Senin, 18 Juni 2012

Florsheim Info: How to Play Vanguard - Card Effects

Masih dengan How to Play. Kemarin kita telah membahas istilah-istilah dalam permainan dan melakukan sedikit simulasi, serta bagaimana memulai bermain. Sekarang kita akan membahas salah satu elemen penting dalam permainan lebih lanjut, yaitu Cards' Effects. Bagi yang belum membaca edisi-edisi sebelumnya, silakan:

Untuk pembahasan Unit: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Unit
Untuk pembahasan Field dan Positions: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Field and Positions
Untuk pembahasan Fase dalam permainan: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Game Phases
Untuk simulasi singkat dari permainan ini: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Cardfight Simulation
Untuk pembahasan bagaimana cara mulai bermain: Florsheim Info : How to Play Vanguard - Start Playing


Disitu bisa dilihat ada beberapa istilah dan lambang yang tidak biasa. Mari kita bahas satu persatu.

Pertama Skill Icon. Hal ini pernah dibahas sewaktu pembahasan Unit. Skill Icon ada di kiri atas, jenisnya berbeda berdasarkan Grade.


Boost adalah Skill Icon milik Grade 0 dan 1. Ketika Unit menyerang dan ada Unit dengan Icon Boost di belakangnya di kolom yang sama, maka kamu bisa memiringkannya (Rest) untuk menambahkan Attack Powernya ke monster yang menyerang.

Intercept adalah Skill Icon milik Grade 2. Ketika Unit dengan Icon Intercept berada di baris depan sebagai Rear Guard, maka saat Unit kamu diserang, kamu bisa menggunakan Unit ber-Skill Intercept sebagai Shield.

Twin Drive adalah Skill Icon milik Grade 3. Ketika Unit dengan Icon Twin Drive menjadi Vanguard dan menyerang, maka kamu dapat melakukan Drive Check dua kali.


Penggunaan Boost sudah disimulasikan dalam edisi Cardfight Simulation, begitu pula Intercept dan Twin Drive. Sekarang mari kita lihat lebih lanjut ke Effect Text. Di sana ada beberapa lambang-lambang yang kamu perlu tahu.

Format penulisan sebuah efek adalah:
TIPE【Tempat Pengaktifan】[Cost] Efek.

TIPE Efek ada tiga, AUTO, ACT, dan CONT.


AUTO adalah Skill Trigger. Jika sebuah kondisi terpenuhi, misalnya "Ketika menyerang" atau "Ketika di-Call" dan sebagainya, maka kamu bisa membayar costnya untuk menggunakan efek tersebut sekali untuk setiap kali tertrigger.

ACT adalah Skill Ignition. Pada Main Phase kamu, kamu bisa membayar costnya untuk menggunakan efek tersebut dan bisa berkali-kali sepanjang kamu dapat terus memenuhi semua costnya.

CONT adalah Skill Continuous. Skill ini akan berjalan otomatis jika kondisinya terpenuhi, misalnya "Jika kamu memiliki Vanguard tertentu" atau "Jika ada kartu tertentu di field".


Kemudian【Tempat Pengaktifan】juga ada banyak. Ada 【V】yang berarti efek ini hanya aktif di Vanguard Circle, atau 【R】yang berarti aktif di Rear-Guard, sampai ada yang aktif di Drop Zone atau di Soul.

Kemudian [Cost]. Untuk ACT efek, kamu tinggal membayar Costnya untuk mengaktifkannya. Sedangkan untuk AUTO, biasanya di efek akan ada klausa seperti ini: When (sesuatu terjadi), you may pay the cost. If you do, (suatu efek jalan). Cost disini mengacu pada hal yang ada di dalam tanda kurung [....].

Cost bisa bermacam-macam. Ada Counterblast, Soulblast, Discard, Retire (Masuk Drop Zone dari Field), dan sebagainya.

Effect adalah bagian apa yang akan kamu dapatkan setelah mengaktifkannya. Bisa menghancurkan sesuatu, menambah Power, dan sebagainya. Beberapa efek memerlukan Vanguard dengan Clan tertentu, biasanya ditandai dengan <>, misalnya <>.

Berikut beberapa lambang yang mungkin kamu temukan dalam kartu.

Counterblast: Logo ini berarti kamu perlu menutup (flip face down) kartu di Damage Zone kamu yang terbuka (face up). Counterblast 2 berarti kamu harus menutup 2 kartu.

Soulblast: Logo ini berarti kamu perlu mengirim kartu dalam Soul kamu ke Drop Zone. Soulblast 2 berarti kamu harus membuang 2 kartu dalam Soul kamu ke Drop Zone.

