTGY yang tiba-tiba keok mati kutu setelah mencuatnya Dragon Ruler dan Spellbook. Namun jangan salah, kekuatannya tidak berkurang sedikitpun, bahkan semakin kuat dengan dukungan salah satu dari Dragon Ruler, yaitu Tidal, untuk mempercepat OTK.

Kandidat kartu yang bisa terkena di Mermail sungguh gamang. Alasannya karena tidak ada "satu kartu tertentu" sebagai poros deck atau lebih broken daripada yang lain secara signifikan. Semua merupakan sinergi, jalin-menjalin meski tanpa kartu kunci. Akan tetapi jika mesti memilih, ada tiga kartu yang mesti dibatasi.

Pertama adalah Atlantean Dragoon. Ia memang tidak termasuk keluarga Mermail, namun perannya sungguh jelas disana, yakni untuk mencari Atlantean lainnya atau Mermail Abyssmegalo/Abyssleed sehingga bisa menyambung play. Tanpanya diharapkan deck Mermail bisa sedikit lebih tidak konsisten mencari mesin dan bom mereka. Well... sedikit.

Kandidat kedua adalah Mermail Abyssmegalo, sang boss OTK enabler sekaligus searcher dan discarder untuk para Atlantean dan Abyss-sphere. Dengan Abyssmegalo, deck Mermail bisa sangat cepat menghabisi Life Point 8000 kamu dengan serangan gandanya. Belum lagi kalau dipasang equipment, sesuatu yang bisa dicari juga olehnya saat dipanggil.

Sedangkan kartu terakhir adalah Deep Sea Diva. Kartu ini memang sangat terbatas dalam pencariannya, namun ia sendirian saja bisa menghasilkan 3400 damage, apalagi jika digabung Abyssmegalo sebagai kombo OTK paling standar milik Mermail. Mermail cukup "tidak terlihat" di meta sekarang. Namun jangan salah, dengan jatuhnya Dragon Ruler dan Spellbook di banlist depan, justru ia yang mesti diwaspadai melebihi deck-deck lainnya, termasuk deck kamu. Jadi sebelum kamu memutuskan Mermail sampah, mending ngaca dulu deh.

4. Brotherhood of the Fire Fist


Fire Fist sepertinya akan menjadi idola baru pasca-JOTL. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena rilisnya batch baru Persilatan Tinju Api ini. Mulai dari Boar dan Caribou yang ber-rarity rendah, hingga Wolfbark dan Rooster sebagai Secret Rare paling cuan di set ini. Fire Fist menawarkan cara bermain yang fresh dan lebih interaktif dibandingkan archetype lainnya di metagame yang entah kenapa, senang sekali bermasturbasi sendiri.

Kandidat banlist dari Fire Fist tidak banyak, apalagi ada kecenderungan Konami berniat mendukung mereka lebih dalam untuk menggenjot penjualan JOTL. Hal ini membuat bahkan gue sangsi akan ada kartu yang terkena selain satu kartu utamanya.

Kartu utama dari archetype Fire Fist adalah Fire Formation - Tenki. Kartu ini begitu searchable dan digunakan untuk menge-search bagian-bagian penting lainnya yang akan digunakan mencari kartu ini lagi. Jelas, Tenki adalah kartu yang tidak hanya bertugas untuk menambah konsistensi, namun juga sebagai jantung dalam deck Fire Fist. Kemungkinan besar Tenki hanya terkena Semi-Limited, namun sudah cukup untuk memberi hantaman fatal pada para duelist Fire Fist.

Kemudian selain Tenki, sebenarnya tidak ada kandidat lain yang cukup oke. Namun jika Tenki tidak terkena, maka kandidat berikutnya adalah Brotherhood of the Fire Fist - Bear. Kenapa Bear? Karena ia bisa dengan mudah menghasilkan plus banyak dengan cara yang mudah. Ia juga mampu menyelesaikan keadaan rumit dengan skill tembak dan search-nya. Hanya saja, hal ini hampir mustahil. Alasannya cukup jelas, Bear akan direprint secara masal di KEDUA Collectable Tin 2013 Wave 1 nanti. Maklum penonton, dari segenap anggota Persilatan Tinju Api lainnya, Bear memang artis paling papan atas. Emang iya!

Oke segitu dulu, bersambung ke part tiga!
Vandy

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More