Senin, 23 Desember 2013

Florsheim Tips : Tujuh Hal yang Membuat Seorang Duelist Lebih Bahagia


Hi guys,

Terinspirasi dari post seorang kenalan soal 7 Hal yang Membuat Kita Bahagia dan celetukan salah seorang kaijin, gue coba mentranslasikan ketujuh hal tersebut menjadi hal-hal yang dekat dengan kita, para duelist. Berhubung gue malas membuat pembukaan dan sebagainya, langsung aja deh dibahas satu per satu!

1. Koleksi Pengalaman, Bukan Barang


Orang yang menghabiskan uangnya untuk pengalaman (turnamen, invasi ke daerah lain, ikut event-event besar) lebih bahagia daripada orang yang hanya menghabiskan uangnya untuk kartu, membuka box atau membuat deck.

Misal, ada duit dua juta.

Saya pake buat beli deck meta sekarang. Huwee, kereen.. Tapi empat bulan kemudian, itu deck itu kemungkinan akan ketinggalan jaman karena muncul kartu-kartu baru; atau terkena banlist; atau teman saya punya deck yang lebih kuat lagi. Senangnya bentar doang. Mesti beli deck baru lagi untuk merasakan euforia serupa.

Kalo saya habiskan duit itu buat beli deck secukupnya ditambah akomodasi, perjalanan ke Jakarta serta biaya turnamen Nats, misalnya. Setahun kemudian, memori perjalanan itu masih membekas di pikiran, ga bisa dibandingkan dengan orang lain. Selalu bisa dikenang kembali hingga seumur hidup.

Yep, karena manusia adalah satu-satunya spesies yang bisa merasakan kenikmatan dari membayangkan kesenangan masa lalu atau masa depan ;)

Makanya kita disarankan untuk lebih sering turnamen walaupun turnamen lokal yang ecek-ecek, daripada turnamen gede tapi jarang. Ga apa-apa turnamen cuma hadiah singles tapi dua minggu sekali, daripada turnamen akbar tapi cuma setahun sekali. Karena ternyata orang yang ikut turnamen paling merasa bahagia pada saat merencanakan turnamennya.

Ini tentang ANTISIPASI! Kita jadi excited banget ketika membayangkan kesenangan yang udah semakin di depan mata. Makin sering pergi turnamen, makin sering berencana (misalnya perjalanannya, analisa metagame, side deck yang akan dipakai). Makin sering berencana, makin sering berimajinasi.

Penting untuk tidak terjebak rutinitas (bahkan rutinitas kemewahan sekalipun). Ga apa-apa sekali-kali turnamen yang fee-nya mahal. Sebelum pergi turnamen, browsing deck-deck meta yang bikin ngences kalau bisa kamu kalahin. Antisipasi memberikan kebahagiaan lebih dari event-nya sendiri. Duit yang dihabiskan buat turnamen di tempat yang fee serta hadiahnya mahal jadi kerasa lebih worth to spend karena sudah kamu antisipasi sebelumnya.

2. Anti-Ribet!


Gunakan uang atau atur hidup sedemikian sehingga kamu bisa mengurangi stres, ga ribet.

Dalam duel, biasanya keribetan muncul ketika kamu sadar ada misplay atau ada kecurigaan bahwa lawan kamu curang. Hal ini, akan menyita waktu dan bikin stres meski pertandingan sudah berakhir.

Sudahlah guys, tidak perlu meribetkan hal seperti itu. Jika kamu misplay, pelajari dan tidak perlu kamu pikirkan lagi. Jika lawanmu curang, tindak saat itu juga dan tidak perlu kamu pikirkan berlebihan sesudahnya.

Hal lain yang suka bikin ribet adalah ketika kamu kehilangan kartu atau terkena warning/game loss. Makanya persiapkan duel dan deck kamu agar tepat waktu sehingga tidak perlu terkena masalah seperti itu.

Antisipasi banlist juga sering membuat orang stres, takut kehilangan nilai dari kartu-kartunya. Tidak perlu memikirkan hal tersebut, mainkan saja deck kamu dengan tenang. Setidak-tidaknya, kamu sudah "untung pakai" dari deck kamu bukan?

3. Menabung vs. Belanja


Udah tau mau pake duit buat beli kartu atau deck apa, tapi jangan lupa sisihan setiap bulan dong ;)

Riset dan survey menunjukkan semakin banyak uang ditabung, semakin meningkat pula tingkat kebahagiaan. Menabung memberikan ketenangan pikiran karena membantu kita menghadapi hal yang tak terduga, bikin kita merasa bangga, dan memberikan indepedensi.

Menabung di sini maksudnya selain menabung di celengan dan bank, juga termasuk misalnya persiapan dana perjalanan nats, aset core deck, sampe isi album.

Menabung bukan hanya tentang mendisiplinkan diri, tapi juga tentang kemampuan kita mengimajinasikan masa depan. Orang yang menabung adalah orang yang memiliki kemampuan imajinasi yang lebih baik (akan masa depan). Orang-orang ini terbukti memiliki pola bermain yang lebih sehat, tidak mudah terjerat ke deck lain, dan memiliki risiko kecewa yang lebih rendah.

