Jumat, 08 Maret 2013

Florsheim Info : Rulings for Dummies - Phase Trigger

Hi guys,

Jadi gue banyaaaaaaak sekali menerima pertanyaan seperti ini di grup Paguyuban Juri:

"Oom, kalau Tsukuyomi di-Veiler balik hand nggak..?"
"Kk... Garunix aku sama lawan sama-sama destroyed, di Standby Phase lawan Chain Linknya gimana?"
"Tanya, bener nggak sih kalau bisa hidupin Treeborn, tribute buat Enemy Controller, terus hidupin Treeborn yang sama lagi?"
"Kak kalau Lyla aku Mind Control, end phase mill nggak?"

...dan segudang pertanyaan yang mirip mirip.

Ini semua masuk dalam satu kategori, yaitu Phase Trigger.

Sebelum masuk ke pembahasan, mau share sedikit. Kalian merasa tidak pernah mendapat status kami di newsfeed kalian? Atau jarang? Ini cara agar kalian tetap up to date dengan berita terbaru di dunia TCG:


Pergi ke fanpage kami di link berikut, lalu klik tanda "Disukai" atau "Liked" lalu centang "Dapatkan Pemberitahuan" atau "Get Notification".

Dengan cara ini tidak ada lagi kelewatan berita penting dari dunia TCG!

Oke mari kita mulai pembahasannya!

Definisi Phase Trigger


Apa sih Phase Trigger itu?
Phase Trigger adalah efek-efek yang jalan di fase-fase tertentu. Meski namanya Phase Trigger, tapi aturan ini juga berlaku untuk efek-efek selain Trigger Effect. Biasanya berhubungan dengan Standby Phase, End of Battle Phase, dan End Phase.

Contoh: Efek Mill Lyla, Efek Return Spirit Monster, Efek Kembalinya Wind-Up Rabbit, Efek Berpindah Kontrol Mind Control, dsb.

Ciri-cirinya apa kak?
Simple, efeknya akan menyebut Phase tertentu. Misalnya "____ until your next Standby Phase", "During your End Phase, _____", dan sebagainya.

Langkah-Langkah Me-Resolve Phase Trigger

Jadi kamu sudah tahu yang mana saja yang merupakan Phase Trigger, lalu bagaimana perlakuannya? Untuk setiap Phase, kamu harus mengecek semua di tahapan di bawah.
  1. Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Kalau tidak, lanjut.
  2. Apakah Non-Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Kalau tidak, lanjut.
  3. Apakah Turn Player punya efek yang HARUS diaktifkan atau diresolve di Phase tersebut (Mandatory)? Kalau tidak, lanjut.
  4. Apakah Non-Turn Player punya efek yang HARUS diaktifkan atau diresolve di Phase tersebut (Mandatory)? Kalau tidak, lanjut.
  5. Masuk ke Phase selanjutnya.
Yang manapun di poin 1-4, kalau jawabannya iya, maka aktifkan efek tersebut. Lalu setelah efek tersebut resolve, kembali lagi ke poin 1. Jika ada efek yang tertrigger dari resolvenya efek tersebut, maka trigger tersebut masuk chain dan resolve itu dulu. Setelah trigger tersebut beres, baru kembali ke poin 1.

Efek-efek ini aktif dan resolve sendiri-sendiri sebagai Chain Link 1, tidak SEGOC. Yang bingung apa itu SEGOC, cek ini: Rulings for Dummies - Chain and SEGOC.

Selain itu, kamu bisa mengaktifkan efek-efek ini berapa kali pun dalam Phase tersebut, kecuali dibatasi.

Misalnya Lyla dengan wording "During EACH of your End Phase, ___". Kata itu membuat Lyla hanya bisa mill sekali. Namun jika aktivasinya dinegate, misalnya dengan LADD atau Photon Bounzer, maka Lyla tetap bisa mengaktifkan efek itu lagi sampai mill tiga.

Sebenarnya ini sama saja kok seperti diagram Fast Effect. Hanya ditambahkan perbedaan "Optional & Mandatory" saja. Ini diagramnya:

Klik untuk memperbesar
Nah sekarang mari mulai latihan dengan contoh kasus.

Kasus Lyla vs Veiler & Justice of Prophecy vs Veiler


Ini kasus yang paling sering ditanya. Gunakan kaidah di atas. Ada beberapa skenario:

Skenario 1
Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Kamu aktifkan efek Lyla, tapi efeknya ternegate. Kembali ke poin 1.

Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Sudah tidak ada, lanjut.

Apakah Non-Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Berhubung tugas Veiler dirasa sudah selesai, efeknya diberhentikan. Kembali ke poin 1.

Poin 1-4 semua pass, maju ke phase selanjutnya.

Skenario 2
Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Kamu pass. Tidak mau aktifkan efek Lyla dulu, menunggu lawan memberhentikan efek Veiler. Lanjut poin 2.

Apakah Non-Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Lawan juga tidak mau memberhentikan efek Veiler dulu, kekeuh dan pass. Lanjut poin 3.

Apakah Turn Player punya efek yang HARUS diaktifkan atau diresolve di Phase tersebut (Mandatory)? Karena efek Lyla itu wajib, mau tidak mau kamu mengaktifkan Lyla dan ternegate. Kembali ke poin 1.

Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Kamu pass.

Apakah Non-Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Puas melihat kamu menderita, lawan pun akhirnya memberhentikan efek Veiler. Kembali ke poin 1.

Poin 1-4 semua pass, maju ke phase selanjutnya.

Skenario 3
Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Kamu pass, berharap lawan berhentikan efek Veiler. Lanjut ke poin 2.

Apakah Non-Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Lawan berpikir sejenak, lalu memberhentikan efek Veiler karena dia ingin kamu mill, sehingga lebih cepat mencapai kekalahan (mungkin). Setelah resolve, kembali ke poin 1.

Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Kamu happy, lawan ternyata baik. Kamu pun mengaktifkan efek Lyla dan mill tiga. Setelah resolve, kembali ke poin 1.

Poin 1-4 semua pass, maju ke phase selanjutnya.

Dari tiga skenario di atas, kalau kamu (Turn Player) tidak mau mill, maka gunakan Skenario 1. Jika lawan tidak mau kamu mill, maka gunakan Skenario 2. Namun kalau kamu dan lawan sepakat agar mill, gunakan Skenario 3. Inilah kenapa di Paguyuban Juri kami menjelaskan langsung dengan kesimpulan di atas. Karena penjelasannya ribet dan capek.


Skenario di atas agak sedikit berbeda untuk Justice of Prophecy di Skenario 2, karena dia Optional.

Skenario 2 (Kali ini dengan Justice)
Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Kamu pass. Tidak mau aktifkan efek Justice dulu, menunggu lawan memberhentikan efek Veiler. Lanjut poin 2.

Apakah Non-Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Lawan juga tidak mau memberhentikan efek Veiler dulu, kekeuh dan pass. Lanjut poin 3.

Apakah Turn Player punya efek yang HARUS diaktifkan atau diresolve di Phase tersebut (Mandatory)? Karena tidak ada yang mandatory, kamu pass. Lanjut poin 4.

Apakah Non-Turn Player punya efek yang HARUS diaktifkan atau diresolve di Phase tersebut (Mandatory)?  Memberhentikan efek Veiler itu wajib, oleh karena itu lawan terpaksa melakukannya. Setelah resolve, kembali ke poin 1.

Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Negasi dari Veiler sudah hilang, kamu aktifkan efek Justice dan tertawa puas membahana. Setelah resolve, kembali ke poin 1.

Poin 1-4 semua pass, lanjut ke phase selanjutnya.


Sudah cukup pusing? Nah sekarang kami coba kasih contoh kasus yang lebih ribet.
DISCLAIMER: INI BIKIN KAMU TAMBAH PUSING
Tapi ya lumayan buat latihan soal.

Kasus Prophecy di End Phase


Di field lawan ada Justice of Prophecy dan sempat mengaktifkan Spellbook. Di field kamu ada Fool of Prophecy yang sudah memakai efek & Lyla. Kamu tadi mengaktifkan Judgment dan 3 Spell lainnya. Di Graveyard ada 5 Spellbook beda nama.

Mari kita telusuri satu per satu.

Kamu sebagai Turn Player punya beberapa efek yang bisa diaktifkan. Judgment, Fool, dan Lyla. Lawan punya Justice.

Kita ke poin 1, apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Kamu tentu ingin search macam-macam dengan Judgment, jadi kamu aktifkan Judgment. Search 3 Spell dan Special Summon Justice. Setelah efek ini resolve, kembali ke poin 1.

Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Karena kamu tidak ingin Justice lawan aktif, kamu ingin mengaktifkan Spellbook of Fate yang baru kamu search. Tapi tunggu dulu, kalau kamu banish 3 untuk Fate, Fool tidak bisa aktif. Oleh karena itu, kamu aktifkanlah efek Fool of Prophecy mengambil Reaper of Prophecy. Efek Reaper tertrigger sehingga dia harus masuk Chain sekarang, dia +600 ATK, search Spellbook, dan Sp Summon Reaper lainnya. Setelah efek ini resolve, kembali ke poin 1.


Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Kamu sudah tidak perlu lagi Spellbook di Graveyard, jadi kamu langsung aktifkan Spellbook of Fate dari hand untuk membanish Justice. Setelah resolve, kembali ke poin 1.

Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Kamu merasa sudah cukup puas. Kamu pass, pindah ke poin 2.

Apakah Non-Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Ternyata lawan mengaktifkan Call of the Haunted untuk memanggil Justice lain dari Graveyard. Setelah resolve, kembali ke poin 1.

Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Lawan kaget, tapi mau bagaimana lagi. Kamu pass, pindah ke poin 2.

Apakah Non-Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Lawan mengaktifkan efek Justice. Mengambil Spellbook dan High Priestess of Prophecy. Setelah resolve, kembali ke poin 1.

Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Mengingat High Priestess berbahaya, akhirnya kamu aktifkan efek Justice-mu sendiri. Padahal tadinya tidak mau karena hand sudah 6.  Kamu pun mengambil Spellbook dan High Priestess of Prophecy juga. Setelah resolve, kembali ke poin 1.


Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Kamu pass, lanjut ke poin 2.

Apakah Non-Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Lawan juga pass, lanjut ke poin 3.

Apakah Turn Player punya efek yang HARUS diaktifkan atau diresolve di Phase tersebut (Mandatory)? Oh ternyata kamu lupa bahwa Lyla belum mengaktifkan efek. Karena ini mandatory, kamu pun mill tiga kartu. Setelah resolve, kembali ke poin 1.

Apakah Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Kamu pass, lanjut ke poin 2.

Apakah Non-Turn Player ingin mengaktifkan atau meresolve efek di Phase tersebut? Lawan juga pass, lanjut ke poin 3.

Apakah Turn Player punya efek yang HARUS diaktifkan atau diresolve di Phase tersebut (Mandatory)? Sudah tidak ada, lanjut ke poin 4.

Apakah Non-Turn Player punya efek yang HARUS diaktifkan atau diresolve di Phase tersebut (Mandatory)? Sudah tidak ada juga, lanjut ke phase selanjutnya. Turn Player pun buang kartu hingga kartu di hand-nya tersisa 6. Jika ada efek yang tertrigger dari buang kartu ini, misalnya membuang Stoic of Prophecy, efek tersebut akan masuk Chain. Setelah resolve, kembali lagi ke poin 1.

Kesimpulan: Ringkasan bagi yang Malas
  1. Phase Trigger adalah efek-efek yang diaktifkan atau diresolve pada fase-fase tertentu, biasanya Standby Phase, End of Battle Phase, dan End Phase.
  2. Efek-efek ini aktif dan resolve sendiri-sendiri di Chain Link 1, tidak saling mengechain.
  3. Urutannya adalah Turn Player, jika pass baru Non-Turn Player, jika pass cek Turn Player apakah ada mandatory effect yang belum diresolve, jika pass cek Non-Turn Player apakah ada mandatory effect yang belum diresolve. Jika ada efek yang diaktifkan atau diresolve, maka setelah resolve kembali tahap pertama lagi, yaitu apakah Turn Player mau mengaktifkan efek. Jika semua tahapan pass, maka lanjut Phase berikutnya.
  4. Veiler vs Lyla (Trigger Mandatory di End Phase) kesimpulannya adalah, defaultnya efek Lyla ternegate, namun jika kedua pemain sama-sama setuju Lyla bisa nge-mill, maka Lyla bisa menge-mill.
  5. End Phase Trigger-nya Prophecy itu njelimet.
Sudah tidak ada yang bingung lagi kan?

Masih bingung oooooooooooom!!!!!

Sip karena sudah tidak ada yang bingung, mari kita akhiri sesi ini. Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa komentar di bawah, akan gue coba jawab.

Oke segitu dulu,
Vandy

2 komentar:

susahh omm..kagak ngarti sama sekali..
=="

"Bingung om....."
*the trademark of Vandy *

Yg bingung ntar panggil judge Wira aja ya. Biar dia mencak2 hehehe.
Panggil gw? Errr.. It's not an option xD

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More