Soulcharge: Kebalikan dari Soulblast. Logo ini berarti kamu perlu menaruh kartu dari Top Deck kamu ke bawah Vanguard kamu menjadi Soul. Soulcharge 2 berarti kamu perlu menaruh 2 kartu dari Top Deck ke Soul.

Limit Break: Logo ini berarti kamu perlu memiliki damage minimal sejumlah itu agar efeknya aktif atau dapat diaktifkan. Limit Break 4 berarti kamu perlu punya minimal 4 damage untuk menggunakan efek yang bersangkutan.



Oke, mari sedikit berlatih membaca Effect Text!


[ACT] 【V/R】 :[Counter blast(1)] This unit gets [Power]+1000 until end of turn.

ACT berarti kamu bisa mengaktifkan efek ini berapa kalipun pada Main Phase kamu selama bisa membayar Costnya.

【V/R】 berarti kamu bisa mengaktifkan efek ini saat kartu ini ada di Vanguard Circle atau Rear-Guard Circle.

[Counterblast(1)] berarti untuk mengaktifkan efek ini kamu harus membayar costnya, yaitu menutup satu damage kamu di damage zone yang masih terbuka.

This unit gets [Power]+1000 until end of turn. Berarti efek ini setelah diaktifkan akan menambah Power dari Unit ini 1000.

Sudah cukup mengerti? Kita coba lagi yang sedikit lebih ribet.



CONT【V/R】:This unit cannot attack a Rearguard.
AUTO【V】:When this unit attacks, this unit gets Power +4000 until the end of the battle.
AUTO【R】:When this unit attacks and you have a 《Narukami》 Vanguard, this unit gets Power +2000 until the end of the battle.

Efek pertama:

CONT menunjukkan kalau ini efek Continuous.【V/R】menunjukkan efek ini aktif di Vanguard Circle dan Rear-Guard Circle. Efeknya adalah Unit ini tidak bisa menyerang Rear-Guard.

Efek kedua:
AUTO menunjukkan kalau ini adalah efek Trigger. 【V】menunjukkan efek ini hanya aktif jika dia di Vanguard Circle. Efeknya adalah ketika dia menyerang dia mendapat Power +4000.

Efek ketiga:
AUTO menunjukkan kalau ini adalah efek Trigger. 【R】menunjukkan efek ini hanya aktif jika dia di Rear-Guard Circle. Efeknya adalah kalau kamu memiliki Vanguard dengan Clan Narukami, ketika dia menyerang dia mendapat Power +2000.

Sedikit lebih susah lagi:



AUTO 【V】: Limit Break 4 (This ability is active if you have four or more damage): When this unit attacks a Vanguard, this unit gets POWER +5000 for that battle.
AUTO : [Counter Blast (2)] When this unit is placed on V, you may pay the cost. If you do, choose an opponent's Grade 2 or lesser rear-guard and retire it.

Efek pertama:
AUTO berarti efek Trigger. Limit Break 4 artinya efek ini hanya aktif jika kamu memiliki 4 damage atau lebih. Efeknya adalah, ketika menyerang Vanguard, Unit ini mendapat +5000 Power.

Efek kedua:
AUTO berarti efek Trigger. Counterblast 2 artinya untuk mengaktifkan efeknya kamu perlu menutup dua kartu yang masih terbuka di Damage Zone. Efeknya adalah, ketika Unit ini masuk permainan di Vanguard Circle, kamu bisa membayar costnya, yaitu Counterblast 2, jika kamu membayarnya, kamu bisa memilih satu Unit lawan dengan Grade 2 atau kurang dan Retire (Masukkan ke Drop Zone) Unit itu.

Bagaimana? Sudah cukup jelas mengenai efek-efek dalam Vanguard? Hampir semua efeknya sederhana kok, kamu pasti bisa! Coba saja dulu membaca efek-efek kartu dalam Clan yang kamu sukai di wikia. Contohnya saja: http://cardfight.wikia.com/wiki/Narukami untuk Clan Narukami. 

Selain itu, jangan lupa lusa blog Vanguard akan mulai aktif di http://vg.florsheimteam.com. Sampai bertemu di edisi berikutnya!


Oke segitu dulu,
Medallion

1 komentar:

Kalau until the end of battle powernya naik terus atau turun lagi? Misalnya maelstrom 11k , if this unit attack at the fourth battle of that turn +5000 power, itu permanen atau nanti turun lagi jadi 11k

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More