Dengan menabung untuk membeli langsung satu deck, bukannya membeli kartu secara asal, kamu bisa menghemat banyak pembelian yang tidak perlu. Terlebih lagi, kamu bebas dari kemungkinan deck kamu terkena banlist sebelum deck kamu jadi.

4. Hubungan Sosial yang Berkualitas


Social time sangat penting untuk meningkatkan kebahagiaan hidup, bahkan bagi orang introvert sekalipun.

Ga peduli lingkaran sosialnya luas atau sempit, orang yang punya satu atau lebih sahabat dekat (bisa pasangan, anggota keluarga, atau teman) ternyata lebih bahagia. Bukan soal kuantitas, tapi kualitas! Karena yang paling berpengaruh adalah seberapa sering kita bekerja sama, beraktivitas, dan berbagi perasaan pribadi bersama sahabat dan keluarga.

Makanya kalau pergi ke tempat duel, jangan diem saja. Ngobrol kek, duel kek, lihat-lihat album orang kek. Setelah main juga jangan langsung pulang. Ikut makan-makan dan foto-foto lah sama komunitas. Ketawa-ketiwi meski kamu nggak terlalu kenal. Duel bisa merekatkan kalian kok, dan akhirnya membentuk hubungan sosial yang berkualitas.

5. Membantu Orang Lain


Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia, mendonasikan 99% kekayaannya untuk amal dan berkata, “I couldn’t be happier with that decision.”

Cara yang paling memuaskan dalam menggunakan uang adalah dengan menggunakannya untuk orang lain, sekecil apapun itu. Tidak hanya dalam bentuk uang, orang yang peduli pada orang lain secara konsisten lebih bahagia dan jarang tertekan. Bisa dengan menjadi relawan pada sebuah komunitas atau sesederhana meluangkan waktu untuk teman yang sedang kesepian atau berjuang menghadapi suatu masalah.

Ini salah satu yang bikin bang Yugioh Andri terlihat sebagai salah satu duelist paling bahagia seantero CnG. Dia sering bagi-bagi kartu ataupun bikin event-event lelang murah yang asyik punya. Kalau kamu curhat sama dia pun, dia bakal mendengarkan kamu dengan seksama.

Selain membantu orang lain dengan uang atau memberi kartu, banyak juga yang bisa kamu lakukan. Misalnya mengajari orang lain cara bermain alias workshop. Atau melakukan deck fixing ketika ada teman kamu yang request. Atau seperti kami disini, membuat artikel panduan serta tips yang dibaca banyak orang.

Belum lagi, berbuat baik ke orang lain bisa memberikan karma baik lho.

6. Flow


Pernah melakukan sesuatu yang bikin kamu bener-bener konsen sampe lupa waktu, lupa makan, lupa mandi?

Nah, pada saat itu, kamu sedang mengalami kondisi sukacita (joyful state) yang disebut dengan flow.

Untuk merasakan flow, kamu harus mengerjakan kegiatan yang bersifat sukarela (bukan karena disuruh), menyenangkan (motivasi intrinsik), butuh skill, menantang (tapi ga terlalu sulit), dengan tujuan yang jelas menuju “titik sukses.”

Bermain sendiri sampai pusing melatih kombo? YGOPro semalaman suntuk buat ngetes deck? Seharian habis buat menyisir kobokan mencari kartu? Melatih playstyle terbaru? Bergulat dengan duel puzzle? Atau menulis untuk sebuah blog?

Kita akan lebih menghargai pekerjaan, hubungan, hobi, atau institusi yang sejalan dengan kekuatan unik kita dan memungkinkan kita menggunakan kekuatan tersebut secara reguler.

Yep, sukacita flow terkait dengan passion. Memiliki passion untuk berduel adalah salah satu hal yang membuat hidup worth living karena menyegarkan, menarik, dan memuaskan. Orang-orang juga merasakan flow ketika berusaha memenuhi sebuah tujuan jangka panjang yang meaningful.

7. Optimisme dan Rasa Syukur


Berpikir positif dan penuh pengharapan (dengan dosis yang pas) dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kita melakukan tindakan berbahaya (ex: rusuh karena curigaan sama orang), mencegah penyakit kronis, membantu kita dalam menghadapi berita buruk, serta bikin panjang umur.

Orang yang penuh syukur lebih bahagia, merasakan dukungan sosial yang lebih kuat, dan jarang tertekan/depresi. Rasa syukur memungkinkan kita untuk living the moment, merasakan kebahagiaan dari setiap momen yang terjadi atau dimiliki sekarang.

Kalaupun kamu kalah di turnamen, tidak perlu kecewa. Optimis bahwa kamu bisa belajar dari turnamen yang baru saja berlangsung dan akan memiliki performa lebih baik di turnamen berikutnya. Kalau kamu menang, jangan lupa syukuri. Lekaslah beribadah dan tunjukkan rasa syukurmu pada Yang Maha Kuasa. Berpestalah dengan kawan-kawan kamu kalau kamu menang hadiah yang oke. Saya yakin harga tiga loyang pizza yang dinikmati bersama antara kamu dan teman setim kamu tidak ada apa-apanya dibanding satu booster box yang baru saja kamu menangkan.

Jadi guys, bagaimana? Sudah siap untuk lebih berbahagia dalam bermain TCG?


Oke segitu dulu,
Vandy THE KIRA KIRA SHINING PANDA!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More