Senin, 18 Februari 2013

Florsheim Info : Chaos Dragon Deck Profile

Hi guys,

Maaf nih kalau akhir-akhir ini jarang ngepost dan masih punya hutang juga. Makanya lagi mau gue bayar satu per satu, dimulai dari artikel ini. Alasan sebenarnya semua ke-skip adalah bukan karena gue malas, walau kenyataannya gue memang malas, tetapi karena beberapa hal sebagai berikut:

1. Kerjaan gue mulai banyak.
Sepertinya bos gue mulai menyadari kalau gue selama ini ternyata adalah karyawan disitu, bukan sekedar numpang nongkrong, alhasil gue disuruh macam-macam yang lebih banyak dari sebelumnya.

2. Pacar perlu perhatian.
Sepulang kerja dan weekend, gue biasanya menyempatkan diri ketemuan. Well, gue juga perlu perhatian si pacar sih. Jadi setiap waktu yang gue habiskan bersamanya merupakan simbiosis mutualisme.

3. Sedang mengurus acara keluarga.
Keluarga gue mau bikin acara besar Maret nanti, jadi ya mau nggak mau gue mesti terlibat dan ikut berperan. Makanya weekend gue pun terisi terus buat ngurusin acara ini dari A sampai Z. Untung si pacar mau menemani bantu-bantu, jadi bisa sekaligus pacaran dan overall lebih hemat waktu.


4. Setelah super sibuk akan semua hal di atas, sekarang gue lagi menggandrungi sebuah game online, namanya Magic the Gathering Online. Jadinya ya begitu ada waktu sisa sedikit saja, gue pakai main. Ini saja gue sambil main bikin artikelnya, lol. Makanya blog sama fanpage agak terbengkalai :p

Dan gue pun jadi curhat colongan. Bagus. Anyway, buat kamu yang belum baca kisah lengkap perjalanan gue dengan deck ini bisa cek di link berikut:

Sudah dibaca semua? Oke mari kita lanjut ke decklist.

Decklist Seadanya
Main Deck
Klan Naga
3 Lightpulsar Dragon
2 Darkflare Dragon
1 Red-Eyes Darkness Metal Dragon
1 Eclipse Wyvern
1 Dark Armed Dragon

Makhluk Chaos
1 Black Luster Soldier - Envoy of the Beginning
1 Chaos Sorcerer

Tour Guide Family
2 Tour Guide from the Underworld
1 Sangan
1 Night Assailant

Tukang Ngemil
3 Ryko, Lightsworn Hunter
2 Lyla, Lightsworn Sorceress
1 Ehren, Lightsworn Monk
2 Card Trooper

Pasukan Penyergap
2 Effect Veiler
2 Tragoedia
1 Gorz the Emissary of Darkness
1 Honest
1 Maxx "C"

Mantra Pendukung
3 Mystical Space Typhoon
1 Heavy Storm
1 Monster Reborn
1 Dark Hole
1 Charge of the Light Brigade
1 Solar Recharge
1 Book of Moon

Jebakan Forever Alone
1 Treacherous Trap Hole

Extra Deck
Putih Putih
1 Armory Arms
1 Ally of Justice Catastor
1 Black Rose Dragon
1 Scrap Dragon

Hitam Hitam
1 Gachi Gachi Gantetsu
1 Temtempo the Percussion Djinn
1 Wind-Up Zenmaines
1 Leviair the Sea Dragon
1 Number 30: Acid Golem of Destruction
1 Gagaga Cowboy
1 Photon Papilloperative
1 Number 50: Blackship of Corn
1 Maestroke the Symphony Djinn
1 Queen Dragun Djinn
1 Inzektor Exa-Beetle

Side Deck
2 Gemini Imps
2 Thunder King Rai-Oh
2 Maxx "C"
2 Royal Decree
2 Shadow-Imprisoning Mirror
2 Mind Crush
2 Deck Devastation Virus
1 Smashing Ground

Melihat komentar di postingan report, ada banyak pertanyaan kenapa ini kenapa itu. Gue coba jawab satu per satu.

Kenapa pakainya kok Chaos Dragon?

