Kamis, 23 Agustus 2012

Florsheim Info : Forbidden and Limited List Analysis Part Three



Kita sudah membahas deck apa saja yang dirugikan dan deck apa saja yang diuntungkan. Edisi analisa kali ini, kita akan membahas mengenai playstyle dan metagame awal-awal format. Sebelumnya, mari kita simak lagi perubahan Forbidden and Limited List kali ini agar semakin terpatri dalam otak.

Forbidden:
Brionac, Dragon of the Ice Barrier
Future Fusion

Limited:
Inzektor Dragonfly
Inzektor Hornet
Evigishki Gustkraken
Chaos Sorcerer
Spore
Wind-Up Carrier Zenmaity
Tsukuyomi
Red-Eyes Darkness Metal Dragon
Ultimate Offering

Semi-Limited:
The Agent of Mistery - Earth
Debris Dragon
Blackwing - Kalut the Moon Shadow
Rescue Rabbit
E - Emergency Call
Pot of Duality
Hieratic Seal of Convocation
A Hero Lives
Reasoning
Mirror Force
Tour Guide From the Underworld

No Longer Restricted:
Necro Gardna
Marshmallon
Emergency Teleport
Destiny Draw
Swords of Revealing Light
Level Limit - Area B
Magic Cylinder


Bagi yang belum membaca Part One bisa membaca di link Florsheim Info : Forbidden and Limited List Analysis Part One

Bagi yang belum membaca Part Two bisa membaca di link Florsheim Info : Forbidden and Limited List Analysis Part Two

Playstyle Changes

Synchros and Big Bosses are on the rise. Berkat naiknya status tiga buah Tuner (Spore, Earth, dan Debris) serta diunlimitnya Emergency Teleport, maka sudah pasti popularitas Synchro akan naik, karena masalah utama dari Synchro biasanya adalah Tuner yang sampah. Dengan naiknya status Tuner-Tuner yang tidak sampah, maka meningkatnya penggunaan Synchro tidak dapat dipungkiri.

The White Card Rises
Selain naiknya Synchro, hal ini juga berarti popularitas Xyz akan menurun. Bahkan kemungkinan besar akan terbatas pada beberapa Xyz broken seperti Leviair dan Zenmaines, atau Xyz yang karena memang di deck banyak digunakan monster berlevel tersebut seperti Gachi Gachi dan Utopia, atau yang memang Theme Specific seperti Zenmaity.

Jumlah Xyz menurun simply karena Synchro lebih baik. Mereka memiliki ATK lebih besar, efek lebih imba, dan tidak terbatas oleh Xyz Material, sehingga merupakan target Reborn dan Call of the Haunted yang bagus. Terlebih ada beberapa Tuner imba yang lepas, seperti Earth (pencari Venus dan plus satu, makanan Hyperion, LIGHT Fairy), Spore (plus satu dari Grave, material Formula Synchron yang juga plus satu), Debris (bersih-bersih field sambil muncul dua token), dan Emergency Teleport (keluar Tuner dari langit). Karena besarnya ATK para Synchro dan Big Boss macam Grapha, Hyperion, Fusion HERO dsb, maka Xyz bisa dibilang akan kesulitan melawan mereka, kecuali menggunakan Zenmaines.

Hal ini akan membuat format ini "main gede-gedean boss". Kita mengeluarkan satu Xyz/Synchro/Boss besar, saat giliran lawan, ia harus mengeluarkan yang lebih besar atau yang berefek menghancurkan Xyz/Synchro/Boss kita. Jika ia berhasil, maka jadi giliran kita untuk mengatasi monster besarnya dengan monster yang lebih besar lagi. Begitu seterusnya.

Salah satu alasan kenapa format ini begini
Fungsi Trap sebenarnya bisa sangat membantu dalam mengatasi loop ini, namun tiga Mystical Space Typhoon beserta satu Heavy Storm membuat banyak Trap menjadi tak berdaya. Oleh karena itu, jangan kaget kalau beberapa duelist akan mulai menggunakan Spell penghancur semacam Smashing Ground di tengah format.

Deck-deck juga semakin bisa berakrobat main sendiri melancarkan kombo-kombo hina, oleh karena itu penggunaan Hand-Trap cenderung naik, bahkan bisa saja orang memakai lebih dari satu tipe.