Kalau ini rasanya sudah gue jelaskan di Part One, jadi gue singkat saja. 
Pertama, gue suka deck yang straightforward, kalau perlu auto-pilot misalkan buat turnamen besar.
Kedua, deck ini bisa handle berbagai macam situasi, kecuali melawan deck soliter semacam burn atau Exodia.
Ketiga, deck ini bagus melawan deck Rabbit yang gue percaya bakal banyak digunakan nanti (sudah murah semua bahannya).
Keempat, deck ini bisa bawa Deck Devastation Virus.
Kelima, yang paling penting, gue punyanya ya ini....

Kenapa Darkflare Dragon cuma dua?


Alasannya karena gue adalah orang yang sebenarnya nggak hoki. Jadi ketika membuat decklist, gue lebih mementingkan konsistensi daripada eksplosifitas. Menurut gue 8 monster bergantung Graveyard yang bisa nyangkut di tangan itu sudah banyak sekali. Apalagi ditambah popularitas Macro Cosmos & Dimensional Fissure yang meningkat.

Soal banyaknya monster besar, gue nggak terlalu khawatir berhubung Lightpulsar bisa dihidupkan dari Graveyard. Sedangkan soal apakah efeknya Lightpulsar bisa jalan, gue juga nggak terlalu peduli karena sebenarnya Lightpulsar tanpa efek itu sudah super bagus dengan ATK 2500. Faktanya, dari seharian main, Lightpulsar menghidupkan DARK Dragon hanya dua kali, biasanya entah memang tidak ada atau sudah dibanish lawan atau membunuhnya pakai cara banish/miss timing.

Bukannya gue tidak mau menambah target Lightpulsar, cuma ya seperti yang sudah gue bilang, gue pilih konsistensi. Dan terlalu banyak monster boss yang mengandalkan Graveyard bisa bikin gue frustasi sewaktu lawan punya Macro atau waktu nyangkut di hand.

Kenapa 2 Lyla 3 Ryko, bukan 3 sebaliknya?

Alasannya karena... gue cuma punya 2 Lyla.... *mojok malu*

Kenapa 2 Veiler dan 1 Maxx "C", bukan sebaliknya?

Lebih ke baca meta. Kebetulan deck top tier yang lebih bagus diantikan dengan Maxx "C" dibandingkan Veiler hanya Mermail dan Wind-Up. Karena Wind-Up juga bisa diantikan Veiler meski kurang optimal, maka sisa Mermail.

Gue nggak ambil pusing bagaimana melawan Mermail karena gue yakin jumlahnya sedikit. Paling-paling hanya 2-3 pedagang tajir Jakarta dan 1-2 juragan minyak daerah yang bawa deck tersebut. Jadi gue akan sangat jarang melawan mereka. Meski begitu gue tetap sedia Side Deck seperti Deck Devastation Virus.

Soal Extra Deck, kenapa tidak ada Utopia dan Photon Bounzer?


Kalau Photon Bounzer sih... saya tidak punya... *kembali mojok*

Well, sebenarnya kalau punya pun nggak gue pakai. Kenapa? Karena Xyz bukan forte dari deck ini. Misalkan gue mesti melakukan Xyz, maka itu artinya gue sedang dalam keadaan butuh jawaban, bukan karena ada dua monster lemah di field gue yang minta di-Xyz-in, kecuali rank 3 dari Tour Guide ya.

Dengan alasan itulah, gue memilih Exa-Beetle dibandingkan Photon Bounzer. Sebagaimana juga gue memilih Maestroke, Papilloperative, dan Blackship dibandingkan Utopia; dan Acid Golem dibandingkan Leviathan. Queen Dragun? Gue memasukkannya karena Queen Dragun bisa dengan mudah menghidupkan Lightpulsar & Darkflare yang efeknya tidak ternegate Queen (yang penting dari Darkflare adalah kemampuan dumping-nya yang merupakan cost, sehingga bisa digunakan meski efeknya dinegate).

Kenapa kok Synchronya empat itu dan bukan yang lain?

Kenapanya persis jawaban gue di atas. Synchro-synchro tersebut merupakan "jawaban masalah" di tiap level mereka. Masing-masing satu lebih ke agar gue punya kartu yang pas untuk tiap keadaan. Kenapa nggak ada level 3, 6, dan 9 bukan karena gue benci kelipatan 3. Serius. Tapi karena tidak ada Synchro yang merupakan "jawaban" disitu dan gue pun kemungkinan kecil meng-Synchro di bintang segitu.

Kenapa kok Solar cuma 1? Kenapa pakai Night Assailant & Book of Moon?


Solar hanya satu karena Solar tanpa Lightsworn itu kartu mati sedangkan sebaliknya tidak. Seperti yang sudah gue bilang, gue lebih ke mengejar konsistensi, namun Solar terlalu bagus untuk tidak digunakan.

Night Assailant karena gue suka bagaimana gue bisa buang Night Assailant & Ryko untuk memanggil Lightpulsar dan kemudian memakai efek Night Assailant untuk mengambil Ryko dari Graveyard. Selain itu yaa, dia target Tour Guide. Sedangkan Book of Moon gue pakai karena gue masih butuh some kind of trap tapi gue nggak mau melepas Treacherous.

Bisa tolong jelasin konsep Side Decknya nggak oom?

Oke, mari kita lihat lagi line-up Side Deck gue:

2 Gemini Imps
2 Thunder King Rai-Oh
2 Maxx "C"
2 Royal Decree
2 Shadow-Imprisoning Mirror
2 Mind Crush
2 Deck Devastation Virus
1 Smashing Ground

Gemini Imps jelas untuk melawan Dark World. Jujur saja deck ini kesulitan melawan mereka. Thunder King Rai-Oh untuk melawan deck yang searching-searching dan juga deck yang banyak Special Summon inherent, seperti Chaos Dragon lain atau deck Agents atau deck Rabbits.

Maxx "C" lebih spesifik sih, untuk melawan Mermail dan Wind-Up yang Special Summonnya nggak sopan. Royal Decree untuk melawan deck banyak Trap, seperti Rabbit atau Burn.

Shadow Imprisoning lebih untuk melawan Inzektor dan Dark World. Mind Crush dan Deck Devastation Virus lebih untuk anti-Mermail. Dan Smashing Ground seharusnya adalah Soul Taker... tapi gue nggak punya... *mojok lagi*

Kalau oom punya infinite money buat punya kartu apapun, apa yang oom kira-kira ganti dari decklist itu? Lalu mungkin evaluasi gitu, kira-kira apa yang nggak guna dan mau diganti.

Kalau gue punya duit mah... gue main Merlantean :v

Well, kalau masih Chaos Dragon, paling gue mau 1 Ryko jadi 1 Lyla. Lalu di Side Deck gue mau masukin 1 Return from the Different Dimension buat nge-antiin Dimensional Fissure & Macro Cosmos. Sebenarnya bisa masuk Main Deck juga kartu itu, cuma gue lebih suka yang konsisten.

Selain itu instead of 1 Smashing Ground, gue mau masukin 2 Soul Taker. Yang dikeluarin dari Side mungkin Gemini Imps karena itu satu-satunya yang nggak gue pakai di Side Deck.

Terus oom abis turnamen jadi kencan?

Jadi dong! Tapi, karena sudah kemalaman, gue cuma bisa anter ke rumah dia terus kita makan bareng deh di jalan menuju kesana~

Satu lagi oom! Kenapa kok oom Aday ngakunya bernama Sukirman?


Waduh, kalau itu... sepertinya hanya Aday dan Tuhan yang tahu. Tanya langsung orangnya aja yah :D

Yasudah oom. Terima kasih~

Sama-sama :)


Oke segitu dulu,
Vandy

2 komentar:

Mw nanya itu photo yang di sensor, tokonya dimana ya?? trus klw ada turnament2 yugioh, klw mw tau infony cek dimana y? tq

gan itu deck mainnya lama
gk maksud sombong tpiemang bener
coba yg ini
- needlebug nest 3x
- galaxy-eyes photon dragon 2x
- ryko lightsowrn hunter 3x
- lightray diabolos 1x
- schwarzschild the limit dragon 2x
- hieratic draagon of tefnuit 1x
- vice dragon 1x
- collapsarpent the ebony dragon 1x
- darkflare dragon 3x
- divine dragon apocral 2x
- lightpulsar dragon 3x
- jain lightsworn paladin 1x
- lumina lightsworn 1x
- tour guide from 2x
- chaos zone 1x
- eclipse wyvern 2x
- lyla lightsworn 1x
- monster reborn
- mystic tomato 1x
- charnge of the light
- ehren lightsworn 1x
- black luster 1x
- chaos socerer
- dak armed dragon 1x
- red-eyes darkness metal dragon 1x
- dragon revine 1x

dijamin musuh keok dah :D
yg contoh deck ini like dulu

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More