Metagame Changes

Di awal format, metagame akan diisi oleh banyak Agent dan variasinya, karena mereka bisa menggunakan Hyperion dan Black Luster Soldier, salah dua monster terkuat saat ini. Selain Agent, beberapa Tele-varian juga akan semakin banyak. Tele-varian populer hanya karena reputasi lama mereka. Pada prakteknya, Tele-varian masih belum memiliki build yang pas di metagame saat ini. Satu lagi yang akan kembali adalah Plant Synchro. Meski tersunat, namun tambahan Debris dan Spore sudah cukup bagi mereka untuk bangkit.

Masih akan eksis!
Kemudian akan ada juga pemain lama, yaitu Dino Rabbit, Chaos Dragon, dan Wind-Up. Inzektor sudah tertinggal di ranah bawah karena dua kartu andalannya dibunuh. Dino Rabbit akan semakin banyak membawa Trap dan Battle Trick seperti Lance dan Chalice. Chaos Dragon akan melambat, sehingga mereka terpaksa bermain kontrol dengan boss-boss mereka. Sedangkan Wind-Up, tanpa loop kemampuan mereka yang sesungguhnya justru akan terlihat. Wind-Up jujur saja sangat piawai dalam melakukan swarming Xyz berbagai level untuk menyelesaikan berbagai jawaban.

Bagaimana dengan archetype-archetype baru? Geargia dan teman-temannya seperti Karakuri atau Gadget pasti akan mendobrak area kompetitif. Mereka memiliki kemampuan plus, swarm, dan search yang gila-gilaan. Prophecy kemungkinan besar tidak digunakan, kemudian Madolche harus menunggu Abyss Rising untuk naik ke atas. Salah satu archetype yang berpotensi besar adalah Atlantean, atau secara lebih general adalah deck WATER. Ya, makhluk-makhluk air ini memiliki bahan-bahan yang diperlukan untuk kompetitif, belum lagi banyak support bagi mereka di set berikutnya, Abyss Rising.

Conclusion

Berbagai archetype bermunculan di format ini, baik dari deck yang sudah pernah mati di masa lalu, deck yang masih merajai sekarang sebelum list baru berlaku, hingga deck-deck di masa depan yang akan kita cicipi dalam waktu dekat. Tapi apa yang menentukan apakah mereka cukup kompetitif atau tidak? Jawabannya adalah relatif. Relatif terhadap apa? Kalau terbatas pada berteori, gue akan menjawab, "Relatif terhadap Agents."
The Deck to Beat
Ya, pada akhirnya, tingkat kompetitifan dari deck format baru, sedikit banyak akan ditentukan oleh deck Agent Fairy. Mereka merupakan garis standar di awal format ini. Deck apapun yang mampu sejajar atau mengalahkannya secara konsisten, punya kans jauh lebih besar untuk terus menang. Sedangkan deck yang dikalahkan dengan mudah olehnya, bersiap saja jatuh dan turun pangkat.

Itu analisa kami mengenai banlist ini. Bagaimana dengan analisa kamu?


Oke segitu dulu,
Medallion.

PS. Oh dan jangan lupa bagi kamu pengguna Twitter, Florsheim Prize Wave kedua telah dimulai dan kali ini menggunakan media Twitter, sehingga kemungkinan kamu yang menang pasti akan berkali-kali lipat dari yang kemarin. Info lengkap bisa langsung klik link berikut: http://t.co/gY0CMytd.

PSS. Kami juga menjual tiket masuk ke AFA lho. Cocok bagi kamu yang tidak suka mengantri dan malas ribet. Info lengkap bisa langsung klik link berikut: http://www.facebook.com/Florsheim.Team.Indonesia/posts/521445341206035

8 komentar:

Setuju, biar bagaimanapun Synchro itu lebih powerful daripada xyz coz Xyz langsung mandul kalau tidak ada overlay material-nya.

leeching the light to the max!!!

i love meta this period

Udah boseeennnn lihat Agent!! Harusnya Earth tetep dilimit!! HUH!

Brace yourself! Agents strike back

Agents Agents Everywhere

gampang ah ngalahin agents

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More